Pengalaman Menggunakan Xiaomi Mi 4i

Artikel ini ditayangkan pada 5 Juni 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Setelah diluncurkan pada 19 Mei 2015 dan mulai dijual pada 26 Mei 2015 melalui flash sale di situs Mi.com, Xiaomi Mi 4i menarik banyak perhatian. Sebagai ponsel flagship, kehadirannya patut ditunggu.

Selain melalui situs Mi.com, Xiaomi Mi 4i rencananya akan dijual juga melalui toko-toko jaringan OkeShop, Global Teleshop, dan Erafone. Xiaomi juga menggandeng Telkomsel dengan menyematkan paket data ke penjualan Xiaomi Mi 4i.

Setelah mendapatkan Xiaomi Mi 4i yang dijual dengan harga Rp 2.799.000, saya menjadikan ponsel ini sebagai ponsel utama saya. Dengan bantuan sinkronisasi di akun Mi, memindah data semacam nomor kontak hingga foto dari Xiaomi Redmi 2, dapat dilakukan dengan mudah.

Berikut ini pengalaman saya menggunakan Xiaomi Mi 4i, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan jika ingin membeli.

Fisik dan Kemasan

isi kemasan Xiaomi Mi 4i isi kemasan Xiaomi Mi 4i

Jika membeli dari situs Mi.com, kemasan Xiaomi Mi 4i dibungkus dengan kardus lagi dari Erafone yang dikirim menggunakan layanan JNE. Setelah membuka kardus dari Erafone, di dalamnya terdapat kardus Xiaomi Mi 4i, kartu perdana Telkomsel, dan bukti pembelian dari Mi.com.

Xiaomi Mi 4i hadir dalam kemasan kardus coklat ciri khas Xiaomi yang ringkas. Cara membuka kardusnya pun senada dengan kemasan-kemasan Xiaomi yang lain, dengan mengangkat penutupnya ke atas.

Logo Mi tertulus di sebelah kanan atas pada kardus penutup bagian atas.. Informasi spesifikasi ponsel terletak di kardus bawah.

Unit ponsel akan langsung terlihat setelah penutup atas dibuka. Di bagian bawah perangkat, terdapat buku panduan yang tersemat pin untuk membuka tray kartu SIM, kabel micro USB, dan pengisi daya 2.000 mAh standar Xiaomi.

Saya mengangkat unit Xiaomi Mi 4i dari kardus dan merasa bahwa ponsel ini cukup enteng. Setelah melepas plastik pelindung, saya merasakan bagian belakangnya cukup nyaman digenggam.

Lapisan soft-matte-nya mencegah ponsel tergelincir dari tangan. Ujung-ujungnya membulat sehingga tidak ada sudut lancip menambah kenyamanan menggenggam ponsel yang terasa tipis ini. Penutup belakang ini dilapisi lapisan anti minyak dan sidik jari, sehingga tidak cepat kotor.

Rangka Xiaomi Mi 4i terbuat dari magnesium alloy yang kokoh namun ringan. Magnesium alloy sering digunakan pada peralatan militer atau olah raga ekstrim.

tombol volume dan power tombol volume dan power

Tombol volume up, volume down, dan power, seperti biasa terletak di sebelah kanan. Pengguna Xiaomi tentu langsung dengan mudah mengenali tombol ini karena sudah menjadi ciri khas.

Begitu juga dengan posisi soft-buttons di bagian bawah yang bisa menyala. Tombol menu berada di kiri, tombol home di tengah, dan tombol back di kanan.

Tulisan Mi di bagian kiri atas, juga menjadi signature Xiaomi. Kamera depan beresolusi 5 MP Omnivision berada di samping kanan bersebelahan dengan lubang pengeras suara. Lampu indikator yang bisa diatur warnanya terletak di samping kanan kamera depan. Lubang jack 3,5 mm terletak di bagian bingkai atas sebelah kiri.

Di bagian belakang, kamera utama sebesar 13 MP menempel di sebelah kiri di samping lampu kilat dua warna. Dua warna lampu kilat berfungsi untuk mengimbangi warna yang ditangkap oleh kamera. Lampu kilat berwana putih untuk menambah nuansa dingin dan yang kuning menambah nuansa hangat.

Terdapat stiker berisi informasi IMEI dan nomor seri menempel di bagian bawah penutup belakang yang disarankan untuk tidak dicopot agar mudah dalam melakukan klaim garansi.

Lubang-lubang pengeras suara terletak di bagian bawah belakang. Lubang ini diletakkan di bawah karena saat menggenggam, tangan secara otomatis akan memantulkan suara yang dihasilkan ke depan.

Terdapat sebuah tonjolan kecil di bagian bawah pengeras suara yang tujuannya untuk mengangkat ponsel saat diletakkan di permukaan datar. Lagi-lagi gunanya agar suara dipantulkan oleh permukaan tersebut sehingga suara akan terdengar lebih nyaring.

Karena desain unibody, baterai Xiaomi Mi 4i tak bisa dicopot. Untuk memasang kartu SIM, terdapat tray di sebelah kiri yang harus dicolok dengan pin untuk membukanya. Xiaomi Mi 4i menggunakan kartu SIM mikro ganda yang keduanya telah mendukung 4G LTE.

