Mengecek dan Mendapatkan Harga Tiket Bus Terbaik

5 minutes 40 0

Bus merupakan salah satu sarana transportasi yang banyak digunakan di Eropa, terutama jika ingin bepergian antarkota dan antarnegara dengan murah.

Flixbus di Eropa

Tidak hanya melayani rute luar kota, bus juga banyak digunakan untuk transportasi umum semcam bus kota, bus shuttle, hingga sarana wisata melalui layanan wisata city tour atau hop on hop off.

Selain murah, bepergian menggunakan bus di Eropa juga nyaman karena armadanya yang bagus serta jalanan lebar, mulus, dan hampir tidak pernah macet, dan bisa membawa barang yang banyak dan besar.

Meski secara layanan dan harga, operator bus di Eropa dan di Indonesia berbeda, namun ada beberapa rahasia umum yang bisa diterapkan untuk mendapatkan harga tiket bus terbaik.

Cek Harga Tiket Bus Untuk Harga Terbaik

mengecek harga tiket bus terbaru harga di Traveloka

Merencanakan perjalanan jauh-jauh hari akan sangat membantu dalam menekan biaya perjalanan.

Meski harga tiket bus tidak sefluktuatif tiket pesawat, namun tidak ada salahnya mengecek harga terbaru untuk mendapatkan harga terbaik.

Kadang harga tiket di akhir pekan atau hari libur bisa melonjak, sehingga perlu persiapan khusus jika memang tidak bisa menghindari atau justru ingin bepergian di tanggal atau hari tersebut.

Tidak ada salahnya juga membandingkan harga dengan operator lainnya, karena terutama jika ada layanan tambahan lain yang bisa menambah kenyamanan dalam perjalanan.

Hampir seluruh perusahaan bus di Eropa menyediakan layanan pemesanan tiket secara online, yang tentunya mengecek harga, tanggal, tujuan, dan membandingkan harga menjadi lebih mudah.

Di Indonesia pun kini beberapa perusahaan bus juga memiliki layanan pemesanan tiket secara online, baik melalui situs pemesanan tiket atau agen perjalanan.

Memesan jauh-jauh hari tentu memberikan keuntungan, karena selain mengamankan ketersediaan kursi juga di beberapa perusahaan bus, calon penumpang bisa memilih sendiri lokasi tempat duduk di dalam bus.

Memesan Tiket dengan Harga Terbaik di Traveloka

membeli tiket bus di Traveloka

Traveloka sering menjadi situs acuan saya untuk urusan membeli tiket di Indonesia.

Tidak hanya urusan membeli tiket pesawat dan memesan kamar hotel, Traveloka juga memiliki layanan untuk memesan dan melakukan cek harga tiket bus lengkap dan terbaru.

Apalagi Traveloka sudah menggandeng 60-an perusahaan otobus sehingga tiket yang dibeli di Traveloka dijamin resmi.

Cara memesan tiketnya pun mudah, bisa dilakukan melalui situs web atau aplikasi yang terpasang di ponsel.

Langkah-langkahnya juga ringkas, tidak bertele-tele, dengan beberap klik dan kemudahan pilihan pembayaran, tiket pun segera ada di tangan.

Tak perlu lagi harus datang ke terminal bus atau agen perjalanan, membeli tiket bisa dilakukan dari mana pun dan kapan pun.

Pertama memilih tujuan perjalanan, tanggal keberangkatan, dan juga jumlah tiket yang diinginkan.

Setelah seluruh informasi dimasukkan, Traveloka akan memberikan beberapa pilihan rute, perusahaan bus, jadwal keberangkatan dan kedatangan di tujuan, serta harganya.

Pilihan yang diberikan ini bisa disaring, misal hanya ingin menggunakan perusahaan bus tertentu, atau mengurutkan berdasar harga termurah atau jam keberangkatan.

Detail rute pun bisa dilihat, mulai dari formasi kursi, fasilitas di dalam bus, bahkan foto interior di dalam bus untuk memantapkan pilihan.

Setelah menentukan pilihan, mengisi data penumpang, dan memilih tempat duduk (jika perusahaan bus menyediakan layanan ini), dan memastikan seluruh data lengkap dan benar, tinggal membayar.

Metode pembayarannya pun muaAda beberapa pilihan metode pembayaran yang bisa digunakan, mulai dari pembayaran lewat ATM, minimarket, atau online banking.

Setelah pembayaran dikonfirmasi, tiket elektroni akan didapat secara langsung, berupa surel, SMS, atau bisa dilihat di aplikasi Traveloka.

Saat berangkat, tinggal tunjukkan tiket elektronik ini kepada petugas bus. Jika diperlukan petugas bus akan memberikan tiket fisik kepada penumpang setelah menunjukkan tiket ini.