Pengalaman Menggunakan Xiaomi Redmi Note 4

Pada 6 April 2017, bertepatan dengan perayaan ulang tahun Xiaomi yang ketujuh, Xiaomi meluncurkan ponsel Xiaomi Redmi Note 4 dan Xiaomi Redmi 4X.

Rp 2.399.000
Rp 2.399.000

Sebelumnya saya menggunakan ponsel Xiaomi Redmi Note 3, sehingga saya bisa melakukan perbandingan langsung.

Ada beberapa perubahan yang cukup signifikan, di mana dari sisi spesifikasi, Xiaomi Redmi Note 4 lebih unggul bila dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 3.

Xiaomi Redmi Note 4 bisa didapatkan pada jaringan distributor Erajaya, baik dengan cara online melalui situs Erafone.com atau membeli langsung di gerai Erafone dan toko ponsel.

Selain melalui distributor, Xiaomi juga berencana menggandeng Telkomsel untuk menyediakan paket bundling dengan memberi kartu SIM gratis yang telah berisi paket data 14 GB dengan cara berlangganan Rp 59.000 per bulan.

Permintaan pasar yang cukup besar membuat Xiaomi memutuskan untuk berjualan secara offline. Menurut saya pribadi, model ini memang paling memudahkan dan menguntungkan.

Menurut catatan saya, Xiaomi Redmi Note 4 merupakan produk kesepuluh Xiaomi yang secara resmi dirilis di Indonesia. Urutan peluncuran produk Xiaomi di Indonesia adalah Xiaomi Redmi 1S, Xiaomi Redmi Note, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Mi Pad, Xiaomi Mi4i, Xiaomi Redmi 2 Prime, Xiaomi Redmi Note 3, Xiaomi Redmi 3S, Xiaomi Redmi 4A, Xiaomi Redmi Note 4, dan Xiaomi Redmi 4X.

Perangkat Xiaomi Redmi Note 4 yang beredar di Indonesia diproduksi oleh PT Sat Nusapersada, Tbk yang berlokasi di Batam, sehingga Xiaomi Redmi Note 4 telah mematuhi aturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang ditetapkan pemerintah, sehingga ponsel ini mendukung jaringan 4G/LTE.

Di Indonesia, Xiaomi Redmi Note 4 dipasarkan dengan dua varian warna, emas (gold) dan hitam. Xiaomi Redmi Note 4 yang saya gunakan berwarna hitam.

Fisik dan Kemasan

sticker
sticker

Bagian sisi kardus hanya bertuliskan logo Mi dan tulisan Redmi Note 4. Spesifikasi dan informasi perangkat tertulis pada bagian bawah kardus.

Material kardusnya cukup kuat sehingga menimbulkan kesan mewah.

Begitu penutup kardus dibuka dengan mengangkat tutup kardus ke atas, unit Xiaomi Redmi Note 4 langsung terlihat. Perangkat diangkat dengan menarik lidah yang rupanya merupakan lembar panduan dan informasi garansi.

Karena model ponsel ini adalah model dengan baterai terintegrasi, maka ruang pada kardus pun makin sedikit. Tidak perlu lagi ada baterai yang harus dipasang secara manual.

Layar ponsel dilapisi dengan plastik pelindung layar. Pada kamera belakang, saya tidak lagi menemukan plastik sticker pelindung kamera.

Di bagian bawah ponsel, terdapat pengisi daya berdaya 2.000 mAh dan kabel USB, tanpa earphone atau aksesori lainnya. Kunci pembuka slot kartu SIM disematkan ke dalam kardu di bagian bawah.

Bila dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 3, Xiaomi Redmi Note 4 terasa lebih berbobot. Secara teori, bobot Xiaomi Redmi Note 4 lebih berat 1 gram bila dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 3. Bobot Xiaomi Redmi Note 4 adalah 165 gram.

menggenggam Xiaomi Redmi Note 4
menggenggam Xiaomi Redmi Note 4

Saya lebih suka menggenggam Xiaomi Redmi Note 4. Saya merasa permukaan badannya terasa lebih kesat sehingga tidak mudah tergelincir.

Bagian sisinya tidak memiliki lekuk seperti pada Xiaomi Redmi Note 3, membuat Xiaomi Redmi Note 4 terasa lebih mantab dan nyaman digenggam.

Meski secara dimensi, Xiaomi Redmi Note 4 sedikit lebih panjang, namun ponsel ini lebih tipis jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 3.

