Tentang Layanan XL

Artikel ini ditayangkan pada 28 Januari 2014, sekitar 4 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Saya sudah cukup lama menjadi pelanggan setia XL. Dari masih bernama proXL hingga kini menjadi XL Axiata setelah diakuisisi perusahaan Malaysia, kira-kira hampir 10 tahun lalu.

Saya pun termasuk salah satu pelanggan yang pertama menggunakan layanan “paksa” bayar Xplor yang baru keluar saat itu. Awalnya saya menggunakan kartu pra-bayar Jempol, kemudian migrasi ke layanan pasca bayar Xplor karena malas beli pulsa, dan malas berganti nomor. Nomor saya pun, kalo tidak salah nomor Jogja (atau Solo, saya lupa).

Saya bisa dibilang jarang sekali mengeluh terhadap layanan XL. Menghubungi nomor layanan pelanggan 818 pun seingat saya tidak pernah.

panggilan gagal XL panggilan gagal XL

Mengunjungi XL Center pun bisa dihitung dengan jari, kalo tidak salah kurang dari 5 kali. Saya ke XL Center pun untuk mengganti kartu SIM karena entah rusak atau terpaksa upgrade kartu agar bisa mendapat layanan terbaru XL.

Terakhir kali saya ke XL Center, adalah saat saya mengganti kartu SIM dari mini-SIM ke micro-SIM saat menggunakan Nokia Lumia 800 sekitar 2 tahun lalu.

Saya mengaktifkan layanan HotRod 3G+ untuk layanan pasca bayar dengan kuota 2,5 GB karena memang penggunaan internet saya di ponsel rata-rata hanya 2 GB. Saya cuma ngetwit, meramban, atau mengunggah foto ke Instagram.

Seperti layanan seluler lain, kadang layanan XL bermasalah. Saya sering kesulitan mengakses internet walau indikator sinyal penuh dan tanda 3G menyala. Di tempat saya tinggal, layanan internet XL cukup normal dan jika bermasalah masih bisa saya maklumi.

Jika bermasalah pun, saya paling misuh-misuh menumpahkan kekesalan di Twitter tapi ya sudah, saat layanan kembali normal saya pun kembali santai.

Namun sejak 25 Januari 2014, saya pun habis kesabaran. Selain seharian internet tidak bisa digunakan meski ada sinyal dan indikator 3G menyala, saya tidak bisa melakukan panggilan dan menerima panggilan. SMS pun sering gagal terkirim.

Saya memang baru beberapa bulan memindahkan kartu XL ke iPhone 4S. Layanan pun awalnya tidak ada masalah. Internetan, menelepon, dan mengirim SMS pun bisa lancar. Menyalahkan telepon kok rasanya aneh.

Saya pun mengungkapkan kekesalan di Twitter. Awalnya saya enggan komplain ke akun @XLCare karena saya sudah bisa menebak jawaban standar prosedur operasional mereka, yaitu menanyakan nomor telepon, handset, dan lokasi. Pikir saya, mengeluh ke XL Center pun belum tentu membantu.

Rupanya kekesalan saya di Twitter banyak yang menanggapi. Hampir semua mengeluhkan hal yang sama, layanan XL buruk. Berikut beberapa respon keluhan yang saya dapat dari teman-teman.

@matriphe protes soal XL yak? Neegh aku 6 taon pake XL tiap hari paling ga 2x dikirim ginian :/ pic.twitter.com/AqdZHCQl7Z — Anggie Sukarno (@anggiezr) 24 Januari 2014

@matriphe malam ini banyak bener yg komplen ttg xl, yujo yo akeh pisan — medina wulandari (@memethmeong) 24 Januari 2014

@matriphe kayaknya yg bapuk ga cuma xl, im3 juga weekend ini bedebah sinyalnya kerap blank :)) — riuusa (@riuusa) 25 Januari 2014

Seorang teman yang ternyata bekerja di XL yang mengikuti saya di Twitter, Tere, kemudian menghubungi saya secara personal dan menyarankan saya mengontak akun @XLcare.

Awalnya saya enggan, namun Tere bisa meyakinkan saya bahwa dia akan membantu menindaklanjuti keluhan saya. Saya pun akhirnya dihubungi XLcare melalui pesan personal (DM) di Twitter.

