Mencoba Xiaomi Redmi 1S

10 minutes 43,948 100

Ponsel pintar bikinan Cina yang saya tunggu-tunggu ini akhirnya rilis juga. Xiaomi Redmi 1S akhirnya resmi dirilis di Indonesia melalui sistem pre-order di situs Lazada pada 4 September 2014, dengan harga Rp 1.499.000. kemasan Lazada

Pas penjualan, banyak keluhan muncul ketika situs Lazada dibuat tak berdaya melayani ribuan pembeli.

Saya yang awalnya berminat, akhirnya memilih untuk menunggu.

Pucuk dicinta ulam tiba, melalui Twitter, @cho_ro menawarkan Xiaomi Redmi 1S yang telah dibelinya karena kesalahan transaksi ganda di Lazada.

Fisik

Saya menerima Xiaomi Redmi 1S yang telah dikemas ulang oleh Lazada, dengan tambahan brosur prosedur pengembalian barang dan kartu kepuasan pelanggan di dalamnya.

Di dalam kardus Lazada, terdapat kemasan Xiaomi Redmi 1S lengkap dengan tabel spesifikasi yang menempel pada kemasan. Di dalam kemasan, terdapat 1 unit Xiaomi Redmi 1S, baterai 2.000/2.050 mAh, kabel micro USB 2.0, pengisi daya dengan colokan tipe C (standar Indonesia), dan kartu garansi.

Sayang sekali, Xiaomi Redmi 1S tidak menyertakan earphone. isi kemasan Saat pertama kali menggenggam, saya merasa Xiaomi Redmi 1S agak kebesaran, karena ukuran layarnya 4,7 inchi.

Fisiknya terbuat dari plastik, berwarna hitam, dengan desain kotak beraksen melengkung membuat Xiaomi Redmi 1S nampak elegan.

Bobot Xiaomi Redmi 1S cukup berat, sekitar 158 gram. Bobotnya yang berat agak membuatnya sedikit tak mudah selip, karena bagian belakangnya cukup mulus.

Namun beberapa kali Xiaomi Redmi 1S hampir terlepas dari tangan saya saat digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan.

Xiaomi Redmi 1S hanya memiliki 3 tombol, volume up, volume down, dan power di bagian samping kanan atas.

Colokan micro USB berada di bagian bawah dekat dengan lubang microphone. Lubang jack earphone 3,5 mm berada di bagian kanan atas. Kamera utama beresolusi 8 MP berada di bagian belakang atas tengah agak sedikit menonjol. Lampu flash tepat berada di bagian bawah kamera.

Di bagian atas kamera ada lubang kecil yang rupanya microphone untuk merekam suara saat merekam video. Speaker berada di sebelah kanan kamera.

Kamera depan beresolusi 1,6 MP terletak di sebelah kiri atas. Di bagian layar depan, ada tiga tombol sentuh, yaitu tombol menu lanjutan, menu utama (home), dan kembali (back).

Di bawah tombol menu utama terdapat lampu indikator kecil yang menyala saat ada aktivitas yang diterima atau sedang mengisi daya. Sayangnya, ketiga tombol ini tak begitu terlihat karena berwarna merah. Xiaomi Redmi 1S menggunakan kartu SIM ganda berukuran standar.

Namun, hanya slot nomor 1 yang mendukung 3G, sedangkan slot nomor 2 tidak. Penggunaan data dari kartu SIM bisa diatur melalui menu pengaturan.

Tampilan dan Aplikasi

tampilan awal Xiaomi Redmi 1S Setelah melepas plastik lapisan di layar depan yang dilapisi kaca Dragontrail, yang diklaim memiliki kekuatan setara dengan Corning Gorilla Glass 2, memasang baterai dan menyalakannya, muncul layar pengaturan pertama kali.

Langkah-langkah aktivasinya adalah:

  1. Memilih bahasa, ada 3 pilihan: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Mandarin. Saya memilih Bahasa Indonesia.
  2. Memilih papan ketik, ada 3 pilihan: SwiftKey, Google Keyboard, Masukan Pinyin Google (Google Pinyin Input). Saya memilih Google Keyboard.
  3. Memilih wi-fi. Pengaturan ini bisa dilewati jika tidak ingin terhubung ke wi-fi.
  4. Membuat akun Mi Cloud. Akun Mi Cloud berguna untuk mengaktifkan layanan cloud. Pengaturan ini bisa dilewati dan dilakukan nanti.
  5. Selesai!

Tampilan tema MIUI versi 5 yang cantik langsung muncul. Semua aplikasi muncul tanpa ada menu tambahan lagi. Saat dinyalakan, indikator baterai menunjukkan sekitar 58%.

Saya suka sekali dengan tampilan cantik MIUI-nya! Saya tertarik dengan aplikasi pembantu yang disertakan di MIUI. Menu-menu tersebut antara lain Keamanan, Pembersih, Guna Data, Daftar Blokir, Daya, Pindai Virus, dan Perizinan.

Selain itu ada aplikasi kecil-kecil semacam senter (yang menggunakan lampu flash), Kalkulator, Jam, Radio FM (bisa berfungsi meski tanpa earphone yang biasanya digunakan untuk antena), Kompas, dan Pembaruan.

Jika mengaktifkan akun Mi Cloud, semua data, mulai dari kontak, SMS, album foto, catatan panggilan, hingga catatan umum, bisa dicadangkan ke Mi Cloud.

Akun Mi juga bisa digunakan untuk layanan percakapan instan Mi Chat, untuk berhubungan dengan teman sesama pengguna Mi Chat. MIUI juga menyediakan banyak pilihan tema.

