Menemukan Dokter Terdekat dengan Halodoc

8 minutes

Saat pertama kali pindah ke Berlin, Jerman, salah satu problem yang saya hadapi adalah saat sakit, betapa merepotkan untuk mendapatkan jadwal berkunjung ke dokter terdekat terutama yang bisa berbahasa Inggris.

aplikasi Halodoc

Setelah dapat jadwal pun, saya harus datang ke klinik, melapor ke resepsionis, duduk sebentar di ruang tunggu, sebelum dipanggil masuk ke ruang dokter untuk diperiksa.

Obat pun harus saya beli sendiri ke apotek, karena klinik-klinik yang ada di Berlin biasanya tidak menyediakan obat, dan dokter hanya memberikan selembar kertas berisi resep.

Saat menebus obat ke apotek pun, saya harus memastikan bahwa apoteker atau petugas yang melayani saya bisa berbahasa Inggris, karena tak jarang, obat yang diresepkan dokter tidak tersedia di apotek tersebut, dan apoteker menawarkan obat pengganti.

Saya yang membaca beberapa ulasan teman-teman di media sosial dan blog tentang aplikasi Halodoc, merasa agak iri dengan kehadiran Halodoc di Indonesia.

Andai saja di Jerman ada aplikasi Halodoc, saya tentu akan sangat terbantu untuk urusan konsultasi masalah kesehatan dengan cepat, mudah, tanpa perlu meninggalkan rumah, plus tak perlu pusing dengan kendala bahasa.

Apalagi di situasi pandemi Covid-19 ini yang sangat disarankan untuk tinggal di rumah, aplikasi Halodoc akan sangat bermanfaat sekaligus menerapkan aturan social distancing.

Pilihan Layanan di Aplikasi Halodoc

Setelah mendaftar dengan menggunakan nomor telepon, pasien bisa langsung menggunakan aplikasi Halodoc atau masuk ke situs Halodoc dan memanfaatkan berbagai fitur yang ada.

Aplikasi Halodoc membutuhkan nomor telepon untuk verifikasi dengan mengirim kode melalui SMS.

Untuk saat ini, Halodoc hanya bisa menerima nomor telepon Indonesia dan beberapa negara lain, yaitu Australia, India, Jepang, Arab Saudi, Singapura, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat.

Selain verifikasi nomor telepon, aplikasi Halodoc akan meminta izin akses ke lokasi atau memasukkan alamat untuk memudahkan pencarian dokter dan apotek yang ada di sekitar pasien.

Fitur Tanya Dokter

fitur Tanya Dokter di Halodoc

Tidak hanya konsultasi dengan dokter umum, Halodoc juga menyediakan layanan konsultasi dengan dokter spesialis.

Selain menampilkan nama dan spesialisasi si dokter, pasien bisa melihat ja

dwal konsultasi, rating, dan pengalaman si dokter.

Melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi Halodoc, pasien bisa langsung menghubungi dokter yang sedang online melalui chat, panggilan suara, atau panggilan video.

Seluruh nama dokter yang tersedia di Halodoc sudah pasti terdaftar di IDI (Ikatan Dokter Indonesia).

Tidak ada biaya yang dibebankan saat berkonsultasi dengan dokter ini, alias gratis.

Kurun waktu pangilan untuk berkonsultasi dengan dokter ini adalah 30 menit, di mana pasien diharapkan memberikan informasi gejala dan keluhan dengan singkat dan efektif.

Dengan fitur ini, dokter dan pasien tidak perlu bertatap muka langsung, namun layanan konsultasi tetap bisa diberikan tanpa bersentuhan fisik dengan pasien sehingga tidak ada risiko penularan penyakit.

Fitur Beli Obat

fitur Beli Obat di Halodoc

Yang lebih asyik, selesai konsultasi, dokter bisa langsung menuliskan resep, di mana pasien bisa membeli secara mandiri, atau memanfaatkan fitur Beli Obat.

Dengan fitur ini, resep obat yang dibuat oleh dokter akan dikirim langsung kepada pasien, dengan melalui ojek online Gojek.

Tidak perlu pusing lagi datang ke apotek, duduk antre menunggu panggilan, atau memikirkan obat pengganti jika tidak tersedia.

Jika ingin membeli obat bebas yang biasa dijual tapi malas keluar, fitur Beli Obat juga bisa dimanfaatkan, karena tersedia banyak kategori obat dan suplemen vitamin yang bisa dipilih.

