KapanLibur: Aplikasi Pengingat Kapan Libur

Artikel ini ditayangkan pada 5 Februari 2014, sekitar 3 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Jadi ceritanya saya diundang untuk jadi tester aplikasi KapanLibur. Aplikasi yang dibangun oleh Pino, Aulia, dan Firman ini masih belum rilis dan baru bisa didapat dari TestFlight melalui undangan.

Ide dari aplikasi ini cukup sederhana, yaitu memberitahukan tanggal-tangal liburan di Indonesia, dengan tampilan yang cantik. Rasanya aplikasi ini cukup berguna untuk “pekerja keras” yang sering lupa hari atau tidak punya kalender seperti saya.

Keterangan Nyepi Keterangan Nyepi

Pertama dibuka muncul tampilan pembuka, lalu langsung disuguhi foto sesuai dengan tema hari libur terdekat. Rupanya, bulan depan ada libur Hari Raya Nyepi.

Bila gambar diketuk, akan muncul keterangan singkat tentang peringatan hari liburnya.

Selain keterangan, muncul pula tanggal liburnya, yaitu 31 Maret 2014.

Saya tertarik dengan icon senyum 😀 di samping hari libur yang muncul di bar warna hijau. Icon ini ternyata berpengaruh pada hari.

Misal jika hari libur jatuh pada hari Senin, Jumat, Sabtu, atau yang kira-kira akan menimbulkan “long weekend” maka tampila icon akan senyum.

Kalo pas jatuh pada hari Minggu, tampilan si icon akan berubah jadi muka datar. 😐

Rupanya maksudnya adalah, nggak ada gunanaya juga kalo hari libur jatuh di hari Minggu. Iya, kan?

Jika bar warna hijau diketuk, akan muncul tanggal. Awalnya saya bingung. Rupanya ini adalah tanggal hari libur (pekan di mana hari libur berada), sehingga kita bisa melihat berapa jumlah hari libur yang bisa didapat, saat digabung dengan hari Sabtu dan Minggu.

Untuk melihat hari libur lainnya, tinggal geser ke kanan atau ke kiri.

Foto-foto yang digunakan pun cantik. Menurut Pino, foto dan keterangan ini berasal dari dia. Foto hasil potret dia, dan keterangan dikompilasi dan ditulis oleh dia.

Menarik lagi, jika tampilan dimiringkan, tampilan foto pun berubah dan menyesuaikan. Jika ada foto lebih dari satu, maka foto yang ditampilkan bisa berganti, sesuai dengan tema liburan yang ada.

Nyepi Portrait Nyepi Portrait

Meski secara umum tampilan sudah cantik, tapi saya merasa ada yang “hampa”. Tampilan aplikasi ini sekilas mengambil ide seperti aplikasi Yahoo Weather.

Akan lebih menarik jika misal aplikasi KapanLibur bisa menampilkan data lain yang menarik, selain tanggal, sehingga interaksi di aplikasi bisa lebih lama.

Mungkin bisa ditambahkan data apa yang bisa dilakukan saat libur itu, ke mana tempat yang asyik untuk “merayakan” libur, misalnya jadwal acara budaya atau tradisi yang biasa dilakukan.

Misal dalam bayangan saya, saat Hari Raya Imlek, selain informasi tentang Imlek bisa juga diberi tahu tempat yang asyik untuk merayakan Imlek, misal di Singkawang, melihat barongsai, atau makan kue keranjang.

Yang lebih penting, menurut saya, ada fitur pengingat. Mungkin bisa ada semacam sistem pemberitahuan yang bisa kita atur, misal seminggu, atau 3 hari sebelum hari libur, sehingga kita bisa tau bahwa akan ada hari libur tersebut sehingga kita bisa mempersiapkan diri.

Pengingat bisa berupa pesan pemberitahuan (push notification) atau kita yang secara manual bisa menambahkan tanggal libur ke aplikasi Kalender, sehingga notifikasi diatur lewat Kalender, misalnya.

Tambahan ide dari @ndorokakung: jika pengguna bisa mendaftar dan mengisi preferensi agama, ada semacam ucapan selamat. Sepertinya akan menarik.

Secara umum aplikasi ini sudah cantik. Pesan pemberitahuan atau fitur menambahkan tanggal ke Kalender, merupakan fitur yang saya rasa cukup penting dan bisa ditambahkan di rilis nantinya.

Jadi, mari kita tunggu rilisnya di Apple Store!

Spesifikasi

  • Sistem Operasi: iOS7
  • Gawai yang digunakan: iPhone 4S
  • Versi yang diuji: 1.0
  • Ukuran berkas: 3 MB.

Galeri Gambar

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

0 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 5 Februari 2014, sekitar 3 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Statistik

Telah dibaca 349 kali. Waktu baca rata-rata 4 menit. Ada 0 komentar.