Tema-tema ini diperoleh dengan mengunduh dari aplikasi Tema dengan gratis. Android yang digunakan Xiaomi Redmi 1S adalah versi 4.3 (Jellybean), yang sudah mendukung root untuk membuka semua potensinya.

Namun hingga saat ini saya belum menemukan cara untuk mengaktifkan root di Xiaomi Redmi 1S. Untuk melakukan rooting dan unrooting, simak tulisan berikut.

Performa

Saya kemudian mengunduh aplikasi Antutu Benchmark versi 5.0 untuk mengetahui kemampuan Xiaomi Redmi 1S dibandingkan dengan ponsel cerdas lainnya.

Hasil pengukuran saya, saat menggunakan OS bawaan (seri JHCMIBF32.0) Xiomi Redmi 1S mendapat skor 20.276, namun saat setelah diperbarui ke versi terbaru (seri JHCMIBF36.0) skor turun menjadi 16.527.

Saat belum update, Antutu Benchmark mengenali perangkat sebagai Xiaomi HM 1SW, dan setelah diperbarui Antutu Benchmark mengenali sebagai Xiaomi Redmi 1S. Saat dicek di situs MIUI, versi OS stabil terakhir saat tulisan ini dibuat untuk versi global memang JHCMIBF36.0. Untuk melakukan pembaruan ke versi terbaru (JHCMIBH43.0), simak caranya di sini.

Baterai Xiaomi Redmi 1S bisa dibilang hemat. Penggunaan daya paling besar ada di layar. Saya mengisi ulang baterai dalam sehari 2-3 kali untuk pemakaian sehari-hari, terutama untuk akses Twitter, memotret, dan kadang berbagi koneksi internet melalui penambatan wi-fi.

Memori RAM sebesar 1 GB dan diperkuat CPU 4 core masing masing 1,6 GHz membuat respons Xiaomi Redmi 1S begitu cepat. Media penyimpan internal 8 GB rasanya cukup sekali untuk menyimpan aplikasi, foto, dan musik. Namun jika ingin menyimpan musik lebih banyak, tambahkan SD card.

Kamera

Kamera utama beresolusi 8 MP saya uji warnanya agak sedikit kebiruan. Auto fokusnya cukup cepat dan shutter lag relatif rendah.

Saya bukan orang yang doyan selfie sehingga kamera depan beresolusi 1,6 MP tidak begitu saya gunakan aktif.

Yang saya suka, di aplikasi kamera bawaan, ada menu pengaturan lanjut yang bisa mengatur white balance dan ISO. Aplikasi kamera bawaan juga menyediakan filter warna dan mode pemotretan.

Saya belum menemukan cara untuk mengubah lokasi penyimpan foto standar saat menggunakan kamera. Semua foto hasil jepretan kamera secara otomatis langsung tersimpan di media penyimpan internal, sehingga jika penuh, harus dipindah manual.

Agar bisa menyimpan hasil foto otomatis ke media penyimpan eksternal, gunakan ROM terbaru, JHCMIBH43. Pada menu kamera akan muncul pilihan tempat penyimpanan.

Namun saat digunakan untuk memotret beberapa kali dengan jarak waktu yang relatif pendek, respon kamera menurun. Beberapa kali saya harus menunggu apakah gambar sudah tersimpan atau belum sesaat setelah menekan tombol.

Ini cukup mengganggu karena kadang respon kamera lambat, kadang cepat. Berikut ini hasil foto menggunakan Xiaomi Redmi 1S yang saya unggah di Instagram tanpa menggunakan filter apa pun.

Suara

Untuk suara, saya mencoba memutar lagu Metallica, Enter Sandman, karena memiliki range treble dan bass untuk mengetes kualitas pengeras suara. Hasilnya menurut saya bass-nya kurang, lebih banyak treble. Namun secara umum suaranya jernih dan masih bisa didengarkan dengan nyaman. Karena tidak memiliki earpohone bawaan, saya menggunakan earphone iPhone untuk mengetes. Hasilnya cukup terbantu oleh kualitas earphone.

Spesifikasi Teknis

Saya menuliskan spesifikasi teknis sesuai yang tertera di kardus Xiaomi Redmi 1S.

CPU Qualcomm MSM 8228 (ARM Cortex-A7) 1,6 GHz
GPU Qualcomm Adreno 305 @450 MHz
RAM 1 GB LPDDR2
Memori Internal 8 GB EMMC
Memori Eksternal MicroSD™ hingga 64 GB
Layar 4,7 inchi IPS Retina Display
Kamera Utama 8 MP BSI mendukung video 1080p HD
Kamera Depan 1,6 MP mendukung video 720p HD
Kartu SIM 1 WCDMA (HSDPA) 900/2100 MHz
Kartu SIM 2 GSM (850/900/1800/1900)
Bluetooth v4.0
GPS A-GPS, GLONASS
Nirkabel/Wi-Fi WAPI/WLAN (802.11b/g/n)
Microphone Dual-Microphone Noise Suppression
Suara 3,5 mm jack stereo
Sensor Giroskop, Akselerometer, Kompas Digital, Sensor Cahaya, Sensor Proximitas
Android 4.3 Jellybean
Lainnya Radio FM, 1080p HD Video Hardware Decoding
174 responses
  1. Gravatar of Ign.Cahyo Widodo
    Ign.Cahyo Widodo

    wah lha kok podo… xiaomi user…
    aku bagonk mas.. biyen pas jaman blog wordpress dewe kadang2 kontak… kelingan?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    waaah.. long time no see, mass! pripun kabarnya? 😀

  2. Gravatar of Ike Luciana Kartika Sandy
    Ike Luciana Kartika Sandy

    Boleh kasih info ttg garansinya om untuk Indonesia apa ada ciri khusus atau tdk? Saya ada rencana ingin beli tp tunggu sudah tersedia di konter-konter. Nah takutnya nanti yang saya beli itu xiaomi import seperti yg sdg merajalela sekarang, kan ga dapet garansi. Terimakasih 🙂

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    untuk garansi, dari Lazada ada garansi. dengar-dengar akan digabung service center-nya dengan Asus, Sony, karena masih 1 distributor.

