Mencoba Xiaomi Redmi 2

Artikel ini ditayangkan pada 10 April 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Saya cukup beruntung menjadi orang yang bisa mendapatkan Xiaomi Redmi 2 yang secara resmi dilepas ke pasar Indonesia pada 8 April 2015 melalui situs Lazada dengan harga Rp 1.599.000. Tercatat 40.000 perangkat Xiaomi Redmi 2 terjual dengan cepat, termasuk aksesorinya.

Xiaomi Redmi 2 sejatinya adalah penerus dari suksesnya Xiaomi Redmi 1S yang laris manis di Indonesia. Meski secara fisik keduanya mirip, namun Xiaomi Redmi 2 memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan saudaranya Xiaomi Redmi 1S.

Berikut ini pengalaman saya menggunakan Xiaomi Redmi 2, yang bisa menjadi pertimbangan untuk membeli Xiaomi Redmi 2.

Fisik dan Kemasan

isi kemasan Xiaomi Redmi 2 isi kemasan Xiaomi Redmi 2

Xiaomi Redmi 2 hadir dalam kemasan kardus berwarna coklat khas Xiaomi. Di dalamnya berisi unit ponsel Xiaomi Redmi 2, baterai berkapasitas 2.200 mAh, kabel USB, pengisi daya, buku panduan, dan kartu garansi.

Kesan pertama saya saat mengangkat ponsel ini adalah enteng. Maklum saja, beratnya hanya 133 gram dan lebih tipis bila dibandingkan dengan saudaranya Redmi 1S.

Bagian penutup baterai belakang berwarna putih dengan permukaan soft touch matte yang membuat Xiaomi Redmi 2 lebih mantab digenggam.

Seperti pada Xiaomi Redmi 1S dan Xiaomi Redmi Note, Xiaomi Redmi 2 memiliki 3 tombol yang terletak di sebelah kanan, yaitu tombol volume up, volume down, dan power. Di bagian kanan atas terdapat lubang jack 3,5 mm untuk earphone.

Colokan mikro USB 2.0 terletak di bagian bawah kanan. Sebuah lubang kecil yang berfungsi sebagai microphone terletak di bagian bawah,

Xiaomi Redmi 2 mendukung USB OTG (On The Go) di mana ponsel bisa bertindak sebagai host yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdisk, mouse, atau keyboard dapat terpasang dan berfungsi layaknya dicolok ke PC atau laptop. Agar fitur USB OTG ini bisa digunakan, dibutuhkan kabel tambahan baru yang mengkonversi mikro USB ke USB.

slot micro SD dan micro SIM slot micro SD dan micro SIM

Kamera utama beresolusi 8 MP terletak di bagian atas tengah. Sebuah LED flash terletak di samping kirinya dan pengeras suara terdapat di samping kanan kamera utama.

Terdapat lubang kecil di atas kamera yang berfungsi sebagai microphone. Terakhir, terdapat tulisan Mi di bagian bawah menjadi ciri khas keluarga Redmi.

Bagian depan, kamera depan beresolusi 2 MP berada di sebelah kanan pengeras suara telepon. Di bagian bawah layar terdapat 3 soft buttons, yaitu tombol menu, tombol home, dan tombol kembali. Lampu LED yang akan menyala bila ada notifikasi beradai di tengah, tepat di bawah tombol home.

Seperti pada saudaranya Xiaomi Redmi 1S, tombol soft buttons di Xiaomi Redmi 2 tidak memiliki lampu backlight, sehingga cukup merepotkan saat berada di daerah gelap untuk mencari tombol.

Xiaomi Redmi 2 memiliki ujung-ujung yang membulat. Ini mengingatkan saya dengan bentuk Xiaomi Redmi Note, yang bila disandingkan, Xiaomi Redmi 2 seolah-olah Xiaomi Redmi Note berukuran lebih kecil.

Ukuran bezel atau kerangka yang mengelilingi layar di Xiaomi Redmi 2 juga lebih tipis, yaitu 3,11 mm. Ini membuat Xiaomi Redmi 2 lebih kecil beberapa milimeter bila dibanding dengan saudaranya Xiaomi Redmi 1S.

Prosesor dan Memori

Xiaomi Redmi 2 menggunakan arsitektur 64 bit yang ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 410 quad-core 1,2 GHz (Cortex A53).

Untuk grafis, Xiaomi Redmi 2 menggunakan Adreno 306 yang mendukung berbagai pustaka grafis dan game yang ada di pasar. Bermain game dengan grafis yang berat semacam Asphalt 8 pun terbilang cukup lancar.

Meski RAM-nya hanya 1 GB, namun Xiaomi Redmi 2 menggunakan LPDDR3, yang merupakan teknologi terkini di dunia memori. LPDDR3 (low power DDR3) mengkonsumsi daya lebih rendah dan transfer rate lebih cepat.

Xiaomi Redmi 2 mempunyai ruang penyimpan internal sebesar 8 GB yang bisa ditambah dengan menyematkan microSD dengan kapasitas maksimal 32 GB.

Baterai Lithium-Polymer (Li-Po) Xiaomi Redmi 2 berkapasitas 2.200 mAh yang mendukung teknologi Quick Charge 1.0, sehingga pengisian daya bisa jauh lebih cepat dari Xiaomi Redmi 1S.

Layar

Layar Xiaomi Redmi 2 berukuran 4,7 inchi. Ukuran 4,7 inchi dianggap ukuran paling nyaman untuk sebuah ponsel, baik digenggam maupun dibaca.

Saya sepakat. Xiaomi Redmi 2 begitu pas saat digenggam dan setiap sudut layar bisa diakses dengan satu tangan. Bila dikantongi pun, Xiaomi Redmi 2 tidak memakan banyak tempat.

