Peluncuran Xiaomi Redmi Note 4 dan Xiaomi Redmi 4X

Artikel ini ditayangkan pada 5 April 2017, sekitar 2 bulan yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

April menjadi bulan yang penting buat Xiaomi, karena 6 April merupakan tanggal lahir Xiaomi. Tujuh tahun lalu, Xiaomi hadir dan kini berkembang menjadi salah satu jenama besar di dunia gawai.

Untuk merayakan ulang tahunnya yang ketujuh, pada 5 April 2017, Xiaomi Indonesia menggelar acara Mi Fan Festival 2017 dan meluncurkan dua produk terbarunya, Xiaomi Redmi Note 4 dan Xiaomi Redmi 4X.

Sayangnya, kali ini saya tidak dapat hadir pada acara tersebut yang berlangsung di The Hall Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Namun saya masih bisa mengikuti acara melalui live streaming.

Mi Fan Festival 2017

Mi Fan Festival 2017 Mi Fan Festival 2017

Donovan Sung, Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global, membuka acara dengan menyambut kehadiran para Mi Fans.

Mi Fans, bagi Xiaomi merupakan faktor penting yang mendukung Xiaomi hingga sampai pada titik yang sekarang.

Sebagai ucapan terima kasih kepada Mi Fans, Xiaomi menghadirkan sebuah situs khusus untuk komunitas yang bisa diakses di URL c.mi.com dan lewat aplikasi Mi Community.

Acara yang memang dikhususkan untuk memanjakan fans. Selain peluncuran produk, acara ini juga di dimeriahkan dengan permainan berhadiah, hingga puncaknya adalah penampilan grup JKT48.

Berbagai kelompok Mi Fans dari berbagai daerah berdatangan, lengkap dengan atribut seperti kaos, spanduk, dan aksesoris lainnya.

Peluncuran Xiaomi Redmi Note 4

Donovan Sung menunjukkan Xiaomi Redmi Note 4 Donovan Sung menunjukkan Xiaomi Redmi Note 4

Donovan Sung, langsung melanjutkan dengan memperkenalkan ponsel terbaru Xiaomi Redmi Note 4. Ponsel bertenaga Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2 GHz, dengan RAM 3 GB, dan media simpan sebesar 32 GB.

Menurut Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia, prosesor Qualcomm Snapdragon yang digunakan Xiaomi Redmi Note 4 merupakan prosesor pertama di kelasnya yang menggunakan teknologi 14 nm FinFET, yang jauh lebih efisien bila dibandingkan dengan prosesor berteknologi 28 nm yang ada di pasar.

Keunggulan lain dari Qualcomm Snapdragon 625 adalah modem yang digunakan sudah dioptimalkan untuk mendukung jaringan 4G/LTE, sehingga kualitas suara saat melakukan panggilan juga terdengar sangat jernih.

Penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 juga membuat Xiaomi Redmi Note 4 yang berbaterai 4.100 mAh menjadi makin lebih hemat daya. Bila dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 3, penggunaan daya pada Xiaomi Redmi Note 4 lebih hemat hingga 20%.

Dari sisi tampilan, badan Xiaomi Redmi Note 4 berbalut metal setebal 8,45 mm. Ditambah layar kaca melengkung 2.5D dengan bingkai glossy, memberikan kesan mewah. Xiaomi Redmi Note 4 tersedia dalam tiga warna, abu-abu, emas, dan hitam.

Kamera utama 13MP CMOS pada Xiaomi Redmi Note 4 menjadi salah satu daya tarik Xiaomi Redmi Note 4. Kamera Xiaomi Redmi Note 4 menggunakan teknologi sensor noise-eliminating CMOS dengan backside illumination (BSI) dan ukuran piksel yang lebih besar untuk menghasilkan gambar tajam pada kondisi minim cahaya.

