Memberbaiki Error 0x80070BC2 Pada Pembaruan Windows 10 Versi 1709 (KB4056892)

Jadi saya menemukan masalah saat hendak memperbarui Windows 10 Home pada laptop Asus VivoBook X202E adik ipar saya. Upaya pembaruannya selalu gagal meskipun sudah mencoba melakukan pembaruan beberapa kali.

masalah pembaruan pada Windows 10
masalah pembaruan pada Windows 10

Upaya pembaruan yang gagal adalah saat hendak memasang pembaruan Cumulative Update for Windows 10 Version 1709 for x64-based Systems (KB4056892). Kode kesalahannya selalu sama, yaitu error 0x80070BC2.

Celakanya, kegagalan pembaruan ini menghalangi Windows 10 untuk melanjutkan pembaruan yang lainnya. Mau tidak mau, pembaruan ini harus dilakukan.

Dugaan pertama saya adalah koneksi Indihome saya yang bermasalah. Memang akhir-akhir ini, koneksi Indihome sering berulah. Beberapa situs tidak bisa dibuka melalui jaringan Indihome, namun situs tersebut bisa dibuka menggunakan VPN.

Situs katalog pembaruan Microsoft yang beralamat di catalog.update.microsoft.com saja tidak dapat dibuka oleh Indihome.

Mencoba melakukan pembaruan manual dengan mengunduh berkas dari katalog pembaruan Microsoft, saya malah mendapat pesan bahwa pembaruan sudah terpasang. Anehnya, pada pesan pembaruan, dikatakan bahwa pembaruan ini tidak terpasang.

perintah mengaktifkan auto-update Windows 10
perintah mengaktifkan auto-update Windows 10

Saya mencoba menghapus instalasi pembaruan yang gagal, kemudian mencoba melakukan pembaruan otomatis, namun hasilnya juga nihil. Pembaruan tetap saja gagal.

Saya pun mencari solusi dan menemukan sebuah percakapan di halaman forum Microsoft. Rupanya banyak orang mengalami masalah yang sama, apalagi keluhan tersebut juga dipublikasikan sekitar seminggu yang lalu (7 Januari 2018).

Saya menelusuri setiap balasan di forum tersebut, dan mencoba beberapa saran yang tertulis di sana.

Salah satu yang dikatakan mengatasi masalah adalah solusi dari Wojciech Bossak yang menyarankan untuk menjalankan perintah SC config baris per baris di CMD atau PowerShell dengan akses administrator untuk menyalakan pembaruan otomatis Windows.

SC config wuauserv start= auto [Tekan Enter]
SC config bits start= auto [Tekan Enter]
SC config cryptsvc start= auto [Tekan Enter]
SC config trustedinstaller start= auto [Tekan Enter]

Setelah seluruh perintah dimasukkan, saya pun me-restart komputer, lalu menjalankan pembaruan. Hasilnya, sama saja. Pembaruan tetap gagal dipasang meski sudah memuat ulang beberapa kali.

Akhirnya, saya kembali menghapus instalasi pembaruan yang bermasalah tersebut, kemudian mematikan koneksi internet (menonaktifkan wi-fi), lalu menjalankan instalasi manual menggunakan berkas pembaruan yang saya unduh dari katalog Windows.

Tak disangka, metode ini berhasil memasang pembaruan Cumulative Update for Windows 10 Version 1709 for x64-based Systems (KB4056892) dengan lancar. Pembaruan yang lainnya, yang sebelumnya terhalangi oleh pembaruan ini pun kemudian bisa dipasang.

Jika menemukan masalah yang sama dengan saya, lakukan langkah berikut:

  1. Hapus instalasi pembaruan yang bermasalah
  2. Unduh pembaruan manual (standalone) dari situs katalog pembaruan Microsoft yang kode KB-nya sesuai.
  3. Matikan koneksi internet
  4. Pasang pembaruan dengan menjalankan berkas yang diunduh dari katalog pembaruan Microsoft

Artikel ini dipublikasikan pada 16 Januari 2018, sekitar 8 bulan yang lalu. Informasi yang dimuat di artikel ini mungkin sudah tidak akurat.

Ada 2 tanggapan
fahmi 24 Juli 2018 20:32 WIB

gan, saya juga mengalami hal yg sama. unduh katalognya dmn gan, ini saya coba buka tpi tdak ada gan

fahmi 24 Juli 2018 20:42 WIB

gan cara hapus instalasi yg gagal gmn gan caranya?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.