Mengintip MIUI 7

Artikel ini ditayangkan pada 20 Agustus 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

MIUI 7 secara resmi diluncurkan pada 19 Agustus 2015 di India, setelah sebelumnya MIUI 7 diperkenalkan di Cina pada tanggal 16 Agustus 2015.

Sebagai pengguna MIUI, tentunya kehadiran MIUI 7 patut ditunggu. Meski saya tidak bisa menghadiri secara langsung acara peluncuran yang diadakan di The Lalit, New Delhi, India pada pukul 14:30 waktu setempat (pukul 16:00 WIB), saya bisa mengikuti acara tersebut melalui streaming.

Saya mencoba merangkum fitur-fitur yang diusung MIUI 7, yang dipresentasikan pada acara peluncuran tersebut.

Sekilas Tentang MIUI

Hugo Barra mengawali pengenalan dengan menceritakan sejarah MIUI. MIUI pertama kali diluncurkan pada 16 Agustus 2010, dan kini telah memiliki 48 versi ROM resmi yang dikembangkan oleh pengembang MIUI dan lebih dari 480 ROM modifikasi hasil karya para MIUI fans.

Selama 5 tahun perjalanan, MIUI telah meluncurkan pembaruan sistem sebanyak 250 kali yang dilakukan setiap pekan. Pembaruan ini biasa dilakukan pada versi pengembang yang terjadi setiap Jumat, dan dikenal dengan istilah Orange Friday.

Dalam kurun waktu 5 tahun, dari 100 pengguna saat MIUI diluncurkan, kini mencapai lebih dari 150 juta yang tersebar di 156 negara dan 32 bahasa.

Berkenalan dengan MIUI 7

MIUI 7 - Yours by design MIUI 7 - Yours by design

Tidak seperti MIUI v5 dan MIUI 6, sepengetahuan saya baru kali ini Xiaomi meluncurkan MIUI 7 secara khusus.

Lalu apa yang membuatnya istimewa? Berikut ini beberapa fitur unggulan MIUI 7 yang berbasis Android 5.1 Lolipop yang mengusung slogan “Yours by design.

Pilihan Tema Sesuai Selera

Sesuai dengan slogan yang diusungnya, MIUI 7 memperkenalkan 4 tema sistem yang cocok dengan kepribadian pengguna. Keempat tema ini mewakili kepribadian yaitu perempuan, gadis remaja, anak laki-laki, dan mewah.

Tampilan perempuan diwakili oleh tema Rose, yang mayoritas berwarna merah muda. Namun jika dilihat dengan lebih detil, tema Rose mengandung warna raspberry, tomato, light crimson, dan coral pink.

Tema Pink Blush mewakili gadis remaja, yang warnanya lebih muda dari tema Rose. Warna Pink Blush cenderung lebih pastel dan icon-icon dengan ujung membulat memberi kesan dinamis.

Yang pria tentu lebih memilih tema Ocean Breeze yang dominan berwarna biru pastel. Tema ini memberi kesan segar seakan sedang menikmati keindahan laut.

Jika ingin mendapat kesan mewah, tema High Life bisa dipilih. Warna coklat gelap berpadu warna emas memberi kesan mewah dan berkelas.

Pada acara ini, untuk menyambut MIUI 7, diluncurkan pula Xiaomi Mi 4i beraneka warna yang mulai dijual di India pada 25 Agustus 2015.

Membuat Tema dengan Mudah

Tema menjadi salah satu fitur penting di MIUI. Setidaknya ada lebih dari 3.500 tema MIUI yang tersedia. MIUI 7 sepertinya ingin lebih mempermudah pengguna membuat tema kreasinya masing-masing, yang lagi-lagi agar sesuai dengan slogan yang diusungnya.

MUSE merupakan fitur yang diperkenalan di MIUI 7 yang memudahkan pengguna membuat tema sesuai selera tanpa memikirkan bahasa pemrograman yang rumit.

Salah satu tema rumit yang dibangung menggunakan MUSE adalah Robot Army dan Howzat.

