Hong Kong Summer Spectacular 2012

7 minutes 523 8

Saat Perang Dunia Kedua pecah, Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill mengumumkan bahwa Hong Kong merupakan benteng yang tak terkalahkan. Namun, Inggris rupanya tidak mampu mempertahankan wilayah ini karena tengah berperang melawan Jerman.

Pada 25 Desember 1941, Hong Kong jatuh ke tangan Jepang. Usai perang, pemerintah Cina dan Inggris sepakat mengelola Hong Kong dengan perjanjian “dua sistem satu negara”, hingga pada tanggal 1 Juli 1997, Hong Kong diserahkan ke pemerintah Cina.

Cuplikan cerita sejarah tersebut menunjukkan bahwa sejak dulu, Hong Kong merupakan wilayah yang penting.

Dari sejarah pula lah tercipta perpaduan kebudayaan modern yang dibawa Inggris melalui industrialisasinya dan kebudayaan tradisional Cina yang menjadi akarnya.

Hong Kong pun tumbuh menjadi negara yang modern, namun tetap memiliki identitas budaya yang jelas.

Terletak di perbatasan daerah sub-tropis, membuat Hong Kong memiliki musim yang unik. Seperti negara-negara yang berada di daerah sub-tropis, musim panas adalah musim yang paling baik untuk berwisata. Begitu pula di Hong Kong.

Musim panas ini, Hong Kong menawarkan paket wisata Hong Kong Summer Spectacular yang berlangsung dari tanggal 22 Juni hingga 31 Agustus 2012. Berbagai acara menarik dan unik siap digelar, mulai dari karnaval perahu naga, wisata belanja, hingga konser musik yang spektakuler.

Karnaval Perahu Naga

Karnaval perahu naga tentu tak boleh dilewatkan. Perahu naga awalnya digunakan dalam upacara keagamaan dan kebudayaan di Cina sejak 2.500 tahun silam. Acara keagamaan yang memadukan tradisi dan olahraga ini pun berkembang. Kemudian pada tahun 1976, Hong Kong secara resmi menjadikan kompetisi perahu naga sebuah kompetisi olahraga modern.

Tahun ini saja, ratusan atlet dayung perahu naga akan berkompetisi di dua kompetisi internasional di Victoria Harbour. Kompetisi tersebut adalah Hong Kong International Dragon Boat Races dan The Lee Kum Kee 8th IDBF Club Crew World Championships.

Tidak dapat memuat video, silakan kunjungi tautan berikut.

Pusat Wisata Belanja dan Hiburan

Hong Kong juga terkenal sebagai surganya wisata belanja. Mulai dari pasar tradisional hingga modern bisa memuaskan dahaga belanja.

Penyuka pasar tradisional, pasti akan bergerak ke Tung Choi Street yang menjual pernak-pernik perempuan dan Temple Street Night Market di Kowloon.

Di Pulau Hong Kong, ada Jardine’s Crescent dan Li Yuen Street East and West yang menjual produk-produk fashion, dan pusat oleh-oleh di Stanley Market. Pusat perbelanjaan modern pun tersebar merata di seluruh penjuru Hong Kong.

Penyuka kuliner akan dimanjakan dengan Lan Kwai Fong Beer & Music Fest 2012 yang berlangsung 14-15 Juli 2012. Lebih dari 50 booth akan menyajikan makanan dan bir terbaik, 3 panggung akan menyajikan pertunjukkan musik dan tari, hingga berbagai macam kompetisi makan dan minum.

Penggemar musik tentu tak akan melewatkan Summer Pop – Live in Hong Kong: Taichi & Friends – Band of the Town Encore yang akan mengguncang Hong Kong Coliseum pada 11 Agustus 2012.

Wisata Lainnya

Jika masih belum puas dengan berbagai acara di atas, masih banyak tempat yang bisa dikunjungi.

Disneyland Hong Kong tentu menjadi salah satu tempat wajib. Sebuah wahana petualangan baru akan dibuka pada 14 Juli 2012 di Disneyland Hong Kong, yaitu Grizzly Gulch. Wahana ini akan membawa kita ke sebuah kota yang dibangun pada sebuah geiser aktif.

Wetland Park bisa menjadi alternatif wisata jika ingin melihat ikan-ikan bakau berloncatan di hutan mangrove , menjadi ikon pertunjukan di kawasan wisata konservasi ini. Ditambah, pada bulan Juni hingga Oktober, bunga lotus akan mekar sehingga menambah warna-warni musim panas.

Ingin bertemu tokoh-tokoh dan selebriti dunia? Kita bisa menemui “mereka” di Museum Madame Tussauds Hong Kong. Museum ini memiliki koleksi sekitar 100 patung tokoh, mulai dari artis lokal Hong Kong, selebriti dunia, bintang olah raga, hingga selebritas musik yang terbuat dari lilin.

Pastinya masih banyak tempat dan acara yang bisa dikunjungi di Hong Kong pada musim panas ini. Acara Hong Kong Summer Spectacular yang digelar oleh Hong Kong Tourism Board bisa menjadi panduan wisata ke Hong Kong.

Hong Kong Summer Show Reel

Saya pun pengen berkunjung ke Hong Kong. Situs Hong Kong Summer Show Reel ini bisa sedikit memberikan nuansa musim panas di Hong Kong.

Caranya mudah. Pertama kita akan diminta untuk memilih 6 foto dari puluhan foto landmark dan tempat-tempat menarik di Hong Kong yang diambil dari Hong Kong Instagram Group. Kemudian kita diminta menambahkan 4 foto lagi yang menggambarkan kita seolah-olah sedang berlibur di Hong Kong. Kemudian, pilih lagu tema yang sesuai dengan keinginan, dan kita akan memiliki sebuah video singkat berisi foto-foto yang kita pilih tadi dengan lagu tema yang keren punya.

Berikut ini adalah show reel yang telah saya buat. Jangan lupa vote showreel saya, ya!

Informasi Lebih Lanjut

Kredit Foto

11 responses
  1. Gravatar of TONGKONANKU
    TONGKONANKU

    Saya pikir hongkong itu negara sendiri. Ternyata hongkong bagian dari cina, to?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    Hong Kong bagian dari Cina, tapi secara administratif dia berdiri sendiri, dan dianggap negara sendiri.

  2. Gravatar of Chic
    Chic

    wiiiiiii… semoga menang ya Zam! 😀

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    amiinn!! tengkyuuu! 😀

  3. Gravatar of Billy Koesoemadinata
    Billy Koesoemadinata

    kalo karnaval perahu naga nanti, ada kontingen dari Indonesia ga ya?

  4. Gravatar of cK
    cK

    Zam, kalo menang aku nitip sesuatu…

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    nitip opo? :)) belum menang kok ya udah dititipi.. ;))

    tapi amin deh moga menang.. :))

  5. Gravatar of hujantanpapetir
    hujantanpapetir

    eh, “karnaval” atau “karnival” yah yang benar? setau saya, di KBBI adanya karnival, bukan karnaval.

  6. Gravatar of dearmarintan
    dearmarintan

    Menarik nih.. sayang banget karnaval perahu naganya udah selesai.. tp kalo menang kontes, masih banyak event seru yang bisa diliat di sana sih.. semoga sukses ya 🙂

  7. Gravatar of titiw
    titiw

    CONGRAATZ! IKUT SENAANG! 🙂

  8. Gravatar of yourha
    yourha

    slmat,ya mas…
    jgn lupa oleh2nya,yaa…hehe