Mencoba Layanan Niagahoster

Saya iseng meneruskan proyek mainan saya yang sempat saya buat pada tahun 2014 lalu, yaitu sebuah aplikasi untuk mencari arti dari nama menurut nomor urutan surat di Al-Quran.

aplikasi Arti Nama
aplikasi Arti Nama

Proyek iseng tersebut akhirnya terhenti karena waktu itu saya melakukan migrasi server.

Setelah migrasi, saya saat itu tidak memasang kembali aplikasi tersebut karena saya merasa momennya sudah lewat.

Saya kemudian tergelitik untuk menghidupkan kembali aplikasi iseng saya tersebut, karena saya sempat melihat bahwa rupanya mencari arti nama menurut nomor urutan surat di Al-Quran masih marak terjadi terutama di media sosial.

Apalagi menjelang Pilkada 2018 dan nantinya Pilpres 2019, tentu akan banyak orang yang merasa membutuhkan aplikasi ini untuk mendukung pilihannya.

Nama aplikasi yang saya buat tersebut dulu saya beri nama “Nama di Ayat”, namun kemudian di versi baru aplikasi ini, saya mengubah namanya menjadi “Arti Nama“.

Jika ingin mencari tau arti namamu menurut nomor urutan surat pada Al-Quran, silakan coba aplikasi tersebut.

Setelah melihat beberapa layanan hosting di Indonesia, saya memutuskan untuk meletakkan aplikasi Arti Nama tersebut di Niagahoster.

Kenapa Memilih Niagahoster

Murah dan andal, adalah alasan utama saya memilih Niagahoster dari puluhan layanan hosting yang ada di Indonesia.

Alasan-alasan umum semacam lokasi server yang berada di Indonesia, spesifikasi server yang digunakan, dan keunggulan lainnya bisa dibaca di halaman Niagahoster.

Saya memiliki alasan tersendiri yang mungkin bisa juga dijadikan acuan saat memilih hosting.

Keamanan Data

sertifikat keamanan EV Niagahoster
sertifikat keamanan EV Niagahoster

Saya langsung tertarik dan merasa percaya dengan Niagahoster setelah melihat adanya green bar di kolom URL yang sudah menggunakan HTTPS.

Niagahoster menggunakan sertifikat SSL EV (extended validation) untuk melakukan pengecekan keamanan pada koneksi HTTPS-nya.

Sertifikat EV (extended validation) merupakan sertifikat keamanan paling ketat di mana sebuah domain akan diperiksa hingga ke level organisasi, sehingga dijamin bahwa koneksi yang terjadi benar-benar aman dan dienkripsi dengan kunci yang sesuai dari organisasi tersebut.

Biasanya organisasi yang menjunjung tinggi keamanan data seperti pada situs perbankan, menggunakan sertifikat EV.

Menurut pengamatan saya, tidak banyak layanan hosting yang menggunakan sertifikat EV untuk nama domain perusahannya. Penggunaan sertifikat EV secara tidak langsung menunjukkan komitmen Niagahoster untuk melindungi keamanan data pelanggannya.

Selain penggunaan sertifikat EV, saat sudah masuk ke area pelanggan, setiap saya tidak beraktivitas dalam beberapa menit, saya akan diminta alamat surel dan kata sandi saya untuk masuk kembali ke area pelanggan.

Meski kadang agak gemas juga, karena sedikit-sedikit minta masuk, saya memaklumi bahwa keamanan memang berbanding terbalik dengan kenyamanan.

Untuk kasus ini, saya masih maklum dan justru merasa berterima kasih karena akses ke halaman pelanggan saya benar-benar dijaga dengan ketat.

Penggunaan WhatsApp untuk Notifikasi

penggunaan WhatsApp untuk notifikasi Niagahoster
penggunaan WhatsApp untuk notifikasi Niagahoster

Jika memberikan informasi nomor ponsel pada halaman profil, Niagahoster akan mengirimkan informasi dan pemberitahuan melalui WhatsApp.

Niagahoster menggunakan akun bisnis WhatsApp, di mana menurut saya lagi-lagi Niagahoster menunjukkan keseriusan terhadap pelanggannya.

Sekarang siapa yang tidak menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi. Informasi pemberitahuan yang dikirim melalui surel kadang terlewat.

Dengan WhatsApp, pelanggan akan lebih cepat mendapat informasi dan notifikasi tanpa khawatir melewatkan informasi penting, misal pengingat jatuh tempo pembayaran, dan informasi lainnya.

Sayangnya akun bisnis WhatsApp Niagahoster tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi dua arah, sebatas untuk pemberitahuan saja.

Akan lebih keren jika misal pelanggan juga bisa berkomunikasi, melalui akun WhatsApp ini, selayaknya sis-sis olshop yang bisa menangani permintaan pelanggan lewat akun WhatsApp.

Menurut informasi yang saya terima pada 2 Juli 2018, Niagahoster kini bisa dihubungi melalui nomor WhatsApp 081325304594 jika pelanggan ini menanyakan segala hal yang berhubungan dengan layanan Niagahoster.

Paket Hosting Niagahoster

pilihan paket hosting Niagahoster
pilihan paket hosting Niagahoster

Niagahoster menawarakan beberapa paket pilihan hosting yang bisa digunakan. Mulai dari paket Bayi yang menawarkan fitur dasar hingga paket bisnis untuk fitur yang lebih lengkap.