MIUI pun sering mengadakan kontes membuat tema di forum yang pemenangnya bisa mendapat berbagai macam hadiah menarik. Salah satu tema yang diikutkan di kontes adalah Hugo-tastic.

Layar Kunci Harian

Tampilan layar kunci yang membosankan bisa dihilangkan dengan fitur daily lockscreen. Fitur ini secara otomatis akan memilih gambar berkualitas tinggi untuk digunakan sebagai tampilan layar kunci.

Ada 10 gambar awal yang digunakan, namun bila bosan gambar-gambar lain bisa dibeli. Untuk saat ini, fitur ini hanya tersedia di India.

Peningkatan Performa

Dari sekian banyak permintaan fitur, bila dikelompokkan menjadi 4 fitur besar, yaitu lebih cepat (22,1%), daya tahan baterai yang lebih baik (17,7%), RAM yang lebih besar (15,4%), dan tampilan yang lebih cantik (12,4%).

MIUI 7 memberikan peningkatan kecepatan hingga 30% saat aplikasi dibuka bila dibandingkan dengan MIUI 6. Ini bisa diperoleh karena MIUI memuat data dan melakukan animasi transisi secara bersamaan.

MUI 7 juga mampu mempercepat kinerja CPU untuk melakukan komputasi yang penting pada saat dibutuhkan. Inilah kenapa MIUI 7 terasa lebih cepat bila dibandingkan dengan MIUI 6.

Peningkatan Baterai

Baterai pada ponsel 48% dihabiskan oleh aplikasi pada saat posisi stand-by, mengakses GPS, menggunakan jaringan, dan saat memindai wi-fi. MIUI 7 bisa melakukan optimasi pada aplikasi populer sehingga bisa menekan konsumsi baterai hingga 25% yang setara dengan 3 jam pemakaian. Secara keseluruhan, daya tahan baterai meningkat 10% pada penggunaan normal setiap hari.

Uji performa betarai dilakukan pada perangkat Xiaomi Mi 4, LG G3, dan Samsung Galaxy S5. Setelah 5 jam lebih 1 menit, baterai Xiaomi Mi 4 masih tersisa 73%, LG G3 tersisa 63%, dan Samsung Galaxy S5 36%. Samsung Galaxy S5 mati setelah menyala selama 6 jam 43 menit, di mana LG G3 masih menyisakan daya 18% dan Xiaomi Mi 4 50%. LG G3 pun mati setelah menyala selama 11 jam lebih 3 menit, sedangkan Xiaomi Mi 4 masih menyisakan daya 34%.

Teks Ekstra Besar (XXL)

Teks berukuran XXL Teks berukuran XXL

Walau mungkin jarang sekali yang menggunakan teks berukuran besar, bukan berarti hal ini tak bisa diabaikan. Fitur ini akan berguna bagi orang tua yang penglihatannya mulai rabun dan kesulitan membaca tulisan di layar ponsel yang kecil.

MIUI 7 mampu menampilkan tulisan dengan teks yang sangat besar dengan tetap cantik dan nyaman di mata di semua tampilan aplikasi.

Album Bayi

MIUI 7 menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk secara otomatis mengidentifikasi wajah bayi dan mengelompokkan foto mereka, ke dalam Baby Album.

Foto-foto bayi ini juga dapat digunakan sebagai foto pada tampilan layar kunci harian.

Untuk sementara, fitur Baby Album baru tersedia di India, dan secara bertahap akan diluncurkan secara global.

Mode Anak

Anak-anak seringkali meminjam ponsel orang tua untuk bermain game. Pada saat ini, data-data penting dan personal semacam SMS, nomor kontak, email bisa diakses secara tak sengaja oleh anak.

Dengan mengaktifkan mode anak, hal ini bisa dicegah.

