Opera Mini: Browser Hemat, Cepat, dan Hebat

Artikel ini ditayangkan pada 9 Juni 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Saya menggunakan peramban Opera di laptop saya untuk beraktivitas sehari-hari. Alasannya, Opera lebih ringan dan lebih cepat bila dibandingkan dengan peramban lain. Tampilannya yang sederhana juga menjadi alasan kenapa saya cukup betah bekerja menggunakan Opera.

Opera Mini Opera Mini

Di ponsel pun, saya menggunakan Opera Mini sebagai peramban kesayangan. Opera Mini bukanlah hal asing, karena sejak sebelum banyak ponsel pintar seperti sekarang, saya sudah menggunakan Opera Mini untuk menjelajah internet di ponsel jadul yang telah mendukung teknologi GPRS.

Karena di Twitter beberapa waktu lalu ramai tagar #HematnyaHebat yang bercerita soal keunggulan Opera Mini, saya pun ingin berpartisipasi dengan berbagi pengalaman selama menggunakan Opera Mini.

Antarmuka Sederhana dan Tepat Guna

Opera Mini sepertinya memang didesain untuk tampil maksimal di layar yang mungil. Ada tiga pilihan tampilan yang bisa digunakan, yaitu tampilan klasik untuk kemudahan navigasi dengan satu tangan yang merupakan tampilan bawaan, tampilan telepon untuk memaksimalkan area tampilan, dan tablet yang memang dirancang untuk tampilan pada tablet.

Saya suka menggunakan tampilan klasik karena saya sering mengoperasikan ponsel dengan satu tangan, sehingga berselancar menggunakan Opera Mini menjadi nyaman.

Fitur kontrol isyarat menjadikan penjelajahan halaman panjang menjadi lebih mudah. Dengan kontrol isyarat, saya bisa berpindah cepat ke bagian akhir atau awal halaman dengan menekan tombol berbentuk segitiga dalam lingkaran yang muncul saat kita menggulirkan layar (scroll) ke bawah atau ke atas.

Akses Cepat

kompresi data di Opera Mini kompresi data di Opera Mini

Kecepatan menjadi hal utama kenapa saya menggunakan Opera Mini. Apalagi di Indonesia, koneksi internet pada jaringan seluler tak bisa selalu diandalkan.

Opera Mini mempunyai teknologi kompresi yang membuat ukuran halaman menjadi lebih kecil sehingga lebih cepat dibuka. Selain lebih cepat, efeknya kuota data jadi lebih hemat.

Selain cepat dalam hal konektivitas, Opera Mini juga menyediakan akses cepat ke situs-situs favorit dengan menyematkannya pada panel Panggil Cepat (Speed Dial). Tak perlu lagi mengetikkan alamat situs yang sering kita buka, cukup dengan membuka tab baru, lalu menekan icon situs favorit dan dengan cepat akan terbuka.

Jika bingung hendak membuka situs apa, Opera Mini menyediakan konten-konten menarik yang telah dipilah ke dalam beberapa kategori. Konten-konten ini diambil dari berbagai sumber situs berita, sehingga informasi terkini pun bisa diakses dengan cepat.

Jika sedang luang dan ingin membaca berita, saya biasa membuka kategori Perjalanan, Sains, Bisnis, dan Teknologi, dari halaman Panggil Cepat ini.

Sebagai produk dari keluarga Opera, Opera Mini memungkinkan saya terhubung dengan Opera yang ada di laptop saya. Dengan masuk menggunakan akun Opera, saya bisa menyelaraskan riwayat selancar dan bookmark, sehingga saat saya membutuhkan referensi, saya bisa dengan cepat menemukannya.

Misal saya menemukan tautan menarik saat berselancar dengan Opera Mini, namun karena saya sedang tidak dalam posisi nyaman, saya akan membacanya melalui Opera pada laptop. Saya bisa dengan mudah menemukan tautan yang dibuka di Opera Mini ini. Begitu juga sebaliknya.

Fitur Lainnya

mode malam dan mengurangi mata lelah mode malam dan mengurangi mata lelah

Selain kecepatan, Opera Mini mempunyai fitur-fitur lain yang menambah pengalaman menyenangkan saat berselancar menggunakan ponsel.

Fitur-fitur tersebut antara lain Pengaturan Pengunduhan, Mode Malam, dan Tes Koneksi.

Pengaturan Pengunduhan

Mengunduh berkas melalui ponsel sering kali merepotkan saat hendak mencari kembali berkas tersebut. Seringkali pula kita tak tahu ada di mana berkas yang diunduh tersebut.

Opera Mini mempunyai download manager yang memudahkan saya menemukan berkas-berkas yang telah saya unduh dengan cepat. Mengatur pengunduhan pun semacam menjeda, menentukan lokasi tempat berkas akan disimpan, hingga menghapus berkas unduhan bisa dilakukan dengan mudah di Opera Mini.

Mode Malam

Saya termasuk orang yang suka membaca melalui ponsel saat hendak tidur. Layar ponsel yang terang membuat saya seringkali tak nyaman saat membaca pada saat suasana gelap.

Opera Mini mempunyai fitur mode malam yang akan meredupkan layar ponsel sehingga tidak membuat sakit mata saat membaca pada suasana gelap.

Selain itu, terdapat pula mode untuk mengurangi mata lelah, di mana pada mode ini, keredupan akan disesuaikan sehingga mata menjadi tak mudah lelah saat membaca sehingga saat tidur pun menjadi lebih nyaman. Mode ini cocok untuk yang sulit tidur.

Paket Opera Mini dari Telkomsel

Menggunakan Opera Mini saja sudah hemat karena Opera Mini menggunakan teknologi kompresi. Namun pengguna Telkomsel bisa lebih berhemat lagi karena Telkomsel menyediakan paket Opera Mini.

Cara mengaktifkan paket Opera Mini dari Telkomsel ini pun mudah, yaitu dengan menekan tombol *363# dari ponsel, lalu pilih menu Opera Mini; atau melalui aplikasi My Telkomsel. Jika menggunakan Opera Mini, bisa juga mengunjungi tautan http://opr.as/Tselwp lalu pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan.

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

2 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 9 Juni 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

ipanema indonesia

7 Oktober 2016 14:52

aku suka banget pake opera mini

Heri

23 November 2016 17:38

Satu hal yang membuat saya menggunakan opera mini, yaitu anti blokir :D

Statistik

Telah dibaca 866 kali. Waktu baca rata-rata 6 menit. Ada 2 komentar.