Kegiatan Ekstrim Seru Bersama Toyota Rush

Artikel ini ditayangkan pada 7 Desember 2014, sekitar 3 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Apa yang terlintas di benak saat mendengar kegiatan atau olah raga ekstrim? Bahaya? Menantang maut? Memicu adrenalin? Keren? Cuma orang gila yang melakukannya?

Menurut Wikipedia, definisi kegiatan atau olah raga ekstrim adalah sebagai berikut.

Extreme sports (also called action sports, aggro sports, and adventure sports) is a popular term for certain activities perceived as having a high level of inherent danger. These activities often involve speed, height, a high level of physical exertion, and highly specialized gear.

Di halaman Wikipedia tersebut juga disebutkan beberapa kegiatan yang bisa dibilang ekstrim.

Saya sendiri pernah melakukan beberapa kegiatan yang bisa dibilang kegiatan ekstrim. Saat SMA, saya tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler pecinta alam Marga Giri. Panjat memanjat menggunakan tali dan perangkat keamanan mountaineering sudah menjadi prosedur yang biasa dilakukan saat itu.

Kini, saya lebih suka menyelam. Menjelajahi bawah laut menggunakan perangkat SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus) termasuk olah raga ekstrim. Jika tidak berhati-hati dan mengabaikan prosedur keamanan, maut bisa mengancam.

Saya pernah mengalami pengalaman kurang mengasyikkan karena terseret arus yang kuat ke bawah saat menyelam di Sangiang. Namun untungnya, dengan mengikuti prosedur yang telah diajarkan saat kursus, saya bisa selamat. Benar-benar pengalaman yang memompa adrenalin!

Selain menyelam, saya pernah juga mencoba paralayang di Puncak, Bogor. Terbang setinggi 60 meter dari permukaan tanah menggunakan parasut khusus untuk menangkap geothermal (panas bumi), membuat saya merasakan adrenaline rush!

Let’s Get Adrenaline Rush!

Toyota Adrenaline Rush Toyota Adrenaline Rush

Bali merupakan salah satu tempat yang menawarkan banyak pilihan kegiatan ekstrim. Saya sendiri beberapa kali melakukan kegiatan ekstrim favorit saya di sana, menyelam di lautan Bali.

Enaknya di Bali, kita bisa dengan mudah menyewa mobil. Berbagai varian ditawarkan, mulai dari SUV (Sport Utility Vehicle) hingga sedan.

Saya lebih suka menggunakan SUV, karena ukurannya yang lebih besar agar bisa muat lebih banyak. Apalagi saat menyelam, membawa dive gear menjadi bahan pertimbangan saat memilih mobil sewaan.

Salah satu SUV yang oke untuk digunakan saat di Bali adalah Toyota Rush. Dengan harga sewa sekitar Rp 400.000, kita bisa membawa Toyota Rush berkeliling Bali.

Daya angkut Toyota Rush cukup lega. Biasanya dalam sekali dive trip, pesertanya 3-5 orang, yang semuanya bisa muat di dalam Toyota Rush. Bila kursi bagian belakangnya dilipat, bagasi menjadi lebih luas. Dive trip bersama teman pun menjadi lebih asyik, karena tak perlu berdesak-desakan dan dive gear bisa terangkut di bagasi belakang.

Paralayang di Pantai Timbis

Selain menyelam, yang sudah menjadi rutinitas saya saat ke Bali, saya ingin sekali lagi mencoba paralayang di Pantai Timbis, Nusa Dua.

Lepas landas dari tebing Bukit 100 Nusa Dua, terbang melayang menikmati pemandangan Samudera Hindia, membentang dari Pantai Nusa Dua hingga Uluwatu, tentu memberikan sensasi dan pacuan adrenalin.