Mode Jangan Ganggu Dengan Xiaomi Mi Band

Pengguna Xiaomi Mi Band akan sangat diuntungkan dengan fitur ini. Jika biasanya mode Jangan Ganggu (Do Not Disturb) harus diaktifkan secara manual atau dengan mengeset jam-jam tertentu, di MIUI 7, fitur ini akan aktif secara otomatis saat Xiaomi Mi Band mendeteksi bahwa pengguna sudah tidur.

Begitu pula saat terbangun, fitur DND secara otomatis akan mati saat Xiaomi Mi Band mendeteksi gerakan bahwa pengguna sudah bangun.

Showtime

Showtime Showtime

Panggilan telepon di MIUI 7 menjadi lebih menyenangkan dengan fitur Showtime. Fitur ini tidak hanya menampilkan nama dan nomor telepon, ataupun foto profil si penelepon, tapi memungkinkan para pengguna MIUI untuk menyelipkan sebuah video singkat selama 5 detik yang otomatis muncul dan dimainkan saat kontak yang bersangkutan menghubungi.

Sayangnya, lagi-lagi fitur ini untuk sementara baru tersedia di India.

IVR (Interactive Visual Response)

Seringkali saat menggunakan layanan pelanggan, kita mendengarkan perintah dari mesin untuk menekan tombol untuk mengakses menu tertentu.

MIUI 7 mengubah suara ini menjadi visual yang cantik, tanpa perlu menunggu perintah suara selesai mengeja nomor mana yang harus ditekan.

Tentu saja ini bisa mempersingkat waktu dan biaya telepon.

Layanan ini bekerja sama dengan lebih dari 50 perusahaan di India, mencakup Citibank, ICICI bank, Spicejet, Indigo, Tata Sky, HeroMotoCorp, dan banyak lagi. Fitur ini juga baru tersedia di India.

Penghemat Data

Bekerja sama dengan layanan Opera Max yang menyediakan layanan kompresi data, MIUI 7 mampu menghemat penggunaan data hingga 50%, yang artinya bisa menghemat ongkos data yang masih dibilang cukup mahal.

Layanan ini akan tersedia mulai September 2015 di Cina, India, Brasil, Hong Kong, Taiwan, Singapura, Malaysia dan Filipina.

Kenapa India?

India sepertinya menjadi negara yang istimewa bagi Xiaomi. Buktinya, peluncuran MIUI 7 global pun dilakukan di India. Belum lagi India selalu menjadi negara pertama lokasi peluncuran produk global setelah Cina.

Begitu pun saat beberapa fitur baru MIUI 7 baru ada khusus untuk pasar India. Kenapa ini bisa terjadi?

Ini karena aktivitas pengguna di forum MIUI 65% berasal dari India, yang mencerminkan pasar di India begitu besar. Wajar jika Xiaomi menjadikan India begitu istimewa.

Ketersediaan MIUI 7

MIUI 7 ready MIUI 7 ready

MIUI 7 bisa diunduh dan melakukan flashing ROM versi pengembang mulai 24 Agustus 2015. Perangkat-perangkat yang dipasarkan di Indonesia hampir semua mendukung MIUI 7.

Perangkat-perangkat yang mendukung MIUI 7 dan dipasarkan di Indonesia adalah Xiaomi Redmi 1S, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi Note 3G, dan Xiaomi Mi 4i. Perangkat lain yang juga mendukung MIUI 7 namun tidak masuk ke Indonesia adalah Xiaomi Mi 3, Xiaomi Mi 4, dan Xiaomi Redmi Note 4G.

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

2 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 20 Agustus 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Ssy cahmanxli

9 September 2015 18:32

Gan cara ngatasi camera yg gx sinkron sama flash.a gimana ? Ane pas moto menggunakan flashh, flash.a mati duluan sebelum kejepret. Jadi kalau buat moto malem sama saja kyk kamera tanpa flash. Tolong minta fix .a lewat updater. Hh xiomi redmi note 3g dev global.

Andry

6 Oktober 2015 21:30

Miui 7 blm ada untuk mi4i di Indo...

Statistik

Telah dibaca 8.101 kali. Waktu baca rata-rata 11 menit. Ada 2 komentar.