Layar

Layar Xiaomi Mi 4i mempunyai resolusi yang besar, yaitu 1080p alias Full HD (1920×1080 piksel) dengan kerapatan 441 PPI (Pixel per Inchi).

pengaturan warna pengaturan warna

Mata manusia masih bisa membedakan ketajaman pada resolusi 1080p ini. Menonton video atau film beresolusi tinggi menjadi lebih nyaman karena gambar tidak pecah-pecah.

Jika dibandingkan dengan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Xiaomi Mi 4i berukuran layar 5 inchi memiliki kerapatan paling tinggi, yaitu 441 PPI (Pixel Per Inch).

Xiaomi Mi 4i menggunakan layar dari Sharp atau JDI (Japan Display Inc.) yang tak diragukan lagi reputasinya. Layar yang digunakan Xiaomi Mi 4i menggunakan IPS yang memungkinkan layar masih bisa terlihat jelas dari sudut 178°.

Jangkauan warna yang digunakan Xiaomi Mi 4i juga sangat tinggi, yaitu NTSC 95% ultra-high color gamut. Dibandingkan dengan iPhone 6 yang jangkauannya hanya 72% NTSC, jangkauan warna di Mi 4i jauh lebih tinggi. Efeknya, warna yang muncul pada layar makin kuat.

Tampilan Xiaomi Mi4i benar-benar jernih. Saat melihat foto-foto pun, warnanya memang menjadi lebih terang. Teknologi Sunlight Display membantu menampilkan gambar pada layar dengan lebih terang pada saat siang hari yang terik.

Sebagai pelindung, Xiaomi Mi 4i menggunakan kaca fully laminated OGS (One Glass Solution) milik Corning yang terkenal kuat dan andal. Penggunaan OGS membuat layar menjadi sangat tipis namun kokoh.

Saya tak perlu lagi menambah lapisan pelindung tambahan. Bahkan saya kini biasa meletakkan ponsel dengan posisi kaca di bawah, karena kaca lebih kuat daripada penutup belakang.

Penggunaan OGS ini membuat layar Xiaomi Mi 4i tampak hitam saat dalam kondisi mati, sehingga tidak terlihat garis pemisah layar dengan bingkai. Hasilnya, sebuah tampilan ponsel yang elegan. Saking hitamnya, saya sering kesulitan menemukan tombol soft-buttons.

Spesifikasi Teknis

tray SIM Xiaomi Mi 4i tray SIM Xiaomi Mi 4i

Sebagai ponsel flagship, Xiaomi tak main-main dengan performa. Qualcomm Snapdragon 615 generasi kedua merupakan prosesor yang digunakan Xiaomi Mi 4i yang mendukung arsitektur 64 bit ARM Cortex A53 dengan delapan inti prosesor yang memiliki konfigurasi 4 inti berkecepatan 1,7 GHz dan 4 inti berkecepatan 1,1 GHz.

Pada saat ponsel membutuhkan performa komputasi yang kuat, 4 CPU berkecepatan 1,7 GHz akan digunakan dan jika sedang tidak digunakan akan menggunakan 4 CPU berkecepatan 1,1 GHz untuk menghemat daya.

RAM yang digunakan Xiaomi Mi 4i sebesar 2 GB LDDR3 dengan ROM sebesar 16 GB. Xiaomi Mi 4i tidak memiliki slot microSD sehingga kapasitas penyimpannya tak bisa ditambah. Meski sbenarnya kapasitas 16 GB lebih dari cukup, namun rasanya ketiadaan slot micro SD tetap dirasa kurang.

Kartu SIM ganda yang digunakan berukuran mikro, terletak pada slot yang harus dikeluarkan dengan dicolok menggunakan pin.

Xiaomi Mi 4i mendukung jaringan 4G FDD-LTE di kedua slot SIM (dual stand by), namun dalam satu waktu hanya satu yang aktif. Memilih jaringan mana yang aktif pun mudah, hanya melalui menu Pengaturan.

Selain itu, Xiaomi Mi 4i mendukung protokol nirkabel Wi-Fi 802.11ac dengan antena MU-MIMO yang merupakan teknologi antena nirkabel terbaru yang memungkinkan kecepatan 3 kali lebih cepat daripada Wi-Fi biasa.

Xiaomi Mi 4i mendukung Wi-Fi direct di mana perangkat yang mendukung bisa langsung terhubung menggunakan Wi-Fi tanpa perlu access point. Model ini mirip dengan model pertukaran P2P (Peer to Peer) namun menggunakan Wi-Fi.

Bluetooth yang digunakan versi 4.1 yang rendah energi dan GPS yang digunakan mendukung Glonass (satelit GPS milik Rusia) dan BDS (sistem navigasi BeiDou).

Xiaomi Mi 4i mendukung USB OTG, di mana perangkat bisa berfungsi sebagai host. Ini memungkinkan Xiaomi Mi 4 dapat mengirim dan menerima berkas menggunakan flash disk, ditambahkan keyboard atau joystick, dan perangkat USB lainnya.

