Pengalaman Menggunakan Xiaomi Mi 4i

20 minutes 179,624 84

Setelah diluncurkan pada 19 Mei 2015 dan mulai dijual pada 26 Mei 2015 melalui flash sale di situs Mi.com, Xiaomi Mi 4i menarik banyak perhatian. Sebagai ponsel flagship, kehadirannya patut ditunggu.

Selain melalui situs Mi.com, Xiaomi Mi 4i rencananya akan dijual juga melalui toko-toko jaringan OkeShop, Global Teleshop, dan Erafone. Xiaomi juga menggandeng Telkomsel dengan menyematkan paket data ke penjualan Xiaomi Mi 4i.

Setelah mendapatkan Xiaomi Mi 4i yang dijual dengan harga Rp 2.799.000, saya menjadikan ponsel ini sebagai ponsel utama saya. Dengan bantuan sinkronisasi di akun Mi, memindah data semacam nomor kontak hingga foto dari Xiaomi Redmi 2, dapat dilakukan dengan mudah.

Berikut ini pengalaman saya menggunakan Xiaomi Mi 4i, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan jika ingin membeli.

Fisik dan Kemasan

isi kemasan Xiaomi Mi 4iJika membeli dari situs Mi.com, kemasan Xiaomi Mi 4i dibungkus dengan kardus lagi dari Erafone yang dikirim menggunakan layanan JNE. Setelah membuka kardus dari Erafone, di dalamnya terdapat kardus Xiaomi Mi 4i, kartu perdana Telkomsel, dan bukti pembelian dari Mi.com.

Xiaomi Mi 4i hadir dalam kemasan kardus coklat ciri khas Xiaomi yang ringkas. Cara membuka kardusnya pun senada dengan kemasan-kemasan Xiaomi yang lain, dengan mengangkat penutupnya ke atas.

Logo Mi tertulus di sebelah kanan atas pada kardus penutup bagian atas.. Informasi spesifikasi ponsel terletak di kardus bawah.

Unit ponsel akan langsung terlihat setelah penutup atas dibuka. Di bagian bawah perangkat, terdapat buku panduan yang tersemat pin untuk membuka tray kartu SIM, kabel micro USB, dan pengisi daya 2.000 mAh standar Xiaomi.

Saya mengangkat unit Xiaomi Mi 4i dari kardus dan merasa bahwa ponsel ini cukup enteng. Setelah melepas plastik pelindung, saya merasakan bagian belakangnya cukup nyaman digenggam.

Lapisan soft-matte-nya mencegah ponsel tergelincir dari tangan. Ujung-ujungnya membulat sehingga tidak ada sudut lancip menambah kenyamanan menggenggam ponsel yang terasa tipis ini. Penutup belakang ini dilapisi lapisan anti minyak dan sidik jari, sehingga tidak cepat kotor.

Rangka Xiaomi Mi 4i terbuat dari magnesium alloy yang kokoh namun ringan. Magnesium alloy sering digunakan pada peralatan militer atau olah raga ekstrim.

tombol volume dan powerTombol volume upvolume down, dan power, seperti biasa terletak di sebelah kanan. Pengguna Xiaomi tentu langsung dengan mudah mengenali tombol ini karena sudah menjadi ciri khas.

Begitu juga dengan posisi soft-buttons di bagian bawah yang bisa menyala. Tombol menu berada di kiri, tombol home di tengah, dan tombol back di kanan.

Tulisan Mi di bagian kiri atas, juga menjadi signature Xiaomi. Kamera depan beresolusi 5 MP Omnivision berada di samping kanan bersebelahan dengan lubang pengeras suara. Lampu indikator yang bisa diatur warnanya terletak di samping kanan kamera depan. Lubang jack 3,5 mm terletak di bagian bingkai atas sebelah kiri.

Di bagian belakang, kamera utama sebesar 13 MP menempel di sebelah kiri di samping lampu kilat dua warna. Dua warna lampu kilat berfungsi untuk mengimbangi warna yang ditangkap oleh kamera. Lampu kilat berwana putih untuk menambah nuansa dingin dan yang kuning menambah nuansa hangat.

Terdapat stiker berisi informasi IMEI dan nomor seri menempel di bagian bawah penutup belakang yang disarankan untuk tidak dicopot agar mudah dalam melakukan klaim garansi.

Lubang-lubang pengeras suara terletak di bagian bawah belakang. Lubang ini diletakkan di bawah karena saat menggenggam, tangan secara otomatis akan memantulkan suara yang dihasilkan ke depan.

Terdapat sebuah tonjolan kecil di bagian bawah pengeras suara yang tujuannya untuk mengangkat ponsel saat diletakkan di permukaan datar. Lagi-lagi gunanya agar suara dipantulkan oleh permukaan tersebut sehingga suara akan terdengar lebih nyaring.

Karena desain unibody, baterai Xiaomi Mi 4i tak bisa dicopot. Untuk memasang kartu SIM, terdapat tray di sebelah kiri yang harus dicolok dengan pin untuk membukanya. Xiaomi Mi 4i menggunakan kartu SIM mikro ganda yang keduanya telah mendukung 4G LTE.

Layar

Layar Xiaomi Mi 4i mempunyai resolusi yang besar, yaitu 1080p alias Full HD (1920×1080 piksel) dengan kerapatan 441 PPI (Pixel per Inchi).

pengaturan warna

Mata manusia masih bisa membedakan ketajaman pada resolusi 1080p ini. Menonton video atau film beresolusi tinggi menjadi lebih nyaman karena gambar tidak pecah-pecah.

Jika dibandingkan dengan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Xiaomi Mi 4i berukuran layar 5 inchi memiliki kerapatan paling tinggi, yaitu 441 PPI (Pixel Per Inch).

