Melakukan Upgrade Dell OptiPlex 9010

17 minutes 14 2

Masih soal home lab server, kali ini saya bercerita tentang proses upgrade server Dell OptiPlex 9010, yang ternyata ternyata juga menjadi kegiatan yang menarik bagi saya.

bagian dalam Dell OptiPlex 9010

Sebenarnya spesifikasi Dell OptiPlex 9010 ini cukup-cukup saja untuk menjadi home lab server, yakni prosesor Intel i5-3550 4-core berkecepatan 3,3GHz yang bisa meningkat ke 3,7GHz; 2 keping RAM berkapasitas masing-masing 4GB terpasang dalam konfigurasi dual-channel menjadikan total RAM 8GB; plus SSD 256GB berisi Windows 10 Pro.

Namun karena terdorong rasa penasaran, saya mencoba memaksimalkan potensi yang ada, yaitu dengan melakukan upgrade.

Apalagi kemungkinan besar, komputer ini akan saya fungsikan sebagai production, yang mana ia perlu nyala 24 jam dan tidak boleh mati.

Salah satu alasannya adalah karena saya menggunakan server ini untuk Home Assistant, yang menjadi dashboard dan pusat kontrol rumah cerdas saya.

Gara-gara urusan home lab, saya kini juga terobsesi dengan konsep rumah pintar, yang nanti akan saya tuliskan juga di blog ini nanti.

Saat ini, Home Assistant terpasang sebagai virtual machine di Proxmox, yang mana saya belum memutuskan untuk memindahkannya ke perangkat tersendiri.

memasang Proxmox VE untuk virtualisasi

Saya juga menggunakan server ini untuk melakukan pencadangan, terutama pencadangan blog ini dan situs-situs mainan saya.

Selain itu, saya memindahkan dev env dari Mac Mini M1 saya ke server ini yang menggunakan Docker yang native berjalan di Linux.

Saya juga berencana menambahkan fungsi NAS (Network Attached Storage) ke server ini, namun saya menunda rencana ini karena biayanya lumayan besar, yaitu untuk membeli hard disk.

Upgrade pertama saya adalah mengganti SSD 256GB berisi Windows 10 Pro dengan SSD WD Blue SA510 berkapasitas 1TB.

SSD bawaan ini saya simpan untuk misal nanti jika saya memerlukannya untuk melakukan boot ke Windows, seperti misalnya melakukan pembaruan BIOS.

Saya juga melepas DVD writer dari komputer ini dan menggantinya dengan SSD, dan menyisakan ruang kosong untuk nantinya menambahkan hard disk atau SSD kedua.

Perangkat DVD writer ini saya simpan, siapa tahu ke depan, perangkat ini bisa saya fungsikan sebagai DVD writer eksternal.

Mengganti Kipas Casing

kipas casing yang perlu diganti

Sebenarnya ini bukan upgrade, tapi lebih ke penggantian, karena kipas bawaan bagian bearing-nya aus dan bunyinya cukup mengganggu, meski tidak terlalu nyaring.

Karena saya ingin komputer ini senyap, saya mencari kipas-kipas yang tidak terlalu bising.

Kipas bawaan ini bermerek AVC yang merupakan merek Taiwan, dengan model DASA0820R2U P002 berdiameter 80mm.

Tegangan yang digunakan kipas ini adalah 12V dengan arus 0,6A yang mampu menghasilkan putaran maksimal 2.500RPM dengan arus udara 52,9CFM.

Sistem bearing yang digunakan adalah sistem hidrolik, yang mana sesuai namanya, kipas ini memiliki cairan untuk pelumas dan mengurangi suara.

Dugaan saya, cairan kipas ini sedikit mengering atau berkurang sehingga bearing mengeluarkan bunyi.

Putaran kipas dapat diatur karena kipas ini mendukung PWM dengan colokan khusus (proprietary) 5 pin milik Dell.

harga kipas Noctua di eBay

Saya tidak ingin membeli kipas yang sama meski kipas ini masih ada yang jual di internet baik yang bekas maupun yang baru.

Namun saya lebih memilih membeli kipas merek lain yang lebih gampang didapat dan tentunya lebih senyap.

Dari beberapa merek kipas senyap di pasaran, saya memilih merek Noctua, yang merupakan salah satu merek kipas senyap terkemuka.