Saya pun mengikuti apa yang menjadi prosedur operasional mereka, yaitu memberitahukan nomor telepon, tipe ponsel, hingga lokasi. Saya pun menceritakan keluhan saya dan mereka berjanji untuk memberikan solusi. Hingga 4 “ranger” yang menangani saya berganti 4 kali, ^RY, ^ik, ^Oc, dan ^mt, namun masalah saya belom selesai.

Dugaan saya adalah sinyal di daerah tempat tinggal saya bermasalah. Begitu saya keluar dari daerah tersebut, layanan lancar. Hal ini tidak hanya dialami oleh saya, pacar saya yang menggunakan XL pun mengalami jeleknya layanan saat berada di tempat saya.

Tanggal 27 Januari 2014 pukul 13:22 WIB saya ditelepon oleh 818 (nomor layanan pelanggan XL) untuk dimintai konfirmasi tentang keluhan saya. Namun hingga sekarang (hingga tulisan ini dibuat) di tempat saya tinggal tetap bermasalah.

Beberapa kawan menyarankan saya untuk ganti operator daripada saya mengeluh terus di Twitter. Logikanya sederhana memang, kalo layanan jelek kenapa dipakai?

Saya mempunyai alasan tersendiri sehingga saya tidak berminat mengganti operator. Alasan pertama sudah saya kemukakan di awal, saya enggan berganti nomor, yang nantinya saya malah repot karena harus memberitahukan perubahan nomor telepon.

Kedua, sebagai pelanggan, saya berhak menuntut layanan yang baik. Poin ini yang ingin saya sampaikan bahwa, berganti operator rasanya kok sama saja kita membayar sesuatu namun kita tidak mendapatkan apa yang seharusnya menjadi hak kita. Lagian, operator lainnya juga belum tentu baik juga layanannya, kan?

Ketiga, saya termasuk orang yang jarang sekali komplain. Kalo saya sampai komplain, berarti memang saya tidak bisa memberi toleransi. Boleh dong sekali-kali saya rewel menuntut hak saya?

Saya memang sering nyinyir terhadap kampanye dan iklan XL yang begitu agresif menarik pelanggan baru. Meningkatkan penjualan boleh-boleh saja, namun jangan melupakan pelanggan lama yang loyal menggunakan layanannya, dong.

Jika setelah komplain saya ini akhirnya jaringan di tempat saya tinggal beres, saya akan acungi jempol untuk XL. Namun jujur, saya sendiri tidak berharap banyak.

Saya sampai sekarang masih intens memberikan kabar perkembangan (yang sebenarnya tidak ada perkembangan, karena tetap tidak bisa dipakai) ke tim XL Care, karena saya memang serius ingin layanan kembali normal.

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

27 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 28 Januari 2014, sekitar 4 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

hmd

28 Januari 2014 10:04

There's no love for postpaid user mas. Dan ohiya, soal komplain sinyal ini mengingatkan saya pada tahun 2012. Ketika sinyal 3G di rumah tiba tiba modar karena sepertinya mereka pindah ke daerah yang lebih high profile atau semacamnya.

6 bulan saya komplen gada hasilnya... Sing sabar nggeh mas xD

MasJun

28 Januari 2014 10:28

hahahah.. komenku podo karo hamid. Saya sudah off pake XL paket data sejak 2012. seinget saya sebelum lebaran dan waktu itu XL se-Jogja ambyar mbyar sinyal'e. karena memang waktu masih di Jogja dan posisi kost waktu itu di daerah kentungan(yang memang padat), dan setiap jam prime time user, mesti ambyar. kira kira jam 19:00-21:00-an lah dan akhirnya berpindahlah ke provider lain. Mau ndak mau. Karena urusan kerjaan yg musti mobile pake hape. Dan saya akhirnya menjadi pengguna XL sebagai paket telpun saja karena memang alasan saya pake XL karena telpun murah(cah #LDRUnite. kemudian #surhat), ealaah.... niate sih dulu sisan pake paket datane. jebul namanya orang, ndak boleh serakah. kudu milih. :))


sing sabar ya mas. apalagi situ cah #LDRUnite juga. :))

Farchan Noor Rachman (@efenerr)

