Melakukan Upgrade Akun Premium Uangku

Sudah lama saya mempunyai akun Uangku. Akun Uangku saya buat saat mencoba layanan Pay By QR sekitar 2 tahun lalu.

akun Uangku di Traveloka
akun Uangku di Traveloka

Kebetulan saat itu saya hendak bertransaksi di Traveloka yang saat itu ada program promo dengan menggunakan saldo Uangku.

Saya pun mengisi saldo Uangku saya untuk bertransaksi di Traveloka, namun ternyata, meski saya sudah mendaftarkan nomor telepon saya di akun Uangku dan di Traveloka, saldo Uangku saya di Traveloka tidak berubah.

Saya kemudian mengontak Traveloka dan Uangku untuk menanyakan hal ini melalui Twitter. Traveloka pun menjelaskan bahwa rupanya kedua akun memang tidak dapat terhubung. Haduuh.

Karena sudah terlanjur mengisi saldo di Uangku, saya pun bermaksud menarik kembali uang yang ada di Uangku ke rekening bank saya.

Saat saya mencoba melakukan menu transfer, saya mendapat peringatan untuk melakukan upgrade akun ke Premium.

Rupanya hanya akun premium Uangku saja yang bisa melakukan transfer ke rekening bank atau ke sesama akun Uangku.

Untuk melakukan upgrade, saya diminta datang ke Galeri Smartfren yang berada di Jalan Agus Salim No. 45, Sabang, Jakarta Pusat dan mendaftarkan indentitas diri.

Walah, merepotkan sekali jika harus datang ke Galeri Smartfren hanya untuk melakukan upgrade akun.

Melakukan Upgrade Akun Uangku

informasi cara upgrade Uangku
informasi cara upgrade Uangku

Saya kemudian mencoba mengontak Uangku melalui menu kontak di aplikasi.

Saat itu sekitar jam 7:20 pagi, saya mencoba chat dengan layanan pelanggan, namun saat itu belum tersedia. Mungkin memang belum masuk jam kerja.

Saya lalu mengirim surel ke [email protected] seperti yang tertera di aplikasi.

Saya menyertakan nomor telepon yang saya gunakan di akun Uangku dan bertanya apakah saya bisa melakukan upgrade akun tanpa harus datang ke Galeri Smartfren.

Selain melalui surel, saya pun mengirim pertanyaan senada ke akun Twitter @UANGKUID.

Pertanyaan saya direspon sekitar satu jam setelahnya. Ada 2 balasan yang masuk ke surel saya, keduanya menggunakan aplikasi Zendesk, aplikasi untuk layanan pelanggan.

Respon pertama datang dari Riris Christina, yang menanggapi cuitan saya tentang pertanyaan kenapa akun Uangku saya tidak tersambung ke akun Uangku di Traveloka, pada pukul 8:26 WIB.

Surel kedua datang dari Ikah yang merespon surel saya tentang melakukan upgrade tanpa datang ke Galeri Smartfren pada pukul 8:32 WIB.

Saya kemudian membalas surel dari Riris, dan saya akhirnya dibantu untuk melakukan upgrade akun Uangku saya ke akun Premium.

menu transfer ke rekening bank di Uangku
menu transfer ke rekening bank di Uangku

Untuk melakukan upgrade, saya diminta mengirim foto kartu identitas (KTP/SIM) dan mengisi formulir permohonan yang disertakan pada surel.

Setelah mengirim foto KTP dan mengisi formulir, permohonan saya akan diproses dalam waktu maksimal 2×24 jam hari kerja.

Sekitar pukul 12:21 WIB, saya mencoba memeriksa status akun Uangku saya, dan ternyata akun saya sudah berubah menjadi akun premium yang ditandai dengan saya bisa mengakses menu transfer ke sesama pengguna Uangku dan ke rekening bank.

Saya kemudian menarik kembali uang yang sudah saya setorkan ke rekening bank saya. Untuk transaksi transfer ke rekening bank, saya dikenakan biaya Rp 6.500 yang diambil dari saldo Uangku.

Setelah memilih rekening bank tujuan dan mengisi nomor rekening dan jumlah yang ingin ditransfer, uang pun langsung masuk ke rekening.

Keuntungan lainnya jika akun Uangku sudah premium adalah dapat menampung saldo maksimal hingga 10 juta rupiah, di mana jika akun Uangku bukan akun premium, hanya mampu menampung maksimal 1 juta rupiah.

Cara Lain Menarik Uang dari Uangku

menu tarik tunai di Uangku
menu tarik tunai di Uangku

Selain transfer ke rekening, uang yang ada di akun Uangku bisa ditarik secara tunai dengan memanfaatkan fitur tarik tunai (withdraw cash).

Dengan fitur ini, uang bisa diambil melalui Galeri Smartfren atau Alfamart. Fitur ini hanya tersedia untuk akun premium.

Untuk penarikan di Galeri Smartfren, jumlah uang yang bisa ditarik adalah Rp 10.000 dan kelipatannya. Pengguna diminta mengisi jumlah uang yang ada di aplikasi Uangku, kemudian datang ke Galeri Smartfren dengan membawa kartu identitas diri.

Penarikan uang melalui Galeri Smartfren tidak dikenakan biaya.

Jika penarikan uang dilakukan melalui Alfamart, selain mengisi jumlah uang di aplikasi, pengguna akan mendapatkan SMS berisi kode OTP (one time password) yang nantinya kode OTP ini ditunjukkan ke kasir Alfamart untuk pengambilan uang.

Jumlah uang yang bisa ditarik melalui Alfamart adalah Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 150.000, Rp 250.000, dan Rp 500.000. Biaya yang dikenakan untuk transaksi ini adalah Rp 5.000.

Jika jumlah penarikan di Alfamart antara Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000, biaya yang dikenakan sebesar Rp 7.500.

Kesan Layanan Pelanggan Uangku

Saya mengacungkan jempol untuk respon layanan pelanggan Uangku. Responnya menurut saya cukup cepat.

Awalnya saya agak pesimistis, apalagi saat melihat akun Twitter @UANGKUID yang aktivitasnya tidak begitu masif. Namun begitu melihat responnya terhadap keluhan di Twitter, saya berprasangka baik.

Rupanya penanganan dilakukan melalui aplikasi Zendesk dengan berbalas surel daripada menjawab melalui Twitter.

Masalah saya selesai dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dengan komunikasi melalui surel.

Artikel ini dipublikasikan pada 31 Maret 2018, sekitar 3 bulan yang lalu. Informasi yang dimuat di artikel ini mungkin sudah tidak akurat..

Belum ada komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.