Bertransaksi Menggunakan Scan QR Go-Pay

Waktu membeli es krim Nestle di Ranch Market La Maison Barito, kasir bertanya apakah saya punya akun Go-Pay, karena ada promo cashback sebesar 20% jika membayar menggunakan Go-Pay.

kode QR yang harus dipindai menggunakan Go-Pay
kode QR yang harus dipindai menggunakan Go-Pay

Saya kemudian tertarik dan mencoba membayar menggunakan Go-Pay. Ketika melihat saldo Go-Pay saya tidak cukup, saya pun langsung mengisi ulang Go-Pay saya hanya untuk keperluan membayar.

Saya penasaran dengan sistem pembayaran Go-Pay di luar transaksi di aplikasi Go-Jek.

Saya sendiri sempat membaca berita bahwa Go-Pay bisa digunakan untuk membayar di warung-warung kakilima.

Setelah seluruh barang belanjaan saya dihitung, mesin kasir kemudian mencetak struk yang berisi kode QR untuk kemudian dipindah menggunakan fungsi Scan QR di aplikasi Go-Jek.

Di layar ponsel saya kemudian muncul menu untuk melakukan konfirmasi pembayaran. Dengan menekan tombol, saya pun mengonfirmasi transaksi tersebut.

Kasir kemudian memasukkan nomor transaksi di struk tadi ke dalam mesin EDC, yang kemudian jika transaksi berhasil akan mengeluarkan struk berisi kode persetujuan (approval code).

struk transaksi pembelian dan pembayaran
struk transaksi pembelian dan pembayaran

Kode persetujuan ini kemudian dimasukkan ke dalam mesin kasir untuk menyelesaikan transaksi, mirip seperti saat membayar menggunakan kartu debit atau kartu kredit menggunakan mesin EDC.

Mesin kasir kemudian mencetak struk pembayaran, dan saya mendapat dua struk. Struk pertama merupakan bukti pembelian dari Ranch Market, yang kedua adalah struk pembayaran dari Go-Pay.

Menurut kasir, promo ini hanya berlaku dari tanggal 1 hingga 14 Juni 2018. Maksimal nilai cashback yang bisa diraih sebesar Rp 200.000.

Si mbak kasir mengatakan bahwa cashback akan masuk ke akun Go-Pay, maksimal 24 jam dari waktu transaksi.

Benar saja, saya menerima cashback pada tanggal 8 Juni 2018 jam 16:41 WIB sebesar Rp 6.400 (20% dari Rp 32.000) dari transaksi pada tanggal 7 Juni 2018 jam 20:21 WIB.

Saya puas dengan layanan Go-Pay, dan merasa transaksi menggunakan QR memudahkan saya untuk berbelanja secara nontunai.

Galeri Foto

Artikel ini dipublikasikan pada 10 Juni 2018, sekitar 2 minggu yang lalu.

Belum ada komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.