Menyewa Apartemen Murah di Jakarta Pusat

Seorang teman dari Jakarta menghubungi saya melalui aplikasi pesan singkat. Setelah bertanya kabar, dia kemudian menyampaikan maksudnya.

sebuah gedung apartemen
sebuah gedung apartemen

Rekan kerjanya, seorang ekspatriat, hendak datang berkunjung ke Jakarta dan akan tinggal selama sepekan. Dia bertanya kepada saya untuk membantunya mencarikan apartemen murah yang bisa disewa.

Teman saya ini baru saja memulai usahanya, sehingga cukup sibuk mengurus perusahaan rintisannya tersebut. Dia ingin memberikan kesan yang baik kepada rekan kerjanya yang akan berkunjung, demi kelangsungan bisnisnya di masa mendatang.

Salah satu cara untuk memberikan kesan yang baik tersebut adalah dengan menjamu rekan kerjanya tersebut dengan memberikan akomodasi yang layak selama di Jakarta.

Namun keinginannya terganjal hal yang cukup merisaukan, yaitu anggarannya yang terbatas. “Maklum, masih start-up,” katanya sambil tertawa namun terdengar nada risau.

Awalnya dia ingin menginapkan temannya tersebut di hotel, namun menetap di hotel selama sepekan tentu biayanya sangat mahal.

Dia kemudian terpikir untuk menyewa apartemen untuk digunakan sebagai lokasi menginap rekan kerjanya tersebut. Jika digunakan hanya untuk tidur dan mandi, apartemen rasanya cukup dan lebih murah karena tidak memerlukan fasilitas macam-macam.

Saya lalu bersedia membantunya dengan senang hati dan juga diiringi rasa penasaran, seberapa sulit mencari apartemen murah yang bisa disewa?

sewa apartemen murah di Traveloka
sewa apartemen murah di Traveloka

Dengan bantuan Google, hasil pencarian saya berakhir di halaman Traveloka. Saya yang tadinya mengira bahwa Traveloka, situs yang biasa saya gunakan untuk memesan tiket pesawat dan hotel hingga membeli tiket ke wahana hiburan, rupanya kini juga membuka layanan sewa apartemen murah.

Berbagai tipe apartemen, mulai dari tipe studio hingga yang mewah juga tersedia. Pilihan lokasinya juga beragam, mulai dari Jakarta, Bekasi, Bogor, Banten, Bandung, Yogyakarta, Malang, hingga Bali.

Tampilan hasil pencariannya juga sangat mudah, seperti layaknya saya mencari hotel dan penginapan di Traveloka. Saya tidak perlu lagi bingung, karena saya sudah terbiasa dengan tampilan Traveloka yang memang mudah digunakan.

Saya bisa mengetahui dengan cepat nilai dari ulasan yang diberikan oleh para tamu yang menginap di tempat itu. Ulasan yang diberikan oleh para tamu juga sangat membantu saya untuk mencari apartemen yang cocok.

Jika harga yang ditawarkan pas dengan kantong, saya bisa langsung menyewa dari Traveloka, tanpa perlu pusing menghubungi pengelola atau pemilik apartemen tersebut.

Dari hasil pencarian tersebut, saya memberikan beberapa rekomendasi kepada teman saya tersebut, yang kira-kira sesuai dengan kondisi dan anggarannya.

Saya juga membantunya memberikan daftar apartemen yang kira-kira cocok, sekaligus harga, hasil penilaian, fasilitas yang tersedia, dalam bentuk spreadsheet agar dia bisa dengan mudah dan cepat menentukan pilihan.

Tak lama kemudian, setelah saya memberikan hasil pencarian saya kepadanya, dia akhirnya mengabari saya bahwa rekan kerjanya yang ekspatriat itu suka sekali dengan apartemennya.

Sebagai ucapan terima kasih, dia berjanji akan menjamu saya nanti jika saya pulang ke Indonesia dan mampir ke Jakarta. “Pokoknya kabari aja, nanti selama di sini, gue yang nanggung!,” pungkasnya.

Menyewa apartemen rupanya sekarang bisa dijadikan pilihan lain untuk staycation, atau mendapatkan pengalaman tinggal di apartemen. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta, harga sewa apartemen sangat kompetitif dan bisa jadi lebih murah bila dibandingkan menginap di hotel.

Kapan-kapan saya mungkin akan mencoba menginap di apartemen saat nanti kembali ke Jakarta. Tentu saja, untuk menagih janjinya, ongkos sewanya akan ditanggung oleh teman saya!

Artikel ini dipublikasikan pada 15 Mei 2019, sekitar 3 bulan yang lalu. Informasi yang dimuat di artikel ini mungkin sudah tidak akurat.

Belum ada tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.