Tiga tombol volume up, volume down, dan power khas Xiaomi tertempel di rangka sebelah kanan. Rangka bagian atas terdapat lubang jack 3,5 mm untuk earphone dan lampu infra merah yang bisa digunakan untuk remote controller berbagai peralatan rumah tangga dengan menggunakan aplikasi Mi Remote.

Pada rangka sebelah kiri terdapat slot kartu SIM dan kartu micro SD. Jika menggunakan kartu SIM ganda, slot kartu micro SD tidak dapat digunakan. Slot kartu SIM ini dikeluarkan dengan menyolok lubang dengan kunci khusus yang tersedia.

micro
micro

Colokan USB mikro terdapat di rangka bawah sebelah tengah, diapit oleh pengeras suara di sebelah kanan, dan microphone di sebelah kiri.

Xiaomi Redmi Note 4 mendukung USB-OTG di mana perangkat bisa dihubungkan dengan flashdisk, keyboard, mouse, dan perangkat seperti pada komputer.

Kamera depan beresolusi 5 MP berada di bagian depan atas sebelah kanan, di samping pengeras suara.

LED indikator terletak di samping sebelah kiri agak jauh dari pengeras suara dan disembunyikan dengan cantik sehingga hanya terlihat saat lampu menyala atau berkedip.

Saya tidak melihat sensor proximitas di Xiaomi Redmi Note 4. Kemungkinan, sensor ini disembunyikan dengan baik di Xiaomi Redmi Note 4.

Soft-buttons khas Xiaomi yang dilengkapi dengan lampu belakang (backlight) berada di bagian bawah. Tombol menu di sebelah kiri, tombol home di bagian tengah, dan tombol back di sebelah kanan.

f
f

Di bawah kamera terdapat lampu kilat dua warna (putih dan kuning) untuk menghasilkan kompensasi warna yang lebih akurat.

Sensor sidik jari terletak di bawah lampu kilat, berdiameter hampir sama dengan diameter kamera utama. Posisinya di belakang, agak di tengah atas, membuatnya mudah dicapai dengan ujung jari telunjuk. Respons sensor sidik jari ini sangat cepat, mencapai 0,3 detik untuk membuka kunci.

Layar IPS Xiaomi Redmi Note 4 berukuran 5,5 inchi Full HD dengan ketajama piksel 401 PPI (pixel per inch). Xiaomi Redmi Note 4 merupakan varian ponsel seri Redmi pertama yang menggunakan kaca lengkung 2.5D pada layarnya, sehingga memunculkan efek layar seperti terangkat ke atas.

Meski sama-sama memiliki bentang layar 5,5 inchi, tampilan di Xiaomi Redmi Note 4 terasa lebih sempit bila dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 3.

Xiaomi Redmi Note 4 yang saya gunakan berwarna hitam. Saat layar mati, warna layar juga benar-benar hitam, sekilas tidak terlihat batas antara layar dan bingkai.

Di bagian belakang bawah, terdapat logo Mi. Pengeras suara berada di bagian bingkai bawah mengapit lubang micro USB yang berada di tengah.

Ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 625 delapan inti (octacore) berkecepatan 2 GHz dan RAM 3 GB, membuat kinerja Xiaomi Redmi Note 4 mulus dan cepat.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 625 merupakan chipset pertama di kelasnya yang menggunakan teknologi 14 nm FinFET, yang lebih efisien dari segi daya dibandingkan dengan teknologi prosesor 28 nm.

Didukung baterai berdaya 4.100 mAh, membuat Xiaomi Redmi Note 4 dapat bertahan penuh seharian hanya dengan satu kali pengisian daya.

Media simpan yang disediakan Xiaomi Redmi Note 4 adalah 32 GB, lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Artikel ini dipublikasikan pada 21 April 2017, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi yang dimuat di artikel ini mungkin sudah tidak akurat.

Ada 17 tanggapan
Florianus Jeheman 2 Mei 2017 22:02 WIB

Bro, saya pakai Redmi Note 4 Pro (Snapdragon). Saya sdh mengaktifkan sidik jari, tetapi kok perangkat msh bisa dihidupkan dari tombol daya. Lucu ya… Ada solusi? Terima kasih sebelumnya.

Tutin 1 Juli 2017 05:47 WIB

Saya pakai xiaomi red 4x baru sebulan lebih tp tiba” lagi di pakai coba semua aplikasi warna layar dasarnya jd gelap k coklatan apa penyebabnya ????