  3. Gravatar of Ardi Panannangan
    Ardi Panannangan

    mas boleh nanya gaa,,
    caranya buat aktifin wi-fi nya gimana yah soalnya dari tadi aku utak-atik di pengaturan wifi kok ga ada logo wifi uda nyala di layar utama cuman statusnya aja di pengaturan uda dirubah jadi ON,
    truss,,, kira2 kartu CDMA yg kompetibel buat jaringan HSDPA di slot1 itu bagusnya apa yah gan,,, Tq mas,,

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    wifi ada di menu pengaturan (setting), bukan?

    maksud WCDMA ini adalah 3G/HSDPA, bukan teknologi CDMA. dengan kata lain Xiaomi Redmi 1S hanya mendukung GSM.

  4. Gravatar of ksatria2610
    ksatria2610

    Hhee, ikut juga dulunya beli. Karena buru2 kemaren pas tanggal 11 Sept. Masuk ke troli 2 karena error2. Hheee. Yaaa karena banyak yang minat dilanjutin aja, karena yang lain pada sedih di k*skus karena gak kebagian. Yang minat boleh bgt nih hub. Maaf, ngiklan.

    BTW memang banyak yang rancu sih memahami WCDMA. Hhee, intinya itu bukan CDMA 😀

    Gravatar of KurniaOne
    KurniaOne

    Udah dapet Vid???

  5. Gravatar of agus
    agus

    mas, mo nanya. Apa iya hasil jepretan foto kita langsung otomatis masuk ke memori eksternal (micro SD)? Tahunya dari mana ya? Memang di pengaturan xiomi ini ga ada pilihan mo simpan internal atau eksternal hasil fotonya, seperti di Samsung atau LG. Soalnya micro SD saya tetap saja isinya masih foto2 di hp yg sebelumnya, padahal sudah jepret sana sini pake xiaomi. Di menu galeri (gambar lokal) juga terpisah kotak2nya antara hasil jepretan xiaomi dan foto2 hp sebelumnya. Trus kalo dikatakan di tulisan mas di atas, kalo sudah penuh bisa dipindah manual, caranya gmn ya dg xiaomi ini? makasih infonya.

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    justru semua hasil foto tersimpan di memori internal, bukan di microSD. untuk mindah foto bisa dari aplikasi Explorer, tapi ribet. Mending dipindah manual lewat komputer.

  6. Gravatar of agus
    agus

    Ohh..berarti tulisannya yang salah ketik ya… 🙂 ada ga aplikasi khusus di google play utk xiaomi yang bisa langsung mengubah penyimpanan hasil foto, rekaman atau download musik langsung ke eksternal (SD Card), jadi lama2 ga menuh2in internal storage. Trus buat apa slot eksternal SD kalo ga bisa langsung nyimpan dari hp. Kalo harus mindah2hin dari HP ke micro SD via komputer, apa ga ribet tuh. Makasih pencerahannya… 🙂

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    ah, my bad! thank you koreksinya. maksudnya memang tersimpan di media internal, bukan eksternal.

  7. Gravatar of Mpyogatama
    Mpyogatama

    Gan caranya memutar mp3 gimana ya?
    Ane coba kok dapat tidak dapat dibuka terus

  8. Gravatar of munir
    munir

    Gan about phone nya kok ga bsa dibukakembali ke menu awal

  9. Gravatar of dayat
    dayat

    Mas mau nanya, kalo mau nampilin video gimana ya. Aplikasinya tidak ada shortcutnya. Jadi kl mau nonton video langsung buka filenya.

  10. Gravatar of Nobay Doanx
    Nobay Doanx

    Kameranya menurut mas cukup memuaskan gak? Kalo motret indoor atau malam hari hasilnya banyak noise gak? Makasih

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    so far kameranya memuaskan. indoor, outdoor, malam hari, oke semua. cuma kalo pas banyak proses, shutter-lag nya bisa lemot, meski hasil foto tetep oke

  11. Gravatar of Wirawan
    Wirawan

    Sy mau tanya.. Klo di samsung Kansas tombol home nya utk melihat aplikasi yg masih aktif dsb.. Klo di redmi 1 s dmn ya? Sy cr gk nemu caranya buat matikan apk yg masih aktif setelah di back

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    tahan tombol menu (tombol kiri), dengan sekali sentuh, semua aplikasi aktif bisa langsung ditutup untuk membersihkan memori.

  12. Gravatar of Mohamad Ichak Zaharitsah
    Mohamad Ichak Zaharitsah

    cara ngunduh aplikasi gimana yak mas?? maklum baru pertama kali pakai smartphone euy~ mohon bimbingannya~

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    unduh dari Google Play, masuk dengan menggunakan akun Google (Gmail).

  13. Gravatar of Idiologi
    Idiologi

    cara masuk developer mode: id version dari menu setting-about phone sampai ada notifikasi “you are now a developer”

  14. Gravatar of Oroppa by Dhienar Salam
    Oroppa by Dhienar Salam

    sepertinya di lazada hanya tersedia warna hitam ya? padahal saya naksir yg warna kuning atau pink

  15. Gravatar of Opi Nuryanto
    Opi Nuryanto

    kok punya saya antutunya cuma 15724.,
    apa ada kesalahan di gadget saya yaa??
    #standar lazada

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    awalnya sebelum update OS, skor saya 20.000-an. setelah melakukan update OS, skor saya turun menjadi sekitar 15.000-16.000 juga, kok..