Xiaomi Redmi 2 menggunakan Sharp/AUO IPS HD fully laminated display. Layar laminated menghilangkan celah antara layar sentuh dengan sensor tekanan. Hasilnya, layar menjadi lebih tipis yang membuat Xiaomi Redmi 2 ikut menjadi tipis dan ringan.

Selain tipis, penggunaan laminated display membuat warna pada layar konsisten pada hampir semua sudut pandang. Layar masih bisa dibaca hingga sudut 178°.

Layarnya beresolusi 1280×720 312 ppi. Resolusi in merupakan resolusi paling optimum yang paling nyaman digunakan di ponsel. Resolusi ini pun masih bisa dilihat dengan tajam pada layar komputer standar.

Xiaomi Redmi 2 menggunakan NTSC warna gamut 70%, yang membuat warna merah tampak lebih merah, warna biru tampak lebih biru, dan sebagainya. Perbandingan kontrasnya 1000:1 membuat gambar tampak lebih tajam.

Layar Xiaomi Redmi 2 dilapisi dengan kaca AGC Dragontrail yang membuat layarnya kebal goresan.

Jaringan 4G LTE

Xiaomi Redmi 2 menggunakan mikro SIM ganda yang mendukung 4G pada kedua slot. 4G yang didukung Xiaomi Redmi 2 adalah CAT4 4G LTE yang kecepatannya bisa mencapai 150 Mbps download dan 50 Mbps upload. Jaringan 4G LTE yang didukung adalah FDD (Frequency Divison Duplex) yang mana jalur upload dan download dibedakan berdasar frekuensi.

Frekuensi FDD-LTE yang didukung Xiaomi Redmi 2 adalah 900 MHz, 2600 MHz, dan 1800 MHz. Operator telekomunikasi Indonesia, Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat, menggunakan frekuensi 4G LTE 900 dan 1800 MHz yang bisa digunakan di Xiaomi Redmi 2.

Saya belum mencoba fitur 4G LTE ini karena belum menukarkan kartu SIM saya agar mendukung jaringan 4G LTE. Saya akan coba perbarui tulisan ini jika sudah menggunakan layanan 4G LTE.

MIUI 6

Setelah melepas plastik lapisan pelindung di layar depan, memasang baterai dan menyalakannya, muncul layar pengaturan pertama kali. Langkah-langkah aktivasinya adalah:

MIUI 6 MIUI 6
  1. Memilih bahasa, ada beberapa pilihan termasuk Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Saya memilih Bahasa Indonesia.
  2. Memilih lokasi, tentu saja saya memilih Indonesia.
  3. Memilih papan ketik, ada 3 pilihan: SwiftKey, Google Keyboard, Masukan Pinyin Google (Google Pinyin Input). Saya memilih Google Keyboard.
  4. Terhubung ke jaringan wi-fi. Pengaturan ini bisa dilewati jika tidak ingin terhubung ke wi-fi. Karena nanti akan saya gunakan untuk masuk menggunakan akun Mi, saya mengaktifkan dan menghubungkan ke jarinan wi-fi.
  5. Halaman Syarat dan Ketentuan penggunaan. Setujui saja.
  6. Masuk ke akun Mi jika sudah punya. Jika belum bisa membuat akun Mi terlebih dahulu. Atau bisa juga melewati langkah ini. Akun Mi berguna untuk mengaktifkan layanan cloud, misal mengembalikan pengaturan perangkat yang ada di ponsel Xiaomi yang lain. Saya mengaktifkan akun Mi untuk mengembalikan dan mensinkronisasi kontak dan pengaturan dari perangkat Xiaomi saya yang lain.
  7. Masuk ke akun Google untuk mengaktifkan layanan Google Play.
  8. Setelan tambahan, misal mengaktifkan pengaksesan lokasi dan pengiriman info pengalaman pengguna yang dikirim ke MIUI secara anonim untuk meningkatkan kinerja perangkat ke depannya.
  9. Anda sudah siap!

Xiaomi Redmi 2 menggunakan MIUI 6 yang telah berjalan di Android Kitkat 4.4.4. Saya suka sekali dengan tampilan MIUI 6 yang penuh warna, cantik, dan animasinya memikat.

Saat saya melakukan pengecekan melalui menu Pembaruan, versi MIUI yang digunakan adalah versi 6.3.4 (KHJMIBL).

Ada 6 aspek yang ditonjolkan di MIUI 6, yaitu warna, gerakan, konten, kustomisasi, dan keamanan. Berikut ini yang menarik perhatian saya.

Kosmetik dan Animasi

notifikasi MIUI 6 notifikasi MIUI 6

Warna merupakan elemen yang penting di MIUI 6. Warna-warna di MIUI 6 mencerminkan kebahagiaan. Warna-warna hijau, merah, biru, oranye, dan kuning banyak digunakan sebagai warna dasar elemen MIUI 6.

Gerakan merupakan aspek kecil namun begitu diperhatikan di MIUI 6. Para desainer dan insinyur di MIUI menggunakan rumusan gerakan alami yang hasilnya adalah gerakan cepat pada awal dan melambat secara logaritmis pada akhir. Detail-detail gerakan ini membuat MIUI tampak lebih intuitif dan responsif.

Ikon-ikon pun dibuat dengan flat membuat tampilan dan warna terlihat lebih solid. Di beberapa ikon, ada animasi yang membuat ikon lebih atraktif. Misal pada ikon kalender, ketika berganti hari, akan ada animasi kalender berganti hari. Begitu juga pada ikon aplikasi cuaca, tampilan cuaca dan suhu udara bisa terlihat dengan cepat hanya dari ikonnya.

Notifikasi

Notifikasi menjadi perhatian di MIUI 6 karena seringkali notifikasi ini mengganggu. Saya suka dengan pendekatan yang dilakukan MIUI 6 untuk mengelola notifikasi.