Xiaomi Mi 4i menggunakan layar dari Sharp atau JDI (Japan Display Inc.) yang tak diragukan lagi reputasinya. Layar yang digunakan Xiaomi Mi 4i menggunakan IPS yang memungkinkan layar masih bisa terlihat jelas dari sudut 178°.

Jangkauan warna yang digunakan Xiaomi Mi 4i juga sangat tinggi, yaitu NTSC 95% ultra-high color gamut. Dibandingkan dengan iPhone 6 yang jangkauannya hanya 72% NTSC, jangkauan warna di Mi 4i jauh lebih tinggi. Efeknya, warna yang muncul pada layar makin kuat.

Tampilan Xiaomi Mi4i benar-benar jernih. Saat melihat foto-foto pun, warnanya memang menjadi lebih terang. Teknologi Sunlight Display membantu menampilkan gambar pada layar dengan lebih terang pada saat siang hari yang terik.

Sebagai pelindung, Xiaomi Mi 4i menggunakan kaca fully laminated OGS (One Glass Solution) milik Corning yang terkenal kuat dan andal. Penggunaan OGS membuat layar menjadi sangat tipis namun kokoh.

Saya tak perlu lagi menambah lapisan pelindung tambahan. Bahkan saya kini biasa meletakkan ponsel dengan posisi kaca di bawah, karena kaca lebih kuat daripada penutup belakang.

Penggunaan OGS ini membuat layar Xiaomi Mi 4i tampak hitam saat dalam kondisi mati, sehingga tidak terlihat garis pemisah layar dengan bingkai. Hasilnya, sebuah tampilan ponsel yang elegan. Saking hitamnya, saya sering kesulitan menemukan tombol soft-buttons.

Spesifikasi Teknis

tray SIM Xiaomi Mi 4iSebagai ponsel flagship, Xiaomi tak main-main dengan performa. Qualcomm Snapdragon 615 generasi kedua merupakan prosesor yang digunakan Xiaomi Mi 4i yang mendukung arsitektur 64 bit ARM Cortex A53 dengan delapan inti prosesor yang memiliki konfigurasi 4 inti berkecepatan 1,7 GHz dan 4 inti berkecepatan 1,1 GHz.

Pada saat ponsel membutuhkan performa komputasi yang kuat, 4 CPU berkecepatan 1,7 GHz akan digunakan dan jika sedang tidak digunakan akan menggunakan 4 CPU berkecepatan 1,1 GHz untuk menghemat daya.

RAM yang digunakan Xiaomi Mi 4i sebesar 2 GB LDDR3 dengan ROM sebesar 16 GB. Xiaomi Mi 4i tidak memiliki slot microSD sehingga kapasitas penyimpannya tak bisa ditambah. Meski sbenarnya kapasitas 16 GB lebih dari cukup, namun rasanya ketiadaan slot micro SD tetap dirasa kurang.

Kartu SIM ganda yang digunakan berukuran mikro, terletak pada slot yang harus dikeluarkan dengan dicolok menggunakan pin.

Xiaomi Mi 4i mendukung jaringan 4G FDD-LTE di kedua slot SIM (dual stand by), namun dalam satu waktu hanya satu yang aktif. Memilih jaringan mana yang aktif pun mudah, hanya melalui menu Pengaturan.

Selain itu, Xiaomi Mi 4i mendukung protokol nirkabel Wi-Fi 802.11ac dengan antena MU-MIMO yang merupakan teknologi antena nirkabel terbaru yang memungkinkan kecepatan 3 kali lebih cepat daripada Wi-Fi biasa.

Xiaomi Mi 4i mendukung Wi-Fi direct di mana perangkat yang mendukung bisa langsung terhubung menggunakan Wi-Fi tanpa perlu access point. Model ini mirip dengan model pertukaran P2P (Peer to Peer) namun menggunakan Wi-Fi.

Bluetooth yang digunakan versi 4.1 yang rendah energi dan GPS yang digunakan mendukung Glonass (satelit GPS milik Rusia) dan BDS (sistem navigasi BeiDou).

Xiaomi Mi 4i mendukung USB OTG, di mana perangkat bisa berfungsi sebagai host. Ini memungkinkan Xiaomi Mi 4 dapat mengirim dan menerima berkas menggunakan flash disk, ditambahkan keyboard atau joystick, dan perangkat USB lainnya.

Xiaomi Mi 4i menggunakan baterai bertegangan tinggi, 4,4 volt dengan kepadatan energi paling tinggi, yaitu 700 Wh/L melalui sel polimer.

Selain penggunaan baterai berkapasitas besar namun tipis, Xiaomi Mi 4i mempunyai metode pengehemat energi yang mampu mengoptimalisasikan konsumsi daya sehingga ponsel bisa bertahan hingga 1,5 hari pada penggunaan sehari-hari.

MIUI 6 Lolipop

memilih bahasaSaat menyalakan pertama kali, Xiaomi Mi 4i akan melakukan pengaturan pertama. Ada beberapa langkah aktivasi yang harus dilakukan.

