Cicilan Cepat Dengan Home Credit Indonesia

Artikel ini ditayangkan pada 6 September 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Saya bersama istri berencana membeli laptop dengan cara kredit. Istri mempunyai pertimbangan membeli secara kredit daripada secara tunai, antara lain alur dana (cash flow) bisa diatur. Sejak menikah, saya memang menyerahkan seluruh urusan keuangan kepada istri.

Lenovo Great Sale Lenovo Great Sale

Istri saya membutuhkan laptop yang standar, termasuk kelas pemula, yang spesifikasinya cukup untuk mendukung pekerjaannya sebagai ilustrator dan desainer grafis.

Pilihan jatuh ke merek Lenovo, yang memang saat itu ada promo Lenovo Great Sale untuk beberapa seri, yang di antaranya adalah seri G40. Saya sendiri memang menyukai produk Lenovo, selain karena kualitasnya yang oke, desain dan tampilannya keren dan layak pandang.

Memilih Program Cicilan

Karena saya sama sekali belum pernah membeli barang secara kredit, memilih program cicilan menjadi pengalaman tersendiri.

Terbersit ide untuk menggunakan program cicilan kartu kredit, namun kartu kredit saya, pagu kreditnya tak mencukupi. Pagu kredit saya hanya 3 juta rupiah, di mana harga laptop sendiri bisa di atas 3 juta rupiah. Saya memang sengaja memilih pagu kredit terendah, karena saya memang jarang bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Kami pun berkunjung ke Carrefour, Mal Cipinang Indah, di mana ada program cicilan MegaZip yang diadakan oleh Mega Finance untuk pembelian perangkat eletronik. Kami pun bertanya tentang syarat-syarat pengajuan kredit tersebut.

Namun sayang sekali, petugas yang memberikan informasi kurang begitu simpatik, dan suasana yang bising membuat kami sedikit kesulitan memahami penjelasan yang diberikan.

Secara garis besar, syarat mengajukan kredit adalah fotokopi KTP dan dokumen lain (slip gaji, lembar tagihan), mengisi formulir pengajuan, kemudian jika disetujui, nasabah membayar uang muka 10% dari harga barang plus biaya administrasi sebesar Rp 125.000 untuk pembelian laptop dan ponsel. Sementara untuk pembelian furnitur dan perangkat elektronik rumah tangga tidak menggunakan uang muka, cukup membayar biaya administrasi.

Pilihan tenor (masa cicilan) yang ditawarkan ada 6 bulan, 9 bulan, dan 12 bulan, dengan maksimal harga barang adalah 5 juta rupiah.

Kami memutuskan untuk pikir-pikir dulu dan mencoba alternatif kredit yang lain.

Cicilan Cepat Home Credit Indonesia

Tanggal 24 Agustus 2015, kami berkunjung ke Bekasi Cyber Park, untuk melihat-lihat siapa tau ada program cicilan yang ditawarkan oleh salah satu toko di sana.

Setelah mengunjungi beberapa toko, dan bertanya tentang harga produk Lenovo yang kami cari, harga yang ditawarkan di toko-toko di Bekasi Cyber Park bisa dikatakan sama, terutama yang memasang brosur Lenovo Great Sale di mana pada brosur sudah tertera harga jualnya.

Saat mampir ke toko Infonet dan bertanya apakah toko ini memiliki program kredit, karena tidak semua toko di Bekasi Cyber Park ada. Beruntung, toko ini bekerja sama dengan Home Credit Indonesia untuk jasa leasing pembelian secara kredit.

Prosesnya pun cukup cepat, menurut sales-nya, pengajuan kredit paling lama membutuhkan waktu 1 jam saja, untuk mengetahui apakah pengajuan kredit diterima atau ditolak. Kami pun mencoba mengajukan program kredit melalui Home Credit Indonesia.