Salah satu notifikasi yang cukup berguna adalah floating notification yang sudah ada di MIUI v5 saat ada telepon masuk. Pengguna bisa menyentuh notifikasi tersebut untuk menjawab atau menolak panggilan tanpa berpindah aplikasi. Konsep floating notification ini diterapkan di MIUI 6.

MIUI 6 bisa membedakan, mana notifikasi yang penting dan membutuhkan respon cepat dan mana notifikasi tak penting yang bisa diabaikan. Contoh notifikasi yang penting antara lain notifikasi panggilan masuk, pesan singkat, dan pengingat. Sedangkan notifikasi yang bisa diabaikan antara lain notifikasi pembaruan, aktivitas terbaru, dan sebagainya.

MIUI 6 secara cerdas bisa memilah mana notifikasi yang penting dan mana yang tidak. Namun jika tidak sesuai, prioritas notifikasi ini juga bisa diatur secara manual oleh pengguna.

Notifikasi yang tak penting ditampilkan dengan cantik di statusbar. Ada dua cara yang bisa dipilih, yaitu menampilkan model tiga titik atau langsung menampilkan ikon aplikasinya.

Pengelolaan E-mail

quick reply email MIUI 6 quick reply email MIUI 6

E-mail juga menjadi fokus tim MIUI. E-mail merupakan aplikasi yang paling sering saya gunakan di ponsel. Namun seringkali untuk melakukan pengaturan e-mail membutuhkan langkah yang panjang.

MIUI 6 mendukung fitur auto-setup, di mana pengguna hanya memasukkan alamat e-mail atau username serta kata sandi, dan MIUI yang akan melakukan pengaturan lainnya.

Saat saya mencoba mengaktifkan akun e-mail kantor yang menggunakan server e-mail hasil instalasi sendiri, aplikasi e-mail bisa mengenali dan memasang konfigurasi SMTP, IMAP, dan port dengan benar dan cepat. Padahal domain yang digunakan oleh mail server ini berbeda dengan domain yang muncul di e-mail saya.

Begitu juga saat saya menambahkan alamat e-mail pribadi yang di-hosting di Zoho Mail. MIUI bisa langsung mengenali dan mengkonfigurasi sesuai dengan benar dan bisa langsung digunakan.

Membalas e-mail juga merupakan aktivitas yang paling sering dilakukan setelah menerima e-mail. MIUI 6 mempermudah pengalaman membalas e-mail. Jika di aplikasi lain ada tombol khusus untuk membalas, MIUI menghilangkan tombol ini dan pengguna bisa langsung mengetuk pada pesan e-mail untuk membalas.

Setelah e-mail berbalas begitu panjang, rasanya membaca e-mail bisa memusingkan. MIUI 6 mengemas percakapan e-mail menjadi lebih cantik, dengan menyusun dengan model threaded dan dibentuk layaknya percakapan pada aplikasi perpesanan. Ekor e-mail yang tak penting dihilangkan dan hanya menampilkan balasan yang penting saja.

Saya bahkan langsung jatuh cinta pada aplikasi e-mail bawaan MIUI 6. E-mail bisa ditampilkan ke dalam sebuah akun global, atau kita bisa memilih hanya menampilkan satu akun tertentu saja.

Kustomisasi dan Personalisasi

MIUI 6 menawarkan pengalaman yang menarik untuk pengguna saat melakukan kustomisasi dan personalisasi.

Menghapus aplikasi yang tidak diinginkan dengan cara yang gampang, cukup tahan aplikasi lalu seret ke atas, ke arah tempat sampah, dan puff! Aplikasi dihapus dengan cara yang cantik, seolah-olah meledak menjadi potongan kertas warna-warni sesuai warna ikon aplikasi yang dihapus.

Menghapus banyak aplikasi sekaligus pun juga sama mudahnya. Cukup pinch-out layar, kemudian kumpulkan ikon aplikasi yang dihapus dengan mengetuknya lalu seret aplikasi yang telah terkumpul ke tempat sampah di bagian atas dan, puff!

MIUI 6 memiliki banyak pilihan tema dan tampilan. Animasi, ikon, dan berbagai bunyi-bunyian bisa diatur dengan mudah sehingga lebih personal.

Untuk menjaga performa tetap kencang, MIUI 6 memiliki aplikasi pembersih bawaan. Aplikasi pembersih ini bisa menghapus berkas-berkas tak berguna seperti cache, sisa-sisa aplikasi yang telah dihapus, dan sebagainya. Aplikasi pembersih ini telah digunakan 9 juta orang setiap hari, menangani 640 juta berkas sebesar 2.550 TB yang setara dengan 326.000 ponsel berkapasitas 8 GB.

Untuk keamanan, MIUI 6 memiliki aplikasi antivirus yang mencegah ponsel terjangkit aplikasi jahat dan berbahaya.

Menu Tersembunyi

Bila cukup iseng, terdapat banyak hal-hal “rahasia” yang menyenangkan untuk dieksplorasi. Misal dengan mengetuk beberapa kali pada versi MIUI saat melihat informasi ponsel, maka akan mengaktifkan mode developer.

Masih pada menu tentang ponsel, mengetuk beberapa kali pada versi kernel, akan mengaktifkan layanan debug atau engineering mode.

Mengetuk pada versi Android beberapa kali akan memunculkan easter egg versi Android yang digunakan.

Performa

Untuk mengukur performa, saya menggunakan aplikasi Antutu Benchmark versi 5.6.2. Hugo Barra mengklaim hasil pengukuran Antutu untuk Xiaomi Redmi 2 adalah 20.375.

