Pinjaman Online Aman Menggunakan Tunaiku

5 minutes

Jika mendengar istilah “pinjaman online“, pikiran orang biasanya orang akan merujuk ke kasus yang viral di media sosial saat banyak orang yang tiba-tiba ditelepon oleh orang tak dikenal yang menagih hutang orang lain.

Kejadian tersebut terjadi karena banyak orang yang meminjam ke lembaga keuangan dan aplikasi yang tidak jelas izinnya, yang secara semena-mena mengambil data dan dengan seenaknya menggunakan data tersebut.

Bunga yang dikutip oleh lembaga rentenir dan aplikasi lintah darat tersebut biasanya sangat tinggi dan membuat si peminjam makin kesulitan di saat sulit yang ia alami.

Maraknya praktik pinjam meminjam uang kepada lembaga rentenir yang tidak jelas identitas dan izinnya karena menjanjikan dana cair turun dengan cepat tersebut, membuktikan bahwa banyak warga yang membutuhkan layanan pinjaman uang karena berbagai alasan.

Tunaiku dari Bank Amar

Menjawab fenomena tersebut, Bank Amar membuka layanan pinjaman online pada tahun 2014 yang sekaligus menjadi produk digital pinjaman tanpa agunan.

Karena Bank Amar adalah lembaga keuangan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), membuat seluruh layanan termasuk pinjaman online.

Tunaiku adalah salah satu layanan pinjaman online OJK pertama di Indonesia yang aman, mudah, dan terpercaya, karena merupakan salah satu produk dari bank, yang merupakan institusi finansial resmi di Indonesia.

Layanan Tunaiku berupa kredit tanpa agunan yang sangat berguna untuk masyarakat yang membutuhkan dana cepat, misal untuk modal usaha, renovasi rumah, biaya pernikahan, hingga biaya kesehatan.

Perbedaan Tunaiku dengan layanan pinjaman tanpa agunan online lainnya adalah keamanan,  fleksibilitas, dan kemudahan.

Karen Tunaiku berdiri dibawah naungan institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, sehingga keamanan data nasabah dipastikan aman karena bank akan melindungi data nasabah sesuai aturan.

Dari segi fleksibilitas, Tunaiku menyediakan fasilitas tenor yang sangat panjang, yaitu maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah, di mana beberapa layanan pinjaman lainnya biasanya memberikan limit yang kecil dan tenor pendek.

Syarat untuk mendapatkan pinjaman dari Tunaiku juga sangat mudah, yang mana bila dibandingkan dengan layanan kredit tanpa agunan tradisional yang biasanya membutuhkan agunan serta banyak dokumen saat proses pengajuannya.

aplikasi Tunaiku

Untuk mengajukan kredit menggunakan Tunaiku, nasabah cukup mengunduh aplikasi Android atau iOS dan mendaftar secara online.

Dokumen yang dibutuhnya hanya KTP dan waktu 10 menit untuk mengisi seluruh formulir.

Proses verifikasi data akan dilakukan oleh Tunaiku, dan jika disetujui, kurir dari Tunaiku akan menghubungi nasabah untuk melakukan tanda tangan kontrak.

Kurir Tunaiku yang datang hanya bertugas membawa kontrak yang akan ditandatangani oleh nasabah, tidak melakukan survei atau kegiatan lain yang mempengaruhi status keanggotaan nasabah.

Setelah tanda tangan, nasabah akan menerima dana ke rekening bank dalam waktu 1 hingga 3 hari kerja, dan dana tersebut bisa langsung dicairkan atau digunakan.

Layanan Tunaiku bisa digunakan oleh masyarakat yang tinggal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, dan Denpasar.

Bunga yang ditawarkan Tunaiku juga cukup kompetitif, yaitu 3-4% per bulan.

Hingga saat ini, sudah lebih dari 4,6 juta pengguna yang mengunduh aplikasi Tunaiku dan dana yang telah disalurkan sebesar lebih dari 4 trilyun rupiah.

Yang menarik, Tunaiku menyediakan fasilitas Top-Up, yang mana bila nasabah dengan periode 10-20 bulan dan telah melunasi cicilan kedelapan, bisa mengajukan tambahan dana atau pinjaman kembali.

Karena seluruh operasi dilakukan serba online dan digital, Tunaiku akan mengirimkan Surat Keterangan Lunas (SKL) kepada nasabah yang telah melunasi pinjaman melalui e-mail.

2 responses
  1. Gravatar of morishige
    morishige

    Akhir-akhir ini saya sering dapat SMS pinjaman online nggak jelas, Kang. Orang yang butuh pinjaman kayaknya memang harus benar-benar mastiin kalau pihak peminjam itu tercatat OJK.

  2. Gravatar of Zizy Damanik
    Zizy Damanik

    Yang paling utama memang harus ada izin OJK, ya.

Tinggalkan Balasan

This article has been published on 21 Oktober 2020 (1 bulan ago). The information provided here might not be accurate.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.