Hamzah fanzuri 3 Juli 2017 08:23 WIB

Bro.. Saya mau Tanya yg Di maksud note di sini apa yah?.. Pikir saya semacam hp merk X yg note nya menggunakan stylus.. Mohon penjelasan

andre 10 Juli 2017 18:55 WIB

Gan, redmi note 4 udah suport fast charging?

aryatona 20 Juli 2017 10:11 WIB

Gila ini hp xiredpro 4x, spec menggiurkan dg snapdragon 625, ram 3 gb,layat 5.5 inc, battery 4000, kuranf apa coba, bahkan toko offline ada yg jual 1.699jt mrh binggit, tolong yg punya hp ini koment di siniya, ,, ,,gmn ga ngiler lihat hp ky gini…..banyak masalah ga ya hp ini……
Ragu itu ada mmg xiaomi slm ini byk keluhan…

aryatona 20 Juli 2017 11:04 WIB

Pak hamzah, biasanya kalau type note, layarnya 5.5 inc, lyar fhd, ini untuk xiaomi, dan stiap merk beda2 namanya aku sdr pake infinix hot 3lte, lyar hd, tentu bagusan xiaomi dg lyr fhd

wadimore 25 September 2017 05:53 WIB

Yang penting sesuai penulis
BELILAH PONSEL BERGARANSI RESMI DI ERAJAYA / BERGARANSI TAM (XIAOMI RESMI)

REDMI note 4 di Erafone lebih mahal karena resmi TAM namun terjamin. yang lebih banyak masalah adalah versi notw 4X alias versi distributor nakal.
namn harga lebih murah.
hati hati

Opimas 27 September 2017 17:16 WIB

Wahhh saya paling suka pakai xiaomi cman buat main game wkwkw

samsul nugraha 29 November 2017 20:43 WIB

pa saya tuh beli hp xiaomi note4 tp kenapa ya jaringan nya di atas tulisan nya 3G terus tp saya coba jalankan aplikasi misal ny bbm itu ga ada layanan alias ga koneksi. saya coba seting manual biar 4G. bisa tp cm sbentar udah balik lagi ke sinyal semula alias ga koneksi gt. mohon bantuan nya..

Muhammad Fadhil Al Fath 28 Desember 2017 22:21 WIB

Assalamualaikum gan dan teman teman, hari Kamis tgl 28 Des tadi pagi saya beli hp Redmi note 4 di MTC Makassar, rasanya senang dan tidak ada rasa penyesalan sama sekali karena harga nya sebanding dengan speks dan kualitas nya. Pokoknya mantap lah. Gk nyesel kalau ngambil produk Xiaomi Redmi Note 4 ini. Bagi yang ingin membeli gadget saya sarankan belilah Redmi Note 4 ini. Dijamin gk bakalan nyesel.

Toni 5 Januari 2018 02:23 WIB

Tolong xiomi jg mengeluarkan onderdiell biyar tmbh mantap krna wktu saya beli xiomi not 4 dngn online blum 2 bulan mesin dah rusak hrus gnti,, mnta garansi gk ada respon

Toni 5 Januari 2018 02:28 WIB

Tolong solusinya donk,, klo bisa tolong sampikan kpd PT. Xiomi byar ngluarin semua kelengkapan LCD ok udh ada mesinya itu loh bro gmna,, msalahnya blum ada 2 bulan xiomi not 4 saya rusak di bgian mesin,, saya beli online giliran minta garansi gk pernah di respon

Arie 12 Januari 2018 23:39 WIB

Saya baru membeli hp xiaomi redmi note 4, saat di hidupkan layar tidak muncul gambar sama sekali, hanya terlihat cahaya 3 tombol dan suara saja jika disentuh layarnya. Apa hp ini rusak atau gmn? Trmksh

fadlan 24 Januari 2018 18:28 WIB

udah make xiaomi note4 pemakaian baru 9 bulan tapi penyakitnya udah banyak,batre cepet abis padahal gk dmaini”in, hp gampang panas, pas dcahrger lama bangettt.mau service barang ori nya ga ada katany.sayang banget baru 9 bulan

Mencoba Xiaomi Redmi 5A — matriphe! personal blog 29 Januari 2018 13:34 WIB

[…] menggunakan kardus berwarna putih pada Xiaomi Redmi Note 3 yang muncul dengan gambar produk, dan Xiaomi Redmi Note 4 yang menggunakan kardus putih dengan tulisan […]

Herlambang 17 Maret 2018 21:27 WIB

Memang hebat resmi note 4 ram 4gb buat main games online pun gak ngerti lah mantap sampe saya beli 2 hp ini 👍👍👍

Herlambang 17 Maret 2018 21:31 WIB

Pak Hamzah saya tanya ya
Resmi note 4 anti air gak ya saya takut ntar kalo kena hujan atau masuk ke dalam air gitu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.