Android Nation: Pusat Android Indonesia

Artikel ini ditayangkan pada 9 Juli 2012, sekitar 5 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Perkembangan Android yang makin pesat, mencapai 46,9% (iPhone “hanya” 28,7%) pada tahun 2012, nampaknya menjadi dasar Erafone untuk membuka toko yang khusus melayani kebutuhan akan piranti berlogo robot hijau ini. Toko ini bernama Android Nation.

acara pembukaan Android Nation acara pembukaan Android Nation

Bertempat di lantai 4 pusat perbelanjaan Senayan City, saya dan beberapa rekan blogger dari Kopdar Jakarta menghadiri acara peluncuran toko ini pada Jumat, 6 Juli 2012.

Tak hanya sekadar toko, Erafone bekerja sama resmi dengan Google mulai dari konsep hingga desain. “Awak toko pun mendapatkan pelatihan langsung dari pihak Google,” jelas Business Development Director Erajaya Group, Jeremy Sim. “Ini merupakan toko android pertama yang didukung langsung oleh Google,” imbuhnya.

Pada acara peluncuran ini juga dilakukan diskusi dengan komunitas pengguna Android, yang diwakili oleh Agus Hamonangan. Door prize berupa perangkat Android pun dibagi-bagikan kepada mereka yang beruntung melalui kuis. Beberapa masukan dan ide pun disampaikan langsung di forum ini.

daftar aplikasi yang bisa diunduh melalui QR-code daftar aplikasi yang bisa diunduh melalui QR-code

Saya tertarik dengan desain toko ini. Dengan interior mayoritas berwarna hijau, toko ini menjual gadget-gadget dari merk ternama semacam Acer, Dell, HTC, LG, Motorola, Samsung, dan Sony. Selain itu berbagai macam aksesoris mulai dari anti-scratch, boneka mini android, hingga flashdisk berbentuk android juga bisa dibeli. Namun toko ini belum menjual piranti Android merk “lokal” semacam Mito, IMO, Nexian, dan sebagainya.

Selain jualan, dukungan produk pun akan disediakan oleh Android Nation, mulai dari memperbarui sistem operasi aplikasi hingga dukungan servis.

Buat pengembang aplikasi, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai basis kegiatan. Selain sebagai tempat kumpul, para pengembang juga bisa mempromosikan aplikasi buatannya. Melalui kerjasama, para pengembang bisa menyantumkan aplikasi buatannya pada kartu-kartu unik yang bisa didapat di toko ini.

“Kami akan mendukung developer lokal untuk mengembangkan aplikasi mereka. Beritahu kami, kami akan bantu memasarkannya,” tambah Jeremy Sim.

Galeri Foto

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

1 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 9 Juli 2012, sekitar 5 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

fickry

22 Juli 2012 04:34

ini yang menang siapa ya?

Statistik

Telah dibaca 488 kali. Waktu baca rata-rata 3 menit. Ada 1 komentar.