Syarat Pengajuan Kredit

mengisi formulir aplikasi Home Credit Indonesia mengisi formulir aplikasi Home Credit Indonesia

Kami dilayani oleh Richard Arthur Suawa (0852 1319 1455) sales Home Credit Indonesia. Syarat-syaratnya bisa dilihat di situsnya, di mana antara lain:

  • Usia minimal 21 tahun
  • Bekerja atau wiraswasta
  • Lama bekerja minimum 3 bulan
  • Minimum penghasilan 1,2 juta per bulan
  • Menyiapkan minimal 3 dokumen, antara lain
    • KTP
    • NPWP
    • SIM
    • Jasmsostek
    • BPJS
    • Kartu Debit
    • Kartu Kredit
    • Paspor
    • Kartu Keluarga
    • Slip Gaji Terakhir

Karena KTP saya bukan KTP Jakarta, maka untuk pengajuan kredit menggunakan data istri saya. Istri saya menyerahkan KTP, BPJS dan SIM. Nama yng tertera dalam dokumen harus sama, maksudnya tidak bisa pake KTP saya, KTP istri, dan NPWP saya, untuk mengajukan permohonan kredit.

Petugas sales kemudian mengisi formulir pengajuan kredit langsung ke situs Home Credit Indonesia. Data yang harus diisi di formulir antara lain data diri, tempat tinggal, info pekerjaan dan penghasilan, dan data keluarga atau orang yang bisa menjadi jaminan.

mengambil sidik jari mengambil sidik jari

Sebagai penjamin, nomor telepon saya dan nomor telepon ibu mertua disertakan, untuk memastikan bahwa benar dan jelas siapa calon pelanggan.

Saat hendak mengisi bagian pekerjaan dan penghasilan, istri saya yang seorang freelancer, akan dianggap sebagai wirausaha yang akan ditanya nama badan usahanya.

Setelah semua formulir lengkap, dokumen-dokumen tersebut rupanya langsung difoto menggunakan kamera laptop. Kemudian, istri saya pun difoto untuk kelengkapan dokumen menggunakan kamera laptop yang sama.

Sebagai keamanan, petugas sales mengeluarkan alat pemindah sidik jari, menancapkannya ke port USB, dan mengambil sidik jari jempol, jari telunjuk, dan jari tengah, masing-masing tangan kiri dan kanan.

Setelah selesai, petugas sales tersebut mengirim data ke kantor Home Credit Indonesia dan akan segera dihubungi jika permohonan disetujui, maksimal 1 jam sejak di-submit.

Sembari menunggu hasil, kami pun beranjak dari toko tersebut dan menuju swalayan Hari-Hari yang ada di lantai bawah.

Eh, tak lama, sekitar 15 menit berjalan, istri saya dihubungi pihak Home Credit Indonesia melalui telepon, untuk menanyakan apa benar ia mengajukan kredit. Melalui telepon pula, data-data yang tadi diisi diverifikasi dan dikonfirmasi.

Tak lama, setelah istri saya menerima telepon dari Home Credit Indonesia, Richard, sales yang tadi membantu pengajuan kredit mengirim SMS memberitahu bahwa pengajuan kredit kami disetujui. Benar-benar cepat dan tidak ribet!

Pengajuan Kredit Disetujui

menandatangani dokumen menandatangani dokumen

Setelah pengajuan kredit kami disetujui, kami kembali ke toko untuk menyelesaikan administrasi. Richard membawa dokumen-dokumen yang wajib ditandatangani, yaitu dokumen pembayaran kredit 4 lembar (2 lembar untuk pelanggan, 2 lembar untuk Home Credit Indonesia), memberikan dokumen syarat dan ketentuan versi 012, dan informasi rincian cicilan lengkap dengan nomor rekening penyetoran.

Tenor (masa cicilan) yang ditawarkan paling cepat adalah 12 kali, yang standar 15 kali, dan terpanjang adalah 18 bulan. Kami memilih yang jangka waktunya tercepat, yaitu 12 bulan. Suku bunga kreditnya tetap, yaitu 1,98%.

Kami membayar uang muka sebesar 10% dari harga produk, plus biaya administrasi Rp 99.000. Pembayaran langsung dibayarkan ke toko.

Pembayaran cicilan bisa dilakukan melalui transfer ke akun virtual beberapa bank, yaitu BCA, BNI, BRI, Mandiri, dan Indomaret.