Untuk sebuah blog pribadi, paket Bayi sudah cukup. Namun paket ini tidak menawarkan pendaftaran dan perpanjangan domain gratis (.com, .net, .org, .info, .web.id, .co.id, .sch.id, .or.id, .ac.id dan .xyz) selamanya.

Jika ingin memiliki nama domain sendiri, paket minimal yang cocok adalah paket Pelajar, di mana tidak hanya mendapatkan domain gratis, juga menawarkan media simpan tak terbatas.

Apabila paket yang digunakan saat ini dirasa kurang, melakukan upgrade paket ke paket yang lebih besar juga bisa dilakukan dengan mudah.

Niagahoster juga memiliki kebijakan 30 hari uang kembali. Pelanggan yang merasa tidak puas dengan layanan Niagahoster bisa melakukan klaim dan uang kan dikembalikan sepenuhnya hingga tiga puluh hari setelah akun hosting diaktifkan.

Karena aplikasi saya sangat kecil, saya memilih paket Bayi yang mana paket ini terkecil dari daftar paket web hosting Indonesia di Niagahoster.

Cara memesannya juga gampang, tinggal ikuti saja instruksi yang ada dan dalam waktu singkat, paket bisa langsung aktif setelah melakukan pembayaran.

Seluruh pemesanan otomatis akan aktif jika sistem telah menerima pembayaran secara elektronik. Tidak perlu lagi menghubungi layanan pelanggan hanya untuk melakukan konfirmasi pembayaran dan aktivasi.

Jika biasanya saya menggunakan layanan VPS, kali ini saya memilih menggunakan shared hosting, karena ingin lebih praktis saja.

Cpanel menjadi aplikasi standar yang mudah digunakan, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Ada beberapa hal yang menurut saya menjadi nilai lebih dari paket yang ditawarkan oleh Niagahoster.

Dukungan SSL Gratis dari Let’s Encrypt

layanan SSL gratis Let’s Encrypt dan integrasi CloudFlare
layanan SSL gratis Let’s Encrypt dan integrasi CloudFlare

SSL kini menjadi hal yang wajib digunakan oleh sebuah situs untuk meningkatkan keamanan dan kepercayaan di mata pelanggan. SSL ini yang digunakan untuk membuat alamat URL sebuah situs menjadi HTTPS.

Niagahoster memberikan kemudahan pengguna untuk memasang sertifikat SSL gratis dari Let’s Encrypt melalui Cpanel hanya dengan beberapa kali klik.

Pengguna tidak perlu lagi pusing membuat kunci privat dan melakukan permintaan tandatangan sertifikat, semuanya sudah ditangani oleh Niagahoster.

Hanya saja karena sertifikat gratis dari Let’s Encrypt hanya berlaku selama 3 bulan sejak tanggal penerbitan, pelanggan masih perlu melakukan pembaruan sertifikat secara manual jika sertifikat tersebut sudah kedaluarsa.

Niagahoster juga menyediakan layanan pembelian sertifikat SSL jika tidak ingin menggunakan sertifikat SSL gratis dari Let’s Encrypt.

Fitur Lainnya

Softaculous di Cpanel
Softaculous di Cpanel

Melalui Cpanel, Niagahoster memberikan kemudahan kepada saya untuk mengaktifkan layanan CloudFlare.

CloudFlare merupakan layanan DNS dan CDN untuk meningkatkan keamanan dan kecepatan sebuah situs.

Memasang berbagai macam aplikasi situs juga bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Softaculous.

Dengan Softaculous, memasang WordPress, Drupal, Joomla, PHPBB, dan banyak aplikasi lainnya bisa dilakukan dengan mudah dan hanya memerlukan beberapa kali klik.

Untuk meningkatkan kunjungan ke situs, Niagahoster menyediakan alat pendukung untuk meningkatkan SEO (search engine optimization) dan teknik marketing lainnya.

Seluruh fitur ini menjadi fitur yang bisa membantu pengguna, meski pun sangat awam dan belum pernah mengelola situsnya sendiri.

Pengalaman Menggunakan Niagahoster

Saya cukup puas dengan layanan yang ditawarkan oleh Niagahoster.

Niagahoster menggunakan Green Data Center Tier-4 berstandar internasional milik DCI Indonesia dan menjadi bagian dari Equinix, penyedia data center terbaik di dunia. Data center ini menjamin situs memiliki performa uptime hingga 99,999%.

Faktor keamanan dan kemudahan yang ditawarkan oleh Niagahoster juga menjadi pertimbangan saya.

Aplikasi Arti Nama yang di-hosting di sana juga terasa cepat dan responsif, meski hanya menggunakan shared hosting paket Bayi.

Aplikasi tersebut juga menggunakan SSL gratis Let’s Encrypt dan menggunakan layanan CloudFlare yang ditawarkan oleh Niagahoster.

Jika tertarik mencoba, silakan daftar ke Niagahoster.

Artikel ini dipublikasikan pada 13 April 2018, sekitar 3 bulan yang lalu. Informasi yang dimuat di artikel ini mungkin sudah tidak akurat.

Belum ada tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.