Mengidamkan Samsung Galaxy Note 5

Artikel ini ditayangkan pada 27 Agustus 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Mulai 27 Agustus 2015, pemesanan awal (pre-order) Samsung Galaxy Note 5 mulai dibuka hingga 6 September 2015. Kehadiran gawai terbaru dari Samsung ini pantas ditunggu setelah secara resmi diperkenalkan pada acara Samsung Unpacked 2015 pada tanggal 13 Agustus 2015 di Lincoln Center, New York, Amerika Serikat.

Lalu apa yang membuat Samsung Galaxy Note 5 begitu istimewa?

Pre-Order Samsung Galaxy 5 Pre-Order Samsung Galaxy 5

Samsung Unpacked 2015

Sejak diperkenalkan pada tahun 2011, seri Galaxy Note dari Samsung memang menyita perhatian. Berbagai komentar berdatangan pada produk yang saat itu dianggap “gila”.

Bagaimana mungkin sebuah ponsel berlayar besar, di mana saat itu ponsel dengan layar mungil mendominasi pasar, ditambah sebuah pen untuk berinteraksi, di mana teknologi layar sentuh tengah begitu booming, bisa laku di pasar?

JK Shin, Presiden dan CEO Samsung Electronics, berpendapat bahwa Samsung Galaxy Note 5 dan juga pendahulunya, tidak hanya menepis anggapan “gila” tersebut, namun mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi pengguna, dengan memberi pengalaman menyenangkan pada ponsel dengan layar yang cemerlang.

Tidak hanya menjawab tantangan tersebut, sejak 2011 Samsung bahkan membentuk kategori baru, kategori Note, dan menjadi pionir ponsel dengan layar lebar.

Samsung Galaxy Note 5

galaxy-note-5-keyboard-cover galaxy-note-5-keyboard-cover

Justin Denison, Wakil Presiden Strategi dan Pemasaran Produk Samsung Electronics Amerika, memaparkan keunggulan Samsung Galaxy Note 5 dengan lebih detail.

Dimensi layar yang besar, namun ukuran ponsel lebih kecil dan tipis adalah salah satu keunggulan Samsung Galaxy Note 5 bila dibandingkan dengan pendahulunya. Tidak hanya itu, Samsung Galaxy Note dibalut rangka logam tampil dengan berbagai pilihan warna, Black Sapphire, White Pearl, Gold Platinum serta Silver Titanium.

Bagian kaca di belakangnya dibuat membulat untuk menambahkan kenyamanan saat digenggam dengan satu tangan.

Samsung Galaxy Note 5 tentu tak lengkap tanpa kehadiran S-Pen. Kehadiran S-Pen bagaikan sebuah mouse pada komputer, menjadi antarmuka yang memudahkan pengguna berinteraksi dan berimajinasi.

S-Pen di Samsung Galaxy Note 5 juga ditingkatkan sehingga terasa lebih solid, seimbang, akurat, sensitif, seakan-akan menggunakan bolpen pada kertas. Plus, mekanisme tombol pada ujung atas, menambah sensasi “klik-klik” yang menyenangkan.

Sebuah Keyboard-Cover juga diperkenalkan. Aksesori tambahan ini berguna untuk pengguna yang sering mengetik tanpa khawatir typo seperti saat menggunakan layar sentuh. Papan ketik diletakkan pada dua per tiga layar di bagian bawah, memberi akses nyaman di tangan namun tetap bisa melihat layar dengan cepat.

Bila selesai mengetik, papan ketik bisa dicopot dan dipasangkan pada bagian belakang, tak perlu khwatir tercecer.

Fitur Samsung Galaxy Note 5

Dari acara Samsung Unpacked 2015 yang juga memperkenalkan Samsung Galaxy S6 edge+ dan Samsung Pay tersebut, Samsung Galaxy Note 5 lebih menyita perhatian saya. Istri saya, seorang ilustrator dan desainer grafis tentu akan sangat menyukainya.

S-Pen Samsung Galaxy Note 5 S-Pen Samsung Galaxy Note 5

S-Pen akan memudahkannya mencorat-coret dan berkreasi. Jika selama ini dia menggambar menggunakan pensil pada kertas, S-Pen pada Samsung Galaxy Note 5 rasanya bisa memberi kenyamanan yang sama saat digoreskan pada layar Super Amoled Quad HD berukuran 5,7 inchi.

Istri saya juga gemar mengumpulkan gambar, foto, dan berbagai referensi untuk menunjang karyanya. Kehadiran S-Pen dengan fitur Air Command akan sangat memudahkannya mengumpulkan kliping tersebut, memberi catatan, dan menyimpannya untuk digunakan saat dibutuhkan.

