Mencoba Samsung Galaxy Note 3 dan Galaxy Gear

Artikel ini ditayangkan pada 30 September 2013, sekitar 4 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Sabtu, 28 September 2013, bertempat di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, saya bersama beberapa rekan blogger berkesempatan mencoba dan merasakan pengalaman menggunakan Samsung Galaxy Note 3 yang dirilis pada 26 September 2013.

Display stage Samsung Galaxy Note 3 Display stage Samsung Galaxy Note 3

Saat datang, ruangan ballroom begitu riuh. Nampak antrean mengular di sana-sini. Rupanya antrean para pembeli yang sudah memesan sebelumnya, menjemput gadget impian mereka di sini.

Antusiasme terhadap generasi ketiga keluarga Galaxy Note terlihat dari panjangnya antrean pengambilan barang.

Saya mendatangi display stage karena penasaran dengan gadget yang mempunyai moto “designed by aliens” ini.

Ditemani oleh seorang SPG cantik, saya lalu mulai mengeksplorasi smartphone tablet alias phablet yang dipamerkan.

Spesifikasi dan Dimensi Samsung Galaxy Note 3

Kesan pertama, Samsung Galaxy Note 3 nampak elegan karena bagian belakangnya yang dilapisi kulit. Selain menambah kesan elegan, lapisan kulit ini membuat Samsung Galaxy Note 3 lebih mantab digenggam dan tidak selip.

Desain elegan dan nyaman digenggam Desain elegan dan nyaman digenggam

Meski di situs resminya dikatakan ada 3 pilihan warna, yaitu jet black (hitam), classic white (putih), dan blush pink (merah muda), di sini saya hanya melihat 2 warna, hitam dan putih saja.

Ukurannya layarnya cukup besar, berukuran 5,7 inchi. Layarnya mendukung Full HD Super AMOLED, 1920 x 1080 piksel, membuat warnanya tajam dan cerah.

Meski cukup lebar, Samsung Galaxy Note 3 masih enteng dan tipis, hanya seberat 168 gram dan tebalnya cuma 8,3 mm.

Seperti biasa, setelah melihat tampilan luar, saya pun melihat jeroannya melalui menu Settings.

Prosesor Samsung Galaxy Note 3 cukup gahar, yaitu 2.3 GHz Quad-Core untuk versi LTE (4G) dan 1.9 GHz Octa Core ( A15 1.9 GHz + A7 1.3 GHz) untuk versi 3G.

Saya tidak menemukan menu untuk melihat tipe prosesor, namun dugaan saya yang beredar di Indonesia adalah versi 3G, mengingat jaringan LTE belum tersedia di Indonesia.

Memori internalnya (RAM) pun besar, 3 GB plus bisa dipasangi microSD hingga 64 GB. Samsung Galaxy Note 3 menggunakan format microSIM dan mendukung LTE alias 4G. Sistem operasi yang digunakan Android 4.3 (Jelly Bean).

Dukungan prosesor multicore dan RAM besar, membuat Samsung Galaxy Note 3 begitu responsif dan cepat. Membuka banyak aplikasi pun tidak terasa lag yang mengganggu.

Kamera Samsung Galaxy Note 3

Hasil kamera utama Samsung Galaxy Note 3 Hasil kamera utama Samsung Galaxy Note 3

Sebagai pengguna Instagram yang cukup aktif, kamera adalah salah satu hal yang selalu menjadi pertimbangan utama saat memilih smartphone.

Kamera utama Samsung Galaxy Note 3 berukuran besar, yaitu 13 MP dan dilengkapi dengan flash LED. Buat yang suka narsis, kamera depan berukuran 2 MP rasanya lebih dari cukup untuk memenuhi hasrat berfoto diri.

Kamera Samsung Galaxy Note 3 mendukung fitur dual shot, mampu merekam video HD secara simultan, mendukung geo-tagging, touch focus, pengenalan wajah dan senyuman, image stabilization, panorama, dan HDR.

Yang saya suka dari kamera ini adalah shutter lag-nya yang cukup cepat, sehingga tak perlu khawatir kehilangan momen.