  16. Gravatar of Kasih kurniawan
    Kasih kurniawan

    mas brohh, jadi kesimpulan nya gimana? dengan price n spesifikasi diatas,recommended dan layak masuk list daftar beli gak sebaiknya?
    🙂

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    untuk harga dan spek, Xiaomi Redmi 1S layak beli, kok.. kalo nggak ngga mungkin ludes secepat itu.. 😀

  17. Gravatar of Fatima 'jameeLa' (@imseu)
    Fatima 'jameeLa' (@imseu)

    Connect ke PC gimana caranya ya? mau masukin foto” ke komputer, saya udah coba colok kabel usb nya trus kan muncul drive E:XIAOMI di My Computer, di dalamnya saya run Setup.exe, nah trus gimana lagi? tulisannya cina…ga ngertiiiiii… :((((

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    saya tidak menemukan masalah saat terkoneksi ke komputer. sudah kah mengaktifkan mode penyimpanan USB di menu Pengaturan (Settings) → Penyimpanan (Storage)?

    saya menggunakan Mac, Xiaomi Redmi 1S langsung terdeteksi dengan baik di Mac.

  18. Gravatar of KurniaOne
    KurniaOne

    Mas, front camera siomay saya koq ga bisa dibuka ya?
    bgitu di switch ada notifikasi “tidak dapat terhubung ke kamera”
    ada tau solusinya??

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    coba cek ke penjual siomay-nya. jangan-jangan siomay daging ikan sapu-sapu..

  19. Gravatar of gendon
    gendon

    Mas, gimana cara menghapus semua daftar yang ada di kontak Redmi 1s sekaligus?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    kontak pada telepon biasanya diselaraskab dengan akun Google, Facebook, Twitter, tergantung akun yang dikaitkan. menghapus akun di Xiaomi juga akan menghapus kontak di akun-akun tersebut.

    jika memang ingin menghapus, ya terpaksa menghapus satu-persatu, bisa lewat ponsel atau login ke akun yang digunakan (Google/Twitter/Facebook).

  20. Gravatar of Mohamad Ichak Zaharitsah
    Mohamad Ichak Zaharitsah

    bagaimana cara update OS ya? OS itu apa ya mas? bagusan mana,setelah atau sebelum di update? ada ngaruh ke aplikasi/kinerja HP kah? mohon bimbingannya lagi mas~

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    tinggal masuk ke menu Perbarui (Update). OS adalah Operating System, dalam hal ini adalah Android.

    secara logika ya tentu akan lebih bagus OS yang diperbarui.

  21. Gravatar of Urfri Adnan
    Urfri Adnan

    mas sy g sengaja kesentuh settingn klo yg ngirim sms ttg fee tmbhan gt. alhasil sim card 1 sy jg gbs ngirim sms failed trs. cara mengembalikan settinganya gmn yah mas. mohon pencerahannya. udh stuck bgt

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    coba kembalikan ke pengaturan semula (reset settings).

  22. Gravatar of Arsian
    Arsian

    mas xiaomi saya baru nyampek ini dr lazada.btw kok gak mau charge ya…gak mau nambah gitu.padahal dr logo nya seakan2 dia mau nambah pas di charge.tp malah lama2 berkurang.tq

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    coba saja klaim garansi ke Lazada.

  23. Gravatar of Hadi
    Hadi

    Dear all,
    yang butuh Tempered Glass + Hard Case Xiaomi Redmi 1 S. Silahkan bisa langsung inbox saya, kualitas terjamin.

    Thx

  24. Gravatar of hans
    hans

    xiaomi memang mantab mas meskipun q blm prnh pake tp q jual hpny hex3,(dpt info dr pembeli kalo hpny mantab)

  25. Gravatar of Ades Putra
    Ades Putra

    maaf gan. ko redmi 1s sya gada bhs indnya ya.? bhs inggris jga cma stgah2 kbbnyakan bhsa chinese.. gmna cra gantinya.. tolong bgt ya gan..

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    belinya di mana, gan? kalo beli di Lazada pasti bisa bahasa Indonesia. bisa jadi Xiaomi situ versi Cina. bisa coba flash ROM-nya. caranya ada di blog saya ini, gan. silakan cari dan baca.

  26. Gravatar of Toni
    Toni

    download tema kok gak bisa ya om? HH saya masih baru, blm di upgrade OS!

  27. Gravatar of arifal hazmi
    arifal hazmi

    gan butuh bantuannya dong.. xiaomi saya bahasanya masih china gitu, kalo mau cari play store kemana yah ? please help 🙁

    Gravatar of Teungku Alex (@alexatjeh)
    Teungku Alex (@alexatjeh)

    Coba install saja dari tautan-tautan di sini -> miui.web.id/forum/threads/gapps-4-3-for-mi-v-43-china.1828/

  28. Gravatar of Arief Wahyudi
    Arief Wahyudi

    Saya merasakan respon keyboard yang lambat ketika akan sms, buka browser, chat. kondisinya saya belum pernah update dan rooting, saya sudah coba clean cache tapi kondisi tetap sama, ada juga yang mengalami hal seperti ini?

    Gravatar of Teungku Alex (@alexatjeh)
    Teungku Alex (@alexatjeh)

    Sudah coba ganti keyboard? Biasanya keyboard bawaan di android memang jarang yang enak dipakai. Aku sendiri biasanya selalu ganti dengan JellyBean Keyboard 4.3 (ada yang free version kok di Play Store).

