Pengalaman Berbelanja Dengan Cicilan 0% di Erafone.com

8 minutes 14,587 4

Berbelanja secara daring kini memang sudah menjadi kebiasaan generasi warganet milenial. Saya pun juga cukup sering berbelanja secara online, mulai dari beli tiket kereta, tiket pesawat, pernak-pernik, hingga gawai.

Halaman penjualan Xiaomi Redmi 4A di Erafone.com

Jika biasanya saya berbelanja di toko daring Bukalapak atau Tokopedia, kini saya mencoba berbelanja di Erafone.com.

Erafone.com adalah retailer ponsel dan tablet di Indonesia yang menyediakan produk-produk bergaransi resmi dari berbagai merek ternama seperti Samsung, Apple, Nokia Microsoft, Asus, Xiaomi, Smartfren, Lenovo, Oppo, LG, Blackberry, Sony, Motorola, dan Acer.

Selain jaminan bahwa Erafone.com menjual produk bergaransi resmi, Erafone.com juga menawarkan beberapa promo menarik dan kemudahan fasilitas pembayaran.

Saya berencana membelikan sebuah ponsel untuk bapak mertua saya. Kebetulan anggaran yang tersedia tidak lebih dari Rp 2.000.000 dan setelah melihat kebutuhan, pilihan saya jatuh ke Xiaomi Redmi 4A.

Saya sudah terbiasa dengan produk Xiaomi, sehingga demi alasan kemudahan jika terjadi apa-apa dengan ponsel bapak mertua tersebut saya bisa lebih mudah membantu.

Saya tertarik dengan penawaran cicilan 0% menggunakan kartu kredit Mandiri, karena selama ini saya belum pernah membeli barang dengan menggunakan program cicilan 0% kartu kredit.

Harga di Erafone.com Tidak Sama Dengan Toko Erafone

Erafone Mall Metropolitan 2, Bekasi

Saya dan istri sempat mengunjungi toko Erafone di Mal Metropolitan 2, Bekasi, sekalian jalan-jalan. Saya pun menuju ke toko Erafone yang berada di lantai 2.

Setelah memastikan bahwa toko ini juga memiliki program cicilan 0% kartu kredit Mandiri, kami pun segera bertanya apakah Xiaomi Redmi 4A tersedia.

Rupanya meski Erafone merupakan distributor resmi Xiaomi, harga yang tertera di toko Erafone berbeda dengan harga resmi dari Xiaomi.

Harga resmi Xiaomi Redmi 4A yang ditetapkan Xiaomi adalah Rp 1.499.000, sedangkan harga di toko tersebut Rp 1,600.000.

Setelah ditanya jika menggunakan program cicilan 0% kartu kredit, rupanya kebijakan toko hanya bisa menggunakan program 6 bulan saja, sedangkan kami menginginkan program cicilan 12 bulan.

Pegawai toko yang melayani kami mengatakan bahwa untuk cicilan 12 bulan, hanya bisa diterapkan di ponsel yang harganya di atas Rp 2.000.000 dan menawarkan Xiaomi Redmi 4X, seharga sekitar Rp 2.100.000 dari harga resmi Rp 2.099.000.

Tak berapa lama, seorang SPG XL mendatangi kami dan menawarkan paket bundling, supaya kami bisa mendapatkan program cicilan 12 kali untuk ponsel Xiaomi Redmi 4A namun dengan berlangganan paket bundling XL dengan menambah cicilan sekitar Rp 104.000 tiap bulan dan mendapat kuota data 24 GB per bulan dan gratis bicara 60 menit.

Twitter @XiaomiIndonesia tentang garansi tambahan

Karena merasa ada yang tidak pas, saya dan istri pun berdiskusi dan berhitung dulu. Kami memilih cicilan 12 bulan supaya cicilan bulanannya ringan, tidak sampai Rp 150.000. Jika membeli di toko, tentu ini di luar budget perhitungan.

Belum lagi kami diberitahukan bahwa untuk membeli Xiaomi Redmi 4X dan mengambil cicilan 12 bulan, maka wajib membayar biaya tambahan asuransi hardware dengan menambah Rp 25.000 per bulan.

Tentu saja, sebenarnya ini tidak sesuai dengan kebijakan garansi Xiaomi. Harga resmi yang tercantum telah termasuk garansi, jika pun ada (di mana sebenarnya tidak perlu) merupakan kebijakan toko saja, dan tidak wajib.

Kami yang merasa skema penjualannya kurang jujur sejak awal, membuat saya malas untuk membeli di toko Erafon. Kami merasa tidak ada transparansi soal harga, dan toko sepertinya hendak mengambil untung yang terlalu banyak.

Kami pun akhirnya memutuskan tidak jadi membeli di toko dan memilih memesan lewat Erafone.com saja. Perbedaan harganya cukup jauh, dan kami tidak berkeberatan untuk menunggu barang pesanan tiba.