Awalnya saya mencari-cari kipas Noctua bekas di eBay karena harga kipas ini tidak murah, namun ternyata harganya hampir sama dengan yang baru, bahkan ada yang lebih mahal.

Saya kemudian mencari kipas Noctua seri Redux yang lebih murah, namun lagi-lagi di eBay harganya kurang masuk akal.

Jika sama-sama mahal, saya tentu lebih memilih membeli yang baru di Amazon.

Saya akhirnya memilih kipas Noctua NF-R8 redux-1800 PWM yang hargnya cukup terjangkau selain spesifikasinya mirip dengan kipas bawaan tersebut.

Jika ke depan performa kipas ini terasa kurang mantap atau bermasalah, dan tentu saja jika ada anggarannya, saya mungkin akan melakukan upgrade ke Noctua NF-A8 PWM atau Be Quiet Pure Wings 2.

Menurut spesifikasi, kipas ini memiliki putaran maksimal 1.800RPM dan mampu menghasilkan arus udara sebesar 31,37CFM.

membeli kipas Noctua NF-R8 redux-1800 PWM di Amazon

Meski spesifikasi putaran kipas ini jauh lebih rendah dari spesifikasi kipas bawaan, ini tidak menjadi masalah buat saya, karena selama ini kipas bawaan juga tidak pernah berputar maksimal.

Keuntungan lain dari putaran rendah adalah suaranya makin senyap, yang merupakan tujuan utama saya mengganti kipas ini.

Dari hasil riset, karena Dell menggunakan konektor kipas yang berbeda, saya juga memerlukan adapter.

BIOS juga biasanya akan memperingatkan tentang kegagalan kipas casing karena mendeteksi perbedaan sinyal, namun peringatan ini bisa diabaikan dan komputer akan berfungsi normal.

Di Amazon, saya melihat ada pilihan membeli barang refurbished yang harganya lebih murah.

Harga baru kipas Noctua NF-R8 redux-1800 PWM ini adalah 13,90€ sementara harga bekas atau refurbished-nya hanya 8€ yang sama-sama dijual oleh Noctua.

Tentu saja saya membeli yang bekas, yang mana barang ini tidak dikirim dari (dispatched from) Amazon namun dari Noctua langsung yang bermarkas di Austria.

Ongkos kirim dari Austria cukup murah, hanya 0,99€ menggunakan layanan Austria Post yang kemudian diserahkan ke DHL.

Saya melakukan check-out di Amazon pada tanggal 20 April 2024, dan barang saya terima pada 25 April 2024.

Paket tersebut dikemas dalam kardus khusus bertuliskan Noctua yang cukup menarik pengalaman unboxing-nya.

Karena murah, kemasannya pun sederhana, hanya kipas dan 4 sekrup saja.

Awalnya saya hendak memasangkannya pada karet pengait bawaan kipas lama, namun ternyata tidak muat.

Saya baru sadar jika ketebalan kipas tidak sama, di mana kipas bawaan memiliki tebal 20cm, sementara kipas Noctua ini tebalnya 25cm.

Karena beda ketebalan ini, meski mepet, kipas bisa saya pasang menggunakan sekrup yang disediakan.

peringatan kipas dari BIOS Dell OptiPlex 9010

Tentu saja, saya juga membeli kabel adapter dari 4 pin ke 5-pin dari Amazon agar kipas ini bisa berfungsi.

Saya juga menemui kendala dengan BIOS yang memperingatkan tentang kipas casing yang tidak berfungsi dan menolak untuk booting.

Peringatan kipas ini bisa diabaikan dengan menekan tombol F1 dan kemudian peringatan ini tidak muncul lagi dan proses booting pun berlanjut.

Dell OptiPlex 9010 saya pun kini makin senyap, namun kemudian saya justru bisa mendengar suara dengungan berfrekuensi rendah yang berasal dari kipas prosesor.

Sayangnya, mengganti kipas prosesor di Dell OptiPlex 9010 tidak mudah, karena bentuknya yang tidak umum, yaitu tipe blower.

Mungkin lain kali, saya menemukan cara untuk mengganti kipas ini, karena secara teori, soket heatsink yang digunakan sama, yaitu LGA1155.

Saat ini, bunyi dengungan ini hanya terdengar jika suasana sangat sepi atau mendekatkan telinga ke komputer, sehingga tidak begitu mengganggu.