Sembari bekerja, istri saya seringkali harus berpindah-pindah aplikasi untuk sekadar menengok referensi, kembali ke layar gambar, menengok referensi lagi, kembali ke layar gambar lagi, dan seterusnya.

Fitur Smart Multi Tasking dan Multi Windows di Samsung Galaxy Note 5 tentu bisa meningkatkan produktivitasnya dengan memangkas waktu untuk berganti-ganti aplikasi. Dalam satu layar, ia bisa bekerja sambil melihat referensi sekaligus.

Untuk kamera, Samsung tak perlu diragukan lagi reputasinya. Kamera 16 MP dengan diafragma besar f/1.9, menjadikan foto hasil kamera Samsung Galaxy Note 5 warnanya begitu tajam dan vivid. Saya yang gemar memotret akan sangat terpuaskan.

Penyuka selfie dan wefie akan sangat dipuaskan dengan kamera depan 5 MP dengan diafragma f/1.9 bersudut lebar 120° yang bisa memuat banyak orang dalam satu layar. Terdapat pula berbagai built-in filter dan auto-HDR untuk menambah efek hasil foto.

Livestream Samsung Galaxy Note 5 Livestream Samsung Galaxy Note 5

Mengambil video menjadi lebih mudah. Fitur Smart OIS (Optical Image Stabilization) dan VDIS (Video Digital Imaging Stabilization) memastikan video berkualitas 4K/UHD stabil saat mengambil gambar dengan tangan yang rentan goyang.

Jika saat ini sedang ngetren video livestreaming, di Samsung Galaxy Note 5 tak perlu lagi memasang aplikasi tambahan. Dari kamera, video bisa langsung disiarkan langsung ke Youtube, di mana saat selesai, video akan secara otomatis tersimpan di Youtube.

Dengan berbagai macam fitur ini, bagaimana dengan ketahanan daya baterainya?

Baterai dengan kapasitas 3.000 mAh Li-Po yang menyatu dengan bodi menjadi pemasok daya utama. Teknologi Fast Charge dan Wireless Charger membuat Samsung Galaxy Note 5 lebih mudah untuk diisi daya. Tak perlu lagi menyolok kabel, cukup letakkan di atas pengisi daya berdesain bundar yang cantik, dalam waktu sekitar 2 jam, daya kembali terisi penuh.

Yang menarik dan menjadi salah satu favorit saya di Samsung Galaxy Note 5, adalah fitur SideSync, di mana data-data dari ponsel bisa dipindahkan dan disinkronisasi dengan mudah ke komputer dan laptop.

Saat bekerja dengan komputer atau laptop, membaca pesan yang masuk atau melihat catatan yang tersimpan di ponsel tanpa perlu menyentuh ponsel, akan sangat menyenangkan. Menjawab pesan yang terkirim ke ponsel pun bisa dilakukan tanpa perlu beranjak, sehingga fokus ke pekerjaan tidak begitu terganggu.

ide Sync ide Sync

Melihat begitu banyak fitur-fitur keren dan canggih Samsung Galaxy Note 5, ponsel ini memang layak untuk dimiliki.

Selain menunjang pekerjaan, desain Samsung Galaxy Note 5 yang mewah tentu memberikan kesan berkelas.

Komponen yang ditanamkan di Samsung Galaxy 5 juga yang terbaik. Prosesor Exynos 7420 quad-core berkecepatan 1,5 GHz dan quad-core berkecepatan 2,1 GHz, ditambah RAM sebesar 4 GB memberikan kekuatan layaknya komputer PC atau laptop.

Alumunium seri 7.000 dan Corning Gorilla Glass 4 memberi jaminan kekuatan. Meski kokoh, namun bobotnya ringan, hanya 171 gram.

Ruang penyimpannya pun lega, tersedia pilihan 32 GB atau 64 GB (yang beredar di Indonesia versi 32 GB), sehingga tak perlu lagi menyematkan kartu microSD tambahan.

Sistem operasi Android 5.1.1 (Lolipop) dan desain antarmuka TouchWiz khas Samsung yang ditanamkan memberi pengalaman menyenangkan bagi pengguna.

Samsung Galaxy Note 5 mendukung jaringan 4G LTE dengan format kartu nano-SIM, memberikan kecepatan jaringan yang maksimal.

Info lebih lengkap tentang Samsung Galaxy Note 5, termasuk cara pre-order, bisa dilihat di situs GalaxyLaunchPack.com.

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

1 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 27 Agustus 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Lindaleenk

28 Agustus 2015 23:53

Kalau dapet kasih aku ya, kalau beli..belinya dua ya.
*dijorokin istrinya Zam*

Statistik

Telah dibaca 996 kali. Waktu baca rata-rata 8 menit. Ada 1 komentar.