Mengenal Lumia 950, PC Dalam Genggaman

Pada acara Microsoft Tech Days 2015 yang lalu, saya menghadiri demo produk Lumia 950. Namun saat itu saya tidak sempat memegang langsung dan mencoba-coba beberapa fitur unggulannya.

Selasa, 24 November 2015, saya berkesempatan untuk mengenal lebih dekat dan mencoba-coba Lumia 950, perangkat terbaru Microsoft yang akan resmi diluncurkan beberapa waktu ke depan ini.

Bertempat di Game Room, Conclave co-working space, Jakarta Selatan, saya dan beberapa blogger ditemani Irwan Hermawan, Marketing Manager, Microsoft Mobile Devices Sales Indonesia dan Selvia Gofar, Senior Product Marketing Manager, Microsoft Mobile Devices Sales Indonesia, mengeksplorasi lebih lanjut fitur-fitur Lumia 950.

Sekilas Windows 10

desktop
desktop

Universalitas Windows 10 ini memudahkan pengembang aplikasi untuk hanya sekali membuat satu aplikasi yang bisa digunakan di berbagai perangkat yang bersistem Windows 10. Hingga kini ada sekitar 150 juta pengguna Windows 10, yang tentunya akan menjadi pasar yang menggiurkan.

Untuk mendongkrak jumlah pengguna Windows 10, Microsoft menggratiskan upgrade untuk para pengguna Windows 7 dan Windows 8 dalam jangka waktu setahun.

Dengan model ini, Microsoft berharap bisa mengatasi ketersediaan aplikasi yang minim. Microsoft berharap dengan makin bertambahnya pengguna, akan merangsang bertambahnya aplikasi yang tersedia di Windows Store.

Windows 10 merupakan varian Windows yang baru, meski dari beberapa segi bisa dibilang mengakomodasi kebiasaan lama. Salah satu contohnya adalah tampilan yang kembali ke ciri khas Windows, yaitu taskbar di bawah dan tombol Start.

Jika dibandingkan dengan Windows 8 memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan untuk pengguna dengan layar sentuh, Windows 10 mencoba memberikan pengalaman dan kenyamanan yang sama, baik di desktop dan ponsel. Begitu juga dengan fitur, hampir semua fitur bisa dijalankan baik di desktop dan ponsel.

Lumia 950, PC Dalam Genggaman

flagship
flagship

Layar Lumia 950 berukuran 5,2 inchi yang masih nyaman digenggam. Materialnya terbuat dari plastik matte khas Lumia dengan dua pilihan warna, hitam dan putih. Saya pribadi lebih suka yang warna putih.

Lapisan Corning Gorilla Glass 3 membuat pengguna tak perlu khawatir layar tergores. Saat layar mati, ClearBlack display melindungi layar dengan menampilkan warna hitam total yang menyatu dengan warna bodi.

Dengan sudut lengkung membuat Lumia 950 makin mantap di tangan dan membuatnya tak mudah terpeleset dari tangan.

Kamera beresolusi 20 MP tampil menonjol di bagian belakang. Sebuah lingkaran metal mengelilingi kamera ini yang dugaan saya, selain menambah kesan mewah juga berguna untuk menempelkan aksesori lensa tambahan yang menggunakan magnet.

Lensa Lumia 950 terdiri dari 6 lapis lensa PureView keluaran Zeiss. Produsen lensa ternama, Zeiss, memang sudah menjadi rekanan Microsoft untuk urusan kamera pada ponsel-ponsel unggulan sejak masih bernama Nokia.

kamera Lumia 950 20 MP PureView Zeiss
kamera Lumia 950 20 MP PureView Zeiss

Kamera depannya beresolusi 5 MP yang bisa merekam video 1080p. Kamera depan ini juga dilengkapi dengan teknologi inframerah yang digunakan untuk mendeteksi iris mata saat mengaktifkan Microsoft Hello. Tidak ada lampu kilat di bagian depan.

Terdapat 4 tombol di bagian kanan, yaitu volume up, volume down, tombol power, dan tombol rana saat digunakan untuk memotret. Colokan jack 3,5 mm terletak di bagian kiri atas, dan bagian bawah tengah terdapat lubang colokan USB tipe C.

Saya kemudian membuka penutup belakang Lumia 950 untuk melihat dalamannya. Di bagian penutup terdapat sebuah lapisan hitam yang merupakan chip NFC dan penerima daya nirkabel.

Lumia 950 menggunakan kartu nano-SIM yang telah mendukung konektivitas 4G-LTE. Baterainya berdaya 3.000 mAh yang bisa diisi dengan cara pengisian nirkabel (wireless charging). Pengisian dengan USB tipe C diklaim bisa meningkatkan kecepatan pengisian hingga 50%.

Meski media penyimpan di Lumia sudah cukup besar, yaitu 32 GB, namun kapasitasnya bisa ditambah dengan menyematkan microSD yang berkapasitas hingga 200 GB.

Lumia 950 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 808 hexa-core di mana 2 prosesor berkecepatan 1,82 GHz dan 4 prosesor lainnya berkecepatan 1,44 GHz. Untuk grafis, Lumia 950 menggunakan Adreno 418 yang memiliki GPU ganda. RAM yang ditanam sebesar 3 GB membuat respon Lumia 950 terasa cepat.

Artikel ini dipublikasikan pada 25 November 2015, sekitar 2 tahun yang lalu. Informasi yang dimuat di artikel ini mungkin sudah tidak akurat..

Ada 1 komentar
cloud storage indonesia 27 Oktober 2016 12:59 UTC

makasih bang infonya sangat bermanfaat.. :):)