Menjajal Acer Liquid Z330

11 minutes 5,888 7

Saya pernah mencoba dan menuliskan pengalaman menggunakan Acer Liquid Z320, kini saya berkesempatan menjajal Acer Liquid Z330.

Bila dibandingkan dengan saudarana Acer Liquid Z320, ponsel yang menyasar pengguna pemula dari kalangan anak muda yang berusia 18 hingga 30 tahun ini, telah mendukung jaringan 4G/LTE.

Hasrat memotret selfie pun lebih terpuaskan dengan resolusi 5MP pada kamera depan, lebih besar daripada pendahulunya.

Harganya pun cukup terjangkau. Setelah diluncurkan pada Maret 2016, ponsel ini akan dijual dengan harga terjangkau, Rp 1.199.000.

Berikut ini pengalaman saya menjajal Acer Liquid Z330.

Fisik dan Kemasan

Acer Liquid Z330Secara fisik, ponsel ini sama dengan pendahulunya Acer Liquid Z320, namun ponsel ini sudah memenuhi syarat TKDN (tingkat kandungan dalam negeri), yaitu telah diproduksi di Indonesia.

Acer Liquid Z330 dikemas dalam kemasan kardus berwarna biru, yang begitu dibuka akan langsung terlihat unit ponsel. Di dalamnya tersedia pula baterai berkapasitas 2.000 mAh, pengisi daya, kabel USB, earphone, buku panduan, dan kartu garansi.

Saya menerima unit dengan penutup belakang berwarna putih. Bagian depan pada layar dikelilingi bingkai berwarna hitam.

Acer Liquid Z330 memiliki bentang layar 4,5 inchi IPS (in-plane switching) dengan kerapatan piksel 218 PPI. Acer Liquid Z330 memiliki ketebalan 9,6 mm dengan bobot 142 gram, yang terbilang cukup ringan dan nyaman digenggam.

Materialnya terbuat dari plastik, dengan tutup belakang memiliki tekstur bergaris semacam tekstur kayu mencegah ponsel meluncur dari tangan saat digenggam. Ujung membulat tidak hanya di bagian sudut, juga diterapkan di bagian belakang, sehingga menambah kenyamanan.

Saya suka dengan tekstur bagian belakang dan bentuk lengkung bagian belakangnya. Acer Liquid Z330 nampak menawan dan nyaman.

Acer Liquid Z330 memiliki 2 tombol yang berada di samping kanan, yaitu tombol volume up, volume down, dan tombol daya di bagian atas berdampingan dengan lubang jack 3,5 mm. Sedangkan colokan micro USB terletak di bagian tengah bawah.

Kamera 5 MP dan lampu kilat menempel di bagian belakang tengah, dengan diameter 1 cm yang cukup menonjol. Lampu kilat terletak persis di bawah kamera dan berada di tengah.

Di bagian bawah belakang, terdapat speaker berteknologi DTS Studio Sound berdiameter sama dengan diameter kamera. Logo Acer dan DTS Studio Sound tertera jelas di penutup belakangnya.

Kamera depan 5 MP berada di bagian atas kiri layar. Sebuah speaker bulat DTS namun dengan diameter separo dari speaker belakang menempel di tengah atas layar.

Tidak ada tombol soft buttons di bagian bawah layar, hanya logo Acer menempel di bagian tengah bawah. Tombol-tombol soft buttons ini muncul saat ponsel menyala dan terletak di dalam bingkai layar.

Acer Liquid Z330 menggunakan kartu micro SIM ganda yang mendukung jaringan 4G/LTE. Chipset yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 210 MSM8909 quad-core berkecepatan 1,1 GHz dengan CPU ARM Cortex-A7 dan GPU Adreno 304.

RAM yang ditanam sebesar 1 GB dengan media penyimpan internal sebesar 8 GB yang bisa ditambahkan kartu micro SD hingga 32 GB.

Baterai Lithium-Polymer berkapasitas 2.000 mAh, mampu memasok daya yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Pengalaman Penggunaan

Acer Liquid Z330 menggunakan Android 5.1.1 (Lolipop) 32 bit yang sedikit dimodifikasi menjadi Acer Liquid UI.