Sayangnya saya tidak bisa mengeksplorasi kamera ini lebih jauh, terutama saat digunakan di lingkungan gelap, menangkap foto dengan obyek bergerak, karena smartphone yang dipamerkan terkait ke kabel pengaman yang bila lepas akan membunyikan alarm.

Foto-foto yang tersimpan bisa dengan mudah dibagikan ke sosial media (Twitter, Instagram, Facebook), ke perangkat lain melalui bluetooth, mengirim lewat email, menyimpan ke Dropbox, dan sebagainya.

Fitur S-Pen Yang Disempurnakan

menu Air Command diaktifkan menggunakan S-Pen menu Air Command diaktifkan menggunakan S-Pen

Sebagai keluarga generasi ketiga Samsung Galaxy Note, Samsung Galaxy Note 3 menyempurnakan fitur pada S-pen-nya.

S-Pen adalah stylus khas Samsung Galaxy Note. Di Samsung Galaxy Note 3, S-Pen menambahkan fitur Air Command, yaitu memunculkan menu tanpa harus menyentuhkan ujungnya ke layar dengan jarak maksimal sekitar 1 cm.

Dengan menekan tombol yang terdapat di badan S-Pen, menu Air Command akan memunculkan 5 fitur, yaitu Action Memo, Scrapbook, Screen Write, S Finder, dan Pen Window yang mempunyai fungsi masing-masing.

Action Memo

Fitur Action Memo Fitur Action Memo

Bayangkan saat kita menerima telepon kemudian kita harus mencatat sesuatu, misal nomor telepon atau alamat.

Tak perlu repot-repot mencari kertas, dengan menggunakan Action Memo mencatat info-info seperti ini jadi lebih gampang.

Catatan yang dibuat pun tidak hanya sekadar catatan, karena tulisan tangan berupa nomor telepon bisa dikenali dan disimpan ke buku telepon atau jika berupa alamat bisa langsung di-googling. Catatan ini pun bisa disimpan jika diperlukan.

Asyiknya, menu Action Memo bisa diaktifkan dari layar mana pun. Action Memo bisa digunakan untuk mencatat apa pun dengan cepat.

Scrapbook

Fitur Scrapbook Fitur Scrapbook

Fitur ini memberi kemudahan untuk yang doyan mengkliping sesuatu. Misalnya saat membuka halaman resep masakan di web dan ingin menyalin bagian-bagian yang penting di web tersebut.

Cukup dengan melingkari bagian yang hendak disimpan menggunakan ujung S-Pen, secara otomatis bagian ini akan disimpan ke dalam Scrapbook.

Tidak hanya tulisan, Scrapbook pun bisa digunakan untuk menyimpan tautan video di Youtube untuk dikumpulkan dan ditonton nanti.

Tautan dan hasil salinan yang tersimpan di dalam Scrapbook juga bisa dikategorisasikan supaya mudah dalam pencarian.

Screen Write

Fitur Screen Write Fitur Screen Write

Pernah lihat iklan Samsung Galaxy Note yang motret orang, lalu digambari macem-macem? Nah, ini adalah fitur Screen Write.

Dari layar mana pun, kita bisa memberikan catatan dengan menggunakan Screen Write. Saat diaktifkan, Screen Write akan membuat gambar tangkapan layar (screenshot), nah di gambar tangkapan layar ini lah kita bisa mencorat-coret sesuka kita.

Setelah puas, kita bisa menyimpan atau membagikannya ke teman-teman.

Tidak hanya pada foto, tapi bisa pada halaman web, aplikasi, segalah hal yang ingin dibagi dan dicoret-coret.

S Finder

S Finder memudahkan pencarian dengan menggunakan kata kunci dan filter seperti tanggal, hasil pencarian seperti dokumen, catatan yang tersimpan di dalam Scrapbook, nama dan nomor telepon orang di buku telepon, isi email, aplikasi yang terpasang, hingga halaman web, kalender, ke dalam satu tempat.

Hasil pencarian akan ditampilkan dalam satu tempat namun dikategorisasikan per tanggal, jenis data, dan lokasi, sehingga sangat memudahkan kita untuk menemukan apa yang kita cari.