Saya melakukan 2 kali pengujian. Hasil pengukuran saya, Xiaomi Redmi 2 mendapat skor tertinggi 20.042 dan skor terendah 19.055. Antutu Benchmark mengenali perangkat sebagai Xiaomi Redmi 2 (2014817).

Jika melihat informasi perangkat dari aplikasi Antutu Benchmark, Android yang digunakan adalah versi 32 bit, meski prosesor Qualcomm Snapdragon 410 mendukung 64 bit.

Performa baterai bisa dibilang cukup irit. Dalam sehari pemakaian normal, baterai bisa bertahan hingga 10 jam. Saya mengisi baterai Xiaomi Redmi 2 sekali, pada malam hari saat tidur.

Kamera

deteksi jenis kelamin dan wajah deteksi jenis kelamin dan wajah

Selain spesifikasi, saya melihat ketangguhan prosesor ponsel adalah dari kameranya. Hasil foto pada ponsel selain dipengaruhi oleh lensa, juga ditentukan oleh pemrosesan gambar. Jika hasil pemrosesan gambar bagus, biasanya untuk komputasi lainnya hasilnya bagus, karena pemrosesan gambar menggunakan penghitungan yang lebih rumit dan berat.

Kamera utama Xiaomi Redmi 2 beresolusi 8 MP menjadi senjata utama. Warna yang dihasilkan terasa lebih terang, mungkin karena pengaruh layar BSI (Back Side Illumination) dengan bukaan lensa yang lebar f/2.2. Auto fokusnya cukup cepat dan shutter lag relatif rendah.

Saya suka dengan aplikasi kamera bawaannya. Tampilannya terlihat lebih ringkas dan hanya terdapat 3 tombol, yaitu untuk melihat hasil foto, tombol shutter dan tombol video.

Tampilan dasarnya memiliki rasio 4:3 namun bisa diubah untuk mengambil gambar dengan rasio penuh 16:9 melalui menu pengaturan. Menu pengaturan dimunculkan dengan menahan tombol soft button menu agak lama.

Jika kita membuka aplikasi kamera dan saat posisi portrait kita mengusap layar dari kiri ke kanan, akan muncul berabgai filter yang bisa digunakan untuk mengambil gambar. Jika layar diusap dari kanan ke kiri, akan muncul pilihan pengaturan seperti model panorama, HDR, pengaturan manual, dan sebagainya.

Menu pengaturan juga bisa dilihat dari menu pilihan ini, yang dilambangan dengan gambar gerigi.

Kamera depan Xiaomi Redmi 2 beresolusi 2 MP yang memiliki kemampuan merekam video 720p. Kamera depan dirancang untuk memenuhi kebutuhan selfie. Terdapat fitur beautify yang mana, setelah gambar diambil, aplikasi secara otomatis bisa mempercantik foto wajah. Kamera ini juga bisa mendeteksi jenis kelamin dan usia orang yang masuk di layar.

Pada saat mengaktifkan kamera depan, filter kamera juga bisa diakses dengan mengusap layar dari kiri ke kanan. Menu timer bisa diakses dengan mengusap layar dari kanan ke kiri. Untuk berpindah ke kamera depan, masih dari mode portrait, tinggal usap dari bawah ke atas, kamera akan berganti ke kamera depan, dan jika mengusap lagi akan kembali ke kamera utama.

Jika menggunakan mode manual, white balance dan ISO bisa diatur. Kamera utama Xiaomi Redmi 2 memiliki ISO maksimal 800.

Dari 12 filter yang tersedia, saya suka dengan filter cermin, mosaik, dan mata ikan. Filter cermin akan membuat obyek menjadi dua sisi yang satu sama lain berpasangan. Filter mosaik akan secara otomatis “mengkotak-kotakkan” suatu daerah di layar yang bisa kita atur. Filter mata ikan membuat foto seolah diambil menggunakan lensa fish-eye.

Hasil Foto

Saya memotret beberapa kali pada beberapa kondisi. Saya juga mencoba memotret dengan menggunakan filter yang tersedia.

Pada kondisi penuh dengan cahaya, kamera Xiaomi Redmi 2 menampilkan gambar yang jernih dan tajam. Auto-focus-nya cakep sekali untuk bermain-main dengan depth of field alias bermain bokeh.

hasil focus Xiaomi Redmi 2 hasil focus Xiaomi Redmi 2

Kamera depan Xiaomi Redmi 2 sepertinya memang dirancang untuk selfie. Saya agak terkejut saat memotret dengan kamera depan Xiaomi Redmi 2 karena hasilnya gambar terbalik (tercermin). Awalnya saya mengira ini adalah bugs, ternyata ini bisa diset di bagian pengaturan.

Yang mengasyikkan adalah fitur beautify yang bisa mendeteksi wajah sekaligus jenis kelamin dan perkiraan usia. Beautify akan mempercantik obyek foto sesuai dengan jenis kelamin dan usia.

Namun fitur ini bisa diakali. Jika wajah menunjukkan kegembiraan atau tersenyum, perkiraan usia akan menjadi lebih muda. Jika wajah kita tampak muram atau tidak ada senyum sama sekali, perkiraan usia akan menampilkan lebih tua. Minimal ini yang terjadi pada saya.

Memotret pada kondisi minim cahaya atau malam hari juga baik. Saya kurang suka memotret menggunakan flash, dan semua foto yang saya ambil menggunakan mode auto. Jika kurang puas, mode manual bisa dipilih.

Saya mencoba mengambil gambar pada malam hari dengan mode auto dan mode manual dengan ISO tertinggi, 800. Hasilnya, mode auto tampak lebih terang bila dibanding dengan yang menggunakan ISO 800.

Berikut ini adalah contoh hasil foto yang saya ambil menggunakan Xiaomi Redmi 2.