Xiaomi Mi 4i menggunakan baterai bertegangan tinggi, 4,4 volt dengan kepadatan energi paling tinggi, yaitu 700 Wh/L melalui sel polimer.

Selain penggunaan baterai berkapasitas besar namun tipis, Xiaomi Mi 4i mempunyai metode pengehemat energi yang mampu mengoptimalisasikan konsumsi daya sehingga ponsel bisa bertahan hingga 1,5 hari pada penggunaan sehari-hari.

MIUI 6 Lolipop

memilih bahasa memilih bahasa

Saat menyalakan pertama kali, Xiaomi Mi 4i akan melakukan pengaturan pertama. Ada beberapa langkah aktivasi yang harus dilakukan.

  1. Memilih bahasa, ada beberapa pilihan termasuk Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Saya memilih Bahasa Indonesia.
  2. Memilih lokasi, tentu saja saya memilih Indonesia.
  3. Memilih papan ketik, ada 3 pilihan: SwiftKey, Google Keyboard, Masukan Pinyin Google (Google Pinyin Input). Saya memilih Google Keyboard.
  4. Terhubung ke jaringan wi-fi. Pengaturan ini bisa dilewati jika tidak ingin terhubung ke wi-fi. Karena nanti akan saya gunakan untuk masuk menggunakan akun Mi, saya mengaktifkan dan menghubungkan ke jaringan wi-fi.
  5. Halaman Syarat dan Ketentuan penggunaan. Setujui saja.
  6. Jika tidak ada kartu SIM, Xiaomi Mi 4i akan meminta kartu SIM.
  7. Masuk ke akun Mi jika sudah punya. Jika belum bisa membuat akun Mi terlebih dahulu. Atau bisa juga melewati langkah ini. Akun Mi berguna untuk mengaktifkan layanan cloud, misal mengembalikan pengaturan perangkat yang ada di ponsel Xiaomi yang lain. Saya mengaktifkan akun Mi untuk mengembalikan dan mensinkronisasi kontak dan pengaturan dari perangkat Xiaomi saya yang lain.
  8. Masuk ke akun Google untuk mengaktifkan layanan Google Play.
  9. Setelan tambahan, misal mengaktifkan pengaksesan lokasi dan pengiriman info pengalaman pengguna yang dikirim ke MIUI secara anonim untuk meningkatkan kinerja perangkat ke depannya.
  10. Anda sudah siap!

Xiaomi Mi 4i menggunakan MIUI 6 yang telah berjalan di Android Lolipop 5.0.2. Saya suka sekali dengan tampilan MIUI 6 yang penuh warna, cantik, dan animasinya memikat.

Saat saya melakukan pengecekan melalui menu Pembaruan, versi MIUI yang digunakan adalah versi 6.5.4.0 (LXIMICD).

Isu Panas Berlebihan

Xiaomi Mi 4i menerima banyak kritik tentang panas yang berlebihan. Ini tentu mengurangi kenyamanan.

Hugo Barra saat dikonfirmasi tentang ini mengaku bahwa panas berlebih tersebut karena kurang optimumnya sistem operasi MIUI 6 yang digunakan. Hugo berkata bahwa isu ini sudah berhasil diatasi dengan memperbarui sistem operasi MIUI 6.

Selama menggunakan Xiaomi Mi 4i, saya tidak menemukan panas yang berlebih dalam penggunaan sehari-hari. Memang perangkat menjadi lebih hangat, namun panasnya masih bisa saya terima.

Setelah memperbarui MIUI 6 ke versi 6.5.5.0 (LXIMICD), panas yang muncul memang sedikit lebih berkurang, bahkan sudah tidak saya rasakan lagi.

Performa

Pada acara peluncuran, Hugo Barra mengklaim Xiaomi Mi 4i mampu mencapai skor Antutu Benchmark 40.253. Saya kemudian mengukur Xiaomi Mi 4i saya dengan Antutu Benchmark versi 5.7.1.

Antutu Benchmark mendeteksi bahwa sistem yang digunakan berarsitektur 64 bit dan menyarankan pengukuran 64 bit. Saya menggunakan mode Performa untuk memaksimalkan seluruh kinerja Xiaomi Mi 4i.

Saya mendapat skor 38.981 saat menggunakan mode Performa pada pengujian 64 bit (setingkat di bawah Samsung Galaxy S5), dan mendapat skor 35.139 pada pengujian 32 bit (setingkat di bawah LG G3).

Namun saat menggunakan mode Seimbang, skor Antutu merosot menjadi separonya. Pada pengujian 64 bit, Xiaomi Mi 4i hanya mendapat skor 25.568 dan pada pengujian 32 bit hanya mendapat skor 27.079, di mana keduanya setingkat di bawah Xiaomi Redmi Note.

Performa baterai bisa dibilang cukup memuaskan. Teknologi Quick Charge yang digunakan Xiaomi Mi 4i membuat pengisian baterai berkapasitas 3.120 mAh hanya membutuhkan waktu 3 jam saja, dan mampu bertahan sehari lebih pada penggunaan sehari-hari pada mode Seimbang.

