Pengalaman Menggunakan Nescafe Dolce Gusto Genio

Artikel ini ditayangkan pada 29 Mei 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Saya suka minum kopi. Jika dulu sering minum kopi instan, makin ke sini saya mencoba menikmati kopi dengan lebih “baik”. Model kopi begini biasanya hanya ditemukan di kafe karena untuk membuat kopi yang “baik” tadi menggunakan mesin kopi khusus. Namun sejak saya ketemu dengan mesin kopi Nescafe Dolce Gusto, membuat kopi yang “baik” sekelas buatan kafe menjadi mudah.

Necafe Dolce Gusto Necafe Dolce Gusto

Perkenalan saya dengan mesin kopi Nescafe Dolce Gusto berawal saat saya berada di Mal Lotte Shopping Avenue. Saat berada di lantai 2, saya mampir ke Cafe Dolce Gusto yang rupanya selain menjual mesin kopi, juga menjual minuman yang dihasilkan oleh si mesin kopi.

Setidaknya ada 3 model mesin kopi Dolce Gusto yang dijual, yaitu model Circolo, Genio, dan Mini Me, yang masing-masing punya desain yang cantik.

Akhirnya saya memboyong Nescafe Dolce Gusto Genio seharga Rp 2.350.000 yang bentuknya mirip robot berwarna titanium. Pertimbangan saya, seri Genio cukup mungil namun tak terlalu kecil, yang pas untuk ditempatkan di ruangan yang tak terlalu luas seperti di tempat tinggal saya.

Nescafe Dolce Gusto, Mesin Kopi Menggunakan Kapsul

kapsul Nescafe Dolce Gusto kapsul Nescafe Dolce Gusto

Mesin kopi Nescafe Dolce Gusto tidak seperti mesin kopi biasa. Jika di kafe-kafe, si barista harus melakukan ritual menggiling biji kopi yang sudah menghitam, meraciknya ke dalam tamper untuk kemudian dihajar dengan air panas bertekanan tinggi untuk menghasilkan secangkir espresso, tidak demikian dengan mesin kopi Nescafe Dolce Gusto.

Nescafe telah menyiapkan kapsul-kapsul khusus yang memiliki banyak pilihan rasa untuk digunakan di mesin Nescafe Dolce Gusto. Kapsul Espresso Intenso atau Grande Intenso bisa menghadirkan espresso lengkap dengan crema yang tak kalah dengan espresso bikinan barista.

Membuat secangkir cappucino pun tak perlu repot menyemprot susu dengan air panas bertekanan. Cukup gunakan kapsul Cappucino yang terdiri dari kapsul kopi dan kapsul susu, secangkir cappucino pun tersaji dengan cepat.

Jika tak suka kopi atau ingin variasi, tersedia kapsul Mocha, Chococino, Latte Machiato, Cafe Au Latte, Nestea Peach, Milo, dan Green Tea Latte. Kapsul-kapsul ini dijual dalam kemasan kotak berisi 16 kapsul.

Yang menarik, mesin kopi Nescafe Dolce Gusto tidak hanya bisa membuat minuman panas, namun juga mampu membuat minuman dingin. Milo, Nestea Peach, Green Tea Latte, dan tidak menutup kemungkinan Cappucino atau Mocha bisa disajikan dingin (apalagi ditambah es batu) dengan mudah dan cepat.

Favorit saya adalah Cappucino dan Mocha karena keduanya bisa disajikan panas atau dingin. Di pagi hari cocok sekali menyesap cappucino panas sebagai sarapan seperti yang biasa dilakukan di Italia, negeri asalnya.

Sementara di sore hari, secangkir Mocha mampu mendorong semangat yang mengendur atau hanya ingin bersantai sejenak sambil memamerkan foto hasil racikan Nescafe Dolce Gusti Genio ke media sosial. Jika hari sungguh terik, Mocha dingin bisa diseduh bersama es batu.

Mudah dan Cepat Mengoperasikan Nescafe Dolce Gusto Genio

mengoperasikan Nescafe Dolce Gusto mengoperasikan Nescafe Dolce Gusto

Saya suka dengan desain Nescafe Dolce Gusto Genio. Bentuknya yang mirip robot membuat orang mungkin tak mengira ini adalah mesin kopi.

Selain desainnya yang cantik, cara pengoperasiannya pun mudah. Setelah mengisi air ke dalam tabung, hanya dengan menekan tombol power, tunggu beberapa detik, masukkan kapsul, sesuaikan ukuran air, lalu kucurkan minuman kesukaan.

Saya sempat heran kenapa Nescafe Dolce Gusto Genio bisa cepat sekali memanaskan atau mendinginkan air. Setelah mencari tahu, rupanya ini karena teknologi thermoblock, di mana air dipanaskan atau didinginkan dengan seketika dengan dialirkan melewati elemen pemanas atau pendingin.

