Merasakan Sensasi Smart TV Dengan Kata Box

Setelah menghadiri peluncuran Kata Box, saya beruntung bisa membawa pulang seperangkat Kata Box berikut game controller, kabel HDMI, dan kabel USB.

Harga seperangkat Kata Box Rp 980.000, dan selama promosi akan mendapat bonus sebuah game controller.

Saya yang tidak punya smart TV, tentu merasa senang karena akhirnya bisa merasakan sensasi menggunakan smart TV. Yang lebih membahagiakan lagi, karena saya hanya memiliki TV biasa, TV tabung tanpa koneksi HDMI, Kata Box mendukung konektivitas AV (audio-video) RCA kuning-merah-putih yang ada di semua TV.

Selain HDMI, Kata Box menggunakan colokan AV RCA dengan ujung jack 3,5 mm. Kabel ini bisa dibeli dengan mudah dan murah di toko elektronika.

Kemasan dan Fisik Kata Box

isi kemasan Kata Box
isi kemasan Kata Box

Perangkat Kata Box berwarna hitam langsung terlihat menonjol memenuhi permukaan kardus. Begitu diangkat, perangkat Kata Box terasa cukup ringan. Dengan ukuran 10,5 × 10,5 × 2,5 cm perangkat ini bahkan bisa dipegang hanya dengan satu tangan.

Di bawah perangkat, terdapat lembar panduan singkat berbahasa Inggris dan bertulisan Mandarin. Remote controller diselipkan secara diagonal ke dalam dudukan kardus yang bila diangkat terlihat catu daya dengan colokan kaki tiga (tipe G).

Logo Kata lengkap dengan ikan koinya tertulis lamat-lamat di permukaan bagian atas. Terdapat lubang kecil yang merupakan indikator saat Kata Box menyala.

Di bagian samping kanan terdapat sebuah port USB. Colokan-colokan terletak di belakang yang terdiri dari lubang jack 3,5 mm untuk AV, port USB, port micro SD, colokan catu daya, port HDMI, dan port kabel LAN (RJ-45).

Remote controller Kata Box begitu mungil dan stylish. Panjangnya hanya 14 cm dengan lebar 4 cm, dengan warna hitam senada dengan Kata Box. Tidak seperti biasanya, remote controller Kata Box ditenagai baterai Lithium tipe CR2032 bertegangan 3 volt.

Game controller Kata Box menggunakan teknologi nirkabel. Selain tombol dan tuas pengendali pada kebanyak game controller pada umumnya, terdapat tombol kunci dan tombol play. Terdapat colokan kabel micro USB di bagian depan yang berfungsi untuk mengisi ulang daya pada game controller ini.

Jika tidak digunakan, game controller ini bisa dimatikan dengan menggeser tombol di bagian bawah. Lampu indikator LED berjejer 4 buah akan menyala jika game controller ini dinyalakan.

Kata Box menggunakan prosesor Amlogic S805 1,5 GHz quad-core yang biasa digunakan oleh perangkat smart TV. Untuk grafis, Kata Box mempercayakannya kepada Mali 450. RAM yang ditanam sebesar 1 GB dengan media penyimpan sebesar 8 GB yang bisa ditambah micro SD atau menautkannya dengan hard disk eksternal lewat USB.

Artikel ini dipublikasikan pada 8 November 2015, sekitar 3 tahun yang lalu. Informasi yang dimuat di artikel ini mungkin sudah tidak akurat..

Ada 2 komentar
M Hanjani 18 April 2016 14:54 UTC

Maaf gan mau tanya, agan tampilannya runyem/ kusut ga klo pake kabel av.
Klo saya pake kabel av tampilanya runyem ga jelas gtu ngeblur, tapi kalo pake hdmi ok.
Saya uda ganti kabel av dua kali, dengan merk yg sama tapi tetep gan ga ada perubahan.
Menurut agan kabel av apa yg rekomended bwat kata box ini ?
Terimakasih

rosi 10 September 2016 11:46 UTC

Garansi kata box kurang memuaskan
Tidak sesuai dengan yg dijanjikan
Baru beli 2 hari sudah error