Menggunakan Timbangan Badan Chwares CH032

10 minutes 36 3

Saya sebenarnya bukan orang yang terlalu memikirkan masalah berat badan.

pencarian timbangan di Amazon

Namun karena istri menjalani program mengatur berat badan, dia ingin membeli timbangan badan untuk mendukung programnya.

Awalnya sih, istri ingin membeli timbangan badan murah saja yang fungsi utamanya tentu untuk menimbang.

Rupanya karena saya ikut mencari timbangan lewat Amazon, dan menemukan banyak timbangan dengan berbagai fitur, malah saya yang antusias.

Istri pun akhirnya menyerahkan pemilihan timbangan badan kepada saya, tentu dengan anggaran yang ketat, karena istri tidak ingin memiliki timbangan canggih yang harganya mahal, dengan fitur yang tidak banyak ia gunakan.

Saya kemudian berpikir, jika ada timbangan murah namun punya fitur lebih, kenapa tidak?

Dari melihat beberapa ulasan, saya sempat jatuh hati ke timbangan bermerek Renpho, yang memiliki fitur mengirimkan data ke aplikasi ponsel lewat Bluetooth.

Timbangan Renpho ini selain mengukur dan mencatat berat badan, juga memiliki fitur mengukur dan mencatat data lain, seperti BMI (Body Mass Index), kandungan lemak dalam tubuh, massa otot, dan pengukuran lain yang berguna untuk yang ingin melakukan diet.

Yang menarik, data yang dikirimkan timbangan Renpho juga bisa dibaca dengan aplikasi kesehatan macam Samsung Health, Fitbit App, Apple Health, Google Fit, bahkan aplikasi di Apple Watch.

Sayangnya, harganya yang sekitar 30€ masih dianggap kemahalan oleh istri dan tidak mendapat persetujuan darinya.

memesan timbangan dari Amazon

Saya juga sempat melirik timbangan Xiaomi Mi Scale 2, yang fiturnya juga lengkap seperti Renpho, sayangnya lagi-lagi terpentok masalah harga yang juga sekitar 30€.

Belum lagi jika membeli dari situs resmi Xiaomi, entah berapa lama sampainya.

Setelah mencari-cari produk-produk dengan merek Cina di Amazon, akhirnya saya menemukan sebuah timbangan yang fiturnya lengkap, dengan baterai yang bisa diisi ulang dengan kabel USB, ada aplikasi untuk mencatat, namun harganya masuk anggaran!

Timbangan itu adalah timbangan bermerek Chwares, yang secara bentuk sangat mirip dengan timbangan Renpho, dengan harga lebih murah dari Renpho, yaitu 17,99€.

Sepertinya timbangan Renpho ini memang cukup favorit dan ada berbagai merek yang bentuknya mirip atau persis, bertebaran di Amazon.

Kemasan dan Fisik

kardus timbangan Chwares

Timbangan dikemas dalam kemasan kardus berukuran 29 cm × 29 cm × 5 cm, berwarna putih, yang dibungkus lagi dengan kemasan plastik dari Amazon.

Di bagian belakang terdapat informasi tentang spesifikasi dan kode QR yang mengarah ke halaman mengunduh aplikasi Fitdays untuk Android atau pun iOS.

Setelah membuka tutupnya, unit timbangan langsung terlihat.

Terdapat buku petunjuk penggunaan dalam Bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Italia, dan Portugis, seta sebuah lembar berisi informasi aplikasi Fitdays.

Sebuah kabel USB mikro juga disertakan untuk digunakan mengisi daya.

Pengisian daya timbangan ini bisa dilakukan dengan menggunakan pengisi daya ponsel.

isi kemasan timbangan Chwares

Dari buku petunjuk, rupanya seri timbangan ini adalah CH032 yang mampu menahan beban maksimal hingga 180 KG dan minimal 6 KG.

Kapasitas baterainya kecil, hanya 300 mAh dan berjenis Lithium.

Skala timbangan secara default adalah kilogram, namun bisa diset ke skala imperial.

Unit timbangan sendiri ukurannya 26 cm × 26 cm dengan ketebalan 2 cm.

Materialnya menggunakan tempered glass yang kokoh namun licin jika kaki dalam kondisi basah.

Terdapat 4 lempengan elektroda sensor yang terletak di empat sudut yang digunakan untuk mengukur massa otot dan massa lemak.

unit timbangan Chwares

Bagian bawahnya terbuat dari plastik dan di bagian keempat kakinya terdapat sensor berat yang cukup akurat.

Untuk mengganti unit skala, dilakukan dengan tombol fisik yang berada di bagian bawah timbangan.

Colokan kabel USB mikro ada di bagian samping atas yang terlindungi oleh tutup terbuat dari karet.

Layar LCD untuk menampilkan hasil pengukuran berukuran cukup lebar, yaitu 60 mm × 27 mm berada di bagian tengah atas.

Tampilan LCD-nya sangat jelas dengan tulisan berwarna merah yang menunjukkan berat badan.

Untuk melihat informasi lainnya, seperti BMI atau massa otot dan massa lemak, hanya bisa dilihat melalui aplikasi Fitdays.