Jika melihat spesifikasi, konsumsi daya Nescafe Dolce Gusto Genio maksimal bisa mencapa 1.500 watt. Namun daya ini hanya digunakan saat memanaskan atau mendinginkan air dengan menggunakan teknologi thermoblock.

Setelah digunakan, mesin kembali stand-by dan mengkonsumsi daya rendah. Yang lebih oke lagi, jika mesin ini tak digunakan selama 5 menit, secara otomatis ia akan mati dengan sendirinya.

Nescafe Dolce Gusto mampu menghasilkan tekanan air hingga 15 bar, tekanan yang cukup untuk mengekstrak sari pati kopi.

Saya suka dengan model tuas yang digunakan di Nescafe Dolce Gusto Genio untuk mengatur jumlah air dengan menggerakkannya ke atas dan ke bawah, kemudian menggerakkan ke kanan untuk air panas dan ke kiri untuk air dingin.

Drip tray-nya juga bisa dipasang menyesuaikan ukuran gelas atau cangkir. Jika gelas yang digunakan tinggi, drip tray diletakkan di posisi paling bawah. Berbeda ketika hendak membuat espresso yang membutuhkan gelas mungil, drip tray dipasang di posisi atas. Ini untuk menghindari cipratan air yang bisa mengotori mesin dan sekitarnya.

Konsumsi Kapsul Nescafe Dolce Gusto

Jika sehari saya bisa minum 2 cangkir Cappucino atau Mocha, artinya saya membutuhkan 4 kapsul dengan rincian 2 kapsul kopi dan 2 kapsul susu. Dalam seminggu, saya membutuhkan 28 kapsul yang artinya dalam sebulan saya membutuhkan 112 kapsul.

kapsul Nescafe Dolce Gusto Espresso Intenso kapsul Nescafe Dolce Gusto Espresso Intenso

Satu kotak kapsul Nescafe Dolce Gusto berisi 16 kapsul. Jika kebutuhan saya sebulan adalah 112 kapsul, maka saya setidaknya perlu stok 7 kotak kapsul Nescafe Dolce Gusto.

Kebutuhan saya akan berbeda jika saya minum Espresso Intenso, Grande Intenso, atau Nestea Peach yang sekali konsumsi hanya membutuhkan sebuah kapsul. Dalam sebulan, kebutuhan kapsul saya hanya 3-4 kotak, separo dari yang saya butuhkan jika menggunakan kapsul yang memerlukan susu.

Harga satu kotak berisi 16 kapsul Nescafe Dolce Gusto adalah Rp 110.000. Maka harga per kapsul adalah Rp 6.875. Sebuah espresso bisa didapat dengan harga di bawah Rp 10.000! Membuat cappucino yang membutuhkan 2 kapsul pun, hanya seharga Rp 13.750. Jauh lebih murah daripada membeli secangkir espresso atau cappucino di kafe.

Namun meski terlihat murah, mendapatkan kapsul Nescafe Dolce Gusto ternyata tak semudah yang dibayangkan karena kapsul ini hanya bisa didapatkan di gerai dan toko-toko tertentu, meski tersebar di beberapa mal di Jakarta.

Lokasi terdekat untuk membeli kapsul ini dari tempat tinggal saya adalah di Best Denki Summarecon Mall Bekasi atau Farmers 99 Market Grand Galaxy Park.

Beberapa situs belanja pun menjual kapsul-kapsul ini. Salah satu situs belanja yang menjual kapsul Nescafe Dolce Gusto adalah Lazada, yang ternyata ada promo membeli 24 set kapsul, berhadiah mesin Nescafe Dolce Gusto Mini Me berwarna putih!

Ah, andai saja kapsul-kapsul Nescafe Dolce Gusto bisa ditemukan di minimarket di dekat rumah, rasanya memiliki Nescafe Dolce Gusto akan menjadi investasi yang menarik!

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

4 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 29 Mei 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

nengbiker

29 Mei 2015 21:57

yg mini me lucukkkk

iKurniawan

30 Mei 2015 23:20

oalaaahhh.....selalu penasaran liat kotaknya di Ranch Market. Ternyata ada mesin khusus. Untung tak jadi kuboyong ke kasir
:D

slamsr

14 September 2015 16:42

punyaku pinguin warna hitam hehe.
kalau lagi pengen yang dingin dingin, bikin yang teh peach..
ini lagi pesen lagi yang espresso

utop

25 Juni 2016 02:52

Keren banget bentuknya, bikin penasaran buat dicobain langsung deh..
sayangnya muahallll harga mesinnya.

Statistik

Telah dibaca 9.174 kali. Waktu baca rata-rata 8 menit. Ada 4 komentar.