Fitur unggah resep juga sangat berguna jika ingin membeli obat dari resep yang diberikan oleh dokter pribadi yang tidak terdaftar di Halodoc, dan obat bisa diantar.

Pengguna atau pasien juga bisa memilih membeli obat dari toko atau apotek favoritnya, misalnya Century, Watsons, PharmaPlus, Medicare, dan lain sebagainya.

Biaya pengiriman obat gratis, dan bisa diakses selama 24 jam, dengan waktu pengiriman kurang dari 1 jam.

Obat yang dikirim dijamin asli dan tersegel demi keamanan dan kesehatan pasien.

Fitur Rumah Sakit

fitur Rumah Sakit di aplikasi Halodoc

Meski Halodoc menyediakan berbagai kemudahan dalam berkonsultasi, ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan secara online, misalnya tes darah, tes urin, dan pemeriksaan kesehatan secara lengkap (medical check-up).

Selain membuat jadwal kunjungan ke laboratorium, klinik, atau rumah sakit, melalui Halodoc, pasien bisa meminta petugas datang dengan membawa peralatan lengkap datang ke rumah.

Jika tetap ingin datang ke laboratorium, klinik, atau rumah sakit, dengan membuat janji melalui Halodoc, pasien tidak perlu lagi mengantre.

Hasil pemeriksaan pun bisa langsung tersedia dan dilihat dari aplikasi Halodoc, dan berdiskusi dengan dokter terkait hasil pemeriksaan yang didapat.

Jika kondisi sangat darurat, terdapat informasi tentang rumah sakit terdekat sesuai dengan lokasi, sehingga pasien bisa langsung datang ke rumah sakit untuk segera ditangani.

Tentu saja informasi kontak dan alamat poliklinik, dokter spesialis, atau dokter umum juga bisa dilihat dari menu Rumah Sakit.

Perlindungan Kesehatan

Pemilik asuransi kesehatan akan sangat dimudahkan dengan aplikasi Halodoc.

Jika tidak memiliki asuransi kesehatan, Halodoc telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan asuransi kesehatan untuk menyediakan beberapa pilihan dan bisa mendaftar secara langsung.

Beberapa perusahaan asuransi yang tersedia di Halodoc antara lain AXA Mandiri, Cigna, Allianz, FWD, Medicillin, Bumiputra, Intiland, Ultrasakti, dan lain sebagainya.

Beberapa Fitur Lainnya

fitur periksa Covid-19 di aplikasi Halodoc

Selain fitur-fitur dasar yang disediakan Halodoc untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, Halodoc menyediakan berbagai fitur yang berguna untuk menjaga kesehatan.

Mulai dari jadwal pengingat minum obat, kalkulator BMI (Body Mass Index), dan artikel kesehatan.

Terkait masa pandemi Covid-19, Halodoc juga menyediakan fitur khusus terkait Covid-19, mulai dari artikel danย update informasi Covid-19, hingga pemeriksaan gejala Covid-19.

Jika membeli obat melalui Halodoc, pasien bisa memperbarui metode pembayaran yang digunakan, melalui GoPay,ย e-banking, atau transfer antarbank.

Tentu saja kemudahan layanan yang ditawarkan oleh Halodoc sangat membuat saya iri, terutama untuk menemukan dokter terdekat dan kemudahan membuat jadwal konsultasi.

Saya berharap Halodoc bisa hadir di negara lain, terutama Jerman, sehingga saya bisa menikmati layanan Halodoc.

4 responses
  1. Gravatar of riuusa
    riuusa

    Aku kalau liat konten kreator yg di urop, kebanyakan merindukan kemudahan dengan aplikasi seperti yang dirasakan saat di Indonesia…ealah aku pikir tuh ginian ada di urop lho mas, jebul urung ya. puk puk

  2. Gravatar of morishige
    morishige

    Wah keren juga nih aplikasinya, Mas. Bisa konsultasi gratis. Mending donlot ini aja sih ketimbang mesti antre di puskesmas. ๐Ÿ™‚

  3. Gravatar of lenny
    lenny

    Hahha iya mang salah satu dirindukan pas tinggal di luar itu adalah di Indonesia itu segala macam ada… asal ada duit ehe

    Udah coba Halodoc walau kurang puas namun sangat bermanfaat di masa pandemi gini. Kalau urgent yah ke Halodoc dulu daripada ke dokter/RS.

Tinggalkan Balasan

This article has been published on 29 Mei 2020 (5 bulan ago). The information provided here might not be accurate.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.