  1. Memilih bahasa, ada beberapa pilihan termasuk Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Saya memilih Bahasa Indonesia.
  2. Memilih lokasi, tentu saja saya memilih Indonesia.
  3. Memilih papan ketik, ada 3 pilihan: SwiftKey, Google Keyboard, Masukan Pinyin Google (Google Pinyin Input). Saya memilih Google Keyboard.
  4. Terhubung ke jaringan wi-fi. Pengaturan ini bisa dilewati jika tidak ingin terhubung ke wi-fi. Karena nanti akan saya gunakan untuk masuk menggunakan akun Mi, saya mengaktifkan dan menghubungkan ke jaringan wi-fi.
  5. Halaman Syarat dan Ketentuan penggunaan. Setujui saja.
  6. Jika tidak ada kartu SIM, Xiaomi Mi 4i akan meminta kartu SIM.
  7. Masuk ke akun Mi jika sudah punya. Jika belum bisa membuat akun Mi terlebih dahulu. Atau bisa juga melewati langkah ini. Akun Mi berguna untuk mengaktifkan layanan cloud, misal mengembalikan pengaturan perangkat yang ada di ponsel Xiaomi yang lain. Saya mengaktifkan akun Mi untuk mengembalikan dan mensinkronisasi kontak dan pengaturan dari perangkat Xiaomi saya yang lain.
  8. Masuk ke akun Google untuk mengaktifkan layanan Google Play.
  9. Setelan tambahan, misal mengaktifkan pengaksesan lokasi dan pengiriman info pengalaman pengguna yang dikirim ke MIUI secara anonim untuk meningkatkan kinerja perangkat ke depannya.
  10. Anda sudah siap!

Xiaomi Mi 4i menggunakan MIUI 6 yang telah berjalan di Android Lolipop 5.0.2. Saya suka sekali dengan tampilan MIUI 6 yang penuh warna, cantik, dan animasinya memikat.

Saat saya melakukan pengecekan melalui menu Pembaruan, versi MIUI yang digunakan adalah versi 6.5.4.0 (LXIMICD).

Isu Panas Berlebihan

Xiaomi Mi 4i menerima banyak kritik tentang panas yang berlebihan. Ini tentu mengurangi kenyamanan.

Hugo Barra saat dikonfirmasi tentang ini mengaku bahwa panas berlebih tersebut karena kurang optimumnya sistem operasi MIUI 6 yang digunakan. Hugo berkata bahwa isu ini sudah berhasil diatasi dengan memperbarui sistem operasi MIUI 6.

Selama menggunakan Xiaomi Mi 4i, saya tidak menemukan panas yang berlebih dalam penggunaan sehari-hari. Memang perangkat menjadi lebih hangat, namun panasnya masih bisa saya terima.

Setelah memperbarui MIUI 6 ke versi 6.5.5.0 (LXIMICD), panas yang muncul memang sedikit lebih berkurang, bahkan sudah tidak saya rasakan lagi.

Performa

Pada acara peluncuran, Hugo Barra mengklaim Xiaomi Mi 4i mampu mencapai skor Antutu Benchmark 40.253. Saya kemudian mengukur Xiaomi Mi 4i saya dengan Antutu Benchmark versi 5.7.1.

Antutu Benchmark mendeteksi bahwa sistem yang digunakan berarsitektur 64 bit dan menyarankan pengukuran 64 bit. Saya menggunakan mode Performa untuk memaksimalkan seluruh kinerja Xiaomi Mi 4i.

Saya mendapat skor 38.981 saat menggunakan mode Performa pada pengujian 64 bit (setingkat di bawah Samsung Galaxy S5), dan mendapat skor 35.139 pada pengujian 32 bit (setingkat di bawah LG G3).

Namun saat menggunakan mode Seimbang, skor Antutu merosot menjadi separonya. Pada pengujian 64 bit, Xiaomi Mi 4i hanya mendapat skor 25.568 dan pada pengujian 32 bit hanya mendapat skor 27.079, di mana keduanya setingkat di bawah Xiaomi Redmi Note.

Performa baterai bisa dibilang cukup memuaskan. Teknologi Quick Charge yang digunakan Xiaomi Mi 4i membuat pengisian baterai berkapasitas 3.120 mAh hanya membutuhkan waktu 3 jam saja, dan mampu bertahan sehari lebih pada penggunaan sehari-hari pada mode Seimbang.

Kamera

dari atas ke bawah, hasil foto tanpa HDR, HDR Langsung, dan HDR Normal
dari atas ke bawah, hasil foto tanpa HDR, HDR Langsung, dan HDR Normal

Kamera utama Xiaomi Mi 4i beresolusi 13 MP menjadi senjata utama. Bukaan lensanya lebar f/2.0 dengan 5 elemen lensa, membuat gambar yang dihasilkan lebih terang. Auto fokusnya cukup cepat dan shutter lag relatif rendah.

Antarmuka kamera pun sangat ringkas dan sederhana, hanyaterdapat 3 tombol, yaitu untuk melihat hasil foto, tombol shutter dan tombol video.

Untuk mengakses menu tinggal mengusap kamera dari kiri ke kanan, dan untuk mengakses filter tinggal mengusap kamera dari kanan ke kiri. Menu pengaturan bisa diakses dengan menekan gambar gerigi.

Berpindah ke kamera depan pun dengan mengusap dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas.

Tampilan dasarnya memiliki rasio 4:3 namun bisa diubah untuk mengambil gambar dengan rasio penuh 16:9 melalui menu pengaturan.

Kamera Xiaomi Mi 4i memiliki fitur Beautify yang mampu mendeteksi jenis kelamin dan usia obyek foto manusia. Namun tentu saja, perkiraan kamera ini bisa meleset walau tak terlalu jauh hasil tebakannya.

Kamera depan memiliki bukaan rana f/1.8 dengan sudut lebar 80° yang cocok untuk penggemar selfie.

Hasil kamera depan pun tidak lagi terbalik kiri dan kanan, sesuatu yang dulu sering muncul di MIUI v5.

Beberapa mode kamera Xiaomi Mi 4i cukup menarik untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah mode Fokus Ulang. Pada mode ini, fokus obyek foto bisa diatur meski gambar sudah diambil. Ini berguna saat misal kita ingin membaca dengan jelas bagian latar belakang foto yang sudah diambil di mana fokus obyek ada di depan.