Hasil Video

Saya juga mencoba mengambil video menggunakan kamera utama Xiaomi Redmi 2. Pada siang hari, perpindahan dari daerah penuh cahaya ke daerah yang redup cukup cepat. Transisinya pun bisa dibilang cukup mulus.

Saat digunakan di malam hari, pada kondisi cahaya minim. Kamera Xiaomi Redmi 2 juga masih bisa menangkap gambar dan menampilkannya dengan cukup jernih.

Spesifikasi

Berikut ini spesifikasi Xiaomi Redmi 2 yang tertera di kardusnya.

CPU Qualcomm MSM 8916 Snapdragon 410 quad-core 1,2 GHz 64 bit
GPU Qualcomm Adreno 306
RAM 1 GB LPDDR3
Memori Internal 8 GB EMMC
Memori Eksternal MicroSD™ hingga 32 GB
Layar 4,7 inchi HD IPS (1280×720) AGC Dragontrail
Kamera Utama 8 MP BSI mendukung video 1080p HD, flash LED
Kamera Depan 2 MP mendukung video 720p HD
Kartu SIM 1 mikro SIM 4G LTE (FDD-LTE), WCDMA/HSDPA/3G, GSM
Kartu SIM 2 mikro SIM 4G LTE (FDD-LTE), WCDMA/HSDPA/3G, GSM
Bluetooth v4.0
GPS A-GPS, GLONASS, BeiDou Navigation Satellite System
Nirkabel/Wi-Fi WLAN (802.11b/g/n)
USB 2.0 OTG
Microphone Dual-Microphone Noise Suppression
Audio 3,5 mm jack stereo
Baterai 2.200 mAh, Quick Charge 1.0
Sensor Giroskop, Akselerometer, Kompas Digital, Sensor Cahaya, Sensor Proximitas
Android 4.4.4 Kitkat MIUI 6
Lainnya Radio FM

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

77 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 10 April 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

uthie

10 April 2015 17:04

ADUH MAK, PENGEEEEEEEEENNNN..

Kenz

10 April 2015 18:39

Zam ... keren ulasannya ttg Xiomi Redmi 2 ... ada beberapat pertanyaan :
1. GPS nya gimana, ketepatan tanpa bantuan WIFI, dan juga kecepatan mendapat sinyal GPS? karena aku sudah coba banyak hp tapi sedikit merk yang gpsnya berkualitas di harga kurang dari 3 juta.
2. Kalau diroot, menghilangkan garansi ga? Himax Pure III yang pernah aku coba, ternyata tetap garansi meski aku root dan ganti-ganti ROM nya :)
3. Kira-kira bebas aplikasi mata-mata dari china ga ya Redmi 2, mengingat kabarnya yg Redmi sebelumnya ada aplikasi bawaan yang ternyata mengumpulkan data spionase?
Terima kasih.

Rahmat Nurkholis

11 April 2015 23:05

mau sharing gan, sp tau ada yg bisa kasih solusi,, sy pengguna xiaomi redmi note, gak ada masalah apapun dr gadget ini, malahan sangat keren fiturnya.. cuma ada 1 permasalahannya n mungkin jg dirasakan sm pengguna xiaomi yg lain, yaitu SIGNAL. Signalnya cenderung lebih lemah drpd gadget lain (sudah sy bandingin sm brand lain di tempat yg sama, provider yg sama dan paket yg sama pula).. katanya masalah ini disebabkan oleh software MODEM yg tertanam di xiaomi memang tidak terlalu bagus, namun bisa diganti.. saya sudah googling tapi tetep gak nemuin link yg membahas masalah ini.. kalau ada yg bs ngasih solusi tolong dibantu ya.. sebelumnya terima makasih.. :-)

Sendy iven yulian

12 April 2015 13:11

Gan, saya mau tanya nih !
Xiaomi Redmi 2 itu, kartu slot 1&2 bisa menggunakan kartu sim jaringan 3G ?

Ferry

16 April 2015 10:43

punya saya kok cuma bertahan paling lama 3 jam ya baterainya? padahal gps, bluetooth, wifi, rotasi semua saya matikan. kecerahan layar jg saya setting sekitar 30%. bagian belakang juga panas. padahal tidak dalam posisi game, video atau aktifitas lain. cuma saya diamkan dengan koneksi prioritas 3G.

Mustika

16 April 2015 21:35

Gan, minta solusi dong. aku baru aja beli redmi 2 tapi dtampilan menu belum ada play storenya. cara nampilinnya gimana ya? padahal akun google udh di aktivasi. terima kasih :)

ega

18 April 2015 08:53

mau tanya, cara rubah ringtone /notofikasi gmn ya? wktu ditekan tmbl notifikasi selalu balik ke homescreen, lalu saat tekan tombol seting di kamera juga balik lg ke homescreen, mau di update firmware jg katanya udah last update...terima kasih

Irma

19 April 2015 16:25

Beneran ada kartu garansinya? Aku kok gak ada yaaa

ulfa

19 April 2015 21:52

Gan mau nanya, dalam box redmi 2 ini ada manual booknya ga sih sebenernya ? Kok punya saya ga ada ya ? Cuma ada panduan pengguna saja

Made WK

22 April 2015 15:38

Saya punya masalah dengan hasil fotonya: kalau memfoto menggunakan blitz kok warnanya menjadi kekuningan, katanya sih karena blitz yang terlambat, bagaimana cara memperbaikinya?

Yunar

22 April 2015 21:43

Bagaimana cara meng-capture foto dengan teks beautify tetap ada karena jika menggunakan tombol volume kecil + power maka teks beautify nya hilang/ tidak ter capture, thanks, review yang bagus.

bobby

27 April 2015 18:07

Redmi2 mendukung semua fitur miband termasuk fitur unlock screen ?

utih

5 Mei 2015 10:36

Min. Cara ngerubah transisi layar gimana? Setiap saya liat youtube dan ngikutin tapi kenapa gak sama. Pas saya pencet tombol capacitiv pojok kiri (3 garis) Itu selalu yg muncul aplikasi terakhir di pakai. Bukannya yg model transisi nya seperti di youtube

joni

8 Mei 2015 10:47

redmi 2 punyaku koq dapat sinyat hsdpa tapi koq ga bisa connect ke inet ya..

