Mencoba Xiaomi Redmi 2 Prime

14 minutes 66,086 10

Xiaomi sepertinya terus berusaha menguatkan pasar di kawasan Asia. Setelah sukses dengan penjualan Xiaomi Redmi 2 Prime di India, ponsel ini pun akhirnya masuk ke Indonesia. Di pasar Cina, Malaysia, dan Singapura, ponsel ini bernama Xiaomi Redmi 2 Enhanced.

Xiaomi Redmi 2 PrimeMeski sukses dengan penjualan Xiaomi Redmi 2 yang dimulai pada April 2015 lalu, ponsel Xiaomi Redmi 2 cukup banyak mendapat kritik, terutama di faktor RAM dan media penyimpan internal. Dengan RAM hanya 1 GB, rasanya ponsel ini agak “nanggung”.

Tantangan ini sepertinya dijawab oleh Xiaomi dengan meluncurkan Xiaomi Redmi 2 Prime, yang secara spesifikasi persis sama dengan saudaranya, Xiaomi Redmi 2, hanya perbedaan terletak pada RAM 2 GB dan media penyimpan internal sebesar 16 GB.

Secara resmi, Xiaomi Redmi 2 Prime dijual melalui 2 jalur, yaitu melalui situs mi.com/id yang dibuka sejak 22-28 September 2015 mulai pukul 11:00 WIB dengan menggunakan sistem F-code, dan melalui situs Lazada mulai 28 September 2015 pukul 11:00 WIB menggunakan metode flash sale.

Xiaomi Redmi 2 Prime dijual dengan harga Rp 1.799.000.

Berikut ini pengalaman saya menggunakan Xiaomi Redmi 2 Prime, yang bisa menjadi pertimbangan untuk membeli Xiaomi Redmi 2 Prime.

Fisik dan Kemasan

isi kardus Xiaomi Redmi 2 PrimeSeperti pada produk Xiaomi lainnya, Xiaomi Redmi 2 Prime hadir dalam kemasan kardus berwarna coklat khas Xiaomi lengkap dengan stiker TAM (Erajaya) berwarna hitam sebagai distributor resmi.

Setelah penutup kardus atas dibuka, di dalamnya berisi unit ponsel Xiaomi Redmi 2 Prime, baterai berkapasitas 2.200 mAh, kabel USB, pengisi daya, dan buku panduan.

Saat diangkat, bobotnya pun enteng, sama seperti saudaranya, Xiaomi Redmi 2 yang beratnya hanya 133 gram.

Jika Xiaomi Redmi 2 bagian penutup baterai belakang berwarna putih, Xiaomi Redmi 2 Prime penutup belakangnya berwarna dark grey dengan permukaan soft touch matte yang membuat Xiaomi Redmi 2 Prime mantab digenggam.

Letak 3 tombol khas Xiaomi juga tertanam di Xiaomi Redmi 2 Prime, yaitu di sebelah kanan, yang terdiri dari tombol volume up, volume down, dan power. Di bagian kanan atas terdapat lubang jack 3,5 mm untuk earphone.

Colokan mikro USB 2.0 terletak di bagian bawah kanan. Sebuah lubang kecil yang berfungsi sebagai microphone terletak di bagian bawah,

Xiaomi Redmi 2 Prime mendukung USB OTG (On The Go) di mana ponsel bisa bertindak sebagai host yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdisk, mouse, atau keyboard dapat terpasang dan berfungsi layaknya dicolok ke PC atau laptop. Agar fitur USB OTG ini bisa digunakan, dibutuhkan kabel tambahan baru yang mengkonversi micro USB ke USB.

Kamera utama beresolusi 8 MP terletak di bagian atas tengah. Sebuah LED flash terletak di samping kirinya dan pengeras suara terdapat di samping kanan kamera utama.

Terdapat lubang kecil di atas kamera yang berfungsi sebagai microphone. Terakhir, terdapat tulisan Mi di bagian bawah menjadi ciri khas Xiaomi.

Bagian depan, kamera depan beresolusi 2 MP berada di sebelah kanan pengeras suara telepon. Di bagian bawah layar terdapat 3 soft buttons, yaitu tombol menu, tombol home, dan tombol kembali. Lampu LED yang akan menyala bila ada notifikasi berada di tengah, tepat di bawah tombol home.

