Memasang Informasi Penulis di Halaman Pencarian Google

Artikel ini ditayangkan pada 23 Februari 2013, sekitar 4 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Bila mencari sesuatu di Google, saya sering melihat ada avatar penulis artikel terletak di samping deskripsi singkat dari tautan pada hasil pencarian. Saya penasaran, kok bisa begitu?

Google search Google search

Saya pun mencoba mencari tahu. Rupanya ini adalah layanan Google Authorship. Layanan ini menghubungkan profil Google+ ke konten blog atau situs yang kita buat, sehingga konten yang muncul di hasil pencarian Google tampak terlihat profesional.

Caranya sih cukup mudah, hanya mengikuti instruksi yang telah terpampang di halaman tersebut. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Gunakan foto avatar di halaman Google+ berupa foto wajah, yang dapat dikenali oleh mesin. Google tidak menerima foto yang bukan berupa wajah, misal foto bunga, foto anjing, dan sebagainya.
  2. Pastikan halaman profil Google+ bisa dilihat oleh umum. Jika profil Google+ tertutup (hanya bisa dilihat oleh lingkaran atau pengguna tertentu), ubah konfigurasi ini di halaman sunting profil.
  3. Gunakan email dengan domain yang sama dengan domain konten yang kita publikasikan. Misal saya menggunakan domain matriphe.com maka saya menggunakan email halo@matriphe.com ketika mendaftarkan ke layanan Google Authorship. Email ini bisa ditambahkan di bagian kontributor pada halaman Google+. Pastikan juga email ini telah terverifikasi di Google+ dengan melihat tanda centang.
  4. Tampilkan tulisan “oleh/by/author Nama Penulis” di dalam konten yang kita publikasikan. Pastikan bagian ini terbaca jelas dan muncul di halaman. Nama penulis memiliki tautan ke halaman profil Google+, dengan menambahkan atribut rel=”author”. Nama di Google+ harus sama dengan nama di konten yang dipublikasikan.
  5. Pastikan konten blog atau situs yang kita publikasikan bisa terindeks oleh Google. Tautan-tautan yang menggunakan rel=”noindex” tidak akan terbaca oleh Google.
  6. Perbarui konten blog atau situs secara rutin. Google membutuhkan waktu untuk melakukan indeks ulang dan menampilkan hasil pencarian terbaru.

email-google

Untuk melakukan pengecekan apakah informasi muncul atau tidak, gunakan alat ujicoba struktur berikut dengan memasukkan salah satu URL tautan konten.

Jika masih mengalami masalah, periksa kembali kelengkapan persyaratan yang ada. Halaman saya baru memunculkan informasi sekitar 2 minggu setelah melengkapi persyaratan.

Google akan mengirimkan email pemberitahuan jika halaman kita sudah muncul beserta dengan informasi penulis.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi tautan berikut.

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

0 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 23 Februari 2013, sekitar 4 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Statistik

Telah dibaca 219 kali. Waktu baca rata-rata 3 menit. Ada 0 komentar.