Menambah RAM

memori RAM Samsung berkapasitas masing-masing 4GB bawaan

Berikutnya, saya melakukan menambah RAM untuk mendukung performa virtual machine yang biasanya lebih rakus memori.

Meski Dell OptiPlex 9010 memiliki 4 slot RAM, namun ia hanya mendukung dual-channel.

Di slot nomor 1 dan 2 terpasang 2 keping RAM bawaan bermerek Samsung dengan seri M378B5273CH0-CK0.

Samsung memang merupakan salah satu produsen memori yang baik, namun saya tidak ingin membatasi diri dengan merek Samsung ini.

Di Amazon, RAM yang dijual rata-rata merek Cina yang namanya kurang tenar.

Meski harganya cukup murah, namun saya kurang yakin dengan kualitasnya, meski sebenarnya juga tidak masalah, selama spesifikasinya sesuai.

Saya lalu beralih ke eBay untuk mencari RAM bekas dari merek-merek yang lebih dikenal, seperti Samsung, Crucial, Kingstone, Corsair, SK-Hynix, dan sebagainya.

Apalagi, teknologi DDR3 yang dirilis pada tahun 2007 ini bisa dibilang teknologi tua dan agak sulit mencari barang barunya di pasaran.

Awalnya saya berencana menambah 8GB lagi agar mendapat total 16GB karena harga 2 keping RAM dengan total 8GB sekitar 10€ hingga 15€.

Saya menemukan penjual yang menjual RAM bermerek Kingston dengan harga murah, di mana 2 keping RAM berkapasitas 4GB (total 8GB) dijual seharga 9,99€ saja.

kaos kaki kiriman penjual RAM

Sayangnya, saat paket saya terima, isinya bukan RAM, melainkan sepasang kaus kaki murah keluaran supermarket Aldi!

Awalnya saya mengira, kaos kaki tersebut adalah bonus atau untuk pelindung kepingan RAM yang dikirim, karena barang dikirim lewat pos.

Rupanya tidak seperti yang saya kira, saya hanya menemukan sepasang kaos kaki berukuran 39-42 berwarna putih.

Saya pun protes dan bertanya ke penjual melalui fasilitas pesan pribadi apakah ia salah memasukkan barang, apakah ia keliru memasukkan barang, atau memang berniat menipu.

Saat saya cek halaman profilnya di eBay, barang yang ia jual semuanya berkaitan dengan komponen komouter dan tidak ada sama sekali yang menampilkan kaos kaki.

Apalagi penjual ini reputasinya cukup positif, membuat saya sempat mempercayai penjual ini.

Namun karena penjual tidak menanggapi pesan pribadi saya, saya pun mengajukan pengembalian barang agar uang saya kembali.

keping RAM dikirim lewat pos

Di eBay (dan hampir semua layanan penjualan) memang bisa mengajukan pengembalian barang, di mana penjual menanggung ongkos pengembalian barang, dan melakukan pengembalian dana.

Saya menyertakan alasan bahwa barang yang dikirim tidak sesuai dan melampirkan foto paket dan kaos kaki.

Meski eBay tidak meminta bukti detail, ke depan saya akan selalu membuat video unboxing untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini.

Saya pun lagi-lagi berburu RAM di eBay, dan saya kemudian sontak gembira saat menemukan penjual RAM di eBay yang menawarkan sekeping RAM berkapasitas 8GB baru bermerek Crucial seharga 9,99€.

Harga sekeping RAM berkapasitas 8GB di eBay rata-rata 15€, dan setelah mengalami pengalaman kurang menyenangkan dengan penjual sebelumnya, saya lebih berhati-hati dan tidak menaruh harapan terlalu tinggi.

4 keping RAM Crucial 8GB PC-12800 (1600MHz)

Kali ini saya memutuskan untuk sekalian membeli 4 keping, sehingga saya akan mendapatkan kapasitas maksimal, 32GB, apalagi saat itu saya mendapat diskon.

Saya hanya membayar sebesar 37,96€ dari harga totoal 39,96€ tanpa ongkos kirim.

Paket RAM lagi-lagi saya terima melalui surat pos, namun kali ini saya benar-benar menerima 4 keping RAM baru berkapasitas masing-masing 8GB yang terbungkus plastik khusus anti listrik statis.

RAM Crucial ini memiliki seri CT102464BA160B.C16 yang cocok dengan spesifikasi RAM Dell OptiPlex 9010.