Tombol soft buttons Xiaomi Redmi 2 Prime tidak memiliki lampu backlight, sehingga cukup merepotkan saat berada di daerah gelap untuk mencari tombol.

Xiaomi Redmi 2 Prime memiliki ujung-ujung yang membulat, sama dengan Xiaomi Redmi 2 dan Xiaomi Redmi Note.

Video Unboxing Xiaomi Redmi 2 Prime

Prosesor, Memori, dan Media Penyimpan Internal

Persis seperti saudaranya, Xiaomi Redmi 2 Prime menggunakan arsitektur 64 bit yang ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 410 quad-core 1,2 GHz (Cortex A53).

Untuk grafis, Xiaomi Redmi 2 Prime menggunakan Adreno 306 yang mendukung berbagai pustaka grafis dan game. Bermain game dengan grafis yang berat semacam Asphalt 8 pun terbilang cukup lancar.

Berbeda dengan saudaranya, Xiaomi Redmi 2 Prime memiliki RAM dua kali lebih besar, yaitu 2 GB, berteknologi LPDDR3, yang merupakan teknologi terkini di dunia memori. LPDDR3 (low power DDR3) mengkonsumsi daya lebih rendah dan transfer rate lebih cepat.

Ruang penyimpan internal pun dibuat dua kali lebih lega dari saudaranya. Xiaomi Redmi 2 Prime mempunyai ruang penyimpan internal sebesar 16 GB yang bisa ditambah dengan menyematkan microSD dengan kapasitas maksimal 32 GB.

Baterai Lithium-Polymer (Li-Po) Xiaomi Redmi 2 berkapasitas 2.200 mAh yang mendukung teknologi Quick Charge 1.0, sehingga pengisian daya bisa lebih cepat.

Layar

bagian depan Xiaomi Redmi 2 PrimeLayar Xiaomi Redmi 2 Prime berukuran 4,7 inchi. Ukuran ini dianggap ukuran paling nyaman untuk sebuah ponsel, baik digenggam maupun dibaca.

Xiaomi Redmi 2 Prime begitu pas saat digenggam dan setiap sudut layar bisa diakses dengan satu tangan. Bila dikantongi pun, Xiaomi Redmi 2 Prime tidak memakan banyak tempat.

Xiaomi Redmi 2 Prime menggunakan Sharp/AUO/EBBG IPS HD fully laminated display. Layar laminated menghilangkan celah antara layar sentuh dengan sensor tekanan. Hasilnya, layar menjadi lebih tipis dan responsif.

Selain tipis, penggunaan laminated display membuat warna pada layar konsisten pada hampir semua sudut pandang. Layar masih bisa dibaca hingga sudut 178°.

Layarnya beresolusi 1280×720 312 ppi. Resolusi ini merupakan resolusi paling optimum yang paling nyaman digunakan di ponsel. Resolusi ini pun masih bisa dilihat dengan tajam pada layar komputer standar.

Xiaomi Redmi 2 Prime menggunakan NTSC warna gamut 70%, yang membuat warna merah tampak lebih merah, warna biru tampak lebih biru, dan sebagainya. Perbandingan kontrasnya 1000:1 membuat gambar tampak lebih tajam.

Layar Xiaomi Redmi 2 Prime dilapisi dengan kaca AGC Dragontrail yang membuat layarnya kebal goresan.

Jaringan 4G/LTE

Xiaomi Redmi 2 Prime menggunakan mikro SIM ganda yang mendukung 4G pada kedua slot. 4G yang didukung Xiaomi Redmi 2 adalah CAT4 4G LTE yang kecepatannya bisa mencapai 150 Mbps download dan 50 Mbps upload. Jaringan 4G LTE yang didukung adalah FDD (Frequency Divison Duplex) yang mana jalur upload dan download dibedakan berdasar frekuensi.

Frekuensi FDD-LTE yang didukung Xiaomi Redmi 2 Prime adalah 900 MHz dan 1800 MHz. Operator telekomunikasi Indonesia, Telkomsel, XL Axiata, Indosat, dan Tri, akan menggunakan frekuensi 4G LTE 1800 MHz yang bisa digunakan di Xiaomi Redmi 2 Prime.

MIUI 6

MIUI 6 di Xiaomi Redmi 2 PrimeXiaomi Redmi 2 Prime hadir dengan MIUI 6 yang berbasis pada Android 4.4.4 (KitKat).