Kamera

dari atas ke bawah, hasil foto tanpa HDR, HDR Langsung, dan HDR Normal dari atas ke bawah, hasil foto tanpa HDR, HDR Langsung, dan HDR Normal

Kamera utama Xiaomi Mi 4i beresolusi 13 MP menjadi senjata utama. Bukaan lensanya lebar f/2.0 dengan 5 elemen lensa, membuat gambar yang dihasilkan lebih terang. Auto fokusnya cukup cepat dan shutter lag relatif rendah.

Antarmuka kamera pun sangat ringkas dan sederhana, hanyaterdapat 3 tombol, yaitu untuk melihat hasil foto, tombol shutter dan tombol video.

Untuk mengakses menu tinggal mengusap kamera dari kiri ke kanan, dan untuk mengakses filter tinggal mengusap kamera dari kanan ke kiri. Menu pengaturan bisa diakses dengan menekan gambar gerigi.

Berpindah ke kamera depan pun dengan mengusap dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas.

Tampilan dasarnya memiliki rasio 4:3 namun bisa diubah untuk mengambil gambar dengan rasio penuh 16:9 melalui menu pengaturan.

Kamera Xiaomi Mi 4i memiliki fitur Beautify yang mampu mendeteksi jenis kelamin dan usia obyek foto manusia. Namun tentu saja, perkiraan kamera ini bisa meleset walau tak terlalu jauh hasil tebakannya.

Kamera depan memiliki bukaan rana f/1.8 dengan sudut lebar 80° yang cocok untuk penggemar selfie.

Hasil kamera depan pun tidak lagi terbalik kiri dan kanan, sesuatu yang dulu sering muncul di MIUI v5.

Beberapa mode kamera Xiaomi Mi 4i cukup menarik untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah mode Fokus Ulang. Pada mode ini, fokus obyek foto bisa diatur meski gambar sudah diambil. Ini berguna saat misal kita ingin membaca dengan jelas bagian latar belakang foto yang sudah diambil di mana fokus obyek ada di depan.

HDR dan Fokus Ulang

Hugo Barra begitu menyukai foto HDR (High Dynamic Range) yang mampu menampilkan detail dari kondisi cahaya tinggi hingga rendah. Oleh karena itu, fitur HDR di kamera Xiaomi Mi 4i pun diperkuat.

Ada 2 mode HDR pada kamera Xiaomi Mi 4i, yaitu mode HDR normal dan HDR langsung. Bedanya adalah HDR normal menggunakan pemrosesan HDR seperti biasa, sedangkan HDR langsung, menggunakan metode pemrosesan yang “lebih cepat”.

Saya kemudian lebih sering memotret dengan mode HDR normal menyala. Pada mode ini, kinerja kamera saya merasa agak lebih lambat setelah tombol shutter dipencet. Butuh waktu 1-2 detik untuk memproses gambar, yang saya rasa cukup normal mengingat untuk menghasilkan gambar HDR, dibutuhkan lebih dari 1 kali pengambilan gambar berbagai range.

Pada mode HDR langsung, respon tetap lambat, walau tidak selambat pada mode HDR normal. Jika tidak menggunakan HDR, respon kamera sangat cepat dan hasilnya tetap cemerlang.

Pada malam hari, kamera Xiaomi Mi 4i juga masih tajam, meski pada saat mengambil gambar HDR, muncul noise yang tak begitu mengganggu.

HDR ternyata tak hanya diterapkan saat mengambil foto, namun juga diterapkan saat mengambil video.

hasil foto yang difokus ulang, dari gambar yang sama. gambar asli fokus di depan (kiri), kemudian disentuh pada bagian belakang, fokus berubah ke belakang (kanan). hasil foto yang difokus ulang, dari gambar yang sama. gambar asli fokus di depan (kiri), kemudian disentuh pada bagian belakang, fokus berubah ke belakang (kanan).

Berikut ini tampilan dari beberapa menu kamera Xiaomi Mi 4i.

Hasil Foto

Berikut ini beberapa hasil foto yang saya ambil dengan Xiaomi Mi 4i. Beberapa menggunakan mode HDR, beberapa tidak. Semua saya kumpulkan jadi satu di galeri di bawah ini.

Spesifikasi

Berikut ini spesifikasi Xiaomi Mi 4i yang tertera di kardusnya.

CPU Qualcomm Snapdragon 615 octa-core 1,7/1,1 GHz 64 bit
GPU Qualcomm Adreno 405
RAM 2 GB LPDDR3
Memori Internal 16 GB EMMC
Memori Eksternal Tidak Ada
Layar 5 inchi Full HD IPS (1920×1080) Corning OGS
Kamera Utama 13 MP f/2.0, 5 lensa, two-tone fash LED, video Full HD 1080p
Kamera Depan 5 MP f/1.8 sudut lebar 80°, video Full HD 1080p
Kartu SIM 1 mikro SIM 4G LTE (FDD-LTE), WCDMA/HSDPA/3G, GSM
Kartu SIM 2 mikro SIM 4G LTE (FDD-LTE), WCDMA/HSDPA/3G, GSM
Bluetooth v4.1
GPS A-GPS, GLONASS, BeiDou Navigation Satellite System
Nirkabel/Wi-Fi WLAN (802.11a/b/g/n/ac), Wi-Fi Direct, MU-MIMO
USB mikro USB, 2.0 OTG
Microphone Triple-Microphone Noise Suppression
Audio 3,5 mm jack stereo
Baterai 3.120 mAh Li-Po, Quick Charge 1.0
Sensor Giroskop, Akselerometer, Kompas Digital, Sensor Cahaya, Sensor Proximitas
Android 5.0.2 Lolipop MIUI 6
Lainnya Radio FM
Dimensi 138,1 mm × 69,6 mm × 7,8 mm
Bobot 130 gram

