Bertransaksi Menggunakan OVO Push to Pay

Akhir-akhir ini, OVO sedang gencar berpromosi di beberapa mal dengan menawarkan program cashback 10%.

promosi cashback 10% OVO di Imperial Kitchen & Dimsum
promosi cashback 10% OVO di Imperial Kitchen & Dimsum

Perusahaan fintech besutan grup Lippo ini makin menggurita untuk bersaing dengan Go-Pay yang juga makin gencar melebarkan bisnisnya.

Saya tertarik mencoba pembayaran dengan OVO ini, apalagi setelah mengalami kemudahan pembayaran dengan Go-Pay.

Tanggal 27 Juni 2018, saat berada di Mal Grand Metropolitan Bekasi, saya dan istri berniat untuk makan malam di Imperial Kitchen & Dimsum.

Kebetulan pula, Imperial Kitchen & Dimsum bekerja sama dengan OVO dan menawarkan promosi cashback 10%.

Setelah mengantre dan masuk daftar tunggu, kami pun duduk dan mulai memesan menu. Kami memesan lumpia sayuran goreng, jamur enoki goreng lada garam, fong zau, mi dengan ayam cha siew BBQ, nasi ayam cha siew, ice tea, dan ice lemon tea.

mesin EDC OVO
mesin EDC OVO

Singkat cerita, setelah selesai makan, kami menuju kasir untuk membayar. Kami harus membayar sebesar Rp 239.316 termasuk pajak 10%.

Saya mengatakan bahwa saya akan membayar dengan OVO, kemudian kasir meminta nomor ponsel saya yang didaftarkan ke OVO dan dicatat di struknya untuk catatan mereka.

Kasir lalu memasukkan jumlah tagihan saya ke mesin EDC (Electronic Data Capture) OVO setelah sebelumnya memilih menu Push to Pay.

Setelah jumlah tagihan dimasukkan ke mesin EDC, kasir memasukkan nomor ponsel saya yang digunakan di OVO.

Setelah menunggu agak lama karena mesin sepertinya kesulitan menghubungi server OVO, di layar aplikasi OVO saya muncul konfirmasi pembayaran.

Pada layar ini saya bisa memilih metode pembayaran yang akan digunakan, yaitu OVO Cash atau OVO Points (saya menggunakan OVO Cash), lalu tekan tombol Bayar.

membayar menggunakan OVO
membayar menggunakan OVO

Karena transaksi yang harus saya bayar nilainya lebih dari Rp 100.000, saya diminta memasukkan kode keamanan (PIN) OVO saya.

Sesaat setelah pembayaran berhasil, mesin EDC langsung menyetak struk bukti pembayaran yang berisi kode persetujuan (approval code) yang berupa kode batang (barcode).

Kode persetujuan ini yang kemudian dimasukkan ke mesin kasir untuk menyelesaikan transaksi.

Saya menerima 2 struk pembayaran, yaitu struk pembayaran dari Imperial Kitchen & Dimsum dan satu struk pembayaran dari OVO.

Tak lama kemudian, saya mendapatkan push notification dari OVO yang menyatakan bahwa saya mendapatkan OVO Points sebesar 23.000.

struk pembayaran OVO Push to Pay
struk pembayaran OVO Push to Pay

Rupanya cashback yang dimaksud oleh OVO adalah berupa OVO Points yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan pembayaran, bukan berupa potongan harga atau nilai OVO Cash yang dikembalikan.

Saya sendiri puas dengan pembayaran menggunakan OVO. Apalagi OVO memiliki beberapa metode pembayaran lain selain Push to Pay, yaitu dengan memindai kode QR maupun kode batang serta metode dengan menunjukkan ID OVO ke merchant saat melakukan transaksi.

Saya penasaran dengan metode pembayaran lainnya dan jika ada kesempatan, saya akan mencobanya.

Apalagi akun saya sudah menjadi akun Premier, sehingga saya bisa menyimpan dana hingga Rp 10 juta dan bisa digunakan di merchant rekanan grup Lippo, termasuk Hypermart dan Matahari.

Galeri Foto

Artikel ini dipublikasikan pada 30 Juni 2018, sekitar 5 bulan yang lalu. Informasi yang dimuat di artikel ini mungkin sudah tidak akurat.

Ada 7 tanggapan
Ranger Kimi 5 Agustus 2018 15:02 WIB

Mas, akhirnya akun aku sudah bisa upgrade. Itupun harus laporan dulu ke gerai OVO-nya. Heuheu. Btw, aku juga sudah coba bayar pakai OVO ini. Aku suka euy! Praktis beudh. Kayaknya aku bakalan setia pakai OVO buat belanja dan jajan kayak begini.

Muhammad Zamroni 5 Agustus 2018 15:32 WIB

wahah! akhirnya! dah nyoba yang Go-Pay?

Ranger Kimi 5 Agustus 2018 21:30 WIB

Belum. Soalnya di sini belum banyak merchant yang terima Gopay. Malah yang banyak OVO ada di mana-mana. Makanya aku tergoda buat bikin kan.

Muhammad Zamroni 5 Agustus 2018 22:08 WIB

yak. OVO menang di jaringan merchant. dan cashback 10% itu mayan sekali..

Radit 4 Oktober 2018 18:46 WIB

Kemaren saya baru coba pakai ovo, kirain sama kaya go-pay harus scan qr taunya pakai nomor hp 🙂 sayanya cashback dalam bentuk point coba kaya gopay langsung masuk saldo

Muhammad Zamroni 4 Oktober 2018 18:48 WIB

Ovo juga ada yang pake cara scan QR. tergantung merchant. cashback berupa point yang bisa dipakai buat belanja lagi (bisa split).

Mengisi (Top-Up) Go-Pay dan OVO dengan Jenius e-Wallet Center — matriphe! personal blog 15 Oktober 2018 21:24 WIB

[…] pengguna Go-Pay dan OVO untuk urusan pembayaran, saya biasanya mengisi saldo (top-up) kedua aplikasi uang elektronik […]

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.