HDR dan Fokus Ulang

Hugo Barra begitu menyukai foto HDR (High Dynamic Range) yang mampu menampilkan detail dari kondisi cahaya tinggi hingga rendah. Oleh karena itu, fitur HDR di kamera Xiaomi Mi 4i pun diperkuat.

Ada 2 mode HDR pada kamera Xiaomi Mi 4i, yaitu mode HDR normal dan HDR langsung. Bedanya adalah HDR normal menggunakan pemrosesan HDR seperti biasa, sedangkan HDR langsung, menggunakan metode pemrosesan yang “lebih cepat”.

Saya kemudian lebih sering memotret dengan mode HDR normal menyala. Pada mode ini, kinerja kamera saya merasa agak lebih lambat setelah tombol shutter dipencet. Butuh waktu 1-2 detik untuk memproses gambar, yang saya rasa cukup normal mengingat untuk menghasilkan gambar HDR, dibutuhkan lebih dari 1 kali pengambilan gambar berbagai range.

Pada mode HDR langsung, respon tetap lambat, walau tidak selambat pada mode HDR normal. Jika tidak menggunakan HDR, respon kamera sangat cepat dan hasilnya tetap cemerlang.

Pada malam hari, kamera Xiaomi Mi 4i juga masih tajam, meski pada saat mengambil gambar HDR, muncul noise yang tak begitu mengganggu.

HDR ternyata tak hanya diterapkan saat mengambil foto, namun juga diterapkan saat mengambil video.

hasil foto yang difokus ulang, dari gambar yang sama
hasil foto yang difokus ulang, dari gambar yang sama. gambar asli fokus di depan (kiri), kemudian disentuh pada bagian belakang, fokus berubah ke belakang (kanan).

Berikut ini tampilan dari beberapa menu kamera Xiaomi Mi 4i.

Hasil Foto

Berikut ini beberapa hasil foto yang saya ambil dengan Xiaomi Mi 4i. Beberapa menggunakan mode HDR, beberapa tidak. Semua saya kumpulkan jadi satu di galeri di bawah ini.

Spesifikasi

Berikut ini spesifikasi Xiaomi Mi 4i yang tertera di kardusnya.

CPU Qualcomm Snapdragon 615 octa-core 1,7/1,1 GHz 64 bit
GPU Qualcomm Adreno 405
RAM 2 GB LPDDR3
Memori Internal 16 GB EMMC
Memori Eksternal Tidak Ada
Layar 5 inchi Full HD IPS (1920×1080) Corning OGS
Kamera Utama 13 MP f/2.0, 5 lensa, two-tone fash LED, video Full HD 1080p
Kamera Depan 5 MP f/1.8 sudut lebar 80°, video Full HD 1080p
Kartu SIM 1 mikro SIM 4G LTE (FDD-LTE), WCDMA/HSDPA/3G, GSM
Kartu SIM 2 mikro SIM 4G LTE (FDD-LTE), WCDMA/HSDPA/3G, GSM
Bluetooth v4.1
GPS A-GPS, GLONASS, BeiDou Navigation Satellite System
Nirkabel/Wi-Fi WLAN (802.11a/b/g/n/ac), Wi-Fi Direct, MU-MIMO
USB mikro USB, 2.0 OTG
Microphone Triple-Microphone Noise Suppression
Audio 3,5 mm jack stereo
Baterai 3.120 mAh Li-Po, Quick Charge 1.0
Sensor Giroskop, Akselerometer, Kompas Digital, Sensor Cahaya, Sensor Proximitas
Android 5.0.2 Lolipop MIUI 6
Lainnya Radio FM
Dimensi 138,1 mm × 69,6 mm × 7,8 mm
Bobot 130 gram
113 responses
  1. Gravatar of Kenz
    Kenz

    Lengkap banget!!! Trims … Nunggu Lazada jual MI4i… 😀

  2. Gravatar of Nia
    Nia

    Mau nanya. Xiaomi mi 4i apa bisa tersambung dengan kabel OTG?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    bisa. Semua ponsel keluaran Xiaomi (Redmi 1S, Redmi Note, Redmi 2, Mi Pad, dan Mi 4i) mendukung USB OTG.

  3. Gravatar of dwimon
    dwimon

    Jadi kepikiran buat ganti hape 😐

  4. Gravatar of iKurniawan
    iKurniawan

    Tuker Oneplus ku ah sama Mi 4i + Xiaomi Yi
    Nunggu flashsale Mi lagi
    ;D

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    wah, belum pernah nyoba OnePlus.. moga bisa nyobain deh kalo ada launching OnePlus Two :p

  5. Gravatar of Artono
    Artono

    Mas mau nanya, apa mi4i Compatible dengan mi band? Makasih

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    sangat. semua fitur termasuk membuka kunci menggunakan Mi Band berfungsi.

  6. Gravatar of aziz
    aziz

    mas mau tanya .. mi4i dijual offline di erafone gak? trims

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    rencananya begitu, tapi sepertinya menunggu era flash sale selesai.

    Gravatar of eka
    eka

    kayaknya di erafone offline udh tersedia, td sempat mengunjungi ICS di JCC, di jual 2.9an, klo g salah ada flash sale di mi.com indonesia 16 juni ini jam 11…

  7. Gravatar of agung
    agung

    Btw, kalau dikompre sama mi4 bagusan mana ya ? terutama Kamera, bagusan mana ya mi4 atau mi 4i, Kasi saran dong mas..

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    belum megang Mi 4, jadi tak bisa berkomentar. dari spek memang sudah beda, lebih tinggi Mi 4.

    Gravatar of agung
    agung

    Tapi kalau dilihat review sih katanya Camera masih unggul mi 4i. jadi bingung mau piilih yang mana

  8. Gravatar of eka
    eka

    wah lengkap reviewnya… jadi beli ini deh…

  9. Gravatar of eka
    eka

    o iya… utk batre beneran tahan lama kan?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    tergantung pemakaian. saya gunakan sehari-hari, dalam sehari paling sekali-dua kali isi ulang.