Tanggal jatuh tempo sama dengan tanggal saat permohonan dibuat. Karena saya mengajukan permohonan pada tanggal 24 Agustus, maka tanggal jatuh temponya adalah tanggal 24, dan waktu pembayaran yang disarankan adalah 3 hari sebelum tanggal jatuh tempo.

Proteksi Easy Cover dari TecProtec

Kami juga mendapat program proteksi Easy Cover dari TecProtec, untuk melindungi laptop yang kami beli selama satu tahun.

Program Easy Cover ini akan melindungi laptop jika mengalami beberapa hal, yaitu:

  • Perlindungan kerusakan fisik yang tidak disengaja dan kerusakan akibat masuknya cairan
  • Layanan antar-jemput untuk perbaikan dan penggantian perangkat
  • Jaminan selama 3 bulan setelah perbaikan
  • Perlindungan di seluruh dunia hingga 60 hari kalender setiap periode perjalanan
  • Dukungan teknis
  • Pusat layanan pelanggan yang tersedia pada hari Senin-Jumat pukul 09:00-18:00 WIB (kecuali hari libur nasional)
  • Portal resmi untuk layanan klaim

Secara pribadi, saya cukup puas dengan layanan Home Credit Indonesia yang cepat dan tak perlu ribet.

Muhammad Zamroni

pengembang web • penyelam scuba • pejalan pemula • peminat perangkat

Jakarta, Indonesia

57 komentar

Artikel ini ditayangkan pada 6 September 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi pada tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Wawan kurniawan

17 November 2015 21:23

Saya puas dengan pelayanan dari homekredit. Persyaratan mudah dan bisa langsung di bawa pulang.keren...
Meski biaya Angsurannya tidak berbeda dengan perusahaan sejenis.tapi garansi untuk proteksi kerusakan adalah nilai lebih dari homeCredit...terima kasih homeCredit

Bengkel Stickers

22 Desember 2015 22:30

Wah, referensi bagus. Sesuai dengan info dari temen. Saya jg berencana ngajuin kredit di Home Credit.
Btw, makasih infonya om. Jd lebih yakin buat ngajuin haha

Feby

29 Desember 2015 07:25

Mau nny dong, klo kredit asus zenfone 2 ram 4 cicilan 12bln kna bunga brp %..

Mitra

13 Januari 2016 03:43

Kalo ada yang mau pengajuan gadget,elektronik serta furniture silahkan menghubungi saya. 082225453510 ( mitra ) thanks

Ara

28 Januari 2016 09:43

Home Credit collection nya lebih SADIS dibanding kartu kredit. Parah. Telat 1 hari aja nelpon nya sampe berkali2, miscall di HP bisa 20 kali lho. Gila. Padahal gak angkat karena lg naik motor otw kantor. Parahnya lagi, belum apa2, telat 3 hari, udah telpon ke Emergency Contact (kontak yang tidak serumah). Lah kan malu-maluin. Emergencty Contact itukan defenisi nya, kalau sdh emergency berhari2 tdk bisa dihubungi baru deh ditelpon. Ini kan baru telat 3 hari udah nelpon ke kerabat yang tak serumah tersebut, alias Emergency Contact. Gak etis sekali. Kerabat tersebut kan merasa terganggu donk. GAK PUNYA ETIKA

yufrizal

6 Februari 2016 03:04

mau tanya dong. saya credit hp lewat home credit tapi Hp baru buka segel di counter gak bisa dinyalakan di bilang rusak trus mau diganti tapi besoknya. besoknya saya datang di ambilkan Hp baru dan dibuka segel tetap gak bisa sampai 2 Hp disuruh kembali besok . besoknya saya kembali lagi dan di beri Hp baru buka segel dan gak bisa juga di coba 2 Hp juga gak bisa . truz saya disuruh tunggu 3 hari , setelah 3 hari saya kembali tapi hp masih gak bisa . saya minta batal gak boleh ganti hp tipe lain juga gak bisa padahal saya sudah kasih Dp mulai pertama di ACC . sampai sekarang belum ada kelanjutannya gimana ini . ini sudah hari ke 10 tapi masih belum ada kompensasinya