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

83 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 5 Juni 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Kenz

7 Juni 2015 08:45

Lengkap banget!!! Trims ... Nunggu Lazada jual MI4i... :D

Nia

8 Juni 2015 07:24

Mau nanya. Xiaomi mi 4i apa bisa tersambung dengan kabel OTG?

dwimon

8 Juni 2015 10:50

Jadi kepikiran buat ganti hape :|

iKurniawan

10 Juni 2015 12:39

Tuker Oneplus ku ah sama Mi 4i + Xiaomi Yi
Nunggu flashsale Mi lagi
;D

Artono

11 Juni 2015 08:26

Mas mau nanya, apa mi4i Compatible dengan mi band? Makasih

aziz

12 Juni 2015 05:17

mas mau tanya .. mi4i dijual offline di erafone gak? trims

agung

12 Juni 2015 14:29

Btw, kalau dikompre sama mi4 bagusan mana ya ? terutama Kamera, bagusan mana ya mi4 atau mi 4i, Kasi saran dong mas..

eka

13 Juni 2015 22:11

wah lengkap reviewnya... jadi beli ini deh...

eka

13 Juni 2015 22:17

o iya... utk batre beneran tahan lama kan?

Fadel

14 Juni 2015 19:57

min, pilih xiaomi mi 4i atau asus zenfone 2 ze550ml? kalo asus zenfone 2 ze550ml blm ada fast chargingnya ya?

Prasetyo

15 Juni 2015 15:58

Bagaimana Pak Matriphe, apakah battery kuat?

Afif Kurnain

15 Juni 2015 23:31

Mau nanya mas, issue overheat dan kameran depan error saya baca di user opinion gsmarena.com nah, apa benar?

Afif Kurnain

16 Juni 2015 21:40

Maksudnya setelah update ada masalah lagi? Karena di gsmarena bukan overheat aja issuenya, ada banyak masalah overheat (katanya).

Nathan

19 Juni 2015 09:32

Mau nanya mas, mi4i ini bisa dikoneksi ke bluetooth jabra ga? kalo bisa gimana caranya

Bc

21 Juni 2015 02:39

Antivirus bawaan ad ga?klo buka2 brows cukup aman?

fandi

21 Juni 2015 12:33

Mau tanya ...
Saya Pengguna amatir MIUI ..
Cara mengaktifkan mode performa mi4i gimana ya ?

Moreno Bintang T

26 Juni 2015 22:14

Mas,apa perlu pakai screen guard ?
Maaf mas pemula hehe :D

Moreno Bintang T

26 Juni 2015 22:16

Menurut mas uang segitu buat beli mi4i untung atau rugi mas?

Evolva

27 Juni 2015 06:59

mi4i saya kok kalau charging dalam posisi hp mati dari posisi <20% seringnya brenti di sekitar 40-50%, tidak bisa full 100%. baru mau lanjut kalau kabel dilepas, hp dinyalakan, tunggu beberapa menit dan colok lagi. charging bisa lanjut sampai full.
apakah memang ada bug ini? ada solusinya ga ya?

fandhy

27 Juni 2015 21:26

Mas, noise yang muncul pada sisi gelap, apa masih bisa di tolerir?

fandhy

27 Juni 2015 21:28

Mas, noise yang muncul pada sisi gelap, apa masih bisa di tolerir? Apa resolusi kamera berubah besar klo pindah ke mode video yah?

Monica

27 Juni 2015 23:17

Saya baru beli Xiaomi MI4i namun saat dimasukkan kartu SIM tidak bisa terbaca, sudah gona ganti slot tp hasil masih sama. Mohon panduannya mas..tq

Edo

28 Juni 2015 19:43

Untuk varian warna Xiaomi Mi4i ini ada warna apa aja mas? Kalo liat di web aslinya ada banyak varian. Tapi so far yang masuk hanya putih saja ya. Kira-kira bakal masuk ga ya mas varian warna yang lain? Naksir sama full hitamnya hahaha

rahma

29 Juni 2015 16:05

bagusan j5 atau mi4i. tolong sarannya

andi

4 Juli 2015 04:07

masalah di bbm yang sering ga ada notify..... harus di klik dulu bbm nya baru kebuka pesan2 yang masuk. padahal autostart dan permissions nya sudah diset......

syaifudin

5 Juli 2015 22:33

Mas saya baru beli mi4i, saya rasa kamera klo dipake pas malam ato cahaya kurang noise keliatan banget, apa ada settingan khusus atau memang begitu, saya pikir mengganggu banget. Tolong pengalamnnya.

