Membeli Kogan Sports Camera 12 MP 1080p di Bukalapak.com

Tulisan ini diterbitkan pada 28 November 2015, sekitar 1 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Sudah cukup lama saya ingin punya action/sports camera. Sebuah kamera GoPro rasanya masih belum begitu saya butuhkan, apalagi kegiatan saya tidak seekstrim itu sehingga membutuhkan kamera setingkat GoPro. Tentu saja faktor harga juga menjadi pertimbangan.

halaman lapak penjual Kogan Sports Camera 12 MP 1080p halaman lapak penjual Kogan Sports Camera 12 MP 1080p

Beruntung, ada beberapa produsen yang mengeluarkan seri action/sports camera dengan spesifikasi yang tentunya tidak seekstrim GoPro namun tetap tangguh dan tentunya sesuai kocek.

Dari beberapa jenama, SJCam dan Xiaomi Yi sering disebut sebagai pesaing GoPro. Saya pun sempat berminat untuk memiliki salah satunya.

Karena cukup malas untuk datang ke toko, dan kini makin mudah belanja online, saya mulai menjelajah beberapa situs belanja online, sekadar mulai melihat-lihat, membandingkan harga, hingga melihat berbagai tawaran promo jika ada.

Sayangnya, saya cukup kesulitan menemukan penjual yang cocok. Ada beberapa toko online yang saya liat menampilkan barangnya, namun stoknya kosong. Di situs jual beli online lain pun sebenarnya ada, namun beberapa reputasi penjualnya tidak begitu banyak mendapat respon.

Kemudian saya cari-cari di Bukalapak.com. Rupanya di Bukalapak.com ada beberapa penjual yang menawarkan barang sejenis dengan perbedaan harga yang kompetitif.

Saat sedang menjelajah halaman Bukalapak.com, saya menemukan sebuah action/sports camera yang cocok dengan kebutuhan saya dan pas di kantong. Kamera itu adalah kamera Kogan Sports Camera 12 MP 1080p.

Bila dibandingkan dengan SJCam atau Xiaomi Yi, Kogan secara spesifikasi bisa bersaing, namun dengan harga yang lebih murah. Kogan merupakan jenama dari Australia dan setelah melihat beberapa ulasan, kamera ini cukup oke dari segi spesifikasi dan budget.

Saya lalu membuat akun di Bukalapak.com dan malah mencoba mengeksplorasi toko online ini. Selain mudah akses dari situsnya, Bukalapak.com juga punya aplikasi di Android dan iOS.

BukaDompet, Metode Bayar Yang Aman

pilih pembayaran BukaDompet pilih pembayaran BukaDompet

Yang menarik perhatian saya dari situs ini adalah fitur BukaDompet. Selain menerima metode pembayaran melalui transfer rekening, setor tunai, e-banking, i-banking, pembayaran lewat Indomaret, serta kartu kredit, ada yang namanya BukaDompet.

BukaDompet ini semacam rekening bersama, di mana pengguna menyetor dana melalui transfer rekening yang kemudian diubah menjadi saldo BukaDompet. Setiap transaksi bisa dibayar menggunakan BukaDompet ini, di mana Bukalapak.com menjamin bahwa penjual (istilahnya, pelapak) dan pembeli sama-sama terlindungi.

Jika barang yang ditransaksikan tidak diterima oleh pembeli sesuai harapan, uang tidak akan dibayarkan kepada pelapak dan kembali seutuhnya kepada pembeli.

Saya kemudian mencoba fitur ini, karena menurut saya, ini cara bayar yang aman dan gampang. Cara mengisi saldonya pun tidak susah, setelah mendaftarkan rekening, melengkapi profil di akun Bukalapak, saya bisa langsung mengisi saldo dengan nilai nominal minimal Rp 10.000.

Setelah itu, saya mendapat e-mail yang berisi 3 digit kode unik sebagai konfirmasi penambahan saldo. Penambahan saldo otomatis akan batal jika selama 24 jam tidak ada konfirmasi.

Ini rupanya yang membuat Bukalapak.com bisa dianggap sebagai situs jual beli yang aman, tanpa perlu khawatir ditipu, dan uang bisa 100% kembali.

Pengalaman Bertransaksi di Bukalapak.com

Kembali ke Kogan Sports Camera 12 MP 1080p yang hendak saya beli tadi. Setelah memilih dari berbagai pelapak yang ada, dengan fitur penyaringan berdasar “Top Seller” saya bisa dengan cepat menemukan pelapak yang cukup recommended.

Saya juga sempat menandai dan memasukkan beberapa barang ke dalam daftar Favorit di mana nanti saya bisa menengok kembali, membandingkan, dan akhirnya memutuskan membeli yang mana.