Laa

17 Februari 2016 19:57

Kalau menurut saya sendiri sih homecredit sudah bagus ya membantu pembiayaan kita tapi saya agak keberatan di bunganya yg cukup tinggi hehe

dwi

26 Februari 2016 13:30

Klo home credit melakukan surve ngak sih...??trus klo udah kredit di home credit apakah disurve jga....??

rizal

27 Februari 2016 04:35

mitra daerah tambun bekasi mana nih ? tolong hub saya 085217772821

sigit

29 Februari 2016 04:04

Untuk mitra wilayah BSD / Bintaro dimana ya?
Makasih..

dyah

3 Maret 2016 15:14

Saya mau kredit hp tp sy tdk punya kartu kredit bisa atw tidak tlng dijawab ya thaks

amel

8 Maret 2016 22:12

Untuk yg mau mengajukan KREDIT daerah Jakarta bisa hub saya Amel 081212617627. Lokasi di carefour mall Puri kembangan 'Transhello' Trimakasih

jarun

8 Maret 2016 22:46

Sya atas nama bpk jarun, saya kredit hp samsung galaxy grand prime sbnar nya brpa bln che wkt sya ngmbl free 1bln dri 9bln free 1 bln jdi 8bln kan

Anggie

25 Maret 2016 09:40

Mba Amel.. Untuk ktp Bogor apakah hanya bisa mengajukan di Bogor? Dan Mitra Home credit di Bogor di daerah mana saja? Mohon info nya.. Terimakasih. Hp saya 089672434699

antok adjah akh

28 Maret 2016 14:38

Tahun kmarin saya ngambil hp dihome kredit. Tp kredit belom kelar hp tersebut hilang...
Kira - kira diganti apa tidak ya..?
Terimakasih

Chibil

3 April 2016 09:32

Apakah hari minggu bisa transaksi di home kredit? Klo bisa saya mau kredit hp

roni

9 April 2016 12:41

Home credit menyediakan hp Xiaomi redmi 3 engga sih?

deni saputra

10 April 2016 14:39

itu no yang bisa dihubunginya kok salah sambung?? apa udah gak aktif lagi ini home credit indonesianya?? udah gak bisa credit disini ya? apa gak minat jualan?

Vijaymallya

12 April 2016 20:12

Menjamin pinjaman Off
Ini adalah Vijaya Pinjaman Perusahaan Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga penjaminan dari 3% untuk periode 1 sampai 40 thn saja, saya menawarkan keluar berbagai jenis pinjaman, pinjaman seperti pinjaman pribadi pinjaman bisnis investor perusahaan pinjaman pinjaman mahasiswa pinjaman dan banyak lebih lagi untuk rincian lebih lanjut jika tertarik untuk berurusan dengan saya maka silakan menghubungi saya di alamat email saya;
(Vijaymallya803@gmail.com) terima kasih

Sendy

15 April 2016 00:21

Saya ingin mengajukan pembiayaan kredit laptop bisa?ktp saya daerah,saya berdomisili di Bekasi.Saya juga bekerja di Bekasi.

candra

16 April 2016 01:31

saya sangat puas dengan pelayanan dari home kredit. cepat dan tidak ribet. asalkan BI Checking bagus hahaha. trima kasih home kredit indonesia

hatija

22 April 2016 00:06

Sy pernah ada yg tlpn ngasih penwaran pinjaman dana skitar 8 jt brupa uang tunai tpi hanya bisa di blnjakan dlm bentuk elektronik nanti bukti kwitansi nya di krim melalui imel itu apa bner program home kridit atau ada penipuan ya

Santi

23 April 2016 00:01

Sya ambl tv di home credit 4 bln lalu,prsesnya cpt cmn 1 jam brg bs lngsung di bwa plg..mskipun emg siy tiap blnnya smpe bbrp kli sms buat ngingetin spya pmbyarannya tpat wktu biar bs dpt free angsutan trkhir,tp bgusnya itu stlh di byar jg ska ad sms lapnya klo pmbyran sdh di trima,jd bkn pas blm byr aja

emhy

30 April 2016 09:08

Pengen juga kredit kamera canon,alamat kantor dimakassar dimana ya?

