Microsoft Office 2016 Resmi Diluncurkan di Indonesia

Artikel ini ditayangkan pada 23 September 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Menurut Andreas Diantoro, Presiden Direktur Microsoft Indonesia, produk Microsoft Office adalah produk dari Microsoft yang paling berkembang dan yang paling banyak digunakan oleh konsumen, saat membuka acara Peluncuran Microsoft Office 2016 di Largo Bistrot, Kemang, 23 September 2015.

Hingga saat ini, Microsoft Office telah digunakan oleh lebih dari 1,2 milyar pengguna, yang di antaranya, 9,2 juta pengguna menggunakan Office 365. Kesuksesan Office 365 yang berbasis pada komputasi cloud, membuat Microsoft memfokuskan pengembangan Office 2016 dengan mengeksplorasi fitur-fitur cloud.

Tren Bekerja di Luar Kantor

Microsoft Office 2016 Resmi Diluncurkan di Indonesia Microsoft Office 2016 Resmi Diluncurkan di Indonesia

Lucky Gani, Microsoft Office Business Group Head, Microsoft Indonesia, membeberkan hasil riset Microsoft di kawasan Asia Pasifik, yang menyatakan bahwa Indonesia menempati posisi teratas untuk banyaknya jumah pegawai yang bekerja di luar kantor.

Namun, hanya sekitar satu dari tiga pegawai ini merasa sudah dilengkapi dengan teknologi yang mampu mengatasi berbagai tantangan ketika mereka harus bekerja di luar kantor. Sebagian besar dari pegawai ini melakukan pekerjaannya di café berdasarkan data dari study terpisah yang dilakukan oleh Microsoft Indonesia dan OpenRice.

Kesimpulan lain dari riset yang dilakukan Microsoft adalah bahwa Indonesia dapat mencapai produktivitas yang lebih tinggi jika para pegawai dilengkapi dengan teknologi yang tepat. Riset tersebut juga menunjukkan bahwa ada peningkatan tren secara regional, di mana teknologi yang tepat dapat membantu kolaborasi antar pegawai untuk mencapai produktivitas tinggi, walaupun mereka berada di tempat yang berbeda-beda.

Tren ini lah yang membuat Microsoft memfokuskan pengembangan Office 2016 untuk memenuhi kebutuhan para profesional dan pegawai di era serba mobile dan cloud-based.

Fitur-Fitur Microsoft Office 2016

wpid-img_20150923_205618.jpg wpid-img_20150923_205618.jpg

Office 2016 mempunyai perbedaan yang signifikan bila dibandingkan dengan seri Office sebelumnya. Selain secara visual yang makin cantik dan memudahkan pengguna, Office 2016 dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung mobilitas dan kolaborasi.

Dibangun Untuk Kolaborasi

Office 2016 memudahkan proses kolaborasi dan menghilangkan hambatan saat rekan kerja tidak berada dalam satu lokasi.

Co-authoring memudahkan pengguna dalam berkolaborasi saat mengetik dokumen Word, PowerPoint, dan OneNote. Pengguna yang berada di lokasi berlainan bisa bekerja bersama menyunting dokumen secara real-time, dan secara langsung bisa melihat perubahan dan siapa yang sedang melakukan perubahan.

Skype in-app integration yang tersedia dalam bentuk aplikasi tersendiri maupun melalui Office Online memungkinkan pengguna untuk melakukan chatting, screen share, serta talk atau video chat langsung dari dokumen yang sedang dikerjakan.

Untuk pengguna Office 365, Office 365 Groups kini merupakan bagian dari Outlook 2016 dan tersedia di perangkat mobile melalui Outlook Groups app. Fitur ini memberikan pengalaman kolaborasi yang konsisten antar pengguna, terlepas dari perangkat mobile berbeda yang mungkin mereka gunakan.

Pengguna Office 365 akan segera menikmati pula fitur-fitur Office 365 baru yang mengombinasikan kemampuan aplikasi dan layanan cloud untuk memudahkan kolaborasi.

Office 365 Planner akan sangat berguna untuk mengatur kerja tim, seperti membuat perencanaan, mengorganisasikan tugas, dan mengatur tenggat waktu atau status pekerjaan melalui visual dashboards serta notifikasi email. Planner ini akan tersedia dalam bentuk preview bagi pengguna Office 365 First Release pada kuartal mendatang.

Pemutakhiran terbaru OneDrive for Business akan hadir dalam beberapa bulan ke depan yang akan meningkatkan pengalaman pengguna, khususnya dalam hal sinkronisasi serta peningkatan ukuran file dan volume lampiran.

