Menghadiri MI Fans Jakarta Meet Up

Artikel ini ditayangkan pada 19 Oktober 2014, sekitar 3 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Sebagai pengguna ponsel Xiaomi Redmi 1S, banyak hal yang belum saya ketahui dari ponsel ini. Untungnya, ada dukungan komunitas MIUI Indonesia yang tak pelit berbagi informasi.

Tanggal 18 Oktober 2014, bertempat di Old Town White Coffee, Mal Kota Kasablanka, Jakarta, saya menghadiri perkumpulan komunitas penggemar MIUI regional Jakarta, MI Fans Jakarta Meet Up. Sebelumnya, saya harus mendaftar dulu di thread forum MIUI global, karena komunitas MIUI Indonesia merupakan komunitas resmi regional MIUI.

Bayu Aji memberikan materi Bayu Aji memberikan materi

Saya datang agak terlambat, sekitar satu jam dari jadwal, namun saya merasa tak banyak tertinggal materi. Saat saya datang, pas banget ada materi tips dan trik MIUI5 yang dibawakan oleh Bayu Aji, salah satu koordinator komunitas MIUI Indonesia.

Meski menggunakan MIUI5 sehari-hari, ada beberapa hal kecil namun powerful yang belom saya ketahui. Mungkin saya akan tulis tersendiri tentang beberapa tips dan trik dari MIUI5 ini. Materi tips dan trik dari Bayu Aji bisa dilihat di sini.

Acara yang didukung oleh Indosat ini berlangsung meriah. Apalagi acara ini dihadiri oleh Fandy “Bobby” Silalahi, community manager Xiaomi di Indonesia. Berbagai door-prize dari sponsor bertebaran, mulai dari pulsa, aksesoris Xiaomi semacam Mi Cover, Mi Key, Mi Power Bank, hingga Xiaomi Redmi 1S dibagikan di acara ini.

Saya beruntung mendapat casing Mi Cover berwarna kuning yang pas untuk Xiaomi Redmi 1S saya. Saya juga mendapat kartu perdana Indosat Mentari Super Data dengan kuota internet 3 GB untuk 3 bulan.

Materi berikutnya dibawakan oleh Glenn Nugraha, salah satu pengembang MIUI dari Iluminouss. Glenn membawakan materi tentang porting ROM MIUI.

Saya berjumpa dengan Idham, salah satu pengembang MIUI/Xiaomi. Saya pernah bertemu dan berkenalan dengannya di Jogja. Saya pun kemudian bergabung dan ngobrol tentang MIUI dengan dia. Idham menunjukkan Xiaomi Mi 3 yang sudah dilengkapi MIUI6 (Android Kitkat).

Mengintip Xiaomi Mi 3

Xiaomi Mi 3 Xiaomi Mi 3

Saya langsung tergiur melihat Xiaomi Mi 3. Xiaomi Mi 3 merupakan ponsel kelas atas keluaran Xiaomi yang benar-benar cocok untuk yang suka ngoprek. Seperti salah satu slogannya, “a dragon in your pocket“, selain karena diperkuat prosesor Snapdragon 800 dual-core, Xiaomi Mi 3 memiliki fitur tersembunyi, mendukung dual-OS!

Fitur ini ditunjukkan oleh Idham, dengan cara masuk ke mode recovery dengan menekan tombol power dan volume up secara bersamaan dalam keadaan ponsel mati. Di dalam mode recovery, muncul 2 pilihan OS yang akan dimuat. Ini semacam komputer dengan dual-OS.

Keuntungannya menggunakan dual-OS, pengguna bisa melakukan instalasi 2 ROM berbeda, misal ROM MIUI dan ROM satunya CyanogenMod. Ini juga berfungsi, jika salah satu ROM gagal dipasang, misal karena berbagai, masih ada cadangan ROM satu lagi yang berfungsi.

Yang doyan ngoprek memang layak memiliki Xiaomi Mi 3. Hampir setiap pekan, akan selalu muncul ROM baru untuk dicoba. ROM dalam tahap development ini dibagikan tiap Jumat dan dikenal dengan nama Happy Orange Friday.

Info-Info Seputar MIUI & Xiaomi

Meski Xiaomi Mi 3 ini begitu menggiurkan, sayangnya menurut informasi, Xiaomi Mi 3 tidak masuk ke pasar Indonesia. Namun, jangan khawatir, dengar-dengar yang masuk pasar Indonesia adalah Xiaomi Mi 4, yang tentunya bakal lebih ganas dari Xiaomi Mi 3.

Sebelum Xiaomi Mi 4 masuk ke pasar Indonesia, Xiaomi Redmi Note akan masuk ke Indonesia setelah batch penjualan Xiaomi Redmi 1S selesai. Cara penjualan Xiaomi Redmi Note pun akan sama dengen Xiaomi Redmi 1S, melalui situs penjualan online.

MIUI6 dengan dukungan Android Kitkat (4.4) untuk Xiaomi Redmi 1S dan Xiaomi Redmi Note, akan tersedia akhir tahun ini. Pengguna Xiaomi Mi 3 sudah bisa menikmati MIUI 6 sejak bulan Agustus kemarin.

Saya baru tau tentang fitur “mode ringan” di Xiaomi Redmi 1S saya. Mode ini membuat ponsel menjadi lebih ringan dan cepat, namun beberapa fitur terpaksa dihilangkan karena mengejar kecepatan dan penghematan sumber daya.

Komunitas MIUI Indonesia

Saya merasa komunitas MIUI Indonesia begitu aktif. Saya bertemu dengan orang-orang baru yang menyenangkan. Di dunia maya, para admin dan moderator begitu aktif dan bisa menjaga ritme komunitas selalu aktif.

Saya merasa, dukungan MIUI/Xiaomi global kepada komunitas begitu kuat, sehingga ini menjadi kunci agar komunitas tetap aktif sesuai dengan visi misi MIUI/Xiaomi.

Informasi Komunitas

Galeri Foto

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

4 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 19 Oktober 2014, sekitar 3 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Teungku Alex (@alexatjeh)

20 Oktober 2014 01:21

Ini pasti yang dipamer-pamerkan sama almascatie. Telat tahu ada kumpul-kumpul begini. Ada cabang Bogor tak komunitas macam ini? :))

GlennNugraha

2 November 2014 04:01

Postingannya menarik.. Makasih udah posting tentang kegiatan #MIfansJKT

dwimon

25 Februari 2015 16:23

Idham ini emang well banget.. hape aja pake dual OS :D

Cathbell

15 April 2015 15:17

xiaomi mi 3 kenapa bisa ga masuk indonesia ya... tapi gapapa deh kalo ada mi4 yang lebih keren sebagai gantinya haha

Statistik

Telah dibaca 1.024 kali. Waktu baca rata-rata 5 menit. Ada 4 komentar.