  29. Gravatar of Teungku Alex (@alexatjeh)
    Teungku Alex (@alexatjeh)

    Bung Zamzam, satu yang pengen kutanya: itu internal storage 8GB, internal memory untuk install aplikasi berapa?
    Pengalaman selama ini, dari sejak pakai Samsung, HTC, sampai terakhir Oppo, meski internal storagenya bergiga, tetap saja batasan untuk install aplikasi sekitara 1 gigaan. Ujung-ujungnya mesti pakai Link2SD juga untuk bisa ngelink apk, dalvik-cache, cache dan data ke SD Card. Di Redmi 1S apa ada batasan begitu?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    bung Alex, aku belum pernah nyoba install apps sampe mentok, aku malah baru tau kalo ada batasan seperti ini. 😀

  30. Gravatar of Teungku Alex (@alexatjeh)
    Teungku Alex (@alexatjeh)

    Mungkin bisa coba dicek dengan link2sd. Biasanya sih begini http://i1232.photobucket.com/albums/ff362/JerryScript/Screenshot_2013-07-21-07-58-50_zpsbd295735.png untuk hape 1-2 jutaan (bahkan di Galaxy Ace 2-ku dulu juga 1 gigaan internal storage untuk pasang aplikasi). Jadi ya mesti bikin 2nd partition dengan ext3 atau ext4 (nggak wajib sih format file segitu). Sebab, walau pun aplikasi bisa dipindah ke SD card, internal datanya tetap tinggal di internal storagenya,

    Di Lenovo punya teman juga sama sih. Makanya penasaran apa Redmi 1S juga begitu :/

  31. Gravatar of daniell
    daniell

    Mau tanya mas,saya pernah mncoba memberhentikan paksa salah satu aplikasi yg saya fikir kurang bgtu pntg dan ternyta malah ada yg eror di galery siomay 1s saya,terutama hasil jepretan camera jadi blur ga bisa kebuka fotonya no tumbail.
    Mungkin ada solusi,suwun mas.

    Gravatar of L
    L

    Yho brotha. Coba aja flash ROm. Ato klo situ udah pernah backup. Yha di recovery aja. Gamoang and Well yo

  32. Gravatar of rismannuaryariest
    rismannuaryariest

    Mas, permisi, mau nanya saya kan jg pake redmi 1s, saya mau edit data saya (email,nomer handphone dll) di MI CLOUD gimana caranya ya? saya udah utak-atik MI CLOUD yang di Menu SETTING tapi kok gak ada tulisan EDIT nya ya???
    mohon pencerahannya mas, makasih

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    untuk edit akun Mi, lewat web https://account.xiaomi.com/

  33. Gravatar of puncak
    puncak

    mas kira2 berapa lama saya harus menge charge untuk pertama kali. terima kasih

  34. Gravatar of joko amiril
    joko amiril

    Kalo kamera ga terhubung, trus fungsi kamera ga bisa digunain gimana mas?

  35. Gravatar of Muhammad Henikam
    Muhammad Henikam

    Mas,mau nanya nih..sy kirim file foto pake bluetooth dari BB en Nokia ke Redmi 1s kok gak bisa yah? gimana caranya? padahal udah pairing ketika kirim foto selalu gagal..mhn bantuannya please…

    Gravatar of tirtamaya
    tirtamaya

    usap dari atas ke bawah, nanti ada pilihan untuk menerima atau menolak file

  36. Gravatar of dek ita
    dek ita

    kok layar ponsel xiaomi saya tiba2 blank hitam yah ? tapi dalam keadaan nyala, cuma gak bisa di buka …, udah di cabut baterai masih ttp ajah gak muncul layarnya, padahal dalam kondisi nyala, gimana caranya dong ? ada yang tau…. please… help me………..

    Gravatar of Teungku Alex (@alexatjeh)
    Teungku Alex (@alexatjeh)

    Sudah beres belum?
    Kalau belum beres, mending restore saja ROM-nya. Atau coba dulu masuk ke recovery, wipe cache sama dalvik cache, tapi jangan wipe data, hilang semua ntar.

    Kalau nggak bisa masuk recovery, artinya mesti pakai fastboot, resikonya ya data hilang semua. Untuk masuk fastboot, mesti unduh dulu ROM yang berbeda. Untuk panduannya, bisa ikuti di sini.

  37. Gravatar of Rafay
    Rafay

    Mas mo tanya kota xioami sy kota internetan terputus putus pske kartu indosat bgm cara setingnya pdhl umah 3G?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    itu tanya ke Indosat, mas..

  38. Gravatar of Rafli Syahputra
    Rafli Syahputra

    Tanya gan… utk hp redmi 1s bisanya os nya di upgrade ke versi kitkat kalo bisa utk miui masi ada ga y… mohon pencerahan….

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    untuk Kitkat dijanjikan akan ada dukungan lengkap dengan MIUI6 yang rencananya akan rilis Desember, tunggu saja.

  39. Gravatar of alfa
    alfa

    Gan nanya.. kok kalo saya manggil tiba-tiba layar jadi blank yaa.. setelah manggil selesai layar nyala lagi.. kira-kira kenapa.. mohon pencerahanya. terimaksih

    Gravatar of Wirawan
    Wirawan

    Mencoba utk bantu jwb, itu bukan blank mas,tp secara otomatis layar akan mati ketika redmi 1 s anda di dekatkan dgn telinga pada saat mengangkat telpon. ketika sdh selesai dan redmi 1 s anda dijauhkan dr telinga maka layar anda akan nyala kembali. mudah2an benar. trims

  40. Gravatar of bayu
    bayu

    mas xiaomi saya klw buat tlvn ko layar nya matii yaa tolong donk mad makasih

  41. Gravatar of ungusemuorange
    ungusemuorange

    mas tanya dunk, kan redmi 1s dual sim tuh, apa yg khusus bisa internet yg sim ditaruh WCDMA, soale ak pke sim yg bertuliskan GSM internetnya ga bisa. mohon pencerahannya…trimakasih ^^

  42. Gravatar of laras
    laras

    mas redmi 1s punya saya cuma ada pilihan bahasa inggris dan china ,gak ada bahasa indonesia .gimana ya cara ngerubahnya ?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    Redminya beli lewat Lazada, bukan? kalo bukan bisa jadi karena ROM-nya. silakan flash pake ROM global. caranya ada di blog ini juga.

