Pandemi Covid-19 Sudah Berakhir(?)

2 minutes 107 4

Mulai 1 Mei 2023, aplikasi Corona Warn-App tidak lagi mengirimkan pemberitahuan risiko terpapar Covid-19, dan pada tanggal 1 Juni 2023, aplikasi ini tidak akan berfungsi lagi.

pemberitahuan terakhir di aplikasi Corona Warn-App

Saya membaca pengumuman ini dari aplikasi yang sempat menjadi garda pencegahan penularan virus Covid-19 lalu.

Cara kerjanya pernah saya tulis di blog ini juga.

Jujur saya merasa sedih tapi juga lega, karena di satu sisi, harus berpisah dengan aplikasi yang beberapa kali menyelamatkan saya dari risiko tertular Covid-19 yang hingga saat ini saya belum (dan semoga tidak) terpapar virus pernafasan ini.

Di sisi lain saya lega karena kehidupan sudah kembali normal.

Menurut informasi yang disampaikan di halaman aplikasi, selama pandemi, sekitar 9 juta hasil tes positif Covid-19 telah dibagikan oleh pengguna aplikasi ini.

Data ini menjadi tulang punggung aplikasi, yang dianalisis dan digunakan untuk memberitahu pengguna kemungkinan terpapar tanpa disadari.

Banyak yang setelah mendapat peringatan risiko terpapar, kemudian terbukti positif, yang akhirnya bisa mencegah penularan jika kemudian yang tertular memasukkan kembali datanya untuk dianalisis kembali.

Ke depan, meski aplikasi ini tidak akan berfungsi seperti sekarang, dan pengembangannya dihentikan, sertifikat vaksin tetap bisa disimpan di aplikasi ini.

Tentu saja karena sifat aplikasi ini terbuka dan bisa dilihat di halaman GitHub-nya, setiap orang bisa melihat atau menggunakan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhannya.

Apakah ini artinya pandemi Covid-19 sudah berakhir? Semoga saja!

4 responses
  1. Gravatar of Peri Kecil Lia
    Peri Kecil Lia

    Baru aja bilang aku tunggu tulisan baru Kakak, ternyata sudah ada ๐Ÿ˜‚

    Di Indonesia setahuku belum ada info resmi soal berakhirnya pandemi tapi aplikasi peduli lindungi udah ganti nama jadi satu sehat sejak beberapa bulan lalu ๐Ÿ˜‚. Dan beberapa orang aku lihat sudah berani untuk nggak pakai masker lagi di dalam mall.

    Cukup lega karena akhirnya semua ini berlalu juga!! Fiuh~ tapi aku udah terlanjur nyaman pakai masker kemana-mana, Kak ๐Ÿ˜‚. Soalnya jadi hemat make-up juga ๐Ÿคฃ

  2. Gravatar of Jagawana Kimi
    Jagawana Kimi

    Amiiin… Semoga Covid-19 berakhir dan gak ada lagi pandemi!

  3. Gravatar of Sibayukun
    Sibayukun

    Jadi ingat,, dulu sewaktu Covid lagi parah-parahnya di Indo ada penutupan jalan jam 10 malam. dan itu pas aku kerja masuk malam. Masa sama polisinya nggak boleh lewat dan disuruh pulang. wkwk. Padahal aturan pemerintah WFH hanya berlaku untuk perusahaan yang memang bisa WFH. lah aku kudu ON Site.. Udah aku jelasin ke polisinya tetep aja ngeyel.. ๐Ÿ˜‚ ahaha

    Ahhh nginget masa Covid tuh cuma ada kenangan buruk sih. Soalnya pernah masuk RS smpe dirawat hampir sebulan lebih karena copid… Saturasi drop parah.. beruntung masih dikasih kesempatan sama Tuhan.

    Sekarang bersyukur Copid udah mulai terkontrol… Harga masker udah mulai normal. Dulu kan astaga kaya beliii Beras. Tapi tetep aku tim masker everywhere

  4. Gravatar of Astria Tri anjani
    Astria Tri anjani

    Amin, semoga saja covid udah berakhir kalaupun belum berakhir Semoga manusia berevolusi jadi makin tangguh๐Ÿ˜
    Dulu pas awal-awal covid orang-orang di desa pada sakit yang gejalanya mirip covid tapi nggak ada yang berani ke rumah sakit karena nggak dibolehin pulang lagi alias di isolasi. Banyak orang yang meninggal dalam beberapa hari, suasana di kampung jadi sepi dan beda. Untungnya hal tersebut udah berlalu sekarang. Semoga semua orang diberi kesehatan yang baik๐Ÿ˜Š