Maman

8 Mei 2015 17:18

Nanyak om, Untuk GPS Redmi 2 apakah bis adigunakan tanpa data internet ???

juliann

11 Mei 2015 05:29

Mau tanya gan, saya kan pake redmi 2 tapi ada beberapa masalah yang saya rasakan, panas berlebih (menurut saya) pada redmi 2 apakah memang normal? Kalau agan tidak mengalami, apakah ada masukan agar pnsel saya tidak terasa panas saat dipakai. Terimakaaih gan sebelumnya.

Sardi

13 Mei 2015 00:46

Xiaomi Mi4i dong bang... yg direview

dion

16 Mei 2015 19:29

Saya pakai redmi 2. Kenapa aplikasi bbm kok notifikasi terhubungnya gak ada? Klo lainnya gak ada masalah. Batre awet. Charging cepet. Overall good.

dendry

17 Mei 2015 01:02

gan comen2.a ko gx pd di bls kebanyakan keluhan smua solusi.a gmna

yunita

17 Mei 2015 05:40

sy baruzan bli hp xiomi redmi 2, smuax tampilanx keren tp wktu lampu layar mati n hrs membuka tombol kunci otomatis... ada fitur yg selalu muncul yaitu tekan tombol kembali dan volume atas scr brsama-sama untuk mematikan fitur ini, fitur ini sllu bikin ribet. bgmn carax mnghilangkan tampilan fitur ini.

Jack

17 Mei 2015 11:27

Mas... mau nanya nich apakah redmi2 tidak bs connect bluetooth headset?saya uda coba search perangkatnya tapi tidak ditemukan device bluetoothnya.tq

`yuda

18 Mei 2015 07:22

nice, saya juga kebetulan order redmi2 baru notice klo backlightnya not avail :( tapi grafis miuinya memang bikin mata seger sih, nice review!

puput

18 Mei 2015 15:39

saya mau tanya knp kartu 3 ga kedetect di xiaomi red mi 2?

Farah

18 Mei 2015 23:16

Mau tanya donk, saya baru beli xiaomi redmi 2s. Mau bikin account mi dr hp nya langsung kok ga bisa terus ya? Di coba bikin account langsung dr web miaccount nya berhasil. Tapi pas mau log in ke mi account dr hp xiaomi nya gak pernah mau masuk terus. Malah skg aplikasi bbm nya gak bisa jln... Padahal aplikasi kyk whatsapp dll lancar2 aja.. Bingung jg nih... Plis help ya..

Van

23 Mei 2015 16:38

Battery Xiomi redmi 2 bisa copot pasang ? Redmi 2 dual sim apa single sim ? Soalnya ada yang Bilang dual sim ada juga yang Bilang singel sim , tapi kebanyakan dual sim , mana yang bener ?

Dadang Pujiyanto

27 Mei 2015 08:45

Gan, kok xiaomi 2 saya lag ya , padahal aplikasi juga ga neko" cuma bbm aja. pencerahannya dong :)

yoseph

29 Mei 2015 16:44

Saya baru beli redmi 2 dam iseng2 buka buka semua. Mau tanya Fungsi mode developer apa ya? Saya iseng2 ketuk berkali2 di MIUI nya trus keluar deh jadi developer. Trus cara menonaktifkan nya gmn ya? Terima kasih

ufifatul ilma

30 Mei 2015 10:18

Gan mau nanya hpku redmi 2 kalo download di play store selalu muncul tulisan menunggu wifi trs dan gak bisa download. Itu gmn ya gan? Tlg bantuannya soalnya krn itu sy gk bisa download app di play store. Mksh

Prita Nada

4 Juni 2015 12:48

Mau tanya cara mengaktifkan kamera depan bagaimana ya untuk redmi note 4g? apakah ada menu saya kesulitan mencarinya.
Terima kasih.

boris

4 Juni 2015 21:48

gan mau tanya donk : ane pake xiaomi redmi 2 nah ane punya masalah sama penyimpanan foto nih gan,kalo ane simpen di galery ko ada di aplikasi googel + yaa ? itu ke share gag yaa gan ? truus kalo di miclaud nyaa bisa ke share juga gan ?

victor

5 Juni 2015 16:05

Mau tanya ini xioami 2 touchschreen nya sangat sensitif gimaba cara atur sensitifitas layarnya,

Rofi Ismanto

6 Juni 2015 15:46

Mas mantep reviewnya... yang jadi masalah buat saya itu hasil kameranya kalo pake flash hasilnya jadi kekuning-kuningan... ada solusi gak mas soal ini... sedih saya kalo hasilnya gak clear.....

febri

6 Juni 2015 16:07

gan hp ane xiaomi 2 pas sim 1 msuk ada tulisan mungkin anda ganti kartu mi mesengger keluar bacaan batal sma aktivasi ?? sya bingung mau pilih yg mna . trs pas sya on data nya gk keluar koneksi internet nya tpi msh bsa sms nelpon . gmna tuh minta saran dong . terimakasih .

karma

7 Juni 2015 14:48

sangat bermanfaat articelnya,,,
kita juga nak beli ni min, lagi order,,, heeee

winandi

12 Juni 2015 21:40

wah sangat panjang lebar ya mas penjelasanya. jadi lebih gamblang mengenai xiaomi. btw ane mao cari xiaomi yang ram 2 gb recomend apa ya mas ?

iman salamun

19 Juni 2015 21:18

mas mau tanya.. saya baru beli redmi 2 baru 2 hari, untuk semua piture bagus, ettapi yang saya heran, setiap mencharge terasa lama, juga setelah penuh cepat habis, kalau begitu apa normal, atau perlu ke service center. padalah ngak di pakai apa2, keadaan sedang standby,
contoh, batrai penuh jam 12.30, jam 17.00 sudah habis lagi, posisi standby.