  43. Gravatar of powan
    powan

    dimana phone settingnya ya mas …. mau misscall gak bisa hi…hi…soalnya baru pegang hp di setelan gak ada mas ….trims

  44. Gravatar of Thomas Arie
    Thomas Arie

    Mas, saya tidak punya Redmi 1S, tapi pengen punya. Apakah Mas Zam mau membelikan saya?
    Terima kasih.

  45. Gravatar of Ari
    Ari

    Mas gmn sih Cara nya memindah kan aplikasi aplikasi yg sya install biar tersimpan di memo external.. Bkn di memo internal

  46. Gravatar of tyeca
    tyeca

    Mas nnya dong, kq dixiaomi saya gk ada pilihan bbhsa indonya, binggun cara buabuatnya gimana ya ada aplikasinya gk? N kalo cara menonaktifin ejaan teks gimana sih?

  47. Gravatar of dedy putra
    dedy putra

    Min gimana caranya ngatur auto fokus kamera di xiaomi 1s?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    bukannya sudah auto-fokus? kalo mau set fokus, ya dengan menyentuh daerah mana yang mau di-fokus..

  48. Gravatar of suci
    suci

    mas aku baru masukin micro SD ke xiaomi tp kok gk bisa kebaca ya..di samsung microSDnya kebaca normal..bisa dibantu mas..?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    bisa jadi filesystem-nya tak terbaca. kalo mau, diformat aja microSD-nya, tapi risikonya data di microSD ilang. dipindahkan saja datanya dulu sebelum diformat.

  49. Gravatar of yayan
    yayan

    Seting menu yang paling tepat untuk pangaturan redmi 1s gimana ya .yang lebih awrt battere.Karena says gak yakin dengan pengaturan says masih bingung Karena trlalu canggih

  50. Gravatar of dio
    dio

    Mas saya please berat nich.. Saya pakai siomay baru beli.. Saya pake salah satu tema yg sy download..tapi ad tema yg gk bisa di buka .gimana y mas??

  51. Gravatar of sonny
    sonny

    mass zam bagaimna merubah acount mi cloud..sy sudah ada tp cuma bo tlp ja,jdi mau donwload tema ga bsa pke no yg lain..mohon bantuanya.trim

  52. Gravatar of Agustina Vincent
    Agustina Vincent

    mas kalau mau hapus data download itu gimana yah caranya,, soalnya kemaren sempet download lagu tapi kok gak bisa ke delete yah??? tolong dibantu yahh,,,

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    coba dihapus deng menghubungkan ke komputer

  53. Gravatar of bing
    bing

    Mas aku mau donlod tema trNyata hrs msk ke akun,la ud kucoba dftr pke hp dan email tp keduanya tidak ada blsn,gmn itu mas

  54. Gravatar of dio
    dio

    mas mo tanya , hp xiOmi sy ,saya restart kembali ke pengaturan pabrik .sudah berhasil dan normal, tapi utk masuk k micloud jadi tidak bisa n klow masuk ke menu tema huruf nya jadi bahasa mandarin..yg saya tnya bgimana mas utk kmbalikan ke bahasa indonesia..

  55. Gravatar of afri alga
    afri alga

    Mas ane mau nanya microphone saya gak ada yang berpungsi gimana cara nya agar bisa digunakan tuk nelp

  56. Gravatar of afri alga
    afri alga

    Mas bukan akun tp microphon nya gak berpungsi

  57. Gravatar of Fahruroji Zmr
    Fahruroji Zmr

    Bagaimana cara mengjapus pesan sms di kartu dan bagimana memindahkan aplikasi ke external memory

  58. Gravatar of hansen
    hansen

    mas itu hp xiaomi yang di jual di lazada pasti asli ya? soalnya pgn beli jg mumpung lazada buka open order tp takutnya nanti ternyata dpt yg palsu, soalnya katanya banyak tiruannya skrg

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    Lazada adalah partner resmi Xiaomi. justru kalo beli dari tempat lain, perlu hati-hati.. 🙂

  59. Gravatar of Agustina Vincent
    Agustina Vincent

    mas nanya lagi yah,, kemaren hp saya jatoh trus pecah layar depannya sampai mati, trus dihidupin lagi layarnya gak hidup, tapi kalau ditelepon bisa tapi gak bisa terima karena layarnya gelap dan pecah,, bisa minta pencerahaannya gak mas, saya harus cek ke konter xiaominya dimana atau gimana?. thanks

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    sebaiknya segera dibawa ke service center.

  60. Gravatar of hansen
    hansen

    mas tanya lagi ya, skrg lazada open order xiaomi note jg, menurut mas xiaomi redmi 1s sama xiaomi note lbh worthed mana? apa xiaomi note unggul jauh dari 1s atau cuma beda tipis?

  61. Gravatar of VIQRY RAMPEN
    VIQRY RAMPEN

    Mas Kog bhs di HP xiaomi ku cm ada 2 yaitu bahasa cina Dan inggris, tolong diserch… ya mas

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    belinya bukan di Lazada, ya? karena yang selain dari Lazada, ROM-nya beda. bisa dengan melakukan flashing ROM global.