  10. Gravatar of Fadel
    Fadel

    min, pilih xiaomi mi 4i atau asus zenfone 2 ze550ml? kalo asus zenfone 2 ze550ml blm ada fast chargingnya ya?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    saya belum pernah menggunakan atau mencoba Asus Zenfone 2, jadi tak bisa berkomentar. 😀

  11. Gravatar of Prasetyo
    Prasetyo

    Bagaimana Pak Matriphe, apakah battery kuat?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    tergantung pemakaian. saya gunakan sehari-hari, dalam sehari paling sekali-dua kali isi ulang.

  12. Gravatar of Afif Kurnain
    Afif Kurnain

    Mau nanya mas, issue overheat dan kameran depan error saya baca di user opinion gsmarena.com nah, apa benar?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    sudah baca tulisan saya? 🙂

  13. Gravatar of Afif Kurnain
    Afif Kurnain

    Maksudnya setelah update ada masalah lagi? Karena di gsmarena bukan overheat aja issuenya, ada banyak masalah overheat (katanya).

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    sampai sekarang ngga nemu masalah, kok.. 😀

  14. Gravatar of Nathan
    Nathan

    Mau nanya mas, mi4i ini bisa dikoneksi ke bluetooth jabra ga? kalo bisa gimana caranya

  15. Gravatar of Bc
    Bc

    Antivirus bawaan ad ga?klo buka2 brows cukup aman?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    ada tools Keamanan bawaan. termasuk antivirus.

  16. Gravatar of fandi
    fandi

    Mau tanya …
    Saya Pengguna amatir MIUI ..
    Cara mengaktifkan mode performa mi4i gimana ya ?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    masuk ke Setelan > Setelan Tambahan > Baterai > Setelan Daya

    jika menggunakan mode performa, cenderung akan lebih boros baterainya. Saya selalu menggunakan mode Seimbang untuk aktivitas sehari-hari.

  17. Gravatar of Moreno Bintang T
    Moreno Bintang T

    Mas,apa perlu pakai screen guard ?
    Maaf mas pemula hehe 😀

  18. Gravatar of Moreno Bintang T
    Moreno Bintang T

    Menurut mas uang segitu buat beli mi4i untung atau rugi mas?

  19. Gravatar of Evolva
    Evolva

    mi4i saya kok kalau charging dalam posisi hp mati dari posisi <20% seringnya brenti di sekitar 40-50%, tidak bisa full 100%. baru mau lanjut kalau kabel dilepas, hp dinyalakan, tunggu beberapa menit dan colok lagi. charging bisa lanjut sampai full.
    apakah memang ada bug ini? ada solusinya ga ya?

    Gravatar of sary
    sary

    Wah.. Pnyku jg gitu..
    Knp ya ?
    Sdh nemu solusinya kak ?

  20. Gravatar of fandhy
    fandhy

    Mas, noise yang muncul pada sisi gelap, apa masih bisa di tolerir?

  21. Gravatar of fandhy
    fandhy

    Mas, noise yang muncul pada sisi gelap, apa masih bisa di tolerir? Apa resolusi kamera berubah besar klo pindah ke mode video yah?

  22. Gravatar of Monica
    Monica

    Saya baru beli Xiaomi MI4i namun saat dimasukkan kartu SIM tidak bisa terbaca, sudah gona ganti slot tp hasil masih sama. Mohon panduannya mas..tq

  23. Gravatar of Edo
    Edo

    Untuk varian warna Xiaomi Mi4i ini ada warna apa aja mas? Kalo liat di web aslinya ada banyak varian. Tapi so far yang masuk hanya putih saja ya. Kira-kira bakal masuk ga ya mas varian warna yang lain? Naksir sama full hitamnya hahaha

  24. Gravatar of rahma
    rahma

    bagusan j5 atau mi4i. tolong sarannya

  25. Gravatar of andi
    andi

    masalah di bbm yang sering ga ada notify….. harus di klik dulu bbm nya baru kebuka pesan2 yang masuk. padahal autostart dan permissions nya sudah diset……

  26. Gravatar of syaifudin
    syaifudin

    Mas saya baru beli mi4i, saya rasa kamera klo dipake pas malam ato cahaya kurang noise keliatan banget, apa ada settingan khusus atau memang begitu, saya pikir mengganggu banget. Tolong pengalamnnya.

  27. Gravatar of shafa
    shafa

    hmm mau tanya nih mi4i saya kebalik gitu hasilnya di apain ya biar gak kebalik gitu,menyiksa euy soalnyaaa
    padahal kemaren kemaren oke oke aja

  28. Gravatar of bembenk
    bembenk

    charging nya agak susah ya kadang connect kadang gak, kira2 kenapa ya mas? oia katanya dket2 ini mau keluar jg mi5 yg spek nya lebi gede lg

  29. Gravatar of ocha
    ocha

    Mas mau nanya, waktu unlock sreen,aku disutuh pencet tombol back dan volume atas bersamaan. Gunanya apa ya? Trus cara menghilangkannya gimana ya?

  30. Gravatar of sary
    sary

    Mi4i ku kok gk bs konek headphone yaa..
    Ak pasangin headphone gk kedeteksi sm devicenya

  31. Gravatar of Bayu Dwi Anugrah Putra
    Bayu Dwi Anugrah Putra

    Gan, Xiaomi mi4i ane agak sulit menggunakan Mode Operasi 1 Tangan, sudah di geser ke kiri/kanan menu beranda tetap gak mau.
    Ada solusi gan?