Setelah melepas plastik lapisan pelindung di layar depan, memasang baterai dan menyalakannya, muncul layar pengaturan MIUI 6 untuk pertama kali.

Setelah melewati langkah-langakh aktivasi mulai dari memilih bahasa, memilih lokasi, memilih jenis papan ketik, terhubung ke jaringan wi-fi (jika diinginkan), menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan, mengaktifkan akun Mi (jika punya), maasuk ke akun Google untuk mengaktifkan layanan Google Play, ponsel Xiaomi Redmi 2 Prime pun siap digunakan.

Saat saya melakukan pengecekan melalui menu Pembaruan, versi MIUI yang digunakan adalah versi 6.5.2.0 (KHJMICD). Pembaruan pun tersedia dan saya memperbarui MIUI ke 6.7.1.0 (KHJMICH).

Performa

Untuk mengukur performa, saya menggunakan aplikasi Antutu Benchmark versi 5.7.1. Saya membandingkan hasil pengukuran dengan saudaranya, Xiaomi Redmi 2, skornya tak jauh berbeda.

Saya melakukan 2 kali pengujian, yang pertama saat menggunakan ROM 6.5.2.0 dan setelah memperbarui ROM ke 6.7.1.0. Masing-masing pengujian menggunakan mode performa dan mode seimbang.

Hasil pengukuran saya, Xiaomi Redmi 2 Prime mendapat skor tertinggi justru saat menggunakan mode seimbang. Antutu Benchmark mengenali perangkat sebagai Xiaomi Redmi 2 (2014817).

Jika melihat informasi perangkat dari aplikasi Antutu Benchmark, Android yang digunakan adalah versi 32 bit, meski prosesor Qualcomm Snapdragon 410 mendukung 64 bit.

Performa baterai bisa dibilang cukup irit. Dalam sehari pemakaian normal, baterai bisa bertahan hingga 10 jam. Dengan pemakaian normal, saya mengisi baterai Xiaomi Redmi 2 Prime sekali, pada malam hari saat tidur.

ROM 6.5.2.0 6.7.1.0
Mode Performa 20.465 20.760
Mode Seimbang 20.954 20.948

Kamera

Kamera utama Xiaomi Redmi 2 Prime beresolusi 8 MP yang bisa merekam gambar video dalam format Full HD 1080p. Warna yang dihasilkan terasa lebih terang, karena pengaruh layar BSI (Back Side Illumination) dengan bukaan lensa yang lebar f/2.2. Auto fokusnya cukup cepat dan shutter lag relatif rendah.

Saya suka dengan aplikasi kamera bawaannya. Tampilannya terlihat lebih ringkas dan hanya terdapat 3 tombol, yaitu untuk melihat hasil foto, tombol shutter dan tombol video.

Tampilan dasarnya memiliki rasio 4:3 namun bisa diubah untuk mengambil gambar dengan rasio penuh 16:9 melalui menu pengaturan. Menu pengaturan dimunculkan dengan menahan tombol soft button menu agak lama.

Jika kita membuka aplikasi kamera dan saat posisi portrait kita mengusap layar dari kiri ke kanan, akan muncul berbagai filter yang bisa digunakan untuk mengambil gambar. Jika layar diusap dari kanan ke kiri, akan muncul pilihan pengaturan seperti model panorama, timer, pengaturan manual, beautify, HHT (Hand Held Twilight), dan mode adegan.

Menu pengaturan juga bisa dilihat dari menu pilihan ini, yang dilambangkan dengan gambar gerigi.

Kamera depan Xiaomi Redmi 2 Prime beresolusi 2 MP yang memiliki kemampuan merekam video 720p. Kamera depan dirancang untuk memenuhi kebutuhan selfie. Terdapat fitur beautify yang mana, setelah gambar diambil, aplikasi secara otomatis bisa mempercantik foto wajah. Kamera ini juga bisa mendeteksi jenis kelamin dan usia orang yang masuk di layar.

Pada saat mengaktifkan kamera depan, filter kamera juga bisa diakses dengan mengusap layar dari kiri ke kanan. Menu timer bisa diakses dengan mengusap layar dari kanan ke kiri.