28 Januari 2014 10:38

Wah..aku pake XL sebagai nomor kedua sekitar tahun 2010-2011 dan setelah mulai banyak gangguan langsung ga pake lagi mas zam. sinyal penuhnya cocok-cocokan dan banyak ga cocoknya. Akhirnya langsung memutuskan pake 1 nomor aja, sekarang pake Indosat. Walau sering marmos tapi ga sesering pake XL.

annosmile

28 Januari 2014 11:20

setengah tahun yg lalu pernah makek XL buat koneksi internet pengganti telk*msel yang mulai bosok di jogja
kecewa beberapa bulan kemudian soalnya sering disconnect beberapa menit saat dipake..
sinyal edge ga bisa dipake buat internetan...akhirnya mlipir ke operator sebelah ampe sekarang
--
btw isunya ancurnya jaringan xl gara-gara merger jaringan xl ama axis yg kemarin diakuisisi..jaringan axis dipindah ke jaringan xl karena aturan hanya boleh menggunakan satu frekuensi..kasusmu mirip ama sodara yg makek kartu axis yg blank alias ga bisa dipake buat ngapa2in :))

angki

28 Januari 2014 12:44

Toss ama Zam deh.
Saya juga pake XL, layanan Super Ngebut, no.hape 081-963-xxxx. Lokasi Surabaya.
*ah sudahlah*

devilpenakut

28 Januari 2014 14:37

Semua operator sama bila sudah menyangkut kekuatan sinyal. Tergantung lokasi yang biasa di datangi. Sepertinya di Indonesia ini tidak ada operator yang bisa bagus di semua tempat. Bagus di sini belum tentu di sana juga.

Jadi, pakai operator yang sinyalnya bagus di tempat yang sering di datangi. Kecuali.. sudah terikat dengan suatu nomor, seperti saya.......

Purwanto Wahyudi

25 Februari 2014 09:24

Semua operator suatu saat kemungkinan besar akan mengalami hal seperti ini, yang saya tahu XL sekarang sedang bermasalah dengan jaringan optiknya yang terputus di suatu pulau (informasi yang saya dapat di Lampung), Sebelumnya Smart juga mengalami hal yang sama jaringan optiknya terputus di pulau Bangka. Wah kalau sudah masalah jaringan optik, membutuhkan waktu dan biaya yang cukup besar untuk recoverinya, tapi suatu saat akan normal kembali, tinggal customernya bersabar saja. Kalau di Indonesia untuk berinternet ria kita tidak bisa bergantung pada satu operator. Just share saja.....

Mas Tjeker

6 Maret 2014 16:28

Jadinya ini di mana sih? Jogja ya? kalo blank pake XL bisa ga di pindah ke AXIS? gw pingin tau.. soalnya kalo AXIS blank bisa pindah ke XL selain di Jakarta :D

sunny

16 Maret 2014 19:29

iya bener! saya juga ngalamin hal yang sama! pas ganti paket ke xl unlimited, tiba - tiba gabisa internetan di rumah! cuman bisanya di luar rumah. ga bikin kesel apa coba, masa internetan harus di luar rumah. sedangkan saya lebih banyak ngabisin waktu di rumah. sebenernya xl kenapa sih? ada jaringan 3G nya gede, tapi gabisa internetan!

yus anida tisya

27 Maret 2014 16:00

Dulu pke xl, skrg tdk, krn xl penipu, jaringan'a tdk luas

adjik

5 April 2014 16:34

Saya baru bulan ini mengunakan layanan xl ternyata bikin kesel jg ya. Yang pasti sabar itu ada batasnya walaupun baru sebulan.

Bambang Himawan

26 Mei 2014 08:15

Hi, saya Bambang di Cimahi (2B6670A4|087722808070). Salam kenal. Saya jg mengalami hal yg sama, parahnya sy membeli nomor cantik yg harganya lumayan & bnyk org yg sdh tau nmrnya, jdnya sayang & merepotkan klo mau ganti. Lokasi sy di Cimahi & kerja di Bandung. Seringkali networknya juelek & tdk jarang sama sekali tdk ada koneksi, pdhl lokasi sy di tengah kota. XL benar2 XLangkah lbh menyebalkan. Udh pernh complain jg & ditanggapi dgb menjanjikan koneksi yg stabil, tp tetep aja -.- Tp ad tmn sy bilang, ini semua krn XL baru akusisi dgn Axis, mungkin krn sistem pendukungnya blm siap jd begini. Klo memang sama, Kejadian yg sama pernah terjadi pd 3, setelah bbrp bulan, baru jaringannya OK banget. Pd bersabar aj dulu sampai bbrp bulan ke depan, Oh dear God, give me more patience please!