  32. Gravatar of Dargh
    Dargh

    Saya beli online di okeshop koq Mi4i ini nggak support 4G band 8 (,900Mhz) yg notabene adlh frek LTE telkomsel….
    Apakah yg bundling telkomsel ini support band 8?

  33. Gravatar of susan
    susan

    saya ingin menanyakan cara menyalakan handphone mi 4i ini tanpa menekan tombol on off.
    biar tidak cepat rusak tombol on off nya. jadi cukup ketuk kaca layar hp maka bisa langsung nyala layarnya. terima kasih sebelumnya

    Gravatar of kapten.
    kapten.

    Bisa sis asl udah update ke versi 6.6.6 trus crnya msk ke pengaturan trus pilih lainya trus pilih tampilan ada ted tuh tinggal aktifin

    Gravatar of kapten
    kapten

    Bisa sis asl udah update ke versi 6.6.6 trus crnya msk ke pengaturan trus pilih lainya trus pilih tampilan ada ted tuh tinggal aktifin

  34. Gravatar of kapten ronan
    kapten ronan

    maaf mas saya pengguna baru mi4i ..kok mi4i nya ga bisa buka youtube ya?padahal udah pakai wifi..udah install ulang juga app youtube nya masih ttp ga bisa..itu kenapa ya ? mohon pencerahannya

    Gravatar of Andi Reinald
    Andi Reinald

    Gan, sy tdk bsa buka youtube dan video knp yah?/dan foto pada malam hari pake flash berwarna merah dan kuning, mohon penjelasannya, tq
    Sama nih masalahny sma saya

  35. Gravatar of ahmad
    ahmad

    Saya baru beli mi 4 i di erafone,masalahnya kok mlh lemot ya terus kalau buat buka aplikasi misal line ketutup sendiri..
    Mohon solusinya..

  36. Gravatar of ayu
    ayu

    Kok xiaomi saya gak bisa ambil video ya???
    Mohon balasannya…

  37. Gravatar of dalijoe
    dalijoe

    Kmrn sore.istri beli xiomi.mi4idi erafone tp knp.buat internet lemot.bgt ya,jd nyesel beli

  38. Gravatar of fachri
    fachri

    Mas mau tanya, kalo mau remove USB otg di MI4i langsung cabut aja atau ada menu safely remove device gitu ?

    Gravatar of fachri
    fachri

    Solved, melalui menu setting dulu, sorry

  39. Gravatar of Tyok
    Tyok

    Mantaps, ane udah pernah cobain sendiri emang pantas di kasih tepuk tangan, zepong 2 aja kalah kameranya,
    sayang pake 64 bit andro jd terasa berat, andai saja ada Andro 32 bit ganti pasti akan lebih enteng deh, acungin dua jempol

  40. Gravatar of rahman tobi
    rahman tobi

    Mi4i ada led indikatornya ga jika ada pesan sms atau bbm

  41. Gravatar of Dhinar Yoga
    Dhinar Yoga

    Mas boleh tanya.. Kok mi4i sy versi miui’nya kok masi 5.7.31 ya.. Tk ipdate pembaruan gak bisa tu.. Kenapa ya mas?? Mohon bantuannya dibales di [email protected], trimakasih mas..

  42. Gravatar of dita
    dita

    Halo mas mau tanya, sy baru beli mi4i. Tp lampu disebelah camera depan nyalah terus berwarna hijau, cara matiin lampu hijaunya ini bagaimana ya? Mohon jawabannya, thankyou before..

    Gravatar of ddnandi
    ddnandi

    Sepertinya itu emang bawaan dari MIUI terbaru, coz saya waktu awal beli MIUI defaultnya masih 6.5.5, pas di upgrade ke 6.6.10 ternyata lampu dindikator samping kamera depan nyala terus

  43. Gravatar of revi fauzan
    revi fauzan

    itu posisi lagi di cas ya… berarti kalau lampu indicator sudah hijau batere telah penuh terisi segera cabut chargerannya

  44. Gravatar of Andi Reinald
    Andi Reinald

    Gan, sy tdk bsa buka youtube dan video knp yah?/dan foto pada malam hari pake flash berwarna merah dan kuning, mohon penjelasannya, tq

  45. Gravatar of ray
    ray

    mas nyeseal ga beli xiaomi mi4i?

  46. Gravatar of ddnandi
    ddnandi

    Share pengalaman juga gan, mungkin disini ada yang sependeritaan atau punya solusi 🙂

    Saya baru beli mi4i kurang lebih seminggu yang lalu, pas awal2 coba sih kamera dan lainnya semua berfungsi baik.
    Namun, sekarang entah kenapa tiba2 kamera depannya tiap dibuka noisenya banyak banget, bahkan sampe full diseluruh layar.
    Saya sudah upgrade ke MIUI terbaru (6.6.10) tapi tetap saja kamera depan banyak noise (semut) yang memenuhi seluruh layar.

    Ini contoh SS kamera depan saya sekarang, padahal waktu awal beli sangat jernih dan bagus 🙁
    http://en.miui.com/data/attachment/forum/201508/13/111756ovccbiv4cpvm8bv3.jpg.thumb.jpg

    Gravatar of Lia
    Lia

    Maksudnya itu tuh hasil dari kamera depan yg 5MP atau kamera utama yg 13MP mas?? maaf kurang jelas… Soalnya saya baru sehari nih beli mi4i, kalo menurut saya kamera depannya yg 5MP itu juga memang masih kurang jernih dan tajam deh (dilihat dari foto outdoor siang hari, dan dengan mi4i saya yg memang msh dalam kondisi baru dan belum terupgrade MIUI). Lain hal dengan kamera depan oppo saya yg mungkin hanya 2MP.