Ponsel Xiaomi Redmi 4A Xiaomi Redmi 4X
Harga ~Rp 1.600.000 ~Rp 2.100.000
Cicilan 6 bulan ~Rp 266.000 ~Rp 530.000
Cicilan 12 bulan ~Rp 175.000
Cicilan 12 bulan + XL ~Rp 370.000 ~Rp 279.000

Membeli Xiaomi Redmi 4A di Erafone.com

pesanan Xiaomi Redmi 4A di Erafone.com

Kami memutuskan untuk membeli Xiaomi Redmi 4A di Erafone.com. Selain merupakan distributor resmi, kami bisa menggunakan promo cicilan kartu kredit 0% selama 12 bulan seperti yang sudah kami rencanakan.

Tanggal 23 Juli 2017 saya memesan melalui Erafone.com. Karena Saya mendapat surel tagihan dan informasi bahwa barang akan segera diproses dan akan dikirim.

Saya pun bisa memantau transaksi saya dari halaman transaksi pada situs Erafone.com. Menariknya, Erafone.com menyediakan feed RSS transaksi untuk bisa dilanggani dan dipantau jika ada perkembangan.

Selain itu, Erafone.com juga menyediakan menu untuk mencetak tagihan, yang menurut saya penting jika misalnya hendak melakukan klaim garansi.

Pada tagihan, produk yang saya beli adalah Xiaomi Redmi 4A Free Proteksi 6 Bulan, dengan rincian saya mendapat unit Xiaomi Redmi 4A seharga Rp 1.499.000, proteksi 6 bulan gratis dari TecProtec, dan ongkos kirim Rp 9.000.

Total tagihan yang saya terima adalah Rp 1.508.000 dengan cicilan yang harus saya bayar setiap bulan sebesar Rp 125.666.

Xiaomi Redmi 4A dari Erafone.com

Keesokan harinya saya mendapatkan informasi kode pelacakan kurir JNE CTC (City to City) di mana barang diantar dalam area kota yang sama. Erafone.com kemudian menyatakan transaksi selesai karena barang sudah dikirim.

Dari kode pelacakan, saya mendapat informasi pesanan saya dikirim pada tanggal 26 Juli 2017. Untuk yang terbiasa dengan jual beli secara online, menunggu barang dikirim selama 3 hari, rasanya sangat lama, apalagi daerah pengiriman masih satu area.

Kemungkinan lainnya, kurir JNE tidak memperbarui riwayat pelacakan, atau terlambat memasukkan data, sehingga saya mengira pengirimannya lambat.

Namun karena kami memang santai dan tidak terburu-buru, kami tetap menunggu, hingga barang sampai pada tanggal 27 Juli 2017.

Total waktu pembelian hingga barang sampai di tangan saya adalah 4 hari, waktu yang masih masuk akal untuk saya yang sering berbelanja secara online.

Di dalam kotak, terdapat kuitansi yang bisa digunakan untuk melakukan melakukan klaim garansi atau mendapatkan layanan gratis seperti pemasangan tempered glass atau screen protector di seluruh gerai Erafone.

Di dalam kemasan juga terdapat kartu asuransi dari TecProtec, karena saya mendapatkan layanan gratis TecProtec selama 6 bulan.

Secara keseluruhan, saya puas dengan layanan Erafone.com. Keunggulan yang paling saya suka adalah bisa membeli barang dengan garansi resmi dengan membayar melalui program cicilan 0% kartu kredit.

6 responses
  1. Gravatar of Jual Concrete Readymix (Beton Siap Pakai) Cor Beton Bandung
    Jual Concrete Readymix (Beton Siap Pakai) Cor Beton Bandung

    Do you mind if I quote a few of your posts as long as I provide credit and sources back to your website?

    My website is in the exact same niche as yours and my
    users would truly benefit from some of the information you present here.
    Please let me know if this ok with you. Cheers!

  2. Gravatar of Winter in Indonesia
    Winter in Indonesia

    Good site you have here.. It’sdifficult to find high quality writing like
    yours these days. I honestly appreciate people like you!
    Take care!!

  3. Gravatar of regi
    regi

    halo, saya mau tanya apakah yang nantinya tertera di cicilan adalah pembayaran full atau otomatis dipotong sesuai tenor ya?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    di tagihan otomatis langsung cicilannya. hanya saja dia akan mengunci limit kartu kredit. misal limit kartu kredit 3 juta, harga barang 1 juta, maka limit kartu kreditnta akan mentok di 2 juta. seiring pembayaran, nanti limitnya akan kembali. misal per bulan 100 ribu, tiap bulan limitnya akan nambah jadi 2,1 juta, 2,2 juta, dst. sampai lunas..

  4. Gravatar of Yosan Resi Resnawati
    Yosan Resi Resnawati

    Hallo, mas maaf mau tanya kan itu cicilan 0%yaa, saya berniat mau beli cicil gtu cuma kayaknya gajadi beli tapi saya udaa proses ke lanjut pembayaran. Cuma pas disuruh continue, saya back lagi. Tapi sudah ada status order menunggu. Apakah tetap di proses apa bagaimna ya untul cicilan 0%?

    Gravatar of Muhammad Zamroni
    Muhammad Zamroni

    jika belum dibayar, sepertinya tidak apa-apa. namun silakan pastikan ke penyedia kartu kredit, apakah sudah terdebit atau belum.