Menjajal Acer Liquid Z220

27 Oktober 2015 7 menit 0

Saya berkesempatan menjajal ponsel Acer Liquid Z220 yang diluncurkan pada Mei 2015 lalu. Ponsel kelas menengah dengan sistem operasi terkini, Android Lolipop, dibanderol dengan harga Rp 849.000.

Ponsel ini merupakan salah satu ponsel pertama Acer yang menggunakan Android Lolipop.

Fisik dan Kemasan

Acer Liquid Z220Acer Liquid Z220 dikemas dalam kemasan kardus, yang begitu dibuka akan langsung terlihat unit ponsel. Di dalamnya tersedia pula baterai berkapasitas 1.300 mAh, pengisi daya, kabel USB, earphone, buku panduan, dan kartu garansi.

Acer Liquid Z220 memiliki bentang layar 4 inchi dengan kerapatan piksel 233 PPI. Meskipun agak tebal, 9,6 mm dan bobot 120 gram, ponsel ini terbilang cukup ringan dan nyaman digenggam.

Materialnya terbuat dari plastik, dengan tutup belakang memiliki tekstur matte semacam kain yang mencegah ponsel meluncur dari tangan saat digenggam. Bagian rangkanya berpola gerigi dengan warna abu-abu, memiliki fungsi yang sama, mencegah ponsl tergelincir.

Saya suka dengan permukaan matte dan bentuk ujung-ujung membulatnya. Acer Liquid Z220 terlihat mungil, modis dan gaya. Menggenggamnya pun terasa pas di tangan.

Acer Liquid Z220 memiliki 3 tombol yang berada di samping kanan, yaitu tombol volume upvolume down, dan tombol daya. Colokan micro USB terletak di bagian tengah atas, berdampingan dengan lubang jack 3,5 mm.

Kamera 5 MP dan lampu kilat menempel di bagian belakang tengah, tampak menonjol. Logo Acer tertera di penutup belakangnya.

Kamera depan 2 MP berada di bagian atas kanan layar, menempel persis di samping logo Acer. Sementara di bagian bawah layar depan, terdapat 3 soft buttons untuk navigasi.

Acer Liquid Z220 menggunakan kartu SIM standar di slot nomor 1 dan micro SIM di slot nomor 2 yang mendukung jaringan 3G/HSDPA.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 200 dual-core berkecepatan 1,2 GHz. RAM yang ditanam sebesar 1 GB dengan media penyimpan internal sebesar 8 GB yang bisa ditambahkan kartu micro SD hingga 32 GB.

Baterai Lithium-Polymer berkapasitas 1.300 mAh, mampu memasok daya yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Pengalaman Pengguna

Acer Liquid Z220 nyaman digenggamAcer Liquid Z220 menggunakan Android 5.0 (Lolipop) 32 bit yang sepertinya tak banyak diubah oleh Acer.

Tampilan material design ala kartu menjadi tampilan antarmuka utama di Acer Liquid Z220. Begitu juga dengan tampilan notifikasinya, terlihat lebih rapih dan ringkas.

Acer menyertakan beberapa aplikasi bawaan, yaitu Acer Portal, 50+ game gratis, Puzzle Pets dan Real Football.

Android Lolipop membuat Acer Liquid Z220 terasa lebih ringan, tangkas, dan responsif.

Yang menarik perhatian saya adalah letak tombol soft buttons yang berfungsi sebagai navigasi. Tombol back, tombol home, dan tombol menu terletak di dalam frame, di mana tombol ini hanya menyala jika ponsel menyala.

Kamera

Kamera utama 5 MP Acer Liquid Z220 bersudut lebar 89° yang dilengkapi dengan lampu kilat. Sedangkan kamera depan 2 MP tidak dilengkapi lampu kilat. Kamera dilengkapi dengan fitur HDR, Panorama, Beautification, Best Shot, Bright Magic, Smile Shutter, Multi-angle View, Presentation, Live Photo. Selain fitur, ada delapan pilihan scene dan empat efek warna. ISO alias kepekaan cahaya bisa diatur, mulai dari auto hingga manual sampai 1600.

Ukuran gambar juga bisa diatur, jika menggunakan resolusi maksimal, aspek rasio bisa dipilih antara 4:3 atau 16:9.

Saya mencoba memotret di luar ruangan, yang saat itu langitnya mendung. Autofocus bisa diatur dengan menyentuh bagian yang hendak difokus, dan hasilnya lumayan untuk menimbulkan efek deep of field.

Efek warnanya juga lucu untuk digunakan dan memberikan variasi efek yang unik. Saya menyukai efek film negatif, di mana hasilnya seolah-olah seperti warna pada klise film seluloid.

Hasil Foto

Berikut ini adalah beberapa foto yang saya ambil menggunakan Acer Liquid Z220.

Multimedia

Saya penasaran dengan kualitas suara Acer Liquid Z220. Saya kemudian memasukkan lagu favorit saya untuk melakukan pengecekan nada rendah hingga tinggi, yaitu lagu Metallica, Enter Sandman.

Acer Liquid Z220 menggunakan Google Play Music yang disediakan oleh Google untuk memutar lagu. Format lagu yang saya gunakan adalah format .m4a, format lagu hasil pembelian melalui iTunes.

Suara yang dihasilkan Acer Liquid Z220 cukup nyaring dan nyaman didengar. Jika ingin melakukan penyesuaian lagi, terdapat menu untuk mengatur bas dan treble secara manual. Tersedia pula preset dan equalizer musik yang mempermudah pengaturan.

Performa

Untuk mengukur performa, saya menggunakan aplikasi Antutu Benchmark versi 5.7.1. Aplikasi ini akan mengukur kinerja prosesor, memori, hingga grafis, kemudian memberikan skor yang kemudian bisa dibandingkan dengan performa ponsel lain.

Skor yang saya dapat setelah menjalankan Antutu Benchmark adalah 15.355, di mana skor ini cukup bagus untuk ponsel kelas menengah. Antutu Benchmark pun mengenali perangkat sebagai Acer Liquid Z220.

Tampilan Antarmuka

Berikut ini beberapa tampilan antarmuka dan fitur Acer Liquid Z220.

Spesifikasi

Berikut ini spesifikasi Acer Liquid Z220.

CPUQualcomm Snapdragon 200 quad-core 1,3 GHz 32 bit
GPUAdreno 305
RAM1 GB
Memori Internal8 GB
Memori EksternalMicroSD™ hingga 32 GB
Layar5 inchi TFT
Kamera Utama5 MP
Kamera Depan2 MP
Kartu SIM 1SIM standar HSDPA/3G, GSM
Kartu SIM 2mikro SIM HSDPA/3G, GSM
Bluetoothv4.0
GPSA-GPS
Nirkabel/Wi-FiWLAN (802.11b/g/n)
USBmikro 2.0
Audio3,5 mm jack stereo
Baterai1.300 mAh
SensorCahaya, Akselerometer, Sensor Proximitas
Android5.0 Lolipop

Penulis

pengembang web. penyelam. pejalan pemula. pengguna instagram. pegawai alias pengguna gawai. suka ngetwit.

Bagikan

Belum Ada Komentar

      Tinggalkan Balasan