Menyusuri Petak Sembilan

Artikel ini ditayangkan pada 10 Juni 2012, sekitar 5 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Menyusuri perkampungan tionghoa memang tidak ada matinya. Glodok, salah satu pusat orang tionghoa di Jakarta, tak membosankan untuk dikunjungi, tidak hanya untuk berbelanja, namun juga mengamati kehidupan dan interaksi di dalamnya.

Kali ini saya menyusuri kawasan Petak Sembilan (Jalan Kemenangan) dan Jalan Pancoran. Tujuan saya sebenarnya adalah ke toko peralatan selam Lautan Mas yang terletak di Jalan Toko Tiga, Glodok, Jakarta Barat.

Turun dari halte Transjakarta Glodok, saya berjalan menyusuri Jalan Gajah Mada ke arah Orion Plasa lalu belok ke Jalan Pancoran. Setelah selesai urusan di Lautan Mas, saya kembali ke halte dengan mengambil jalur ke arah Jalan Kemenangan (Petak Sembilan).

Karena lapar, saya mampir dulu ke gerobak yang menjual sop kambing di Jalan Pancoran. Rasanya biasa aja tapi lumayan untuk mengganjal perut.

Hiruk pikuk aktivitas ekonomi menarik untuk diamati. Berbagai aktivitas, barang yang dijual, hingga orang-orang yang melintas, menjadi obyek yang menarik.

Tiba-tiba terdengar tetabuhan. Dari jauh terlihat Liong dan Barongsai tampak menyembul di antara kerumunan. Saya kira ada perayaan, tapi ternyata kampanye salah satu cagub DKI.

Berbagai macam barang jualan saya temukan. Mulai dari sayur mayur hingga CD dan DVD berbahasa mandarin.

Setelah puas menyusuri Petak Sembilan, saya pun kembali ke halte Glodok dan pulang.

Galeri Foto

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

0 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 10 Juni 2012, sekitar 5 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Statistik

Telah dibaca 1.138 kali. Waktu baca rata-rata 2 menit. Ada 0 komentar.