matriphe! Blog Aggregator

2 minutes 62 5

Jika dulu blogger rajin blogwalking, kini aktivitas saling berkunjung blog itu sudah jarang sekali dilakukan.

Jangan kan blogwalking, banyak juga blogger-blogger yang dulu begitu rajin dan aktif, kini hiatus karena kesibukan atau beralasan lupa password.

Saya sendiri meski sempat vakum, beberapa tahun ini mencoba aktif lagi ngeblog. Walau tidak rutin, namun saya mencoba konsisten menulis.

Beberapa kawan juga saya lihat ada beberapa yang masih rutin ngeblog. Ini membuat saya semangat dan merasa ada temannya.

Untuk mempermudah saya memantau tulisan terbaru dari teman-teman, saya membuat sebuah blog aggregator.

Blog aggregator sendiri bukan lah teknologi baru, hanya dengan membaca RSS atau Atom feed, saya bisa mengetahui siapa yang sudah mempublikasikan tulisan terbarunya di blog.

Saya menggunakan Laravel dan SimplePie untuk membangun blog aggregator ini, di mana setiap jam akan membaca dan mengunjungi blog-blog yang telah terdaftar.

Blog-blog yang terdaftar di sana hampir semuanya adalah blog kawan-kawan saya. Ada yang masih aktif, ada juga yang tidak aktif.

Saya juga menerima masukan blog-blog yang menarik yang bisa saya tambahkan di blog aggregator saya.

Caranya gampang, hanya dengan berkomentar di blog ini, saya akan mengunjungi balik blog tersebut, dan jika cocok, saya akan menambahkannya di blog aggregator saya.

Saya menyediakan Atom feed jika ada yang ingin berlangganan tulisan dari blog aggregator saya.

Karena Telegram sudah menjadi platform favorit saya, saya menambahkan fitur mengirim pesan ke sebuah kanal publik Telegram jika ada tulisan terbaru.

6 responses
  1. Gravatar of mawi wijna
    mawi wijna

    Aku pernah bikin aplikasi desktop yang seperti ini pakai Java. Tapi, memang harus punya modal server yang bisa nge-cron.

  2. Gravatar of iKurniawan
    iKurniawan

    HUaaaaaa blog aku masuk sini. makasih om Zam

    Masih semangat blog walking, karena kurang femes klo nunggu kunjungan doang tanpa berkunjung duluan
    😀

  3. Gravatar of Aris Ripandi
    Aris Ripandi

    Waah apik dan ciamik ini, nyontek ah. Klo sekarang saya sendiri pake Miniflux sih untuk personal agregator dari situs dan blog yang sering jadi bahan bacaan. Tapi agregator macam ini keren juga, lebih sesuai kebutuhan si empunya banget, terlebih bikinnya gak pake susah. Salam kenal dan salam Laravel. Ini komentar perdana setelah cukup lama jadi silent reader disini dan di blognya mas yg di Medium.

  4. Gravatar of snydez
    snydez

    gue pakai feedly, udah dari lama,
    pernah juga bikin agregator manual untuk blog-blog gue di https://snydez.com 🙂

  5. Gravatar of Abang Edwin SA
    Abang Edwin SA

    Menarik ini mas……Blog saya ada di wordpress.com jadi untuk menginstall plugin khusus RSS Feed ini mesti diupgrade ke Business Plan…..rada mahal euy…hahaha. Ada alternatif lain gak ya mas kalau pengen punya halaman/blog khusus untuk blog aggregator seperti ini?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    kalo untuk konsumsi pribadi, sepertinya Feedly cukup. tapi untuk yang terbuka seperti ini, kayanya belum.. hmm, menarik juga kalo dibikin layannannya, yak.. 🤔