Namun tentu saja yang namanya membeli barang di eBay, ada saja drama-dramanya.

Kali ini, saat saya pasang, Dell OptiPlex 9010 saya tidak berhasil booting.

Lampu indikator pada tombol power yang biasanya menyala putih, kini berkedip oranye 2 kali disusul 3 kali, yang menurut dokumen panduan dari Dell, menandakan ada kegagalan memori.

keping RAM Crucial yang bermasalah

Saya pun melacak memori mana yang menimbulkan masalah, dan menemukan 2 dari 4 RAM tersebut bermasalah, atau defekt.

Agar tidak tertukar, saya pun melabeli 2 keping RAM tersebut, mengambil dokumentasi video sebagai bukti bahwa RAM bermasalah, lalu menghubungi penjual melalui pesan pribadi di eBay.

Kali ini, penjualnya sangat responsif dan bersedia mengirimkan 2 keping RAM pengganti, serta amplop yang telah disertai prangko dan alamat di Bavaria untuk pengembalian 2 keping yang rusak tersebut.

Selama menunggu RAM pengganti, saya memasang keping RAM Crucial yang baru ini bersama dengan keping RAM Samsung bawaan, sehingga total memori yang saya dapat adalah 24GB (16GB Crucial plus 8GB Samsung).

Setelah keping RAM pengganti tiba dengan melalui layanan pos yang sama, saya lalu segera memasang dan mengetes keping RAM ini.

Sayangnya, lagi-lagi ada satu yang bermasalah, dan saya pun memberitahu masalah ini ke penjual, dan mengirimkan 3 keping RAM yang rusak tersebut.

Penjual sempat menawarkan untuk refund, namun saya menolak dan memilih untuk mendapat keping RAM pengganti, karena selain nanggung, saya juga tidak ingin berburu RAM lagi di eBay.

Untungnya, di pengiriman terakhir, keping RAM berfungsi normal, dan kini Dell OptiPlex 9010 saya memiliki RAM berkapasitas maksimal, 32GB.

Urusan RAM ini memakan waktu sekitar 3 pekan, di mana saya harus menunggu respon penjual, menunggu pengiriman, pengetesan, dan sebagainya.

Biaya

Tentunya untuk melakukan upgrade, ada biaya yang harus saya keluarkan, yang awalnya saya niatkan seminimal mungkin.

Namun ternyata biayanya lebih mahal dari yang saya niatkan, di mana awalnya saya hanya ingin mempunyai server dengan biaya di bawah 100€, ternyata malah hasilnya lebih.

Berikut ini rincian biaya yang saya keluarkan untuk kebutuhan server ini termasuk beberapa aksesoris pendukungnya.

Keterangan Biaya
Dell OptiPlex 9010 62,79€
SSD 1TB WD Blue SA510 74,99€
Kabel LAN ISY Cat6 1,5m 4,99€
Thermal Paste Arctic MX-4 7,98€
Kipas Casing Noctua NF-R8 Redux 8,99€
5 Kabel Adapter 4-5 pin 8,70€
RAM Crucial 4×8GB 37,96€
Total 206,40€

Setelah melihat biaya ini, saya lalu mengurungkan niat melakukan upgrade CPU ke spesifikasi maksimal, Intel i7-3770, yang harga bekasnya di eBay sekitar 50€.

Jika dipikir-pikir, dengan biaya sebesar ini, saya bisa membeli sebuah mini-PC dengan spesifikasi terbaru, yang lebih powerful, dan efisien.

Namun karena memang tujuannya adalah diniatkan untuk menyalurkan hobi ngoprek, saya tidak menyesal membeli komputer bekas, Dell OptiPlex 9010 dan melakukan upgrade sekaligus menyelamatkannya dari e-waste.

2 responses
  1. Gravatar of 85XXX
    85XXX

    Optiplex ini enak emang untuk dioprek. Saya juga beli seken juga yg 7010 yg SFF 4 tahun yang lalu. Sekarang mojok manis jadi frigate server.
    HomeAssistant saya pake Raspi, biar nggak ribet ngurusin USB buat ZigBee dkk.

  2. Gravatar of Audi
    Audi

    Ngomong2, kayaknya blog aggregatornya bermasalah.

Tinggalkan Balasan

This article has been published on 27 Mei 2024 (3 minggu ago).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.