Pen Window

Fitur Pen Window Fitur Pen Window

Misalnya saat berselancar di halaman web, tiba-tiba kita membutuhkan kalkulator untuk menghitung sesuatu atau menelepon seseorang, namun tak ingin menutup halaman web yang sedang kita buka. Pen Window memberikan kemudahan ini.

Setelah mengaktifkan Pen Window dari Air Command, kita tinggal menggambar kotak di layar, kemudian dari kotak yang kita gambar akan muncul kotak menu berisi aplikasi-aplikasi yang telah ditentukan, misalnya kalkulator, jam, buku telepon, ChatOn, dan sebagainya.

Aplikasi yang dipilih kemudian aktif di atas halaman web yang kita buka namun dalam ukuran yang lebih kecil.

Kita pun bisa meminimalisir aplikasi ini menjadi icon yang bisa kita geser-geser posisinya tanpa menutup halaman web yang kita buka tadi.

Multi Windows

Fitur Multi Window Fitur Multi Window

Selain Air Command, Samsung Galaxy Note 3 juga memiliki fitur unik lainnya, yaitu membuka 2 aplikasi secara bersamaan.

Misalnya saat kita membuka Youtube, lalu kita ingin melihat foto yang tersimpan di galeri tanpa mematikan video Youtube yang kita tonton.

Caranya dengan menggeser tab Multi Windows yang tersembunyi di samping layar, kemudian memilih Galeri Foto, lalu Galeri Foto ini akan muncul berada di bawah layar Youtube.

Jendela aplikasi ini pun bisa kita pilih mana yang diaktifkan, dimatikan, atau diubah ukuran layarnya dengan menggeser-geser jendela sesuai keinginan kita.

Samsung Galaxy Gear

Yang menarik adalah aksesoris tambahan yang bernama Samsung Galaxy Gear. Saat saya mencoba, Samsung Galaxy Gear belum rilis, dan diperkirakan rilis pada pertengahan Oktober 2013.

Samsung Galaxy Gear berbentuk seperti jam tangan, namun keistimewaannya gadget ini berkomunikasi dengan Samsung Galaxy Note 3 melalui bluetooth versi 4.0.

Samsung Galaxy Gear Samsung Galaxy Gear

Dari Galaxy Gear, kita bisa melakukan panggilan telepon, melihat foto, mendengarkan musik, hingga memotret!

Samsung Galaxy Gear dilengkapi dengan kamera sebesar 1,9 MP yang terletak di bagian sabuknya. Menarik untuk yang suka memotret secara diam-diam (candid) karena hobinya bisa terfasilitasi!

Samsung Galaxy Gear diperkuat dengan prosesor 800MHz, RAM 512 MB, dan internal memori 4 GB untuk menyimpan foto.

Layarnya merupakan layar sentuh dengan ukuran 1,63 inchi Super AMOLED dengan resolusi 320×320 piksel.

Ukurannya sebesar jam tangan biasa dan jika tidak terkoneksi ke Samsung Galaxy Note 3 berfungsi sebagai jam tangan. Untuk batere, jika hanya digunakan seperti jam tangan, diklaim bisa bertahan hingga 4 hari. Jika full terkoneksi, seperti halnya penggunaan ponsel, bisa sering di-charge.

Untuk yang gemar berolah raga, Samsung Galaxy Gear juga bisa digunakan untuk mencatat aktivitas olah raga dengan menggunakan aplikasi tracking dan olah raga.

Samsung Galaxy Gear hadir dalam 6 pilihan warna, jet black (hitam), oatmeal beige (putih), wild orange (oranye), rose gold (putih-emas), lime green (hijau), dan mocha gray (coklat).

Catatan dan Opini

Samsung Galaxy Note 3 + Gear Samsung Galaxy Note 3 + Gear

Secara tampilan, Samsung Galaxy Note 3 tampil lebih elegan dari generasi pendahulunya. Lapisan kulit di bagian belakang, selain memberikan sentuhan mewah juga memberikan kenyamanan saat dipegang.