    Gravatar of Viqry rampen
    Viqry rampen

    caranya gimana mas

    soalnya kemarin masnya bilang #”Mas Kog bhs di HP xiaomi ku cm ada 2 yaitu bahasa cina Dan inggris, tolong diserch… ya mas”

  62. Gravatar of Dita
    Dita

    Mas gmn cara aktipin akun xiaomi mhn bantuannya

  63. Gravatar of Uwie
    Uwie

    Mas knp ya suka mati layarnya tidak hanya saat menelepon..

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    mungkin pemilihan sleep layar terlalu cepat. silakan ubah di Pengaturan (Settings), Layar (Display), Tidur (Sleep), pilih waktunya.

  64. Gravatar of dimas
    dimas

    Mas mo tanya bagaimana memimdahkan aplikasi yg terinstal di memory internal ke memory eksternal dan bagaimana supaya akun bbm supaya aktif terus.. sekian mas mohon pencerahan maksi …

  65. Gravatar of ibnu
    ibnu

    mas koq redmi aku processornya cm 1.5 ghz ya ? trus memori internalnya cm 4gb. yg lain sih sama (kyk camera dll). kenapa tuh mas? apa itu brg dr singapur ?

  66. Gravatar of Nurul_Alarabian (@nurul_alarabian)
    Nurul_Alarabian (@nurul_alarabian)

    mas mau tanya,, xiaomi ku prtama tak coba pake kartu tri,, pertama lancar ,, tpi lama” signal ilang , silang,, pdhal d hp satuny pke tri jg, signal lncar” aja,, trs aq beli kartu lagi sma” tri,, kartu baru aku taruh di sim 1, kartu lama di sim 2,, sim 1 ttep silang,, sim 2 ada signalnya, padahal sim 1 kartu baru,, kenapa yah?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    mungkin ada masalah dengan lokasi sehingga sinyal tidak didapat? sudah coba pake kartu yang lain?

  67. Gravatar of indah
    indah

    Pak,,mau tanya nih.knp redmi ku gk bisa buat video call(line,imo,dsb)..katanya perangkat tidak tersedia ?

  68. Gravatar of Tanto
    Tanto

    Mas bro, lgsg aja q bru bli MI 1S dpt 1mggu, q kesulitan cari menggunakan video call, ada kah dri tman2 yg tau cari mengaktifkannya, q s udh pkek aplikasi IMO mslh nya q bisa kliatan lwan bicraku tpi lwan bcra q gak bisa liat q, mohon msukn n solusi dri teman2

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    sudah cek permission kamera? Masuk ke Keamanan, cek bagian Permission, kemudian pastikan Kamera diijinkan untuk bisa digunakan oleh aplikasi tersebut.

  69. Gravatar of ahmad habib
    ahmad habib

    Keyboart arab berubah china. Gmn tu mas?

  70. Gravatar of Tanto
    Tanto

    Cek maksdnya cek permision kameda trus msuk k kekeamanan hp atau aplikasi IMO?

  71. Gravatar of Uchy Astrid Sihombing
    Uchy Astrid Sihombing

    Kenapa read mi ku gak bisa video call yah gan? Tlp video?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    opsi video calling secara native tidak ada. dan sepertinya kita juga tak pernah menggunakannya kan?

    biasanya menggunakan video call ini menggunakan aplikasi lain, Skype, misalnya?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    di iPhone pun tidak ada fasilitas video call menggunakan jaringan yang ada. iPhone menggunakan aplikasi FaceTime.

  72. Gravatar of Edy Prikitiew
    Edy Prikitiew

    Mw nanya gan, sandi ke pengaturan pabrik xiaomi ding,,,,
    Gmna cranya

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    maksudnya?

  73. Gravatar of Heni Maryunita Sari
    Heni Maryunita Sari

    Mas,, mau nanya,, gak sngaja hpny jatuh, trus kaca dpanny pecah, tp hpny tdk mngalami krusakan, cma kaca ny aj yg pecah,,
    Service center xiaomi lum ad d kota saya mas,, jd msh bgung tmpat mnggnti kacany,,,

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    beli di mana? kalo di Lazada, mungkin bisa mengontak Lazada..

    Gravatar of Umarat
    Umarat

    kalau kaca depannya aj yg pecah apakah bisa diganti ya mas? krn hp c masih sehat setelah jatuh, cuma layarnya aj pecah
    tq..

  74. Gravatar of Devyana
    Devyana

    mas, mo tanya ne..gmna caranya menghubungkan xiomi 1s ke pc..soalnya saya mo kirim file mp3 dai pc ke xiaomi gag bisa…malah keluar software oren nya…tutorial selanjutnya gimana ya?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    asumsi saya itu di Windows, ya? saya tidak menggunakan WIndows. mungkin bisa mengikuti alur yang ada di software tersebut?

    Gravatar of shafari
    shafari

    udah ada kitkatnya blm bung zam redmi 1s

    Gravatar of shafari
    shafari

    udah ada kitkatnya blm bung zam?

  75. Gravatar of Azaryafet Panjaitan
    Azaryafet Panjaitan

    master-master…mau nanya, settingan untuk selftimer front camera redmi note cuma 3 detik ya…apa bisa disetting lebih lama…ada yg bisa bantu?

  76. Gravatar of Aris Triantono
    Aris Triantono

    Masbro, saya bingung nih, ada rencana mau beli smartphone ini.
    Tapi agak ragu msalah isu panas berlebih sama kapasitas batre sdkit kurang bsar.
    Bisa masbro jabarkan minusnya selama dipake apa, lumayan masbro buat tambahan referensi.