yulis

2 Mei 2016 12:58

Kalo cicilan terakhir bayarnya lewat mana ya?? apa bisa melalui indomaret/kekantor home credit langsung...1 lagi hp saya hilang dan no itu yg biasa di tlp sm home credit dan skg hp tersebut tdk ada... bagaimana confrmasi k home credit nya..saya di daerah bdg

Leonardo

3 Mei 2016 12:54

Kalo usia belm genap 21tahun bisa gak yah kira2???

Leonardo

3 Mei 2016 12:54

Kalo usia belm genap 21tahun bisa gak yah kira2???

Hadiawansyah

4 Mei 2016 22:16

Data saya lengkap dan memenuhi syarat tapi utk pengajuan kredit saya tidak di approv
Dan saya menanyakan kepada salesnya hci di eraphone roxy jakarta,
Dan kata karyawan tersebut tidak tahu alasannya kenapa tidak di approv pengajuan kredit saya,
Saya bener" tidak puas dengan pelayanan HCI

Hadiawansyah

4 Mei 2016 22:17

Ktp saya jakarta dan domisili di jakarta

Panji

8 Mei 2016 18:59

Jika ada yg ingin mengajukan kredit hp dan laptop daerah jakarta selatan, bisa hub saya sales home credit PANJI 085647711422 syarat mudah, boleh ktp mana ajah. Alamat Tugas saya di Pazia Express pasar PSPT Tebet. Terima Kasih

mujib

9 Mei 2016 14:22

di mall itc serpong ada gak yh

ikhsan

14 Mei 2016 07:56

Mau tanya, kan hp saya hilang. Tapi masih dalam cicilan home credit, itu gimana ya?

brima

20 Mei 2016 21:22

tanya dong om, ada contact home credit di daerah ciledug nggak ?

Mamet

30 Mei 2016 16:06

Saya baru mau mengajukan tapi Lwt WA bs gk ya 087875884699

Vilinsianus

31 Mei 2016 16:15

Untuk daerah Cengkareng di mana ya tempatnya?
atau nomor yang bisa di hubungin untuk cengkareng

happy

8 Juni 2016 04:05

setelah setuju
Jenis kelamin:
Nama:
Usia:
Pendudukan:
Pendapatan bulanan:
Jumlah pinjaman:
Pinjaman Durasi:
Pinjaman Gunakan:
Nomor telepon:
Agama:
Status pernikahan:
penerimaan pinjaman agunan (scan copy):
Alat identifikasi (scan copy):
Paspor foto terbaru (scan copy):

hubungi saya via happykingsloanarena@gmail.com
Terima kasih

sari

9 Juni 2016 09:40

Bohong klo pegajuan proses kredit megazip
nya cepet sy kredit ambil mesin cuci koq sampai sekrg udh seminggu blum ada kbr nya

marwa

20 Juni 2016 03:35

saya mau nanya apa persaratan nya di home keredit,terus kira2 berapa persen di home kedit dan saya harus pake dp prtama ga klo pake kira2 berapa ya????????

Rita noviati

28 Juni 2016 20:07

Klo dokumen nya cuman 2 gmn?????

Rita noviati

28 Juni 2016 20:08

Klo dokumen nya cuman 2 gmn?????bisa di acc gak

Rita noviati

29 Juni 2016 09:07

Apa bisa cepet proses nya

sulaivick

10 Juli 2016 20:03

saya mau ambil leptop dp berapa di home credit

gunawan

16 Juli 2016 20:56

infonya donk gan . ane mau ngambil laptop tapi ktp ane daerah bisa g ya? buat daerah jaktim mohon di bantu ???

Zona Informasi

18 Juli 2016 11:02

ini lokasinya dimana eya
pengajuan kreditnya ribet apa ndak ni?

