Kata Box Resmi Diluncurkan di Indonesia

8 minutes 2,885 2

Jenama Kata mungkin belum begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kata Digital, lebih lengkapnya, merupakan perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat. Didirikan pada 2009 oleh David Chen, perusahaan yang menggunakan logo ikan koi ini mencoba peruntungannya di pasar Indonesia setelah masuk ke 6 negara.

Setelah Filipina, pada 6 November 2015, Kata secara resmi meluncurkan Kata Box, sebuah perangkat hiburan terpadu ke pasar yang sepertinya belum banyak dilirik pemain lainnya. Meski memiliki sejumlah ponsel dan tablet, Kata sepertinya ingin merebut pasar dari celah yang lain.

Saya berkesempatan menghadiri acara peluncuran Kata Box di restoran Sere Manis, Jakarta Pusat, yang dihadiri langsung oleh CEO dan pendiri Kata, David Chen dan General Manager Alex Prasetio.

Kata Box, Perangkat Hiburan Terpadu

David Chen, Founder dan CEO Kata Digital dan Alex Prasetio, GM Kata Digital meluncurkan Kata BoxDavid Chen membuka acara dengan bercerita tentang visi perusahaan yang didirikannya. Dengan visi ingin membuat hidup lebih mudah (making life easy), David Chen membangun perusahaan dengan serius. Terbukti, Kata cukup dikenal di 6 negara, yaitu Amerika Serikat tempat asalnya, Kanada, Hong Kong, Singapura, dan terakhir Indonesia.

Ikan koi ia pilih sebagai logo karena menurutnya ikan koi memiliki filosofi yang dalam, membawa keberuntungan dan nasib baik. Selain itu, tentu saja ia ingin orang mudah mengenali dan mengingat jenama perusahaanya.

David Chen kemudian bercerita tentang kenapa ia membuat Kata Box. Berawal dari pengamatannya terhadap pasar, terutama produk Apple TV, Chromecast, Miracast, PC, dan game console. Dari sini terbersit ide untuk menggabungkan semua itu ke dalam satu perangkat, dan lahirlah Kata Box.

Kata Box menggunakan sistem operasi Android Kitkat, dengan diperkuat prosesor Amlogic S805 1,5 GHz quad core dan prosesor grafis Mali 450. RAM yang ditanam sebesar 1 GB, penyimpan internal 8 GB, dengan konektivitas wifi, kabel LAN, USB, HDMI, dan kabel RCA.

Keberadaan colokan untuk kabel RCA yang berwarna kuning, merah, dan putih ini menarik, karena dengan kabel ini, TV biasa yang ada di pasar bisa diubah menjadi smart TV dengan perangkat Kata Box.

Dalam kemasan penjualan, Kata Box dilengkapi dengan sebuah remote controller untuk berinteraksi seperti layaknya pada televisi. Sedangkan game controllerkeyboard, dan mouse dijual terpisah.

Kata Box dijual di Indonesia dengan harga Rp 980.000, dan selama masa promosi, ditambahkan sebuah game controller dalam paket pembelian.

Ada tiga fungsi utama yang bisa dilakukan Kata Box, yaitu perangkat hiburan berisi konten video, perangkat game, dan komputer sederhana.

Konten Video Streaming

Kata BoxKata Box menawarkan konten video dan film terbaru melalui aplikasi MegaVPN yang memungkinkan pengguna Kata Box menonton saluran hiburan gratis dan berbayar yang ada di Amerika Serikat semacam Netflix, CBS, dan sebagainya. Dengan kata lain, Kata Box seolah-olah membawa layanan TV berlangganan yang dipancarkan melalui internet.

Pengguna Kata Box dalam paket pembelian mendapatkan akses gratis selama 60 hari untuk mengakses MegaVPN, di mana aplikasi MegaVPN ini yang membuat konten-konten yang hanya tersedia di Amerika Serikat bisa dinikmati pengguna Kata Box dari Indonesia. Pengguna bisa terus berlangganan MegaVPN jika ingin menikmati layanan konten tersebut.