XiaoLover

22 Juni 2015 15:57

Hi. Mohon beri rekomen. Mau beli online Xiaomi Redmi2.
1. Apa web nya, yang sudah biasa kirim luar JKT ? Saya tidak di JKT. Bisa di emailkan ke saya secara pribadi, jika tidak bisa di sini.
2.Juga , berapa kapasitas MicroSD yang diperlukan, kira kira ? untuk browse cari barang, untuk email, WA, video. Tidak suka selfi / foto sana sini. Tapi untuk kerja / yang perlu2 untuk famili / teman. Suka grafis, arsitek, tapi sudah punya kamera.
3.Berapa kapasita powerbank ?

XiaoLover

22 Juni 2015 15:58

Thanks much :)

nanang

23 Juni 2015 16:12

CarCara minfahin data internal ke eksternal himana
a

cui

24 Juni 2015 08:51

saya pengguna redmi2s, masalahnya vidio yang saya rekam saat diputar mengalami redup pada layar. bagaimana cara mengatasinya?
sedangkan pegaturan kontras tidak membantu memperbaiki kualitas terangnya layar..
atas balasannya saya sampeikan trimakasih

widhy

25 Juni 2015 19:49

Minta tolong donk min.. Di pengaturan xiaomi accountnya ga bs di klik.. Diapain ya? Krn ga connect account xiaominya jd g bs cinnrct je mi cloud dan mi talk. Mohon solusinya

erik

27 Juni 2015 08:46

sudah sebulan saya pake nih hp, puas sekali dengan peformanya diukur dari harga yg diberikan.
RAM 1 GB sudah cukup untuk multitasking beberapa akun sosmed yg penting, kamera yang jernih untuk pemotretan dalam dan luar ruangan, tampilan interface MIUI yg menarik serta fitur2 tambahan seperti tema dan bentuk huruf yg bisa diganti2 tanpa root..
namun bagi yg pertama kali menggunakan akan terasa ribet karna sistem pengaturan tidak sesimpel android kebanyakan.

neptu

28 Juni 2015 10:32

Permisi mas mba mau tanya,
Saya mau tanya indikator batery penuh pada saat di charge di redmi 2 ditandai dengan apa ya ?apakah dengan led yg berwarna hijau ?tetapi punya saya pada saat di charge kondisi batery 20% sudah berwarna hijau, apakah punya mas dan mba nya juga sperti saya pada saat di charge ?
Terimakasih

taami

28 Juni 2015 13:18

mau nanya gan, gmana ngeliat album tersembunyi dari galeri xiami redmi 2?? mohon infonya :D

taami

28 Juni 2015 13:19

mau nanya gan, gmana cara untuk melihat album tersembunyi dari Xiami Redmi 2? mohon infonyaa :D

wawa

5 Juli 2015 13:12

Gmn cara menyalakan blitz nya mi 2 ya gan? Thanks jwb nya :)

ardan

9 Juli 2015 22:52

Saya baru beli redmi 2 nih lwt lazada, pertama dateng langsung saya charge dlm kondisi padam. tp kok setiap sedetik getar trus nyala layarnya trs mati trus sedetik berikutnya getar trs layar nyala trs mati. Itu kenapa ya ? jd takut mau lanjutin ngecharge. Mohon pencerahannya

Safrin

10 Juli 2015 02:39

Redmi 2 knp tdk konek dengan kartu 3 dan sering skali mngalami lag
mohon pencerahan nya gan

maria

10 Juli 2015 08:15

numpang tanya
kalau hp layarnya gg bisa dibuka gara” ganti tema itu cara benerinnya gimana ya?
mohon bantuannya

fian79

16 Juli 2015 11:43

Maaf klo layanan Google play diperangkat saya hilang,gimana saya bisa instal kembali,terima kasih.

iwan

31 Juli 2015 20:58

Cara install Google play adalah masuk MI STORE trus download Google installer iconnya warna merah,setelah terdownload buka Google installernya lalu cari Google play store Dan download selesai tinggal buka play storenya....good luck.....

sobri

3 Agustus 2015 01:14

Hh ini cocok ga buat game hd

irma

22 Agustus 2015 11:24

maaf mau tanya saya pakai redmi 2s tapi kenapa 2simcard yg saya pasangkan tidak bisa konek ke jaringan (telkomsel) di layar atas untuk icon jaringan tertulis no service padahal simcard sudah terpasang dengan benar dan kontak pada simcard juga sudah terbaca di hp bagaimana cara aktifasi kartunya?

Ewing

20 September 2015 23:33

Maaf mau nanya mas..hp saya redmi 2 masalahnya di charger isi daya tp kok layar berkedip yg ada logo mi.com hidup mati.kira2 napa yah mas?

adeabdillah

21 September 2015 20:37

Mas mau tanya kalau sambungan datanya gak conect ke jaringan itu gimna ya. ? Terua untuk telpon call center ga biaa

Ahyuni

26 September 2015 13:05

mau nanya om.. hp redmi2 punyaku muncul terus icon headset ga ilang2 padahal headset ga connect.. mohon bantuannya trims

syahrul adam

10 Oktober 2015 13:55

mas mau nanya, kok pas saya mau buka radio, munculnya radio online ya? chanel semua harus di download dan semua salurannya dari china. kenapa gak ada saluran indonesia (Radio FM)?

syahrul adam

10 Oktober 2015 13:58

dan setiap saya mau mendownload aplikasi dari Playstore harus selalu menggunakan wifi? kalo tidak ada jaringan wifi proses download akan meloading terus dengan caption "menunggu wifi". padahal data seluler sudah saya aktifkan, tapi tetep saja dia maunya didownload pake wifi. apa ada cara untuk mengaturnya?