Untuk berpindah ke kamera depan, masih dari mode portrait, tinggal usap dari bawah ke atas, kamera akan berganti ke kamera depan, dan jika mengusap lagi akan kembali ke kamera utama.

Jika menggunakan mode manual, white balance dan ISO bisa diatur. Kamera utama Xiaomi Redmi 2 memiliki ISO maksimal 800.

Dari 12 filter yang tersedia, saya suka dengan filter cermin, mosaik, dan mata ikan. Filter cermin akan membuat obyek menjadi dua sisi yang satu sama lain berpasangan. Filter mosaik akan secara otomatis “mengkotak-kotakkan” suatu daerah di layar yang bisa kita atur. Filter mata ikan membuat foto seolah diambil menggunakan lensa fish-eye.

Hasil Foto

Saya memotret dalam berbagai macam kondisi. Beberapa gambar dengan obyek yang sama, saya menggunakan mode yang berbeda, mulai dari flash, mode HDR, mode adegan, menggunakan ISO tertentu, dan sebagainya.

Spesifikasi

Berikut ini spesifikasi Xiaomi Redmi 2 Prime yang tertera di kardusnya.

CPU Qualcomm MSM 8916 Snapdragon 410 quad-core 1,2 GHz 64 bit
GPU Qualcomm Adreno 306
RAM 2 GB LPDDR3
Memori Internal 16 GB EMMC
Memori Eksternal MicroSD™ hingga 32 GB
Layar 4,7 inchi HD IPS (1280×720) AGC Dragontrail
Kamera Utama 8 MP BSI mendukung video 1080p HD, flash LED
Kamera Depan 2 MP mendukung video 720p HD
Kartu SIM 1 mikro SIM 4G LTE (FDD-LTE), WCDMA/HSDPA/3G, GSM
Kartu SIM 2 mikro SIM 4G LTE (FDD-LTE), WCDMA/HSDPA/3G, GSM
Bluetooth v4.0
GPS A-GPS, GLONASS, BeiDou Navigation Satellite System
Nirkabel/Wi-Fi WLAN (802.11b/g/n)
USB 2.0 OTG
Microphone Dual-Microphone Noise Suppression
Audio 3,5 mm jack stereo
Baterai 2.200 mAh, Quick Charge 1.0
Sensor Giroskop, Akselerometer, Kompas Digital, Sensor Cahaya, Sensor Proximitas
Android 4.4.4 Kitkat MIUI 6
Lainnya Radio FM
11 responses
  1. Gravatar of aad
    aad

    Nunggu Redmi 2 Galvatron aja, aku cah decepticon og….

  2. Gravatar of Gugum
    Gugum

    Mau tanya untuk display protection sudah fix AGC dragontrail ya mas??soalnya saya googling di official site ga nemu spek untuk display protectionnya.. T_T, terima kasih untuk responnya

  3. Gravatar of Review Film
    Review Film

    Sepertinya untuk kategori ponsel kurang dari 2 jutaan, ini pilihan yang bagus ya mas. Quad-core, ram 2gb dan sudah 4G pula. Boleh juga nih…

  4. Gravatar of KYU
    KYU

    Review anda sejauh ini yg saya suka dari berbagai situs yg mereview remid 2 prime. Bermanfaat sekali… THX!

  5. Gravatar of Hendry
    Hendry

    Mau tanya , kenap akses lokasi untuk aplikasi weather selalu gagal dan sering muncul iklan ad..padahal sudah di wipe / hard reset..??? terima kasih

  6. Gravatar of Neng saiyah
    Neng saiyah

    Knp kartu sim nya gk bsa padahal kartu sim nya ada… Terus gk bs buat tlp sama panggilan masuk prtma x pak xiaomi resmi 2 binggung

  7. Gravatar of Danang Sapriya
    Danang Sapriya

    Emg redmi 2 prime blm support sensor gyro (VR) ?

  8. Gravatar of andika
    andika

    jangan di beli guys,ini produk gagal.
    gue yg udah nyesal beli ni hp,notifikasi nya sering hilang sendiri,terus main dream leagua soccer pun gak bisa.
    percuma ram nya 2gb

  9. Gravatar of Dimas Aldama
    Dimas Aldama

    Cara mengaktifkan otg nya gimana ya?

  10. Gravatar of asepprisnto
    asepprisnto

    kartu sim bentar2 ilang sinyalnya…solusinya gmn gan?