    Soalnya rada bingung nih antara Xiaomi 1s, Xiaomi Note & Zenfone 4s.
    Terima kasih

  77. Gravatar of hans
    hans

    2 kartu sinyal 3G online semua..habis itu hp gelap tp msh terlihat aplikasi dan tascreenya susah di geser kemudian hp tiba2 mati
    Mohon bantuanya.terimakasih bnyk mas

  78. Gravatar of donna
    donna

    Cara menghapus pesan teks yg masuk gmn?

  79. Gravatar of welly
    welly

    dijual redmi note 4G ( diatas redmi note 3G yang dijual lewat lazaada ), masih sangat mulus baru pakai 4 hari, all complete( anti gores, casing pelindung dan memory card 4GB ) nge cas nya lebih cepat dari hp android umumnya. more info pm me 085374780383, atau inbox face book dengan nick welly susanto. tq

  80. Gravatar of Joannez Richie
    Joannez Richie

    Mas, redmi saya dimasukin sd card gk ngebaca, uda gnti pke sd card yg lain msih sama aja, pdahal di hp lain / di pc itu sd card nya kebaca….galau nih…

  81. Gravatar of shinta risetiani
    shinta risetiani

    Mas saya pake xiaomi redmi 1s tp gabisa video call di LINE knp ya? Udh msk ke keamanan tp msh ga ngerti. Tmn saya bisa video call di line tapi. Mhn bantuannya yaaa. Makasih mas

  82. Gravatar of xiaoli
    xiaoli

    mau nanya gan, perbedaan dari xiaomi redmi 1 dengan 1s apa gan? 🙂

  83. Gravatar of Defi
    Defi

    Mas mau tanya dong…. aku nih suka simpan foto dari twitter, tapi hasil fotonya masuk ke internal storage terus. Gimana gantinya supaya hasil download dari twitter for android itu langsung masuk ke external??

  84. Gravatar of rizki
    rizki

    mas gimana cara menggunakan video call xiaomi redmi1s tanpa menggunakan aplikasi?

  85. Gravatar of Lily Sarsita
    Lily Sarsita

    Mas pas mau daftarin no hp lwt email konfirmasi kok pny tmn keluar download register bin terus ya knp? Pdhal saya di hp redmi 1s ade saya bisa

  86. Gravatar of yoshi
    yoshi

    mas cara ngatur kalo batas data seluler terlampaui itu gimana ya? :/ jadi ga bisa download lg aku

  87. Gravatar of martoyo flexo3
    martoyo flexo3

    Bang maaf no nanya,says punya redmi1s earphone nya g Ada yg cocok ya,be bunyi by sebelah.yg cocok pk merek apa ya bang?

  88. Gravatar of red cherry
    red cherry

    mas saya mau tanya kenapa hp redmi 1s tidak bisa terima kiriman file melalui bluetooth ,padahal bluetooth nya sudah aktif

  89. Gravatar of Nico alzhamis
    Nico alzhamis

    Om mau tanya nih..
    Ko redmi 1s saya kalau pakai 2 sim aktif jaringan’a jadi lemot y.. Tapi klu yg satu d’non aktif jaringan’a wuzzz.. Sim1 dan sim2 saya pakai indosat.
    Bisa tolong beri pencerahan om.
    Terima kasih sebelum’a..

  90. Gravatar of dwi
    dwi

    Mas mau tanya video call di pakai di wechat kok tdk bisa tpi klo menggunakan wifi bisa, diaplikasi lain seprti skype line bisa, setelan permissionnya kamera izinkan, sudah saya upgrade. Mohon pencerahannya

  91. Gravatar of Pras Wardana
    Pras Wardana

    Mqs mau tanya cara import ulang kontak gimana ya, soalnya kemarin salah import..?

  92. Gravatar of titi endah
    titi endah

    mas cara mengaktifkan emoticon di xiaomi redmi 1s gimana yaaaa….
    coz ketika dapat sms emotikonya g bisa ke detek….

  93. Gravatar of Edhåx Åfrie Åbåhnya
    Edhåx Åfrie Åbåhnya

    Bang kalau memori card xiaomi tidak tebaca itu karena apa,setelah upgrade miui

  94. Gravatar of shafari
    shafari

    udah ada kitkatnya blm ya bung zam redmi 1s?

  95. Gravatar of khoirul
    khoirul

    Mohon penceraha. Dong om
    Knpa xiomi saya cuma cocok sama kartu telkomsel
    Buat koneksi data atau yg lain nya
    Coba pake operator lain cacat data koneksinya
    Tapi klo dicoba hp lenovo atau samsung data koneksi operator xl indosat enggak cacat ya om
    Yg salah hp nya atau ya om

  96. Gravatar of babands
    babands

    Mas mo nanya, kok redmi1s ku gak bisa akses bbm minta akses jaringan kuat, dah tak copot dan download lg hasilnya masalah jaringan kecepata wifi mencapai 100kbps tp ttp ga bisa.
    Mohon pencerahannya
    Sebelumnya lancar.

  97. Gravatar of fahmi
    fahmi

    mas mau tanya dong kan xiomi saya , sya wipe cara mengembalikan aplikasi ny gimna ? terus koneksi menjadi cacad kadang tersambung kadang kaga ?

  98. Gravatar of Alayna
    Alayna

    redmi 1 S ini upgradeable ke kitkat kan ya?

  99. Mengintip MIUI 7 | matriphe!
  100. Gravatar of Paket Internet Terbaru
    Paket Internet Terbaru

    makasi mas reviewnya sangat-sangat lengkap . eh saya juga penggemar smartphone xiaomi loo . spesifikasi gahar untuk handphone low end

  101. Gravatar of ibnu
    ibnu

    Tanya gaan, redmi 1s bsa 4g gk sih??