Kamera depan 5 MP dikhususkan untuk penggemar swafoto. Xiaomi Redmi Note 4 menambahkan fitur Smart Beautify dan Pro Beautify untuk mempercantik hasil foto.

Meski bentang layar Xiaomi Redmi Note 4 adalah 5,5 inchi, namun perangkat ini masih nyaman untuk digenggam dan digunakan sehari-hari.

Xiaomi Redmi Note 4 juga dilengkapi dengan sensor sidik jari, untuk memberikan keamanan dan kenyamanan yang lebih.

Untuk mematuhi aturan TKDN, seperti pada komitmen Xiaomi untuk memproduksi ponselnya di Indonesia, seperti pada Xiaomi Redi 4A, Xiaomi Redmi Note 4 juga diproduksi di Indonesia.

Xiaomi Redmi Note 4 dijual dengan harga Rp 2.399.000 yang bisa dibeli langsung di lokasi acara mulai pukul 12:00 WIB.

Peluncuran Xiaomi Redmi 4X

Donovan Sung menunjukkan Xiaomi Redmi 4X Donovan Sung menunjukkan Xiaomi Redmi 4X

Produk selanjutnya yang dirilis ke pasar Indonesia adalah Xiaomi Redmi 4X.

Ponsel ini menitikberatkan pada kapasitas baterai yang besar, yaitu 4.100 mAh yang diklaim mampu bertahan selama 18 hari pada posisi siaga, dan 7 jam saat digunakan untuk bermain game.

Badan Xiaomi Redmi 4X juga tipis, berbalut metal aluminium alloy setebal 8,65 mm.

Bagian tepi Xiaomi Redmi 4X yang memiliki bentang layar 5 inchi ini dibuat melengkung menggunakan kaca 2.5D untuk memberikan kenyamanan saat digenggam.

Xiaomi Redmi Note 4X ditenagai prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 435 1,4 GHz 64 bit. RAM yang ditanamkan pada Xiaomi Redmi 4X adalah 3GB dan media simpan sebesar 32 GB.

Xiaomi Redmi 4X juga dilengkapi dengan sensor sidik jari. Kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP dengan fitur Smart Beautify dan Pro Beautify.

Xiaomi Redmi 4X hadir dengan dua pilihan warna, hitam dan emas. Harga yang ditawarkan untuk Xiaomi Redmi 4X adalah Rp 2.099.000 dan bisa didapatkan pada akhir April 2017 melalui jaringan distributor Erajaya.

Ponsel Xiaomi Redmi 4X merupakan ponsel pertama seri X yang dijual di luar Tiongkok. Seperti Xiaomi Redmi Note 4, ponsel Xiaomi Redmi 4X juga diproduksi di Indonesia.

Sekilas Perbandingan Spesifikasi

Ponsel Xiaomi Redmi Note 4 dan ponsel Xiaomi Redmi 4X memiliki spesifikasi yang hampir sama. Berikut ini sekilas perbandingan spesifikasi dari masing-masing produk.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4 Xiaomi Redmi 4X
Prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 625 octa-core Qualcomm Snapdragon 435
RAM 3 GB 3 GB
Media Simpan 32 GB 32 GB
Jaringan 4G/LTE 4G/LTE
Baterai 4.100 mAh 4.100 mAh
Bentang Layar 5,5 inchi 5 inchi
Kamera Utama 13 MP dengan lampu kilat 13 MP dengan lampu kilat
Kamera Depan 5 MP 5 MP
Sensor Sidik Jari Tersedia Tersedia
Sistem Operasi MIUI 8 MIUI 8
Ketebalan 8,45 mm 8,65 mm
Bobot 165 gram 150 gram
Warna Abu-Abu, Emas, dan Hitam Emas dan Hitam
Harga Rp 2.399.000 Rp 2.099.000

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

0 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 5 April 2017, sekitar 2 bulan yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Statistik

Telah dibaca 297 kali. Waktu baca rata-rata 6 menit. Ada 0 komentar.