Mudahnya Transportasi Bandara dengan Golden Bird

Salah satu kepusingam saya saat bepergian dengan pesawat adalah transportasi dari dan ke bandara.

menggunakan S-bahn ke Bandara Schönefeld, Berlin, Jerman
menggunakan S-bahn ke Bandara Schönefeld, Berlin, Jerman

Jika di Berlin, Jerman dan Eropa pada umumnya, persoalan macam ini tidak saya temui karena angkutan umum seperti bus kota dan kereta atau metro sudah terintegrasi dengan bandara.

Meski begitu, layanan taksi konvensional dan taksi online tetap ada untuk yang tidak ingin menggunakan angkutan umum.

Berbeda ceritanya di Indonesia, di mana transportasi dari dan ke bandara hampir tidak terintegrasi dengan angkutan umum, sehingga pilihannya tidak banyak.

Paling hanya bus khusus bandara dan kereta yang baru tersedia di Bandara Kualanamu, Medan; Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta; dan rencananya di Bandara Internasional Yogyakarta.

Saat di Indonesia, jika saya harus bepergian, baik urusan bisnis atau liburan dan saya harus berangkat mengejar jadwal pesawat pagi, biasanya saya masih ngantuk dan malas menyetir.

transportasi dari dan ke bandara
transportasi dari dan ke bandara

Begitu juga setelah mendarat, selain lelah karena selesai liburan atau urusan bisnis, membuat saya enggan menyetir.

Selain diantar atau dijemput kerabat, ada beberapa alternatif transportasi yang bisa digunakan untuk menuju atau keluar dari bandara.

Bus bandara, minibus, taksi (baik taksi konvensional dan online), hingga ojek.

Blue Bird Group, perusahaan transportasi yang sudah terkenal dengan jasa taksi Blue Bird dan Silver Bird-nya, sejak 2014 telah menawarkan Golden Bird, layanan sewa mobil dan limosin, menjadi salah satu alternatif transportasi dari dan ke bandara.

Untuk info lengkapnya bisa cek langsung info Golden Bird di sini.

Keunggulan Golden Bird

Golden Bird
Golden Bird

Golden Bird menawarkan layanan 24 jam dengan berbagai pilihan tipe kendaraan yang ingin digunakan.

Pengemudi Golden Bird akan melayani dengan bermodal semboyan ANDAL (Aman, Nyaman, Mudah, dan Personal).

Dedikasi dan keunggulan layanan Golden Bird membuat layanan ini mendapat penghargaan Superior Service Award dari PT Persero Angkasa Pura II, Bandara Soekarno-Hatta

Kini, Golden Bird tidak hanya melayani area Jabodetabek, namun juga melayani kota-kota besar lain, yaitu Surabaya, Bandung, Bali, Solo, Semarang, Yogyakarta, Lombok, Medan, dan Manado.

Layanan dan Fasilitas Golden Bird

penjemputan oleh pengemudi pribadi
penjemputan oleh pengemudi pribadi

Banyaknya pilihan kendaraan yang digunakan Golden Bird menjadi keunggulan paling menonjol di antara layanan serupa.

Konsumen bisa memilih kendaraan, mulai dari mobil umum semacam Toyota Avanza dan Toyota Innova, hingga mobil premium semacam Toyota Camry, Toyota Alphard, dan Mercedes-Benz E-Class.

Seluruh kendaraan dikemudikan oleh pengemudi personal yang siap mengantar ke atau menjemput dari bandara.

Pengemudi siap menjemput sesuai dengan waktu yang diinginkan. Bahkan jika penerbangan mengalami penundaan, pengemudi siap menunggu hingga konsumen mendarat.

Konsumen juga bisa langsung menuju ke kendaraan dengan cepat, nyaman, aman, dan tidak perlu antre dan menunggu.

Sebagai tambahan layanan, konsumen bisa bersantai di Golden Bird Lounge yang tersedia di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta dan I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Ruang tunggu ini menyediakan interior nyaman dan menawarkan minuman hangat dan dingin, yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Seluruh biaya sudah termasuk jasa pengemudi, bahan bakar, biaya tol, biaya parkir, dan pajak.

Cara Memesan Golden Bird

memesan Golden Bird menggunakan Traveloka
memesan Golden Bird menggunakan Traveloka

Pemesanan Golden Bird bisa dilakukan melalui Traveloka, di mana setelah seluruh proses pemesanan dan pembayaran selesai, konsumen akan menerima voucher Golden Bird.

Pengemudi akan siap dalam waktu 30 menit sebelum penjemputan dan info penjemputan bisa dilihat di aplikasi Traveloka atau SMS yang dikirim oleh Traveloka.

Voucher ini kemudian ditunjukkan kepada pengemudi yang menjemput untuk kemudian dikonfirmasi.

Saat mendarat di bandara yang ada counter Golden Bird, cukup datang ke counter ini dan setelah menunjukkan voucher, konsumen akan diantar menuju mobil oleh petugas.

Jika di bandara tersebut tidak ada counter Golden Bird, pengemudi akan siap menjemput 30 menit sebelum waktu yang disepakati, sama seperti saat penjemputan menuju bandara.

Memesan menggunakan Traveloka membuat lebih nyaman karena fitur pembayaran di Traveloka bisa digunakan untuk memesan Golden Bird.

Harga dan Biaya

Saya pun penasaran dan berencana mencoba layanan ini nanti saat ke Jakarta dan mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Saya pun mencoba mencari tahu berapa kira-kira biayanya dari Bandara Soekarno-Hatta ke rumah mertua di area Bekasi Barat menggunakan situs Traveloka.

Setelah memasukkan informasi di situs pencarian Traveloka, saya terkejut, karena biayanya hanya Rp 220.000 untuk mobil Toyota Avanza dan mulai dari Rp 500.000 untuk mobil kelas premium.

Menurut saya, harga ini termasuk murah jika dibandingkan dengan menggunakan taksi konvensional namun dengan kenyamanan lebih.

Artikel ini dipublikasikan pada 24 Agustus 2019, sekitar 4 minggu yang lalu. Informasi yang dimuat di artikel ini mungkin sudah tidak akurat.

Ada 1 tanggapan
snydez 28 Agustus 2019 13:51 WIB

jamn dulu kalo pulang (tugas/pribadi) dari bandara, biasa naik silverbird yang sedan.
entah masih ada apa engga.
nah kemarin setelah sekian tahun ga pernah pulang (tugas). gue milih ke loket golden karena malas antri taksi di luar, karena sudah tengah malam.
tapi kaget aja ternyata ada pilihan avanza :D, kirain golden bird ini sedan di atas silverbird

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.