Sakinah

20 Juli 2016 18:45

Home kridit sangat sangat mudah tanpa ribet survei kerumah klo mrka tlp kita 15 xswhari krn telat bayar wajar aja orang merka kasih kita kepercyaaan jg cepat dan mudah sekali... pdhl sblm nya ibu saya langganan di columbus dan columbia tp ketika saya ajukan nama saya ga trima ditolak mentah2 dan saya ajukan ke corts kridit baru sampe.sana diminta jaminan 100rb akhrnua di tolak pdhl data sdh lengkap...terakhr di toko arjuna lising spektra sy blm ktmu lising spektra blm face 2 face keadaan saya di tempat krja tp dia marah2 krn saya emosi saya marah jg terkahr kata si lising spektra klo miskin miskin aja jgn belagu mau ngirt sy adh ajukan komplain ke spektra.... lalu kmrn tgl 18 juli sya.iseng cr lg ktmu home kridit ya allah sangat puas dgn layanannya.....

Yurinaldo

28 September 2016 18:03

Kurang Melayani dengan Baik, terutama ketika mengajukan kredit terus ditolak, dikiranya saya tdk mampu bayar, jangan meremehkan calon customer.

Quitasha

2 Oktober 2016 18:22

Saya sudah pernah pakai 2x jasa pembiayaan dari home credit sampai lunas, tapi di pengajuan yang ke-3 malah saya ditolak dgn alasan tidak bisa memvalidasi beberapa data. Padahal saya & orang2 yang saya jadikan nomor telpnya sbg referensi belum dihubungi sama sekali. Saya jg sudah telp customer service nya utk menanyakan maksud alasan tsb tapi malah dibilang rahasia. Saya jadi kapok jadi loyal customernya, after sales servicenya mengecewakan.

Nehemia Adang

11 Oktober 2016 10:34

Home credit daerah jakut sebelah mana yaaa ???

Nehemia Adang

11 Oktober 2016 10:35

Home credit daerah jakarta utara sebelah mana yaaa ???

sandi umbara

7 November 2016 18:06

Terima kasih homeCredit akhirnya punya hp baru juga

sandi umbara

7 November 2016 18:07

Terima kasih homeCredit akhirnya saya punya hp baru

septiansatria

9 November 2016 12:55

Maaf saya ambil handphone dihome credit bogor,baru 4 bulan cicilan masih 7 kali cicilan handphone hilang jatuh dari saku bagaimana pngajuan untuk tecprotec/easy covernya ya_mohon infonya_penting_terima kasih

GONZLEZ ANDRES

19 November 2016 22:01

Membutuhkan pinjaman setiap membantu Hubungi kami hari ini melalui email ke: (gonzalezandresloan@gmail.com)

ayunda

24 Desember 2016 18:51

Mas mau tanya nih, kalo di home credit bisa ambil barang lg ga ya, walaupun cicilan blm lunas. Mohon di balas

CHARITY KINGS

29 Desember 2016 16:24

Halo,
Selamat siang
Apakah Anda mencari investasi,

pinjaman pribadi, pinjaman hipotek,

pinjaman mobil, pinjaman pendidikan,

e.t.c? Mencari lagi karena Anda berada

di tempat yang tepat untuk solusi

pinjaman Anda! CHARITY KINGS Firm Loan

memberikan pinjaman kepada perusahaan

dan individu pada tingkat bunga rendah

dan terjangkau dari 2%, silahkan

hubungi kami melalui e-mail melalui:

(charitykings2@gmail.com)

Rahman

15 Maret 2017 04:00

Mau tnya donk, saya mau kredit laptop di home credit itu bsa di ACC kga ya?? Sya prnah mengajukan 2x digerai home credit yg berbeda ditolak. Ya memang sih waktu itu sya msih pnya tanggungan motor 1x lg. Skrg sya tidak ada tanggungan kredit lagi, maka dri itu sya mau mengajukan lagi pasti di ACC tdk ya?

Alvyy yemima

23 Agustus 2017 20:06

Home credit bekerja sama di toko mana aja yg di wilayah sby?

Statistik

Telah dibaca 88.881 kali. Waktu baca rata-rata 9 menit. Ada 57 komentar.