Karena jalan menuju lokasi penerbangan ini berada di atas bukit dan medannya cukup sulit, tidak sembarang mobil bisa mencapai lokasi ini dengan mudah. Namun Toyota Rush dengan mesin 1.495 cc 4 silinder berdaya 109 daya kuda, medan tanah berbukit Pantai Timbis bisa dilahapnya dengan enteng. Apalagi ukuran rodanya lebih besar dari mobil SUV sejenis, membuat Toyota Rush lebih tinggi.

Berikut ini video paralayang di Pantai Timbis, Bali, milik Ryan Reynolds saat ia terbang Agustus 2013 yang diunggah di Youtube.

Mengendarai ATV di Desa Taro

Sudah lama saya pengen mencoba mengendarai ATV (All-terrain vehicle) alias “sepeda motor” beroda empat. Di Desa Taro, Gianyar, ada sebuah operator yang menyediakan paket wisata mengendarai ATV ini.

Sensasi mengendarai ATV tentu berbeda jika dibandingkan dengan mengendarai sepeda motor biasa. Mengendarai ATV yang memang dirancang untuk melahap segala medan, dari pasir, lumpur, hingga perairan dangkal, bisa memacu adrenalin.

Desa Taro memiliki banyak medan yang cocok untuk dijelajah menggunakan ATV. Sawah, hutan, hingga jalan lumpur setapak bisa ditemui di sini. Selain fisik dan adrenalin, yang harus disiapkan di sini adalah baju ganti, karena kotor itu pasti.

Berikut ini salah satu video mengendarai ATV di Desa Taro yang diunggah oleh salah satu operator wisata di Youtube.

Rafting di Sungai Ayung

Puas mengendarai ATV dan ingin meningkatkan adrenalin, bisa mencoba rafting di Sungai Ayung yang tak jauh dari Desa Taro. Rute rafting sepanjang 12 Km bisa ditempuh dalam waktu 2 jam. Di beberapa titik, terdapat air terjun kecil yang bisa digunakan untuk foto-foto.

Menuju ke Desa Taro dan Sungai Ayung bisa ditempuh dengan mudah menggunakan Toyota Rush. Dari Bandara Ngurah Rai, dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk sampai di Desa Taro.

Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) membuat Toyota Rush cukup irit bensin. Toyota Rush mampu melahap 10 Km hanya dengan 1 liter bensin.

Kegiatan Ekstrim dan Toyota Rush

Toyota New Rush Toyota New Rush

Selain kegiatan ekstrim yang saya tulis sebelumnya, ada banyak sekali yang bisa dilakukan di Bali. Mulai dari parasailing alias terbang menggunakan parasut dengan ditarik speedboat, menjelajah laut sambil berjalan menggunakan helm khusus alias sea walking, loncat dari ketinggian dengan bungee jumping, merasakan sensasi dilempar bak ketapel dengan slingshot, dan masih banyak lagi.

Kegiatan-kegiatan ekstrim tersebut tentu akan makin seru jika didukung dengan kendaraan yang selain bisa mengantarkan ke lokasi-lokasi tersebut, juga stylish dan sesuai tema. Toyota Rush, sesuai namanya, rasanya cocok untuk jadi kendaraan sport namun stylish dan pas dengan suasana, memacu adrenaline rush.

Meski bertajuk ekstrim, keamanan kegiatan ekstrim menjadi prioritas nomor satu. Kegiatan ekstrim menggunakan peralatan yang memang dirancang untuk kenyamanan dan keamanan.

Begitu juga dengan Toyota Rush. Mobil SUV modern ini dilengkapi dengan SRS (Supplemental Restraint System) Airbag yang bisa meredam cidera saat terjadi benturan. Pengereman mobil Toyota Rush juga dilengkapi dengan ABS (Antilock Breaking System) untuk mencegah selip saat terjadi pengereman mendadak.

Berani mencoba sensasi adrenaline rush?

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

1 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 7 Desember 2014, sekitar 3 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Sandhi Asmoro

17 Desember 2014 16:35

Paralayang nya seru banget mas, jadi pengen coba :D

Statistik

Telah dibaca 355 kali. Waktu baca rata-rata 7 menit. Ada 1 komentar.