Tampilan material design standar Google menjadi tampilan antarmuka utama di Acer Liquid Z330. Begitu juga dengan tampilan notifikasinya, terlihat lebih rapih dan ringkas, dengan model tarik 2 kali jika ingin melihat notifikasi lengkap.

Acer menyertakan beberapa aplikasi bawaan, yaitu Acer Portal, Acer Aid Kit, Acer SnapNote, 50+ game gratis, aplikasi Acer BYOC (abApps), Danger Dash, dan Ninja Up!. Tersedia juga aplikasi Kids Center dan Kids Center Painter yang cocok untuk digunakan anak-anak.

Aplikasi BBM, yang sepertinya menjadi faktor pemikat pengguna awam yang pertama kali mengenal Android, juga telah disediakan sehingga pengguna tidak perlu memasang lagi.

Pada kamera, tersedia fitur perintah suara untuk mempermudah pengambilan foto. Menariknya, perintah diberikan dalam bahasa Indonesia. Dengan mengatakan “kamera depan”, maka kamera akan secara otomatis mengaktifkan kamera depan.

Untuk mengambil gambar, dengan mengatakan “senyum”, kamera akan memotret. Fungsi seperti ini penting ketika tangan sulit menjangkau tombol kamera, misal saat menggunakan tongkat selfie atau tripod.

Meski hanya dibekali RAM sebesar 1 GB, Android Lolipop membuat kinerja Acer Liquid Z330 terasa ringan, tangkas, dan responsif.

Kamera

Kamera utama 5 MP Acer Liquid Z320 dilengkapi dengan lampu kilat dan autofocus. Pada kamera depan 5 MP fokusnya tetap dan tidak memiliki lampu kilat.

Kamera dilengkapi dengan fitur HDR, Bright Magic, Sound Shutter, dan mode Presentasi yang berguna untuk mengambil foto untuk presentasi. Selain fitur, ada empat pilihan scene, yaitu pemandangan, mode malam, mode potret malam, dan mode potret.

Jika ingin berkreasi, tersedia pula lima efek warna yang bisa dimainkan, yakni mode normal, mode monokrom, sepia, negatif, dan aqua. White balance serta pengaturan kecerahan dan kontras, bisa diatur. Tersedia juga zoom digital hingga 4×.

Ukuran gambar juga bisa diatur, jika menggunakan resolusi maksimal, aspek rasio bisa dipilih antara 4:3 atau 16:9. Jika menggunakan rasio 4:3, resolusi maksimal adalah 5 MP (2592×1944) dan jika menggunakan rasio 16:9 maksimal mencapai 4 MP (2560×1440).

Saya mencoba memotret di luar ruangan, hasilnya cukup cerah. Autofocus bisa diatur dengan menyentuh bagian yang hendak difokus, dan hasilnya lumayan untuk menimbulkan efek deep of field.

Efek warnanya juga lucu untuk digunakan dan memberikan variasi efek yang unik. Saya menyukai efek film negatif, di mana hasilnya seolah-olah seperti warna pada klise film seluloid.

Multimedia

Saya penasaran dengan kualitas suara Acer Liquid Z330. Saya kemudian memasukkan lagu favorit saya untuk melakukan pengecekan nada rendah hingga tinggi, yaitu lagu Metallica, Enter Sandman.

Acer Liquid Z330 menggunakan Google Play Music yang disediakan oleh Google atau abMusic yang merupakan paket dari cloud Acer untuk memutar lagu. Format lagu yang saya gunakan adalah format .m4a, format lagu hasil pembelian melalui iTunes.

Suara yang dihasilkan teknologi DTS Studio Sound di Acer Liquid Z330 cukup mantab dan nyaman didengar. Jika ingin melakukan penyesuaian lagi, terdapat menu DTS untuk mengatur bas dan treble secara manual. Tersedia pula preset dan equalizer musik yang mempermudah pengaturan.

