Mengintip MIUI 7

MIUI 7 secara resmi diluncurkan pada 19 Agustus 2015 di India, setelah sebelumnya MIUI 7 diperkenalkan di Cina pada tanggal 16 Agustus 2015.

Sebagai pengguna MIUI, tentunya kehadiran MIUI 7 patut ditunggu. Meski saya tidak bisa menghadiri secara langsung acara peluncuran yang diadakan di The Lalit, New Delhi, India pada pukul 14:30 waktu setempat (pukul 16:00 WIB), saya bisa mengikuti acara tersebut melalui streaming.

Saya mencoba merangkum fitur-fitur yang diusung MIUI 7, yang dipresentasikan pada acara peluncuran tersebut.

Sekilas Tentang MIUI

Hugo Barra mengawali pengenalan dengan menceritakan sejarah MIUI. MIUI pertama kali diluncurkan pada 16 Agustus 2010, dan kini telah memiliki 48 versi ROM resmi yang dikembangkan oleh pengembang MIUI dan lebih dari 480 ROM modifikasi hasil karya para MIUI fans.

Selama 5 tahun perjalanan, MIUI telah meluncurkan pembaruan sistem sebanyak 250 kali yang dilakukan setiap pekan. Pembaruan ini biasa dilakukan pada versi pengembang yang terjadi setiap Jumat, dan dikenal dengan istilah Orange Friday.

Dalam kurun waktu 5 tahun, dari 100 pengguna saat MIUI diluncurkan, kini mencapai lebih dari 150 juta yang tersebar di 156 negara dan 32 bahasa.

Berkenalan dengan MIUI 7

MIUI 7 - Yours by design
MIUI 7 - Yours by design

Lalu apa yang membuatnya istimewa? Berikut ini beberapa fitur unggulan MIUI 7 yang berbasis Android 5.1 Lolipop yang mengusung slogan “Yours by design.

Pilihan Tema Sesuai Selera

Sesuai dengan slogan yang diusungnya, MIUI 7 memperkenalkan 4 tema sistem yang cocok dengan kepribadian pengguna. Keempat tema ini mewakili kepribadian yaitu perempuan, gadis remaja, anak laki-laki, dan mewah.

Tampilan perempuan diwakili oleh tema Rose, yang mayoritas berwarna merah muda. Namun jika dilihat dengan lebih detil, tema Rose mengandung warna raspberry, tomato, light crimson, dan coral pink.

Tema Pink Blush mewakili gadis remaja, yang warnanya lebih muda dari tema Rose. Warna Pink Blush cenderung lebih pastel dan icon-icon dengan ujung membulat memberi kesan dinamis.

Yang pria tentu lebih memilih tema Ocean Breeze yang dominan berwarna biru pastel. Tema ini memberi kesan segar seakan sedang menikmati keindahan laut.

Jika ingin mendapat kesan mewah, tema High Life bisa dipilih. Warna coklat gelap berpadu warna emas memberi kesan mewah dan berkelas.

Artikel ini dipublikasikan pada 20 Agustus 2015, sekitar 3 tahun yang lalu. Informasi yang dimuat di artikel ini mungkin sudah tidak akurat.

Ada 3 tanggapan
Memasang (Flashing ROM) MIUI 7 Pada Xiaomi Mi 4i | matriphe! 28 Agustus 2015 02:13 WIB

[…] Tanggal 24 Agustus 2015, untuk pertama kalinya MIUI 7 dirilis secara global. MIUI 7 memiliki beberapa fitur unggulan yang menarik yang layak diintip. […]

Ssy cahmanxli 9 September 2015 18:32 WIB

Gan cara ngatasi camera yg gx sinkron sama flash.a gimana ? Ane pas moto menggunakan flashh, flash.a mati duluan sebelum kejepret. Jadi kalau buat moto malem sama saja kyk kamera tanpa flash. Tolong minta fix .a lewat updater. Hh xiomi redmi note 3g dev global.

Andry 6 Oktober 2015 21:30 WIB

Miui 7 blm ada untuk mi4i di Indo…

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.