Memperbaiki Speaker MacBook Pro Mid 2012 (A1278) yang Sobek

3 minutes 4,729 5

Sudah cukup lama speaker MacBook Pro Mid 2012 (A1278) saya suaranya cempreng. Lagu yang saya putar melalui Spotify terdengar sangat tidak nyaman karena suaranya pecah.

speaker MacBook Pro sobek

Saat menggunakan earphone, suara yang dihasilkan jernih dan enak didengar. Sudah cukup jelas yang bermasalah adalah speaker saya.

Saat saya mencoba mencari harga speaker pengganti di Bukalapak maupun Tokopedia, rata-rata harganya sekitar Rp 500.000.

Saya agak kurang rela jika harus merogoh kocek hingga setengah juta rupiah hanya untuk urusan speaker.

Saya pun memberanikan diri untuk melihat masalahnya, siapa tahu bisa diperbaiki sendiri.

Memperbaiki Speaker Sobek

memperbaiki speaker MacBook Pro dengan lem Castol

Saya kemudian membongkar MacBook Pro saya. Setelah MacBook Pro terbuka bagian dalamnya, saya langsung bisa melihat bahwa speaker saya sobek di bagian pinggir, bahkan hampir hancur.

Dugaan saya, karena letak speaker di MacBook Pro Mid 2012 (A1278) berada di dekat prosesor yang bisa sangat panas, maka plastik pada speaker tersebut meleleh dan sobek.

Dengan bermodal lem berjenis contact adhesive (lem kuning) berbahan Polychloroprene, saya pun memperbaiki sendiri speaker MacBook Pro saya.

Saya menggunakan lem Castol, di mana lem ini diklaim bisa tahan hingga suhu 80°C. Selain Castol, lem sejenis yaitu Aica Aibon atau lem kuning Fox juga bisa digunakan.

Saya membersihkan dulu permukaan speaker yang akan saya lem dengan menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol, supaya lem bisa menempel dengan baik.

speaker MacBook Pro yang diperbaiki dengan lem Castol

Lem Castol saya oleskan ke bagian pinggir speaker yang sobek. Karena seluruh pinggiran speaker saya hancur, saya mengoleskan lem ke seluruh pinggiran speaker.

Saya membiarkan lem mengering selama kurang lebih 30 menit.

Setelah kering, tampilan dari speaker memang terlihat tidak cantik, tapi karena menurut saya tampilan speaker tidak terlihat dan yang penting speaker berfungsi, saya tidak terlalu ambil pusing.

Saya lalu melakukan pengujian dan speaker saya berfungsi seperti semula. Suara cempreng yang tadinya terdengar karena speaker yang sobek sudah hilang.

Hanya dengan modal Rp 10.000 untuk membeli lem Castol, saya menghemat Rp 500.000 untuk mengganti speaker baru.

9 responses
  1. Gravatar of tejo
    tejo

    Itu lem gk masuk ke dalam speakernya?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    di permukaan aja, yang penting membran tertutup

  2. Gravatar of Abdillah
    Abdillah

    Terima kasih mas tipsnya. Saya menghemat 100x lipat. saya menggunakan lem castol mini yang dibeli dengan harga Rp.5000 . yeaah.. it works !

  3. Gravatar of mul kontot
    mul kontot

    wah makasi banyak bang!

  4. Gravatar of Yuri
    Yuri

    Klo pke sealent hitam lbh bgs,jd karet klo kering

  5. Gravatar of Abang Edwin SA
    Abang Edwin SA

    Nah ini yang terjadi pada MacBook Pro saya saat ini nih…..Karena sama sekali belum pernah bongkar2 MBP, mesti belajar dulu nih