MI Fans

23 Oktober 2015 02:49

Untuk kalian pengguna Xiaomi yang mengalami masalah atau ada pertanyaan silahkan download aplikasi Tapatalk https://play.google.com/store/apps/developer?id=Tapatalk+Inc. Aplikasi tersebut adalah forum resmi khusus untuk Xiaomi.

VIVIN YULIANA

31 Oktober 2015 08:23

hp ku mati ketika mau membuka baterai tanam pd hp xiaomi.kenapa y?
tolong kirim balasan pd email sy

MaskGuna

31 Oktober 2015 23:38

Gan, saya pakai redmi 2 prime miui7, cara untuk menampilkan kontak yg ada di simcard gmn??

Sulistiyo

4 November 2015 16:14

om, App E-mail di Redmi 2 saya ko ga ada, gimana cara munculinnya ? mksh..

Rozak

8 November 2015 23:13

Kenapa ya redmi note 4g tidak bisa atur getar???

jamik

27 November 2015 10:49

om mau tanya cara lht lokasi gps yg ada di hp kita dmn,,,kalo mau dftr ke app yg hub dgn email bgtu sdh jadi kok tmpt lokasinya bkn di daerah sendiri melainkan daerah lain...soalnya saya cari2 gk ktmu di setelan hp...

bendi

12 Desember 2015 23:44

Buat kirim gambar bbm kug gambar nya gk muncul

imoy

13 Desember 2015 20:35

Redmi note 2 prime saya lampu led saat da notifikasi kok ga idup ya?gmna crana biar lampu led na idup

ARDI

5 Januari 2016 07:21

bulan des 2015 kemarin aku beli redmi 2, pada saat lihat barangnya pertama kali aku kurang begitu yakin dengan perfomanya tapi setelah 1 hari pake ternyata banyak fitur unik yang tidak ada pada hape lain. aku ambil contoh fitur beautify, kamera 2 Mp yang seharusnya kurang begitu maksimal ternyata hasilnya amat mengejutkan. selanjutnya, tombol back memiliki 1 fungsi tersembunyi yaitu kemampuan force close apps alias memaksa berhenti aplikasi jadi penggunanya tidak perlu repot-repot melakukan root demi menghadirkan fungsi ini. demikian kesan saya terhadap hape redmi 2 tapi ada 1 hal yang mengecewakan, tidak disertakan screen protector / anti gores pada saat pembelian.

Ridwan.W

25 Januari 2016 08:39

Mau tanya gan, maaf sampai saat ini saya masih bingung sama layar pada ponsel saya yaitu redmi2, pada layar ada lapisan screenguard, nah yg jadi pertanyaan saya adalah ,layar dragontrail yg di maksud itu lapisan screen guard'a ataw layar utama dan bukan screenguard yg di maksd..??

Lalu bila saya mau mengganti scteenguard bawaan dari ponsel bisa di beli dimana dan apa jenis/nama screenguard bawaan dari redmi 2 itu,???

Mohon jawaban'a , sebelum'a terima kasih

dimas

26 Januari 2016 00:35

Mau nanya bos,gmn cara ngatur video hd,saya tu heran saya kan sering video konser2 dangdut tpi kok hasilnya cempreng music putus2 suaranya ga karuan aneh,mlh bagus yg punya temen reddmi 1s,mhon ptunjuk mgkin saya slh ngatur atau gmn gtu tlog bls ya

haryo nugroho

4 Februari 2016 17:58

Mau tanya dong, kamera hp redmi 2 saya gabisa kebuka ya? Tulisan nya kamera bermasalah padahal kemaren nya ga ada masalah. Ada yg tau kenapa??

Iwan Sulaiman

24 Februari 2016 20:34

Maaf mau tanya dong.
Bagaimana caranya mengatur flash saat ada panggilan, supaya flashnya Mati saat ada panggilan?
Thank you

Iwan Sulaiman

24 Februari 2016 20:35

Maaf mau tanya dong.
Bagaimana caranya mengatur flash, supaya flashnya Mati saat ada panggilan?
Saya pakai Xiaomi Redmi 3.

Thank you

khairunnisa

25 Maret 2016 12:36

Saya ingin tanya., kok saya sering sekali tidak bisa mendownload applikasi lagi alasan memori penuh.. Padahal saya udah pasang slot memo 8 GB..

yusi fauziah aji

6 Juni 2016 12:07

Hmmm.. saya mau tanya, kalo cara memasang kartu SD gimana? Ko saya cobat terus gak bisaa? Pleasee kasih tau yaaa..

Budi Rachmat

9 Juni 2016 19:45

TANYA: saya install WA di redmi 2. Saat terima pesan (nama dan nomer hp), nomer hp-nya koq tidak bisa langsung saya save..?

klo mau di save, saya harus copy manual dan paste di contact...
biasanya (yg saya inginkan), saya tinggal klik nomer-nya ... langsung masuk ke contact... jadi tinggal ketik namanya...

ada yang salah dengan setting-annya..?

Puput Rahiyan

19 Juni 2016 04:52

Bagaimana cara agar kamera depan hasil tulisan tidak terbaik apa ada setting/pengaturan ? Terima kasih

gumi

4 Agustus 2016 23:14

Cara setring kalibrasi touchscreen gimana yah?

Statistik

Telah dibaca 170.390 kali. Waktu baca rata-rata 23 menit. Ada 77 komentar.