  47. Gravatar of Tyok
    Tyok

    ddnandi

    sampai skrang masih bnyak semut kah?
    coba dibawa ke service Centre gan,
    mudah2n bisa diganti device baru,

    we always care
    dibelakang nampak poster itu 😀

  48. Mengintip MIUI 7 | matriphe!
  49. Gravatar of zak
    zak

    Gak jadi ah ambil mi 4i.. ragu banyak yg bermasalah nih di komennya

  50. Gravatar of Pman
    Pman

    Ah saya gak ada maslaah sama sekali. So far, baik baik aja kok. Puas bgt sama kameranya dan performa

  51. Gravatar of Firman
    Firman

    Saya baru 2 minggu beli hp xiomi 4i skrg kamera depannya udh rusak, sangat tdk memuaskan,..

  52. Gravatar of slamsr
    slamsr

    aku udah 4 bulan pake mi4i sampe sekarang udah diganti miui7
    udah pernah memenangkan lomba di mifans jugak (pamer)
    meskipun magnesium alloy, tetap aja kalau jatuh ke lanai juga penyok

  53. Gravatar of Rachmat
    Rachmat

    baru sehari beli Mi 4,ga bisa lagi baca QR CODE,keluar notifikasi anda perlu me restart perangkat anda,udah di coba re start,masih ga bisa,mungkin maksudnya di banting kali ya…

    Gravatar of lista
    lista

    wah mau beli jadi ragu ni 🙁

  54. Gravatar of Dahlan
    Dahlan

    mi 4i yang saya beli dari flash sale mi.com 16-06-15 rusak kamera depannya setelah update miui. Sudah dilaporkan komplain ini tapi layananan purna jual mi.com sangat mengecewakan karena hanya diserahkan ke pihak ketiga cq tom.co.id yang hanya melayani pick up untuk wilayah jabodetabek

  55. Gravatar of Ariani
    Ariani

    Mau tanya bagaimana cara menghilangkan File Sarbaneka di Xiaomi mi4i
    ini tidak dapat di click file,saya sempat baca bisa di (wipe data) lalu hp akan kembali seperti pengaturan pabrik.
    yg saya tanyakan?mi4i gak ada memory eksternal kalau sudah di wipe apa file tersebut tidak akan hilang(sebelumnya sudah saya cadangkan dan cadangan pasti masuk internal itu bagaimana?
    apa ada aplikasi untuk menghapus file sarbaneka?

  56. Gravatar of Wahyudi
    Wahyudi

    mas, saya baru berencana ambil mi4i, tapi saya menemukan banyak keluhan terhadap mi4i di beberapa forum, seperti dead pixel, kamera depan yang berbintik, flash yang menyala ketika menelpon, layar yang kurang responsibel, bahkan ada yang mengakui mengalami lag saat membuka aplikasi ketika multitasking. apakah mas sudah pernah mengalami hal2 diatas? atau hingga saat ini apakah sudah ada keluhan terhadap mi4i? mohon infonya mas

    Gravatar of RedBack
    RedBack

    bantu jawab ya karena saya jg user mi4i, dalam beberapa kasus pasti ada mi4i yang “hardware defect” atau kerusakan hardware dr pabrik, tapi gak semua mi4i, alhamdulillah sya gak mengalami masalah yang anda sebutkan diatas. FYI hardware defect di smartphone skrg wajar, namanya juga mass product jd ttep ada kecacatan/kerusakan dr pabrik di beberapa produknya

  57. Gravatar of okta
    okta

    ada yang warna hitam gan?

  58. Gravatar of zuyyina
    zuyyina

    aku baru pake mi4i 3minggu, 4hari yg lalu aku habis update semua aplikasi pake wifi sambil kupake chating bbm terus tiba2 nongol halaman utama padahal aku lagi ngetik, pas mencet instagram juga gitu min balik ke halaman utama, pokoknya balik2 gitu terus pas mencet yg lainnya. Sampe kumatiin terus kunyalain lagi, tapi sama aja balik gitu terus, pas kureboot kudiemin 10menit udah normal lagi.
    Kejadian itu keulang lagi min, aku habis ces sambil matiin mi4iku, pas udah 100% kunyalain kucabut chargernya, terus buka bbm langsung rewel lagi min balik2 terus ke halaman utama. Kan kesel. Kureboot sampe 3x tapi tetep aja balik2 terus ga mau diatur. Ngetik ini juga maksa banget, susahnya mau main.
    Mi4iku kenapa???

  59. Gravatar of Tri
    Tri

    sy pake mi4i, batre mendadak tdk mau mengisi. apakah ada pengalaman yg sama?

  60. Gravatar of Lucky
    Lucky

    Saya sudah 8 bulan pake mi4i alhamdulillah gk pernah ada kendala dan sangat memuaskan

  61. Gravatar of vie
    vie

    Saya baru 3 hari beli xiaomi m4i layarnya sering berbayang trus garis-garis gimana ea cara ngatasinya ada solusi kah..

  62. Gravatar of vie
    vie

    Saya baru 3hari pakai xiaomi layar sering berbayang dan garis-garis…gmn cara memperbaikinya ea…ada solusi kah?

  63. Gravatar of Bayu
    Bayu

    lho kok cuma 38.*** skor antutu benchmark kalo di situs web nya sampai 40.ribuan.

    Kenapa ya????????????????

  64. Gravatar of Santy
    Santy

    Mi4i saya bbrp hari ini gak bisa connect wifi, padahal biasanya lancar. Kalo saya klik ke wifi yg dituju selalu sinkron terus gak selesai & ada perintah “ketuk untuk berbagi sandi & muncul kode batang”. Bgmn cara spy balik normal lagi ya?

    Gravatar of Dedi
    Dedi

    Mi4i saya gak bisa connect wifi sudah hampir 3 minggu, padahal biasanya lancar. Bgmn cara memperbaikinya?