shafa

8 Juli 2015 00:21

hmm mau tanya nih mi4i saya kebalik gitu hasilnya di apain ya biar gak kebalik gitu,menyiksa euy soalnyaaa
padahal kemaren kemaren oke oke aja

bembenk

8 Juli 2015 11:21

charging nya agak susah ya kadang connect kadang gak, kira2 kenapa ya mas? oia katanya dket2 ini mau keluar jg mi5 yg spek nya lebi gede lg

ocha

15 Juli 2015 05:53

Mas mau nanya, waktu unlock sreen,aku disutuh pencet tombol back dan volume atas bersamaan. Gunanya apa ya? Trus cara menghilangkannya gimana ya?

sary

16 Juli 2015 09:55

Mi4i ku kok gk bs konek headphone yaa..
Ak pasangin headphone gk kedeteksi sm devicenya

Bayu Dwi Anugrah Putra

18 Juli 2015 17:47

Gan, Xiaomi mi4i ane agak sulit menggunakan Mode Operasi 1 Tangan, sudah di geser ke kiri/kanan menu beranda tetap gak mau.
Ada solusi gan?

Dargh

22 Juli 2015 14:37

Saya beli online di okeshop koq Mi4i ini nggak support 4G band 8 (,900Mhz) yg notabene adlh frek LTE telkomsel....
Apakah yg bundling telkomsel ini support band 8?

susan

29 Juli 2015 10:27

saya ingin menanyakan cara menyalakan handphone mi 4i ini tanpa menekan tombol on off.
biar tidak cepat rusak tombol on off nya. jadi cukup ketuk kaca layar hp maka bisa langsung nyala layarnya. terima kasih sebelumnya

kapten ronan

1 Agustus 2015 21:12

maaf mas saya pengguna baru mi4i ..kok mi4i nya ga bisa buka youtube ya?padahal udah pakai wifi..udah install ulang juga app youtube nya masih ttp ga bisa..itu kenapa ya ? mohon pencerahannya

ahmad

2 Agustus 2015 01:07

Saya baru beli mi 4 i di erafone,masalahnya kok mlh lemot ya terus kalau buat buka aplikasi misal line ketutup sendiri..
Mohon solusinya..

ayu

2 Agustus 2015 19:00

Kok xiaomi saya gak bisa ambil video ya???
Mohon balasannya...

dalijoe

3 Agustus 2015 06:29

Kmrn sore.istri beli xiomi.mi4idi erafone tp knp.buat internet lemot.bgt ya,jd nyesel beli

fachri

4 Agustus 2015 11:50

Mas mau tanya, kalo mau remove USB otg di MI4i langsung cabut aja atau ada menu safely remove device gitu ?

Tyok

4 Agustus 2015 17:30

Mantaps, ane udah pernah cobain sendiri emang pantas di kasih tepuk tangan, zepong 2 aja kalah kameranya,
sayang pake 64 bit andro jd terasa berat, andai saja ada Andro 32 bit ganti pasti akan lebih enteng deh, acungin dua jempol

rahman tobi

5 Agustus 2015 04:17

Mi4i ada led indikatornya ga jika ada pesan sms atau bbm

Dhinar Yoga

6 Agustus 2015 19:30

Mas boleh tanya.. Kok mi4i sy versi miui'nya kok masi 5.7.31 ya.. Tk ipdate pembaruan gak bisa tu.. Kenapa ya mas?? Mohon bantuannya dibales di dhinaryoga1992@gmail.com, trimakasih mas..

dita

6 Agustus 2015 23:49

Halo mas mau tanya, sy baru beli mi4i. Tp lampu disebelah camera depan nyalah terus berwarna hijau, cara matiin lampu hijaunya ini bagaimana ya? Mohon jawabannya, thankyou before..

revi fauzan

8 Agustus 2015 20:58

itu posisi lagi di cas ya... berarti kalau lampu indicator sudah hijau batere telah penuh terisi segera cabut chargerannya

Andi Reinald

9 Agustus 2015 23:15

Gan, sy tdk bsa buka youtube dan video knp yah?/dan foto pada malam hari pake flash berwarna merah dan kuning, mohon penjelasannya, tq

ray

12 Agustus 2015 02:10

mas nyeseal ga beli xiaomi mi4i?

ddnandi

13 Agustus 2015 10:40

Share pengalaman juga gan, mungkin disini ada yang sependeritaan atau punya solusi :)

Saya baru beli mi4i kurang lebih seminggu yang lalu, pas awal2 coba sih kamera dan lainnya semua berfungsi baik.
Namun, sekarang entah kenapa tiba2 kamera depannya tiap dibuka noisenya banyak banget, bahkan sampe full diseluruh layar.
Saya sudah upgrade ke MIUI terbaru (6.6.10) tapi tetap saja kamera depan banyak noise (semut) yang memenuhi seluruh layar.

