Mengisi e-Money Mandiri Menggunakan NFC Tokopedia

Saat menjelajah Youtube, saya mendapatkan iklan dari Tokopedia yang menerangkan bahwa kini bisa melakukan pengisian saldo (top-up) e-Money Mandiri melalui Tokopedia melalui ponsel Android yang ber-NFC (Near Field Communication).

Saya yang menggunakan ponsel Samsung Galaxy K-Zoom dan memiliki fitur NFC, langsung mencoba.

Jika biasanya saya mengisi saldo e-Money dari ATM, dengan adanya cara lain mengisi saldo melalui Tokopedia, rasanya akan lebih menyenangkan.

Sebenarnya Bank Mandiri memiliki aplikasi Mandiri e-Money Isi Ulang untuk mengisi ulang saldo, namun harus menggunakan rekening Mandiri dan nominalnya minimal Rp 100.000.

Belum lagi ponsel yang saya gunakan tidak dapat membuka aplikasi tersebut karena sistem operasi Android yang digunakan mentok di Android 4.4.2.

Mengisi Saldo e-Money Menggunakan Tokopedia

mengisi e-Money Mandiri di Tokopedia
mengisi e-Money Mandiri di Tokopedia

Setelah mengaktifkan NFC dan membuka aplikasi Tokopedia, saya menempelkan kartu e-Money saya ke ponsel.

Ponsel saya bahkan bisa mengenali aplikasi Tokopedia saat kartu e-Money ditempel ke ponsel saat NFC aktif.

Setelah kartu saya dikenali, saya menekan tombol Top-Up Sekarang, saya diberi pilihan mengisi nominal pulsa, mulai dari Rp 20.000, Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 200.000, Rp 300.000, Rp 400.000, dan Rp 500.000.

Setelah menekan tombol bayar, prosesnya seperti pada transaksi Tokopedia biasa.

Saya bahkan bisa mendapatkan cashback 5% hingga Rp 10.000 dengan memasukkan kode promo TOPUPEMONEY.

Asyiknya lagi, saya tidak harus mengisi saldo e-Money Mandiri dari rekening Mandiri. Bahkan saya bisa menggunakan TokoCash untuk mengisi saldo.

Setelah pembayaran berhasil, saya langsung melakukan update saldo dengan menempelkan kartu ke ponsel, yang secara otomatis akan menampilkan saldo terbaru.

Mudah dan menyenangkan!

Jika tidak memiliki ponsel ber-NFC, bisa meng-update saldo e-Money Mandiri pada ATM Mandiri atau gerai retail (Indomaret dan Alfamart) yang telah bekerja sama.

Saya sendiri merasa sangat terbantu dengan adanya fitur isi ulang saldo e-Money Mandiri ini, karena saya bisa dengan mudah mengisi saldo tanpa harus datang ke ATM Mandiri.

Harapan saya, Tokopedia juga bisa menambah fitur pengisian ulang Flazz BCA, karena selain e-Money Mandiri, saya juga sering bertransaksi menggunakan Flazz BCA, di mana untuk mengisi saldo harus melalui ATM BCA.

Tentunya akan lebih keren lagi jika Tokopedia mendukung kartu uang digital lain, semacam Brizzi BRI dan Tapcash BNI.

Artikel ini dipublikasikan pada 17 Oktober 2018, sekitar 4 minggu yang lalu. Informasi yang dimuat di artikel ini mungkin sudah tidak akurat.

Belum ada tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.