Mendarat di Hong Kong International Airport

Artikel ini ditayangkan pada 5 September 2012, sekitar 5 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Pesawat Boeing 777-300 Cathay Pacific CX-718 mendarat di Hong Kong International Airport (HKIA) tepat pukul 14:10. Perjalanan selama 4 jam dari Jakarta tak terasa karena tersedia perangkat hiburan yang lengkap di dalam pesawat.

petunjuk ke arah imigrasi

Menggunakan garbarata, saya turun melalui gate 64, yang terletak di ujung barat laut. Kemudian berjalan menuju ke imigrasi dengan mengikuti petunjuk arah menggunakan travelator.

Selesai urusan imigrasi, saya turun ke bawah satu lantai, kemudian naik skytrain menuju ke ruang kedatangan B di Terminal 1.

Para penjemput berbabaris rapi lengkap dengan troli dan kertas bertulis nama orang yang akan dijemput. Berbeda dengan di Jakarta, para penjemput berbaris rapi di tempat yang telah ditentukan.

Setelah bertemu dengan penjemput saya seorang bapak berompi biru dari Vigor Airport Shuttle, saya berjalan mengikuti penjemput saya menuju ke ruang parkir bus yang terletak di Terminal 2.

Hong Kong International Airport merupakan bandara tersibuk nomor 10 menurut data tahun 2011 dengan daya tampung mencapai 53 juta penumpang per tahun.

Dengan luas Terminal 1 saja yang mencapai 570,000 m², bandara ini memiliki 80 gate dan mampu menampung pesawat-pesawat berbadan besar macam Boeing 747 dan Airbus 380.

terlihat pesawat lepas landas dari ruang tunggu HKIA

Hong Kong International Airport menggantikan Bandara Kai Tak yang telah ada sejak tahun 1925.

Bandara Kai Tak merupakan salah satu dari 10 bandara yang berbahaya menurut History Channel karena lokasinya berada di Kowloon Bay (Victoria Harbour) yang dikelilingi oleh bukit dan gedung-gedung pencakar langit.

Pilot-pilot yang akan mendarat di Bandara Kai Tak harus berpengalaman karena harus melakukan manuver berbelok curam ketika hendak mendarat untuk menghindari pesawat menghantam gedung.

Bandara Kai Tak ditutup tanggal 5 Juli 1998 dan digantikan oleh Hong Kong International Airport yang terletak di Pulau Chek Lap Kok seluas 12.48 km² yang merupakan hasil reklamasi (pengurugan laut).

Bandara baru ini terletak di ujung paling barat wilayah Hong Kong, 30 Km dari bandara lama. Karena terletak di Pulau Chek Lap Kok, Hong Kong International Airport juga sering dikenal dengan Bandara Chek Lap Kok.

Desain bandara sangat ramah cahaya. Mayoritas terdiri dari kaca yang dirancang akan pecah ketika angin topan kencang datang menerpa sehingga angin bisa lewat dan bandara masih tetap kokoh berdiri. Hong Kong memang sering dilanda angin topan, sehingga bangunan ini disiapkan untuk mengantisipasinya.

replika pesawat Spirit of Sha Tin

Untuk menuju ke pusat kota, ada banyak pilihan sarana transportasi. Ada bus umum, kereta (Airport Express), dan taksi. Bahkan dari bandara bisa langsung menyeberang ke Cina dan Macau menggunakan feri, tanpa melewati imigrasi.

Di Terminal 1 sisi B, jika menengok ke atas, akan terlihat sebuah replika pesawat yang bernama Spirit of Sha Tin. Sha Tin adalah nama tempat di mana pesawat ini pertama kali terbang di bawah kendali pilot asal Belgia, Charles de Bron pada tanggal 11 Maret 1911. Penerbangan pertama ini menjadi titik tonggak dunia aviasi Hong Kong.

Saat ini, Bandara Kai Tak sedang dibongkar dan akan digunakan sebagai pelabuhan kapal-kapal pesiar berukuran besar. Diperkirakan tahun 2015 pelabuhan ini sudah dapat beroperasi.

Nama Kai Tak diambil dari dua orang konglomerat Ho Kai dan Au Tak, pemilik tanah yang menyumbangkan tanahnya kepada pemerintah untuk digunakan untuk bandara tersebut.

Dari bandara, saya menuju ke pulau Hong Kong, melewati jembatan Kap Shui Mun Channel yang menghubungkan Pulau Lantau dan Pulau Ma Wan dan disambung dengan jembatan Ma Wan Channel yang menghubungkan Pulau Ma Wan dengan Tsing Yi. Dari Tsing Yi menuju Kowloon melalui jalan raya Tsing Sha dan sampai di Pulau Hong Kong melalui terowongan bawah laut pertama, Cross Harbour Tunnel yang dibangun tahun 1979 dan digunakan tahun 1981.

Selamat datang di Hong Kong!

Informasi Fasilitas Penting

  • Tersedia ruang ibadah di Terminal 1 keberangkatan. Sebuah ruangan dengan deretan kursi dan area untuk sholat lengkap dengan arah kiblat.
  • Kantor pos berada di Terminal 1 keberangkatan, di dekat counter check-in G. Kantor pos buka jam 8:00.
  • Makanan halal tersedia di Popeye’s, terletak di Terminal 1 keberangkatan.
  • Terdapat counter pengaduan barang hilang di lantai 5 Terminal 2.
  • Terdapat wi-fi gratis dengan nama SSID #HKAirport Free WiFi yang cepat dan jangkauan luas di seluruh area bandara. Setelah terkoneksi, buka peramban, masukkan URL apa pun (misal Google), nanti akan muncul halaman ketentuan layanan, pilih “Accept and Continue“.

Galeri Foto

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

1 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 5 September 2012, sekitar 5 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Jauhari

11 September 2012 06:49

Lha kwi ada penampakan Wanita Berjilbab sopo kwi :-)

Statistik

Telah dibaca 5.813 kali. Waktu baca rata-rata 5 menit. Ada 1 komentar.