Ini contoh SS kamera depan saya sekarang, padahal waktu awal beli sangat jernih dan bagus :(
http://en.miui.com/data/attachment/forum/201508/13/111756ovccbiv4cpvm8bv3.jpg.thumb.jpg

Tyok

19 Agustus 2015 08:47

ddnandi

sampai skrang masih bnyak semut kah?
coba dibawa ke service Centre gan,
mudah2n bisa diganti device baru,

we always care
dibelakang nampak poster itu :D

zak

25 Agustus 2015 09:17

Gak jadi ah ambil mi 4i.. ragu banyak yg bermasalah nih di komennya

Pman

25 Agustus 2015 16:24

Ah saya gak ada maslaah sama sekali. So far, baik baik aja kok. Puas bgt sama kameranya dan performa

Firman

26 Agustus 2015 23:05

Saya baru 2 minggu beli hp xiomi 4i skrg kamera depannya udh rusak, sangat tdk memuaskan,..

slamsr

14 September 2015 16:45

aku udah 4 bulan pake mi4i sampe sekarang udah diganti miui7
udah pernah memenangkan lomba di mifans jugak (pamer)
meskipun magnesium alloy, tetap aja kalau jatuh ke lanai juga penyok

Rachmat

21 September 2015 10:18

baru sehari beli Mi 4,ga bisa lagi baca QR CODE,keluar notifikasi anda perlu me restart perangkat anda,udah di coba re start,masih ga bisa,mungkin maksudnya di banting kali ya...

Dahlan

3 Oktober 2015 22:23

mi 4i yang saya beli dari flash sale mi.com 16-06-15 rusak kamera depannya setelah update miui. Sudah dilaporkan komplain ini tapi layananan purna jual mi.com sangat mengecewakan karena hanya diserahkan ke pihak ketiga cq tom.co.id yang hanya melayani pick up untuk wilayah jabodetabek

Ariani

29 Oktober 2015 13:25

Mau tanya bagaimana cara menghilangkan File Sarbaneka di Xiaomi mi4i
ini tidak dapat di click file,saya sempat baca bisa di (wipe data) lalu hp akan kembali seperti pengaturan pabrik.
yg saya tanyakan?mi4i gak ada memory eksternal kalau sudah di wipe apa file tersebut tidak akan hilang(sebelumnya sudah saya cadangkan dan cadangan pasti masuk internal itu bagaimana?
apa ada aplikasi untuk menghapus file sarbaneka?

Wahyudi

2 November 2015 12:14

mas, saya baru berencana ambil mi4i, tapi saya menemukan banyak keluhan terhadap mi4i di beberapa forum, seperti dead pixel, kamera depan yang berbintik, flash yang menyala ketika menelpon, layar yang kurang responsibel, bahkan ada yang mengakui mengalami lag saat membuka aplikasi ketika multitasking. apakah mas sudah pernah mengalami hal2 diatas? atau hingga saat ini apakah sudah ada keluhan terhadap mi4i? mohon infonya mas

okta

17 November 2015 17:01

ada yang warna hitam gan?

zuyyina

21 November 2015 12:41

aku baru pake mi4i 3minggu, 4hari yg lalu aku habis update semua aplikasi pake wifi sambil kupake chating bbm terus tiba2 nongol halaman utama padahal aku lagi ngetik, pas mencet instagram juga gitu min balik ke halaman utama, pokoknya balik2 gitu terus pas mencet yg lainnya. Sampe kumatiin terus kunyalain lagi, tapi sama aja balik gitu terus, pas kureboot kudiemin 10menit udah normal lagi.
Kejadian itu keulang lagi min, aku habis ces sambil matiin mi4iku, pas udah 100% kunyalain kucabut chargernya, terus buka bbm langsung rewel lagi min balik2 terus ke halaman utama. Kan kesel. Kureboot sampe 3x tapi tetep aja balik2 terus ga mau diatur. Ngetik ini juga maksa banget, susahnya mau main.
Mi4iku kenapa???

Tri

24 November 2015 09:03

sy pake mi4i, batre mendadak tdk mau mengisi. apakah ada pengalaman yg sama?

Lucky

9 Desember 2015 13:43

Saya sudah 8 bulan pake mi4i alhamdulillah gk pernah ada kendala dan sangat memuaskan

vie

13 Desember 2015 21:02

Saya baru 3 hari beli xiaomi m4i layarnya sering berbayang trus garis-garis gimana ea cara ngatasinya ada solusi kah..

vie

13 Desember 2015 21:04

Saya baru 3hari pakai xiaomi layar sering berbayang dan garis-garis...gmn cara memperbaikinya ea...ada solusi kah?

Bayu

30 Desember 2015 11:56

lho kok cuma 38.*** skor antutu benchmark kalo di situs web nya sampai 40.ribuan.

Kenapa ya????????????????