Konektivitas

Acer Liquid Z330 sudah mendukung jaringan 4G/LTE pada frekuensi FDD 800 MHz, 1.800 MHz, 2.100 MHz, dan 2.600 MHz. Pada frekuensi ini, layanan seluler yang didukung Acer Liquid Z330 adalah Telkomsel, Indosat, dan XL.

Dengan menggunakan aplikasi Speedtest, saya melakukan pengujian kecepatan jaringan 4G/LTE. Saya mendapat hasil kecepatan unduh sekitar 2,2 Mbps an kecepatan unggah 3,27 Mbps untuk koneksi ke jaringan lokal (server UNY Yogyakarta). Kecepatan ini masih dalam jangkauan wajar jaringan 4G/LTE yakni sekitar 2-12 Mbps.

Dengan koneksi seperti ini, melakukan streaming video dan musik menjadi sangat lancar tanpa buffering. Saya yang hobi menjelajah Youtube dan mendengarkan musik lewat Apple Music merasa nyaman.

Performa

Untuk mengukur performa, saya menggunakan aplikasi Antutu Benchmark versi 6.0.1. Aplikasi ini akan mengukur kinerja prosesor, memori, hingga grafis, kemudian memberikan skor yang kemudian bisa dibandingkan dengan performa ponsel lain.

Skor yang saya dapat setelah menjalankan Antutu Benchmark adalah 20.480, di mana skor ini cukup bagus untuk ponsel kelas menengah. Antutu Benchmark mengenali perangkat sebagai Acer T01. Model T01 adalah nama lain model Liquid Z330 yang tertera pada kardus Acer Liquid Z330 yang saya terima.

Jika berminat, Acer Liquid Z330 bisa didapatkan di berbagai gerai penjual ponsel di seluruh Indonesia dan melalui toko online. Saat ini Acer juga memiliki gerai online resmi di Bhinneka.com.

Spesifikasi

Berikut ini spesifikasi Acer Liquid Z330.

CPU Qualcomm Snapdragon 210 MSM8909 quad-core 1,1 GHz 32 bit
GPU Adreno 304
RAM 1 GB
Memori Internal 8 GB
Memori Eksternal MicroSD™ hingga 32 GB
Layar 4,5 inchi FWVGA IPS
Kamera Utama 5 MP
Kamera Depan 5 MP
Kartu SIM 1 mikro SIM 4G/LTE, GSM
Kartu SIM 2 mikro SIM 4G/LTE, GSM
Bluetooth v4.0 dengan EDR
GPS A-GPS
Nirkabel/Wi-Fi WLAN (802.11b/g/n)
USB mikro 2.0
Audio 3,5 mm jack stereo, DTS Studio Sound
Baterai 2.000 mAh
Sensor Cahaya, Sensor G, Sensor Proximitas
Android 5.1.1 Lolipop

 

7 responses
  1. Gravatar of Suka Pemandangan
    Suka Pemandangan

    Artikel yang sangat bagus, pembahasannya detail, lengkap dengan contoh. 🙂

  2. Gravatar of Office 365 Indonesia
    Office 365 Indonesia

    Lumayanlah, tp redmi ada yang lebih bagus dengan harga yang ga beda jauh

  3. Gravatar of Office 365 Indonesia
    Office 365 Indonesia

    Lumayan spesifikasinya dan harganya murah

  4. Gravatar of wawan
    wawan

    Gimana hasil video kamera depannya? gelap gak ? kalo dibuat video callan apakah bisa terlihat ?

  5. Gravatar of suka mulas
    suka mulas

    Siip mantap, jadi pengen beli nih

  6. Gravatar of nvril r.
    nvril r.

    Saya mau nanya dimana ya tombol opsi pas menu di acer Z330 T01 ? Soalnya sy mau mindahin tampilan aplilasi bingung gk tau dimana tombolnya ? Beda sama yg lain. Mohon dibalas ya gan .. Thank’s

  7. Gravatar of Azka
    Azka

    Kenpa hp q g ada pilihan kamera blakng ea gan

    Pke kamera belakang Pasti balik ke kamra depan