GigJam yang telah lebih dulu diluncurkan pada awal tahun ini kini tersedia dalam versi private preview dan akan menjadi bagian dari Office 365 pada tahun 2016. GigJam memberikan cara baru bagi sebuah tim atau organisasi untuk menyelesaikan tugas dan mengembangkan kegiatan bisnis dengan menghilangkan hambatan antara perangkat, aplikasi, serta pengguna.

Memudahkan Pengguna

Diskusi di Peluncuran Microsoft Office 2016 Diskusi di Peluncuran Microsoft Office 2016

Office 2016 menyediakan built-in intelligence yang membantu pengguna bekerja secara lebih efektif dan efisien.

Outlook 2016 memiliki inbox paling cerdas dengan fitur pencarian yang semakin cepat dan automatic removal untuk email yang bukan prioritas. Semua penerima email yang berada dalam kolom “to” juga memiliki akses ke dokumen dan lampiran berbasis cloud.

Tell Me, yang dulu dikenal dengan nama Help, membantu pengguna untuk menemukan fitur Office atau perintah yang tepat. Sementara Smart Lookup membawa insights dari internet langsung ke dokumen pengguna, tanpa perlu berpindah aplikasi hanya untuk mencari data dari internet.

Excel 2016 kini memiliki integrated publishing to Power BI dan tipe-tipe grafik baru yang memudahkan pengguna untuk memaksimalkan tampilan data yang dimiliki.

Dokumen yang baru saja dibuka dan disunting dapat dilanjutkan dari perangkat mana pun, baik menggunakan Office Online, Office Mobile apps, atau Office 2016 versi desktop.

Jaminan Keamanan

Office 2016 dengan Office 365 meningkatkan sistem keamanan serta perlindungan data bagi pelanggan Enterprise.

Built-in Data Loss Prevention dalam Word, PowerPoint, Excel, dan Outlook akan mengurangi resiko hilang atau bocornya data rahasia dengan berbagai fitur yang dimiliki administrator TI untuk mengatur kebijakan penulisan dan pembagian dokumen.

Multi-factor Authentication memastikan keamanan akses untuk konten-konten yang dimiliki ketika pengguna tidak sedang berada dalam jaringan perusahaan.

Perlindungan Data Enterprise akan tersedia di Office Mobile untuk Windows 10 akhir tahun ini dan di aplikasi desktop awal tahun depan. Sistem tersebut memungkinkan kolaborasi data yang aman di dalam perusahaan.

Harga dan Distribusi Office 2016

Office 2016 yang berisi versi baru aplikasi Word, PowerPoint, Excel, Outlook, dan OneNote versi Home and Student seharga USD 119,99, sedangkan untuk versi Home and Business harganya USD 289,99.

Namun, cara terbaik untuk mendapatkan Office 2016 adalah dengan berlangganan program Office 365. Office 365 ini akan memastikan bahwa aplikasi yang digunakan selalu mendapatkan pemutakhiran, sekaligus menggunakan berbagai fitur komputasi cloud dari Microsoft.

Untuk pengguna personal, Office 365 biaya per tahunnya adalah USD 59,99 untuk satu PC/Mac dan satu tablet, atau paket USD 79.99 untuk lima PC/Mac dan lima tablet.

Office 2016 dan Office 365 bisa didapatkan di berbagai retail store Microsoft seperti IT Galeri, Janur Tech, Infonet, Carrefour, Blibli.com, Bhinneka.com, Best Denki, iBox, Infinite, Story-i, dan IBK.

Jika ingin membeli secara online bisa mengunjungi microsoftstore.com. Untuk info lebih lanjut bisa mengunjungi office365.co.id.

Galeri Foto

Acara Peluncuran Office 2016 di Largo Bistrot

Tampilan Preview Office 2016

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

4 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 23 September 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Email Office 365

10 Maret 2016 08:00

Akhirnyaa, diluncurkan juga di Indonesia.

email office 365 untuk bisnis

18 Maret 2016 10:23

Wah, akhirnya diluncurkan juga. Bermanfaat, artikelnya gan! Jangan lupa kunjungi email office 365 untuk bisnis
Terima Kasih :)

harga microsoft office 365

4 April 2016 09:06

Terima kasih yah untuk informasinya :) Jangan lupa juga kunjungi harga microsoft office 365

email office 365

5 April 2016 11:37

maksih yah infonya :D

Statistik

Telah dibaca 684 kali. Waktu baca rata-rata 8 menit. Ada 4 komentar.