sunardi

31 Mei 2014 15:36

Wah wah wah
Ternyata banyak juga yg sama...
Kalo saya s, bulan kemaren masih bagus2 aja di toko saya... menggunakan hotroad 3g
Setelah berganti ke unlimited, jadi dapat edge... kadang hilang
Karna kesel, baru pake 1/2 bln...
Saya ganti balik ke hotroad 3g... eee kok jadi sama saja...
Nyesel kemaren ganti paket...
Anehnya jarak 1meter kedepan toko, bagus signalnya h+ ...
Hahahha
Masa mau internetan, harus nongkrong didepan toko

zaenur wahab

5 Juni 2014 10:48

Sy pakai xl lbih dr 6th,,bru kali ni sy punya keluhan yg lgsung menjengkelkan,,kasusnya adlh ketika nelpon ke nomer xl temen,yg terjadi malah nyambung ke nomer lain yg ga tau siapa orgnya,smpet ngbrol sma org itu dia pakai nomer mentari,,kjadian tu sering,tk telusuri ternyata ketika menelpon ke nomer xl temen sy,terjdi 2 panggilan skaligus,jd siapa yg ngagkat telpon dluan itu yg tersambung,,smpet komplain dg xl center,jawabannya tdk memuaskan,ktanya ada pengalihan nomer,pdhl jelas nomer xl temanku tdk memakai pengalihan nomor,mungkin ada yg tau solusinya..

Budi

5 Agustus 2014 12:03

jadi mas lebih prefer marah-marah curhat di jejaring sosial daripada repot memberitahukan perubahan nomor telepon?

Fai

10 September 2014 00:07

waduh telah nih...Saya 2x ikut paket Hotrod 3G, berhasil potong pulsa tapi ga bs ngapa2in...ditelp pertama kali ktnya ada maintenance dijakarta tunggu 4 jam, ditunggu berhari2 ga ada perubahan. ditelp lg eh disuruh matiin 3-5 menit, nyalain lg clear cache teuteeuup ga bisa. Mumet 2x paket bulanan tp ga jalan.. mo ganti repot krn berbagai alasan. Haseuuuumm...

wandildil

10 September 2014 21:22

Saya juga mengalami spt itu garis sinyal kuat tp indikator sinyalnya gak ada..Operator bilang model jaringan dan APN disetting ulang. Disuruh clear cahce dan hapus history...jadi mumet dan mudeng aku.. gak ngerti..koq jadi ribet banget pake xl hot road biasanya kalo beli hp baru pasang kartu langsung bisa internetan...mohon agar menjadi perhatian pihak XL...

dani

14 September 2014 02:34

Wah saya punya masalah mirip, saya pake sim card XL di Galaxy Note 1, tidak bisa utk call, tapi SMS-an & paket data lancar... nah kalo sim cardnya dipindah ke HP lain seperti Nokia C1 (HP jadul) ternyata bisa utk call. Dari situ saya jadi curiga jangan2 Galaxy Note 1 saya yg masalah.
Ternyata ketika saya coba masukkan Galaxy Note 1 dengan sim card Tri ternyata bisa utk call. Selidik punya selidik, ternyata lebar kotak warna gold (chip) di sim card saya masih model lama, sehingga cuma hp tertentu saja yg bisa mengenali, bentuk chipnya lebih besar daripada chip2 keluaran terbaru.
Dugaan semakin kuat ketika saya masukkan simcard xl punya teman (yg model chip baru) ke galaxy note 1 itu, dan benar note 1 nya bisa utk call. Eksperimen lain adalah ketika saya masukkan simcard xl itu ke modem huawei, hasilnya persis sama dengan kasus di galaxy note 1 yaitu call tdk bisa tapi terima-kirim sms lancar...... Jadi dari pengalaman saya simcard xl saya hanya berhasil dipakai utk call pada hp nokia c1. Saya belum sempat ke XL Center sih, tapi mudah2an memang itu penyebabnya --> masalah simcard yg harus diganti model terbaru.

