Melihat Taman Dunia di Gärten der Welt, Berlin, Jerman

Berlin dan Brandenburg memiliki banyak taman, mulai dari yang kecil di area pemukiman hingga taman besar Große Tiergarten yang sering digunakan sebagai tempat piknik.

Stasiun Berlin-Marzahn
Stasiun Berlin-Marzahn

Selain gratis, ada juga taman yang perlu membeli tiket masuk, seperti saat saya mengunjungi Volkspark Potsdam.

Sabtu, 8 Juni 2019, saya dan istri jalan-jalan menuju ke timur Berlin, menuju area Marzahn, mengunjungi Gärten der Welt (Gardens of the World).

Untuk menuju ke tempat ini, dari rumah, kami naik S-bahn S7 tujuan Ahrensfelde dan turun di Stasiun Berlin-Marzahn, lalu disambung bus bernomor 195.

Kami sempat salah naik S5 karena menurut petunjuk Google, untuk menuju ke Ahrensfelde, kami disarankan naik S5.

Rupanya S5 yang kami tumpangi menuju ke Strausberg Nord, tidak lewat Stasiun Berlin-Marzahn.

Terminal Bus Berlin-Marzahn
Terminal Bus Berlin-Marzahn

Begitu menyadari kami salah naik jalur S-bahn, kami turun di Stasiun Biesdorf, lalu kembali ke Stasiun Friedrichsfelde Ost dan ganti kereta ke S7.

Dari Stasiun Berlin-Marzahn, kami jalan kaki menuju ke terminal bus yang terintegrasi dengan stasiun S-bahn, yang mana terminal bus ini berada di area mal Eastgate Berlin.

Saya jadi teringat Terminal Blok M atau Terminal PGC Cililitan saat berada di sini, di mana terminal bus menjadi satu dengan pusat perbelanjaan.

Kami turun di halte Blumberger Damm/Eisenacherstraße, yang mana belakangan kami baru ketahui kami bisa turun di halte yang lebih dekat dengan pintu masuk di Eisenacherstraße/Gärten der Welt.

Gärten der Welt

pintu masuk Gärten der Welt
pintu masuk Gärten der Welt

Taman ini dulunya bernama Berliner Gartenschau, taman besar kebanggaan Berlin Timur yang dibuka pada 9 Mei 1987 untuk memperingati ulang tahun kota yang ke-750.

Pada tahun 1991, taman ini berubah nama menjadi Erholungspark Marzahn, dan pada Oktober 2000, berubah nama menjadi Gäten der Welt dengan dibukanya Chinese Garden sebagai bagian dari taman.

Pembukaan Chinese Garden yang bernama lengkap Chinese Garden of the Recovered Moon ini sekaligus menjadi lambang penyatuan kembali Berlin, di mana bulan dalam filosofi Cina bermakna kesatuan dan harmoni.

Taman seluas 40 hektar ini selain berisi flora dan fauna, juga menjadi lokasi berbagai acara, festival, dan mencoba beberapa kuliner khas negara tertentu.

tiket masuk Gärten der Welt
tiket masuk Gärten der Welt

Begitu sampai, kami menuju ke mesin penjual tiket.

Kami membeli tiket masuk seharga 7€ per orang dan karena kesalahpahaman, kami salah beli tiket yang belakangan kami ketahui rupanya tiket itu untuk penderita disabilitas seharga 5,50€.

Kami awalnya ingin sekaligus membeli tiket untuk naik ke kereta gantung, namun karena bingung, kami salah membeli tiket.

Karena kesalahpahaman ini, kami terpaksa merogoh kocek sebesar 12,50€ per orang untuk masuk.

Sebenarnya ada loket untuk membeli tiket, namun karena kami ingin mencoba membeli tiket melalui mesin, rupanya malah salah beli.

Petugas loket yang mengamati tingkah laku kami sempat mendatangi dan mengomel dalam Bahasa Jerman, sembari memberi tahu bagaimana cara menggunakan tiket untuk masuk dengan memindai kode QR yang tercetak di tiket.

Lain kali sebaiknya membeli tiket melalui loket jika tidak ingin bingung atau salah beli.

Harga tiketnya berbeda untuk musim dingin dan musim panas. Tentu saja, harga tiket di musim dingin lebih murah karena di musim dingin hampir seluruh tanaman akan meranggas.

Artikel ini dipublikasikan pada 15 Juni 2019, sekitar 3 bulan yang lalu. Informasi yang dimuat di artikel ini mungkin sudah tidak akurat.

Ada 1 tanggapan
Dirman 8 Juli 2019 22:07 WIB

Nah.. maksudnya diajak kesini juga, biar bisa foto ala-ala pendekar kungpuh 🙂

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.