Menyusuri Sisi Barat Daya Tiergarten, Berlin, Jerman

Hari Minggu, 14 April 2019, setelah memenuhi undangan kawan yang akan pindah ke London, Inggris, saya dan istri ingin menghabiskan sore yang cerah dengan jalan-jalan.

tiergarten menuju Siegessäule
tiergarten menuju Siegessäule

Awalnya kami bingung hendak jalan-jalan di mana, namun karena U2 yang kami tumpangi berhenti di U-bahn Zoologischer Garten, kami memutuskan jalan-jalan ke arah Tiergarten menuju ke apartemen.

Jika pekan sebelumnya kami piknik di Tiergarten, kali ini kami menyusuri area yang tak pernah kami ketahui sebelumnya.

Tiergarten, atau sering disebut dengan Großer Tiergarten merupakan salah satu taman luas di Berlin yang berukuran 210 hektar.

Kami berjalan dari Kebun Binatang Zoologischer Garten menyusuri jalan setapak kecil menuju Tiergarten bagian barat daya.

Awalnya kami mengira jalan setapak ini merupakan bagian dari kebun binatang, tapi setelah memeriksa di peta Google, jalan setapak ini menuju ke Tiergarten!

Kami hanya berjalan mengikuti orang-orang yang berjalan dan bersepeda sepanjang jalur ini, sambil sesekali mengintip ke arah kebun binatang.

Kanal Landwehr

pintu air (Unterschleuse) Kanal Landwehr
pintu air (Unterschleuse) Kanal Landwehr

Sebelum masuk ke area Tiergarten, kami melewati sebuah jembatan yang melintasi Kanal Landwehr.

Kanal Landwehr (Landwehrkanal) memiliki panjang 10,7 KM yang memanjang sejajar dengan Sungai Spree.

Kanal ini dibangun pada tahun 1845 hingga 1850 yang dirancang oleh Peter Joseph Lenné, seorang ahli taman dari Prussia, untuk menghubungkan Sungai Spree bagian hulu di Osthafen (Pelabuhan Timur) di Friedrichshain dan bagian hilir di Charlottenburg di barat.

Lebar kanal ini rata-rata 20-22 meter, dengan kedalaman sekitar 2 meter, di mana di beberapa bagian terdapat pintu air yang berfungsi untuk mengontrol ketinggian air.

Jembatan yang kami lewati rupanya merupakan bagian dari Unterschleuse (pintu air hilir).

Sebuah bangunan pengatur ketinggian air dan laboratorium milik Technische Universität Berlin berdiri kokoh di tengah kanal.

Di sini pula, kita bisa melihat jembatan kereta bersejarah yang dibangun oleh Berlin Stadtbahn yang hingga kini masih beroperasi dan dilewati oleh S-bahn, kereta Regional-Express, dan kereta InterCity.

Artikel ini dipublikasikan pada 17 April 2019, sekitar 1 bulan yang lalu. Informasi yang dimuat di artikel ini mungkin sudah tidak akurat.

Belum ada tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.