7 Tempat Wisata Ramah Anak di Malaysia

Tak sengaja saya menemukan kartu pos dari Penang, Malaysia yang pernah dikirimkan kawan saat melancong ke sana. Di dalam kartu pos, terdapat pesan untuk berkunjung ke Malaysia.

Malaysia, memang menjadi salah satu tujuan wisata yang diminati oleh pelancong di Indonesia. Tak perlu repot mencari pilihan hotel di Kuala Lumpur, selain juga relatif beragam dan harganya juga terjangkau.

Berwisata bersama keluarga juga mudah dan nyaman, apalagi setidaknya ada 7 lokasi wisata ramah anak yang bisa menjadi tujuan keluarga yang ingin memaksimalkan waktu berwisata bersama.

Legoland Malaysia

Legoland Malaysia Legoland Malaysia

Anak-anak bahkan orang dewasa tentu kenal dengan mainan Lego. Legoland yang dibuka pada tahun 2012 di Kuala Lumpur ini terdiri dari 40 wahana interaktif yang terbagi dalam taman hiburan (theme park) dan taman air (water park).

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini, misalnya membangun lego di Lego Build, belajar memahami rambu lalu lintas dengan naik mobil lego di Driving School Lego City, memacu adrenalin di Lego Mindstorm, bersantai naik perahu berkeliling danau di Boating School, dan menikmati pertunjukan 4D di Lego Studios.

Di Lego Miniland, di mana berbagai tengara (landmark) dunia dibuat minaturnya, terdapat miniatur Pura Tanah Lot, Bali.

Karena berada di dekat perbatasan Malaysia-Singapura, menuju ke Legoland Malaysia paling dekat ditempuh dari Singapura dengan melalui jalur darat yang ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam.

Jika dari Kuala Lumpur, Legoland Malaysia bisa dicapai dengan jalur darat selama 3,5 jam.

Aquaria KLCC

di dalam tunnel Aquaria KLCC di dalam tunnel Aquaria KLCC

Berada di area tengara paling terkenal di Kuala Lumpur, menara kembar KLCC, terdapat Aquaria KLCC. Akuarium raksasa yang sekaligus menjadi pusat edukasi kelautan ini menjadi tujuan yang cocok jika ingin mengajak anak mengenal lebih dalam tentang kehidupan maritim.

Terdapat lebih dari 5.000 jenis hewan laut yang dipamerkan. Untuk melihatnya, tak perlu lelah berjalan, cukup berdiri di atas travelator yang akan membawa pengunjung mendatangi hewan-hewan laut ini. Jika beruntung, anak-anak juga bisa melihat pemberian makan ikan.

Ada pula fasilitas cukup ekstrem yang ditawarkan oleh Aquaria KLCC dan hanya ditujukan untuk pengunjung dewasa, yaitu berenang bersama hiu dengan dibekali pengamanan yang memadai.

Petrosains

suasana di dalam Petrosains suasana di dalam Petrosains

Masih berada di kompleks KLCC, terdapat Petrosains, sebuah pusat ilmu pengetahuan untuk pengunjung dari segala usia. Seperti namanya, tempat ini dibangun oleh Petronas, perusahaan minyak milik Malaysia.

Petrosains akan menampilkan informasi tentang ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. Saat masuk pun kamu akan diangkut dengan semacam gondola yang telah dilengkapi video dan audio untuk menjelaskan sejarah perminyakan Malaysia.

Karena lokasinya berada di pusat kota, setelah lelah menjelajah, anak-anak bisa langsung istirahat di hotel yang dekat Petrosains.

Berjaya Times Square

di dalam Berjaya Times Square di dalam Berjaya Times Square

Jika di Indonesia ada Trans Studio sebagai taman hiburan indoor, maka Malaysia punya Berjaya Times Square yang terletak tak jauh dari kompleks KLCC. Di sini, anak-anak bisa bermain tanpa khawatir kepanasan.