  65. Gravatar of dandung
    dandung

    Gan ,aku ada masalah dgn hp Mi4i setelah kupakai sekitar 6 bulan muncul permasalahan hp selalu off sendiri setelah berapa menit mau di on,lama lama frekwensioffnya tambah sering dan utk waktu onnya tambah lama,terus saya bawa ke TAM Cabang Surabaya setelah dicek infonya hanya soft warenya setelah aku ambil ku coba lgs bermasalah ,sama TAM lgs direpair ganti machine,setelah itu sampai sekarang bisa aku pakai tapi timbul permasalahan baru tiap dipakai utk Browsing selau muncul maaf Chrome sdh berhenti,atau google telah berhenti terakhir tambah YAH ,muat ulang dgb backgroun warna biru ,masalah ini sdh aku bawa ke TAM Surabaya tidak berhasil,tolong solusinya ya

  66. Gravatar of rismaa
    rismaa

    Baru 2minggu beli mi4i, dan tdk mau dicharging. Ada yg tau kenapa hal itu bisa terjadi dan bagaimana solusinya gan? Makasih

  67. Gravatar of ami amalia
    ami amalia

    saya pegag mi4i baru 3minggu tpi tombol yang ada dibawah layar ga berdungsi semua harus pake navbar terus, knpa ya saya risih jdinya

  68. Gravatar of martin
    martin

    gimana ya mengatai mi could yang berhenti ketika restart data pabrikan

  69. Gravatar of lista
    lista

    mau beli jadi ragu..separah ini kah keluhannya ?

  70. Gravatar of Yosi
    Yosi

    Saya sudah makai selama setahun,kendala sih ga ada ya mulai dari kamera ttp bersih,batere ttp kuat,multitasking enak,hard gaming enak.Recomended.Cuma pengen ganti sih krn udh bosen 🙁

  71. Gravatar of Dhindhien
    Dhindhien

    saya udh pake mi4i 10 bulan, alhamdulillah ga pernah ada masalah serius
    sejauh ini mi4i msh sangat memuaskan saya apalgi kameranya
    teman2 selalu mengandalkan mi4i saya untuk berfoto2 😉

    Gravatar of ade
    ade

    beli mi4i nya dimana waktu itu ? terus garansi apa distributor atau apa, mungkin yang di atas banyak keluhan karena beli nya di tempat yg ga recommend hihi, saya jadi bingung padahal udah pgn beli mi4i di lazada

  72. Gravatar of ade
    ade

    Cara buka aktivasi mi cloud gmn sih?padahal ga di daftarin pas waktu beli,hampir semua hp xiaomi pasti gtu

  73. Gravatar of user mi4i
    user mi4i

    disarankan klo awet beli yg garansi terpercaya gan, jgn beli yg garansi ecek2, masa udah harga low masih beli yg murah tp garansi ecek2.. be a smart buyer

  74. Gravatar of Diyo Yuan
    Diyo Yuan

    Saya minta pendapat mas, rencana mau beli mi4s garansi distributor dari toko online atau mi4i resmi dari erafone?
    Mohon sarannya mas terima kasih

  75. Gravatar of nila
    nila

    dah setahun pake mi4i alhamdulilah gak ada kendala yg berarti…sampe sekarang kalo urusan foto2 di kantor semua mengandalkan hp saya…ajib hasil fotonya

  76. Gravatar of viona
    viona

    Cara ganti mode satu tangan ke layar semula gimana ya

  77. Gravatar of viona
    viona

    Saya sdj bbrp bln pake xiomi 41.
    cm td kok ttb layarnya nerubah ke mode satu tangan.Gimana cara ngembaliin ke layar semula.thanks

  78. Gravatar of riko
    riko

    mau tanya, kalo indikator batre mi41 jd baerubah warna orange itu kenpa ya??

  79. Gravatar of cilukbaaa
    cilukbaaa

    Cari yang psti2 aja deh banyak keluhan nya lagi ngelirik moto e3 power walaupun spek msh dibawah xiomay yang penting tu hape msh joss ke dumay dan maen game.

  80. Gravatar of Nurul
    Nurul

    Udah 10 bulan pake xiaomi ga ada kendala yg berarti, cuma memory cpt penuh krn saya pake buat nyimpen byk gambar dan aplikasi, maklum saya penjual online 🙂

  81. Gravatar of Irfan
    Irfan

    Saya dah pake xiamo 2tahun tpi g ada kendala.
    Malah sering ke banting.alhamdulilah masih bagus aja.malah sya dlu punya samsung
    Beberapa bulan langsung rusak.
    …menurut ane sih itu keberuntungan si pembeli

  82. Gravatar of yogha
    yogha

    Alhamdulilh sya makai xiaomi mi4i ini lancar2 aja ga ada kendala. Bner2 memuaskan ini hp bodi nya ramping enk bgt buat di genggam. Klo nasalah rusak atau kndala di hp nya, itumah trgntung pemakaianyya aja . Jdi jgn salahkan hp nya
    .produk yg kluar dri pabrik juga pasti bakal di cek smw spek nya. Kembali dri diri anda nya aja gmna

  83. Gravatar of Varleen
    Varleen

    Selama sy pake Xiaomi Mi 4i, tidak ada kendala kok. Hp Programnya lancar jaya, meski kadang lambat dikarena sy simpan game berat diatas 1Gb. Kualitas kamera depan belakang memuaskan. Malahan Versi MiUi ku udh upgrade ke 8.1. Hp normal Jaya kok..

  84. Gravatar of indrasugara
    indrasugara

    Baru pake nih hp secara keselurahan sih puas cuma sayangnya ngga ada memori external

  85. Gravatar of Arif
    Arif

    Mo nanya mas mi 4i ada ruang keduanya gak.. Trims