Shutter-lag yang cepat sangat saya suka karena seringkali saat memotret, kita kehilangan momen karena momen yang ditangkap terlewat dari saat kita menekan tombol. Samsung Galaxy Note 3 meminimalisir kehilangan momen karena shutter lag.

Saya belum sempat mencoba fitur zoom-nya, memotret di tempat yang minim cahaya, atau memotret benda yang tengah bergerak (panning) dan serangkaian tes pemotretan lainnya.

Selain memotret, merekam video juga belom saya coba. Ini karena memang terbatasnya penggunaan piranti pajangan.

Kamera 1,9 MP Samsung Galaxy Gear Kamera 1,9 MP Samsung Galaxy Gear

Untuk yang kerap menulis dan menggambar, S-Pen Samsung Galaxy Note 3 cukup nyaman digenggam. Namun menurut saya, fitur Air Command-nya kurang nyaman karena untuk mengaktifkannya perlu ada jarak dengan layar.

Karena layar yang lebar, untuk saya yang sering ngetwit, mengetik dengan menggunakan dua tangan saat dalam posisi tegak menjadi lebih nyaman dan tidak perlu khawatir typo.

Saya tidak tahu apakah Samsung Galaxy Gear nanti juga bisa digunakan untuk piranti Samsung yang lain. Rasanya akan lebih asyik kalo Samsung Galaxy Gear dihubungkan ke piranti Samsung Galaxy lainnya.

Kamera di Galaxy Gear juga menarik. Seringkali ada momen yang sangat cepat, dengan mudah kita bisa dengan cepat memotret menggunakan Galaxy Gear.

Saya tidak tahu apakah sistem operasi Android yang sekarang bisa diperbarui menggunakan sistem operasi yang baru (Android 4.4 Kitkat). Jika bisa diperbarui, rasanya akan lebih bagus.

Harga

Samsung Galaxy Note 3 dibandrol sekitar 8 jutaan (saat tulisan ini dibuat). Untuk harga Samsung Galaxy Gear belum dirilis, namun diperkirakan sekitar 2-3 jutaan.

Tabel Perbandingan

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 3 Samsung Galaxy Gear
Prosesor LTE: 2.3 GHz Quad-Core Processor 3G: 1.9 GHz Octa Core Processor (A15 1.9 GHz + A7 1.3 GHz) 800 MHz
Memori RAM 3 GB 512 MB
Memori Internal 32 GB 4 GB
Memori Eksternal MicroSD 64 GB
Kamera Primer: 13 MP + LED Flash Sekunder: 2 MP 1,9 MP
Video Codec H.264, MPEG-4, H.263, VC-1, WMV7, WMV8, Sorenson Spark, MP43, VP8, HEVC H.264, MP4
Video HD Full HD (1080p) HD (720p)
Audio MP3, AAC/AAC+/eAAC+, WMA, AMR-NB/WB, Vorbis, FLAC, WAV AAC, M4A
Dimensi 151.2 x 79.2 x 8.3 mm 36.8 x 56.6 x 11.1 mm
Berat 168 gram 73,8 gram
Batere Li-ion 3.200 mAh Li-ion 315 mAh

Video

Pengen tahu lebih detil soal fitur-fitur lainnya? Silakan liat video perkenalan berikut.

Galeri Foto

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

4 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 30 September 2013, sekitar 4 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Wong Iseng

1 Oktober 2013 08:19

8 juta? seharga laptop

Titiw

24 Oktober 2013 14:12

Ini baru blogger niat. Kalo aku bagian kom-nya brand gadget, aku mah pilih kamu Zam. Ngerti teknis, niat ngereviu, dan gak cuma haha hihi gak jelas bilang "Keren banget". x)) *tumben titiw nyinyir*

Jauhari

1 November 2013 14:09

Enaak™ ndak Mas Zam?

Ade

6 Maret 2015 12:18

kayaknya seri note ini emang buat orang yang bener2 suka nyoret2 atau nyatet2 ya.. gak kayak saya haha

Statistik

Telah dibaca 5.389 kali. Waktu baca rata-rata 15 menit. Ada 4 komentar.