Selamat Datang MITO Impact Android One!

Artikel ini ditayangkan pada 6 Februari 2015, sekitar 3 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Indonesia sepertinya masih menjadi pasar yang potensial bagi Google. Setelah India, Bangladesh, Nepal, dan Srilanka, Google akhirnya merilis salah satu produk terbaiknya ke pasar Indonesia, yaitu Android One.

Android One adalah produk ponsel berkualitas namun dengan harga terjangkau. Bedanya dengan ponsel sejenis di pasaran, ponsel Android One adalah ponsel yang “secara resmi” didukung oleh Google, dan akan mendapat dukungan pembaruan sistem Android terbaru langsung dari Google selama dua tahun.

Di Indonesia, Google menggandeng tiga produsen ponsel nasional untuk menghadirkan Android One. Salah satu yang menjadi rekanan Google adalah MITO, yang pada 5 Februari 2015 meluncurkan seri MITO Impact Android One (Type A10).

MITO Impact Android One MITO Impact Android One

MITO Impact Android One diperkuat dengan prosesor Mediatek MTK6582M quad-processor berkecepatan 1,3 GHz. Memori yang ditanamkan sebesar 1 GB dengan media penyimpan internal sebesar 8 GB. Untuk menambah kapasitas penyimpan, MITO Impact Android One dilengkapi dengan slot microSD yang mendukung kapasitas hingga 32 GB.

Android Lollipop 5.1 menjamin kinerja MITO Impact Andoid One bisa optimal. Android Lollipop diklaim lebih cepat dua kali lipat bila dibandingkan dengan versi Android sebelumnya. Karena optimasi ini, membuat kinerja prosesor jadi lebih ringan yang ujung-ujungnya membuat baterai bisa tahan lebih lama sekitar 90 menit.

Selain kinerja, Android Lollipop 5.1 menggunakan tampilan Material Design yang cantik, atraktif, dan intuitif. Beberapa fungsi bisa dilakukan hanya dengan usapan yang minimum, misalnya hanya dengan dua kali usap kita bisa menonaktifkan penggunaan data, atau hanya sekadar memeriksa penggunaan data.

MITO Impact Android One menggunakan layar berukuran 4,5 inchi IPS, yang masih cukup nyaman digenggam dengan satu tangan. Desainnya cukup stylish, dengan ujung-ujung membundar, hadir dengan 2 warna, yaitu hitam dan putih.

Google sepertinya cukup paham dengan kondisi internet di Indonesia. Melalui Google Chrome yang sudah tertanam di MITO Impact Android One, data dikompresi sehingga koneksi menjadi lebih ringan dan cepat.

Yang menarik, melalui Android One, Indonesia menjadi salah satu negara pertama di mana pengguna Youtube bisa menonton video secara offline, yaitu melihat video saat koneksi internet buruk atau bahkan tidak ada koneksi. Sebenarnya, Youtube melakukan pengunduhan secara berkala (kita mengenalnya dengan istilah buffering), di mana nanti setelah video selesai sempurna, kita akan diberi notifikasi. Smart way, Youtube!

Selain Google Chrome dan Youtube, aplikasi standar Google lain juga tersedia, seperti Google Maps, Google Translate, Gmail, Google Photos, dan tentu saja Google Play.

Kamera yang digunakan MITO Impact Android One mempunyai resolusi 5 MP di belakang dan 2 MP di bagian depan. Kamera ini dilengkapi dengan fitur tambahan seperti blur, fish eye, dan panorama.

MITO sepertinya paham betul kebiasaan orang Indonesia yang rata-rata memiliki nomor ponsel lebih dari satu. MITO Impact Android One dilengkapi dengan SIM ganda yang bekerja pada jaringan GSM/HSDPA (3G).

Harga MITO Impact Android One dibanderol sebesar Rp 1.199.000, namun jika melakukan pre-order pada 5-11 Februari 2015, bisa mendapat harga khusus melalui situs jual beli Blibli.com.

Saya sendiri tertarik dengan ingin mencoba Android Lollipop 5.1 yang terbaru. Apalagi harganya cukup terjangkau, dan mengingat MITO Impact Android One merupakan ponsel yang didukung langsung oleh Google.

Anda tertarik membelinya?

Spesifikasi

Prosesor Mediatek MTK6582M Quadcore 1,3 GHz
Memori RAM 1 GB eMMC+LPDDR3
Memori Internal 8 GB eMCP
Memori Eksternal microSD hingga 32 GB
Layar 4,5 inchi FWVGA IPS 16,7 juta warna capacitive touch
Kamera Belakang 5 MP
Kamera Depan 2 MP
Jaringan GSM: 850/900/1800/1900 MHz – WCDMA: 900/2100 MHz (3G/HSDPA)
Kartu SIM kartu SIM ganda berukuran standar
Dimensi 132×67×8,9 mm
Baterai 1780 mAh
Android Lollipop 5.1

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

2 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 6 Februari 2015, sekitar 3 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Yeni Setiawan

6 Februari 2015 18:09

Kartuku Mandiri, raiso entuk diskon :((

Adhi Setyawan

7 Februari 2015 11:33

Enggak sabar nyobain android 5.1 yang katanya lebih smooth dan lebih irit batre sampe 90 menit. bahkan nexus yang punya google aseli aja belum pake os versi ini.

Statistik

Telah dibaca 1.289 kali. Waktu baca rata-rata 4 menit. Ada 2 komentar.