Menggunakan Timbangan Chwares

Sudah hampir sebulan ini saya menggunakan timbangan yang saya beli pada 11 September 2020 ini.

Saya puas dan merasa timbangan ini cukup akurat.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, hanya dengan menginjak naik ke atas timbangan, tampilan layar langsung menyala dan setelah menunggu sekitar 8 detik, berat badan akan muncul dan terkunci.

Setelah didiamkan selama 10 detik, timbangan akan mati sendiri untuk menghemat baterai.

Selama menimbang, saya selalu telanjang kaki, dan seluruh lempeng elektroda menyentuh telapak kaki, karena lempeng ini lah yang akan mengirim sinyal elektronik ke tubuh dan melakukan pengukuran terhadap jumlah sinyal yang diterima kembali.

Sinyal elektronik ini yang kemudian digunakan untuk menghitung massa otot, massa lemak, kandungan air, dan indikator kesehatan lainnya.

Meski ada sinyal elektronik yang dikirimkan timbangan melalui tubuh, tidak ada rasa seperti kesetrum atau apa pun.

Menggunakan Aplikasi Fitdays

aplikasi Fitdays

Jika memasang aplikasi Fitdays dan berhasil melakukan sambungan ke timbangan, seluruh data ini akan tercatat dan aplikasi akan menunjukkan status berat badan, apakah normal, gemuk, atau kurus.

Terdapat diagram yang menunjukkan perkembangan berat badan di aplikasi yang menurut saya sangat berguna untuk yang sedang diet atau melakukan kontrol berat badan.

Tentunya untuk mendapatkan fitur ini, setelah memasang, saya mendaftar terlebih dulu.

Satu akun Fitdays bisa digunakan hingga 21 orang, jadi dengan satu akun, saya bisa mendaftarkan profil saya dan istri saya.

Aplikasi ini pun bisa digunakan dan tersinkronisasi dengan perangkat lain, selama masuk menggunakan akun yang sama.

Saat menambahkan profil, aplikasi Fitdays akan menanyakan beberapa informasi untuk kebutuhan analisis, seperti jenis kelamin, tinggi badan, dan target berat badan yang diinginkan.

Karena saya termasuk kurus dan sulit gemuk, saya menargetkan berat badan saya 60 KG.

Namun setelah menimbang, aplikasi Fitdays menyatakan bahwa berat badan saya yang bila diukur dengan tinggi badan, saya termasuk normal atau rata-rata.

BMI saya juga dibilang normal dan massa lemak dalam tubuh saya rendah dan dikategorisasikan sebagai atlet, padahal saya jarang berolahraga.

Saya juga mendapatkan seluruh informasi lengkap, mulai dari berat badan saya tanpa lemak, massa tulang, kandungan lemak di dalam darah, kandungan protein, dan sebagainya dari hasil pengukuran sensor di elektroda timbangan.

Saya juga bisa melihat grafik berat badan dan seluruh informasi tadi jika saya menimbang setiap hari.

Aplikasi juga bisa mendeteksi perbedaan berat badan dan memperingatkan jika profilnya tidak pas, misal saya menimbang saat menggunakan profil milik istri saya, karena selisih beratnya jauh berbeda.

Kesan Penggunaan

Untuk timbangan dengan harga yang cukup murah, dengan fasilitas baterai internal sehingga tidak perlu mengganti baterai, timbangan bermerek Chwares ini layak untuk dimiliki.

Meski fiturnya tidak selengkap timbangan pintar lain, namun untuk saya dan istri, fitur yang ditawarkan sudah jauh lebih dari cukup.

Aplikasi Fitdays sangat membantu untuk memantau perkembangan, meski tanpa menggunakan aplikasi, timbangan tetap berfungsi normal, yang tentunya fiturnya jadi kurang maksimal.

Saya sendiri belum tahu berapa lama baterai timbangan ini bertahan, namun menurut ulasan timbangan ini hanya perlu diisi daya 2 hingga 3 kali selama setahun dengan pemakaian normal.

Bentuknya cukup ramping dan enteng membuat timbangan ini juga mudah untuk disimpan dengan menyelipkan ke sela-sela lemari atau memasukkan ke kolon lemari.

Saya juga belum mencoba untuk melakukan sinkronisasi dengan aplikasi lain seperti Google Fit karena aplikasi Fitdays sudah cukup buat saya.

Galeri Foto

3 responses
  1. Gravatar of Fikri Rasyid
    Fikri Rasyid

    > …karena saya ikut mencari timbangan lewat Amazon…

    Kalo suami ikutan nyari-nyari barang beginilah jadinya :))

  2. Gravatar of gojeg
    gojeg

    Aku msh pake fat scale nya huawei. Soalnya dulu dapet seken dr temen. Fitur utama yang kepake emang sinkronisasi sm smartphone. Lebih gampang tracking berat badan meskipun kadang bikin patah semangat diet. 🤣🤣

  3. Gravatar of morishige
    morishige

    Saya masih pakai timbangan koin di apotek, Mas Zam. 😀

Tinggalkan Balasan

This article has been published on 5 Oktober 2020 (2 bulan ago). The information provided here might not be accurate.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.