R. Santoso

9 Oktober 2014 20:19

Cari solusi masalah jaringan axis yg sdh diakuisisi oleh XL nemu blog Kang Zam.
Awal mula pakai axis tdk bermasalah, namun terakhir 2x dpt sms dr Xl untuk menukarkan kartu Axis lama ke kartu Xl yg baru dengan promosi "untuk mendapatkan jaringan yg lebih luas dan lebih baik", krn tdk ada perubahan nomor sayapun akhirnya rela antri di gedung Xl margorejo Surabaya.
Ganti dah kartu, singkat cerita terakhir malah sering nemui Hp tdk bisa buat telpon, langsung disconnect, saya pakai paket BIS juga 3G aja yg muncul tanpa logo BB terlalu sering.
Jengkel juga sih.

Tapi, ya sudahlah kalau complaint ke CS Xl hasilnya sama aja "cuma menunggu dan menunggu" saja.

Ikha

15 Oktober 2014 21:17

Sinyal xl jelek bgttttttttt...tlvn dkit mati2 truz.....

jefri Art

17 Februari 2015 12:31

Waduh sama persis tuh yg saya alami,hari minggu kmren tgl 15/02/2015 saya ganti sim XL saya fisik nya,tp tetep aja internet nya Xtra Lemot,pdhal saya udh pake nomer ini 11 thn,jd males klo ganti trus nyebarin nomer nya lg,tinggal usap dada aja deh (sabar).Apa mungkin ini trik dagang,supaya kita beli nomer baru yah???#$%&

Arco

24 Maret 2015 10:26

saya sudah hampir 4 tahun pake nomer XL, sejauh ini masih betah. palingan keselnya kalo kuota cepet banget abis (dan kenapa juga harus dipisah per periode waktu. sayang juga kuota gede tapi di jam 00.00-06.00. saya kan bukan kalong) haha terakhir sih ketika malam2 dirumah, sinyal internet tiba2 off padahal baru bbrp hari isi paket. sudah direstart berkali2 masih belum ada juga. akhirnya saya diemin... untungnya besok harinya udah on lagi :))

andria

14 April 2015 11:18

pengalaman saya udah 5 tahunan pakai XL dari bandung, sekarang pindah ke makassar masih setia pake XL.. dibanding operator lain sih untuk internetan masih menang XL karena disaat pergi ke tempat yg ramai sinyal temen2 saya yg pakai si merah udah lemot, saya masih lancar2 jaya aja internetannya, terus kalau nelpon pake si merah yg TM itu suka mati/suara kayak robot, nah kalau pake xl bagus bgt.. kalau internetan nya juga dulu pakai hotrod 3g yg ada time based nya, skrg pakai hotrod pro udah bisa 24jam kuota makin banyak..

mardy

26 September 2015 11:25

XL bener2 jaringan lemot bin tolol, penipu, udah bbr kali ganti paket nya mulai yg biasa sampe yg super kenceng tapi kaya taeeee juga tuh jaringan, kenceng diawal 10 menit mati total.. maen game ringan aja putus2 trus, beda sama 3 yg walaupun lemot dan agak susah buka game nya tapi ga putus begitu udah konek... XL GOBLOKKKKKK

Pio

22 November 2015 12:06

Xl ku tak ada sinyal mulai dari kemaren..!!
Gara gara itu, rapat dengan klien jadi batal..
kalo dah kayak gini gimana ini pertanggung jawabanya..??
Mbak/ mas, tolong dong lebih ditingkatin lg kualitas kinerjanya, agar para konsumen jg bisa puas..
Makasih

Tt

5 Desember 2015 01:54

Baru pake XL 2 hari yg lalu, saya pake hp dual sim sama 3tri.
Gara2 di tempat klien gk ada sinyal tri, saya beli XL.
Ternyata sinyalnya GAK STABIL tiap detik ganti antara (3G/H+).
Dan kalo udah 3G gk jalan internetnya.

Saya Udah lama pake tri, meskipun kadang di beberapa tempat gk ada sinyal H+,
Tapi kalo udah H+ yaudah STABIL

lina

11 Desember 2015 01:21

udah bayar mah malah lelet bbm hari minggu keterima rabu, tiap kali ada pembaruan ke google play store gk pernah bs renewal mandek aja kagak maju2, kudu ganti kartu lain ini mah...

Statistik

Telah dibaca 17.941 kali. Waktu baca rata-rata 7 menit. Ada 27 komentar.