Jika tidak ingin berlangganan, pengguna bisa saja memasang aplikasi VPN lain agar terus bisa menikmati konten dari Amerika Serikat tersebut, namun kecepatan dan stabilitas koneksi terhadap konten tersebut tidak senyaman ketika menggunakan MegaVPN.

Saat dikonfirmasi tentang hal ini, Alex Prasetio mengaku bahwa MegaVPN tersebut memang disiapkan khusus untuk saluran layanan konten dari Amerika Serikat, khusus untuk pelanggan Kata Box.

Akses Ribuan Permainan

bermain game menggunakan Kata BoxSelain untuk menonton film atau video, Kata Box bisa digunakan menjadi semacam game console. Karena berbasis Android, game berbasis Android yang didapat dari Google Play bisa dimainkan di Kata Box.

Namun jika tidak ingin mengunduh game dari Google Play, Kata Box telah ditanam beragam game yang bisa langsung dimainkan. Melalui aplikasi EM Market yang terpasang di Kata Box, permainan dari Nintendo, Game Boy, Atari, dan PSP bisa diunduh dan dimainkan di Kata Box.

Untuk memainkan game ini, tentu akan lebih menyenangkan dengan menggunakan game controller yang dijual terpisah. Game controller Kata Box menggunakan teknologi nirkabel yang tentu lebih ringkas dan tak ribet dengan urusan kabel.

Komputer Sederhana

Selain kedua fungsi hiburan, Kata Box bisa digunakan selayaknya komputer sederhana, semacam membuka dan menyunting dokumen menggunakan fungsi Office yang terpasang di Kata Box.

Dengan memasang keyboard dan mouse nirkabel yang dijual terpisah, mengoperasikan Kata Box seperti komputer pun menjadi mungkin.

Antarmuka Kata UI

tampilan Kata UIKata Box menggunakan antarmuka Kata UI, di mana tampilannya dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan TV, semacam pengaturan di layar dan kemudahan navigasi.

Saat menyalakan Kata Box, tampilan Kata UI langsung menyodorkan 4 bagian menu yang bisa diakses, yaitu menu TV untuk mengakses konten video, Gaming untuk mengakses konten permainan, Office untuk mengubah Kata Box menjadi komputer, dan Pengaturan.

Selain 4 menu tersebut, terdapat pula tombol-tombol aplikasi lain yang seperti biasa dilihat di ponsel atau tablet Android.

Untuk navigasi, Kata UI menggunakan remote controller yang dikemas bersama paket Kata Box. Kata UI sekilas memang seperti menu pada smart TV yang pernah saya lihat.

Layanan Garansi dan Purnajual

Pada sesi tanya jawab, saya menanyakan perihal layanan purnajual dan garansi, mengingat perangkat seperti ini kadang mengalami masalah.

Alex Prasetio menjawab bahwa karena setiap perangkat komunikasi yang beredar di Indonesia harus terdaftar di Ditjen Postel di mana salah satu syaratnya adalah memiliki layanan service center, begitu pula dengan Kata.

Layanan purnajual dan kantor Kata berada di ITC Roxy Mas, Lantai 2 No. 19, Jl. Hasyim Anshari No. 125, Jakarta Pusat. Selain di ITC Roxy Mas, toko Kata ada juga di Plasa Blok M, Lantai 4 No. 403, Jl. Bulungan No. 76, Jakarta Selatan.

3 responses
  1. Gravatar of Harga Bouncer Pliko
    Harga Bouncer Pliko

    Harga KATA BOXnya lumayan ya gan
    Kalo boleh minta info, promo itu berlaku sampe kapan ya?

  2. Gravatar of risi
    risi

    kata box saya baru beli 2 hari sudah rusak

  3. Review Kata Box Smart TV