Dari sekian banyak wahana seru yang tersedia, salah satu yang paling populer adalah Space Odyssey, yakni roller coaster dengan lintasan sepanjang 800 meter.

Ada pula Fantasy Garden yang cocok dikunjungi oleh anak-anak usia balita. Di sini terdapat berbagai mainan lucu yang bisa dinaikin oleh balita.

Asiknya lagi, taman hiburan ini masih satu komplek dengan Berjaya Times Square Hotel. Jika tidak ingin repot mencari-cari hotel, bisa sekalian menginap di sini.

Namun jika budget tidak memungkinkan, banyak pilihan hotel di Kuala Lumpur yang masih berada di sekitar sini.

Langkawi Wildlife Park & Bird Paradise

Langkawi Wildlife Park & Bird Paradise Langkawi Wildlife Park & Bird Paradise

Terletak di Pulau Langkawi, dekat dengan perbatasan Thailand, penangkaran hewan dan burung yang dibuka pada tahun 2002 menawarkan atraksi interaksi dengan hewan.

Berada di tempat ini, anak-anak bisa diajak memberi makan burung, landak, dan keledai. Sebuah pengalaman yang sulit untuk ditemui.

Jika cukup berani, pengunjung, bahkan anak-anak berfoto bersama ular, dengan didampingi oleh petugas yang sudah berpengalaman tentunya.

Terdapat rute penerbangan dari Kuala Lumpur (KUL) ke Langkawi (LGK) yang ditempuh dalam waktu kurang lebih 55 menit.

Cameron Highlands

Cameron Highlands Cameron Highlands

Berada sekitar 200 KM dari Kuala Lumpur, Cameron Highlands merupakan kawasan dataran tinggi yang terkenal di semenanjung Malaysia. Terletak setinggi 1.829 meter dari permukaan laut, temperatur di Cameron Highlands bisa mencapai 10°C hingga 20°C.

Ada banyak tempat seru yang bisa dikunjungi di Cameron Highlands. Pertama adalah perkebunan teh luas bernama Sungai Palas Tea Estate yang merupakan perkebunan swasta milik perusahaan teh terbesar di Malaysia, Boh Tea.

Di sini, pengunjung bisa melihat galeri dan pabrik teh, selain menikmati pemandangan perkebunan teh yang menyegarkan mata. Anak-anak ujuga bisa belajar tentang perkembangan industri teh di Malaysia dan menikmati seduhan teh hasil perkebunan setelahnya.

Kedua adalah Cactus Valley dengan beragam koleksi kaktusnya yang warna-warni. Unik sekali jika biasanya kaktus tumbuh di daerah kering, namun di Cactus Valley, kaktus bisa tumbuh dengan subur di dataran tinggi.

Ketiga, di Cameron Highlands Butterfly Farm, pengunjung bisa melihat berbagai macam kupu-kupu cantik dan serangga.

Jika masih belum puas, masih ada Time Tunnel Museum yang menyimpan benda koleksi See Kok Shan pada masa dahulu. Beberapa koleksi di museum ini contohnya motor klasik dan perkakas rumah tangga yang sering digunakan masyarakat dulu.

Lost World of Tambun

Lost World of Tambun Lost World of Tambun

Bagi yang suka bermain air, salah satu tempat terbaik yang bisa dikunjungi di Malaysia adalah Lost World of Tambun. Terletak di utara Kuala Lumpur, lokasi ini bisa ditempuh lewat jalur darat selama kurang lebih 2 jam.

Beberapa atraksi unggulan dari Lost World of Tambun adalah Tube Raider, yaitu papan seluncur berbentuk tabung dengan ukuran raksasa.

Ada pula Jungle Wave Bay yang merupakan kolam ombak besar dengan sembilan jenis gelombang berbeda.

Di Lost World of Tambun juga tersedia kolam khusus air panas yang berasal dari mata air panas Tambun.

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

0 komentar

Statistik

Telah dibaca 32 kali. Waktu baca rata-rata 8 menit. Ada 0 komentar.