Menggunakan fitur BukaDompet, saya kemudian bertransaksi dengan pelapak Jihan Gadget melalui aplikasi Bukalapak.com di Android, pada tanggal 17 November 2015. Saya memilih pelapak ini karena melihat reputasinya sebagai Juragan dan mendapat respon 93% positif.

Aplikasi Android Bukalapak.com cukup nyaman dan intuitif. Saya bisa dengan cepat menemukan barang yang saya cari dari menu pencarian. Setelah menemukan barang yang ingin dicari, tak perlu banyak tap, saya bisa segera bertransaksi.

Transaksi akan lebih mudah dan cepat jika sudah memiliki saldo di BukaDompet. Bagian pembayaran bisa dilewati dengan cepat dan tak ribet. Saldo BukaDompet akan langsung terpotong sesuai harga barang dan ongkos kirim jika ada.

Saya membeli Kogan Sports Camera 12 MP 1080p seharga Rp 410.000, dengan tambahan ongkos kirim menggunakan JNE Reguler sebesar Rp 9.000.

Tak lebih dari semenit, transaksi selesai dan saya hanya perlu menunggu konfirmasi dari pelapak. Cepat sekali.

Barang Diterima

Kogan Sports Camera 12 MP 1080p Kogan Sports Camera 12 MP 1080p

Setelah menunggu, akhirnya Kogan Sports Camera 12 MP 1080p yang saya tunggu pun datang dengan kurir JNE pada hari Sabtu, 21 November 2015.

Saya awalnya bingung karena tidak ada konfirmasi apa pun dari si pelapak dan mengira barang masih dalam proses. Namun setelah 3 hari tidak ada kabar, saya mulai bertanya-tanya, apakah transaksi saya telah diproses atau belum.

Saya bisa tenang, karena Bukalapak.com menjamin, bahwa jika status barang yang saya pesan tidak dikirim oleh pelapak hingga 21 November 2015 (4×24 jam), maka uang saya akan kembali utuh. Jika memang nanti uang saya kembali, saya masih bisa membeli dari pelapak lain.

Namun sepertinya si pelapak lupa untuk memperbarui status transaksi. Setelah saya kirim pesan melalui fitur Tinggalkan Pesan di situs Bukalapak.com, barulah status transaksi saya berganti dan saya bisa mengonfirmasi.

Saya memberitahu bahwa barang sudah saya terima dan memintanya memperbarui status agar saya bisa mengonfirmasi dan uang tidak kembali ke akun saya.

Untuk menyelesaikan transaksi, saya kemudian memberi feedback kepada si penjual dengan pilihan positif atau negatif. Saya memberi feedback positif dan memberi catatan tentang update status transaksi yang telat ini, supaya pembeli lain bisa terbantu saat membaca feedback dari saya.

Barang yang saya terima juga cocok dan sesuai dengan apa yang ditulis oleh si pelapak pada halaman jualannya.

Fitur BukaDompet yang ada di Bukalapak.com selain mempercepat dan memudahkan transaksi, juga membuat tenang jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Program Menarik di Bukalapak.com

Bukalapak.com unboxing video competition Bukalapak.com unboxing video competition

Setelah barang saya terima, saya lalu membuat video unboxing dan berencana untuk diikutkan ke kompetisi Bukalapak.com Uboxing Video Competition yang diselenggarakan sejak 14 November 2015 dan berakhir pada 12 Desember 2015.

Hadiahnya cukup menggiurkan. Akan dipilih 5 orang sebagai pemenang yang akan mendapatkan hadiah top-up voucher belanja masing-masing senilai Rp 500.000 plus goodie bag eksklusif dari Bukalapak.com.

Selain kompetisi video unboxing, ada halaman promo yang patut dipantau. Ada promo harian yang patut dipantau setiap hari dan ada juga promo spesial yang tak boleh dilewatkan.

Selama November 2015, Bukalapak.com juga menghadirkan berbagai program menarik yang bisa dibaca di halaman promo.

Saya puas dengan layanan Bukalapak.com. Tak heran jika Bukalapak.com menyabet penghargaan “Best of The Best” di ajang penghargaan Bubu Awards v.09 untuk keseluruhan kategori dan kategori e-commerce.

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

2 Comments

Tulisan ini diterbitkan pada 28 November 2015, sekitar 1 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

nanda

3 Desember 2015 16:45

ngiklan ya tapi gpplah , review action cam buatan MITO dong , namanya click , bentuknya sih menarik. Sampai detik ini kelihatannya belum ada review yang mengulas dalam tentang itu. terima kasih.

D Sukmana Adi

17 April 2016 09:54

tapi ini belum bisa fish eye gitu ya dari bawaannya mas, salam kenal :)

Statistik

Telah dibaca 0 kali. Waktu baca rata-rata 8 minutes. Ada 2 komentar. Dibagikan 0 kali ke media sosial.