Santy

3 Februari 2016 13:40

Mi4i saya bbrp hari ini gak bisa connect wifi, padahal biasanya lancar. Kalo saya klik ke wifi yg dituju selalu sinkron terus gak selesai & ada perintah "ketuk untuk berbagi sandi & muncul kode batang". Bgmn cara spy balik normal lagi ya?

dandung

3 Februari 2016 13:48

Gan ,aku ada masalah dgn hp Mi4i setelah kupakai sekitar 6 bulan muncul permasalahan hp selalu off sendiri setelah berapa menit mau di on,lama lama frekwensioffnya tambah sering dan utk waktu onnya tambah lama,terus saya bawa ke TAM Cabang Surabaya setelah dicek infonya hanya soft warenya setelah aku ambil ku coba lgs bermasalah ,sama TAM lgs direpair ganti machine,setelah itu sampai sekarang bisa aku pakai tapi timbul permasalahan baru tiap dipakai utk Browsing selau muncul maaf Chrome sdh berhenti,atau google telah berhenti terakhir tambah YAH ,muat ulang dgb backgroun warna biru ,masalah ini sdh aku bawa ke TAM Surabaya tidak berhasil,tolong solusinya ya

rismaa

24 Februari 2016 14:27

Baru 2minggu beli mi4i, dan tdk mau dicharging. Ada yg tau kenapa hal itu bisa terjadi dan bagaimana solusinya gan? Makasih

ami amalia

25 Februari 2016 11:19

saya pegag mi4i baru 3minggu tpi tombol yang ada dibawah layar ga berdungsi semua harus pake navbar terus, knpa ya saya risih jdinya

martin

17 Maret 2016 20:12

gimana ya mengatai mi could yang berhenti ketika restart data pabrikan

lista

26 April 2016 19:57

mau beli jadi ragu..separah ini kah keluhannya ?

Yosi

1 Mei 2016 19:36

Saya sudah makai selama setahun,kendala sih ga ada ya mulai dari kamera ttp bersih,batere ttp kuat,multitasking enak,hard gaming enak.Recomended.Cuma pengen ganti sih krn udh bosen :(

Dhindhien

11 Mei 2016 13:44

saya udh pake mi4i 10 bulan, alhamdulillah ga pernah ada masalah serius
sejauh ini mi4i msh sangat memuaskan saya apalgi kameranya
teman2 selalu mengandalkan mi4i saya untuk berfoto2 ;-)

ade

1 Juni 2016 13:32

Cara buka aktivasi mi cloud gmn sih?padahal ga di daftarin pas waktu beli,hampir semua hp xiaomi pasti gtu

user mi4i

7 Juni 2016 11:40

disarankan klo awet beli yg garansi terpercaya gan, jgn beli yg garansi ecek2, masa udah harga low masih beli yg murah tp garansi ecek2.. be a smart buyer

Diyo Yuan

18 Juni 2016 20:53

Saya minta pendapat mas, rencana mau beli mi4s garansi distributor dari toko online atau mi4i resmi dari erafone?
Mohon sarannya mas terima kasih

nila

4 Juli 2016 05:41

dah setahun pake mi4i alhamdulilah gak ada kendala yg berarti...sampe sekarang kalo urusan foto2 di kantor semua mengandalkan hp saya...ajib hasil fotonya

viona

14 Juli 2016 13:44

Cara ganti mode satu tangan ke layar semula gimana ya

viona

14 Juli 2016 13:46

Saya sdj bbrp bln pake xiomi 41.
cm td kok ttb layarnya nerubah ke mode satu tangan.Gimana cara ngembaliin ke layar semula.thanks

riko

26 September 2016 15:01

mau tanya, kalo indikator batre mi41 jd baerubah warna orange itu kenpa ya??

cilukbaaa

9 Desember 2016 16:47

Cari yang psti2 aja deh banyak keluhan nya lagi ngelirik moto e3 power walaupun spek msh dibawah xiomay yang penting tu hape msh joss ke dumay dan maen game.

Nurul

13 Desember 2016 19:52

Udah 10 bulan pake xiaomi ga ada kendala yg berarti, cuma memory cpt penuh krn saya pake buat nyimpen byk gambar dan aplikasi, maklum saya penjual online :)

Irfan

1 Januari 2017 23:54

Saya dah pake xiamo 2tahun tpi g ada kendala.
Malah sering ke banting.alhamdulilah masih bagus aja.malah sya dlu punya samsung
Beberapa bulan langsung rusak.
...menurut ane sih itu keberuntungan si pembeli

yogha

12 Februari 2017 11:48

Alhamdulilh sya makai xiaomi mi4i ini lancar2 aja ga ada kendala. Bner2 memuaskan ini hp bodi nya ramping enk bgt buat di genggam. Klo nasalah rusak atau kndala di hp nya, itumah trgntung pemakaianyya aja . Jdi jgn salahkan hp nya
.produk yg kluar dri pabrik juga pasti bakal di cek smw spek nya. Kembali dri diri anda nya aja gmna

Varleen

23 Februari 2017 14:06

Selama sy pake Xiaomi Mi 4i, tidak ada kendala kok. Hp Programnya lancar jaya, meski kadang lambat dikarena sy simpan game berat diatas 1Gb. Kualitas kamera depan belakang memuaskan. Malahan Versi MiUi ku udh upgrade ke 8.1. Hp normal Jaya kok..

indrasugara

8 Agustus 2017 22:55

Baru pake nih hp secara keselurahan sih puas cuma sayangnya ngga ada memori external

Statistik

Telah dibaca 169.312 kali. Waktu baca rata-rata 19 menit. Ada 83 komentar.