Pengalaman Mengirim Uang ke Indonesia Menggunakan TransferWise

Sudah beberapa bulan ini saya menggunakan TransferWise, layanan untuk mengirim uang kepada keluarga di Indonesia.

transfer dari Euro ke Rupiah menggunakan TransferWise
transfer dari Euro ke Rupiah menggunakan TransferWise

Saya mendaftar layanan ini pada November 2018, dan sempat menjadi pilihan saya untuk mengirim uang dari Indonesia untuk membayar apartemen yang telah saya sewa sebelum saya berangkat ke Berlin.

Sayangnya layanan ini tidak mendukung pengiriman dari rupiah (IDR), sehingga saya akhirnya mengurungkan niat dan akhirnya mengirim uang melalui BCA.

Akhirnya saya pun mengaktifkan layanan ini pada Februari 2019, karena bermaksud mengirim uang ke Indonesia.

Saya melempar pertanyaan ke Twitter, untuk mendengar pengalaman netizen yang sudah pernah menggunakan TransferWise, dan responnya sangat positif.

Dari cerita netizen yang telah menggunakan TransferWise, selain nilai tukarnya yang bagus, proses transfer cepat dan hampir semua bank di Indonesia bisa menerima kiriman uang dari TransferWise.

Saya pun makin mantap untuk mencoba. Saya kemudian mencoba mengirim uang ke rekening BCA istri saya.

Caranya juga sangat mudah, pertama tentu saja perlu memiliki dana untuk ditransfer.

nomor IBAN akun TransferWise
nomor IBAN akun TransferWise

Karena saya tinggal di Jerman, saya bisa mengisi saldo TransferWise dengan melakukan transfer SEPA (Single Euro Payments Area) ke nomor IBAN (International Bank Account Number) akun saya di TransferWise dari akun bank lokal Jerman saya.

Transfer uang melalui SEPA dikenakan biaya seperti transfer bank lokal, yang mana hampir sebagian besar kini bebas biaya.

Pada rekening tujuan, saya kemudian memasukkan informasi rekening BCA istri saya dengan memilih jenis mata uang penerima, kemudian memilih nama bank dari pilihan yang ada, dan memasukkan nomor rekening.

Saya tentu saja memilih mata uang penerima ke rupiah (IDR), memilih BCA Kantor Pusat Operasional lalu memasukkan nomor rekening BCA.

Sebelum menekan tombol kirim, TransferWise secara transparan menampilkan biaya yang dikutip sesuai dengan jumlah uang yang dikirim dan biaya untuk konversi mata uang.

Biaya ini bisa dilihat dan disimulasikan dari halaman perhitungan biaya TransferWise.

halaman transfer TransferWise
halaman transfer TransferWise

Setelah memasukkan seluruh informasi yang dibutuhkan, saya pun menekan tombol kirim, dan menyilangkan jari berharap-harap cemas.

Saya menggunakan aplikasi TransferWise untuk melakukan pengiriman, meski proses ini juga bisa dilakukan melalui situs.

Meski halaman menampilkan informasi bahwa paling lambat uang akan masuk selama 24-48 jam, namun biasanya uang sampai dan masuk ke rekening di Indonesia sekitar 15-30 menit.

Seluruh proses ditampilkan dengan tampilan yang cantik dan jelas.

Saya mendapatkan notifikasi saat prosesnya berlangsung hingga selesai melalui surel.

Nilai tukar TransferWise bisa dibilang sangat bagus. TransferWise memberi jaminan bahwa nilai tukar akan tetap sama selama 82 jam untuk menukar Euro ke Rupiah.

Ini sangat berguna terutama saat proses transfer membutuhkan waktu yang lama hingga lebih dari 24 jam di mana biasanya nilai tukar berubah, nilai tukar yang digunakan adalah nilai tukar saat melakukan transaksi.

Sebagai pelanggan TransferWise, saya cukup puas dengan layanan ini dan berharap nilai tukarnya tetap baik dan biayanya turun.

TransferWise menggratiskan biaya transfer hingga senilai £500 untuk transfer.

Artikel ini dipublikasikan pada 25 Mei 2019, sekitar 5 bulan yang lalu. Informasi yang dimuat di artikel ini mungkin sudah tidak akurat.

Ada 4 tanggapan
Dirman 8 Juni 2019 14:44 WIB

Masya Allah, lelaki idaman tenan. 🙂

Agnesius Susanto 28 Juni 2019 23:00 WIB

Hai!

Perkenalkan saya Santo, saya baru aja mencoba mengirimkan euro ke idr di akun borderless. Saya ingin bertanya, apakah ada langkah selanjutnya untuk memindahkan saldo tersebut ke rekening BCA saya? Atau nanti akan termutasi dengan sendirinya? Saya baru menerima transaksinya di akun borderless tersebut sekitar satu jam yang lalu. Mohon pencerahannya. Terima kasih! 🙂

Muhammad Zamroni 29 Juni 2019 05:58 WIB

Apakah kamu sudah mengirimkan dari saldo Transferwise ke rekening BCA?

Ibu Monica A. Suparyanto 8 Agustus 2019 08:53 WIB

Maaf ya mau tanya…apakah di Africa Selatan kota Pretoria ada Transferwise. Karena anak2 saya mau kirim uang ke sana bulanan. Tolong di jawab ya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.